Musik

Musik merupakan suatu keindahan tersendiri dalam hidup dan menjadi bagian dari jiwa seseorang untuk memuji dan memuliakan Tuhan (Adh).

images (4)Seorang guru musik terkenal dan pemain piano terkenal Bubby Chen mengatakan bahwa musik itu adalah nafas hidupnya. Diawal tahun 70-an saya mengenal beliau bersama almarhum Antonius Tjiptarahardja, teman sebangku saya di SMA. Ia adalah pemenang juara Indonesia Electone dan beberapa teman lain, seperti almarhum Hendra Widjaja. Kita makan malam bersama dan bercerita tentang music. Para pakar musik ini pada umumnya tidak mengetahui, mengapa mereka dapat jadi pemusik, tetapi ada suara hati yang menggiring mereka menjadi ahli musik. Walaupun harus diikuti kerja keras, belajar dan meningkatkan feeling perasaan dan inovasi dalam bidang musik.
Lebih mendalam lagi Antonius mengatakan bahwa bila kita belajar musik sama dengan kita itu mengenal dan memuliakan Tuhan. Saya rasa ada benarnya karena doa yang dinyanyikan berlipat ganda manfaatnya, tetapi kalau ada musik, maka sempurnalah doa itu.
Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah sekaligus mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme. Seni Musik adalah bagian dari aktivitas kultur dan sosial manusia karena seni musik untuk mengekspresikan perasaan dan idenya.
Seni musik adalah suatu wujud karya dalam bentuk nada dan memiliki tempo yang dapat diikuti oleh penikmatnya. Musik itu terlahir dari aliran-aliran nadi yang yang disertai dorongan sensitif karena salah satu inderanya merasakan rangsangan. Musik dirangkai sedemikian rupa sehingga hidup dan menjadi bagian dari kehidupan. Demikian juga kehidupan gereja dan liturgis yang sangat memiliki nilai spiritual tinggi.

Sejarah seni musik
Musik dikenal sejak kehadiran manusia sebagai homo sapiens, yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Dari penemuan arkeologi pada lokasi-lokasi seperti pada benua Afrika sekitar 180.000 tahun hingga 100.000 tahun dahulu telah menunjukkan perubahan evolusi dari pemikiran otak manusia. Dengan otak manusia yang lebih pintar dari hewan, mereka membuat pemburuan yang lebih terancang sehingga bisa memburu hewan yang besar. Dengan kemampuan otak ini, mereka bisa berpikir lebih jauh hingga di luar nalar dan mencapai imajinasi dan spiritual. Bahasa untuk berkomunikasi telah terbentuk di antara mereka. Dari bahasa dan ucapan sederhana untuk tanda bahaya dan memberikan nama-nama hewan. Perlahan-lahan beberapa kosa kata muncul untuk menamakan benda dan nama panggilan untuk sesorang. Dalam kehidupan yang berpindah-pindah, mereka mungkin mendapat inspirasi untuk mengambil tulang kaki kering hewan buruan yang menjadi makanan mereka kemudian meniupnya dan mengeluarkan bunyi. Ada juga yang mendapat inspirasi ketika memperhatikan nuansa alam dengan meniup rongga kayu atau bambu yang mengeluarkan bunyi.
Kayu dibentuk lubang tiup dan menjadi suling purba. Manusia menyatakan perasaan takut mereka dan gembira menggunakan suara-suara. Bermain-main dengan suara mereka menjadi lagu, hymne atau syair nyanyian kecil yang diinspirasikan oleh kicauan burung.
Kayu-kayu dan batuan keras dipukul untuk mengeluarkan bunyi dan irama yang mengasyikkan. Mungkin secara tidak sengaja mereka telah mengetuk batang pohon yang berongga di dalamnya dengan batang kayu yang mengeluarkan bunyi kuat.
Kulit binatang yang mereka gunakan sebagai pakaian diletakkan pula untuk menutup rongga kayu tersebut besar menjadi gendang. Prasejarah musik hanya dapat berteori berdasarkan temuan dari situs arkeologi paleolitik. Seruling merupakan alat musik yang sering diutamakan pada jaman pra sejarah dan bentuknya seperti shakuhachi yang berasal dari Jepang. Seruling Divje Babe yang terbuat dari tulang paha beruang gua, yang diperkirakan sudah dipakai sekitar 40.000 tahun yang lalu.
Berbagai jenis seruling dan alat musik yang terbuat dawai atau senar telah ada sejak jaman peradaban lembah Sungai Indus di India, yang memiliki salah satu tradisi musik tertua di dunia yang berasal dari Kitab Weda.
Pengumpulan paling awal dan terbesar alat musik prasejarah ditemukan di Cina dan tanggal kembali ke antara 7000 dan 6600 SM. Lagu-lagu Hurrian /Hurrian songs adalah kumpulan musik tertulis dalam tulisan kuno yang digali dari Hurrian di kota Ugarit yang diperkiarakan telah ada sekitar 1400 SM.
Demikian sedikit ulasan sejarah musik, tetapi yang sungguh menarik adalah siapa saja tidak bisa terlepas dari musik, sehingga musik bisa menjadi perantara antara langit dan bumi. Siapa saja percaya akan hal itu, bahkan laskar surgawi semua menyanyikan lagu cinta untuk memuji Tuhan.
Semoga kita bisa membuat musik menjadi bagian diri kita untuk memuji dan memuliakan Tuhan. Salam dan doa.

27 responses to this post.

  1. Posted by Hendri on December 5, 2013 at 6:33 am

    Musik bagi saya dapat menenangkan hati dan pikiran. Tidak hanya musik yang memiliki pesan, musik instrumental pun dapat meredam stress pikiran bagi diri saya.

    Reply

  2. 1701293351_Andre Jonathan : musik akan selalu berkembang dari waktu ke waktu. bagi saya, musik menciptakan suasana nyaman terhadap perasaan kita. dengan mendengarkan musik, perasaan kita akan lebih tenang dan bahagia. musik merupakan hiburan di kala sedih. yang mengherankan adalah, dari nada do re mi fa sol la si do saja bisa menciptakan berbagai macam lagu. itulah keajaiban musik yang hanya dengan nada sederhana bisa menghasilkan simfoni lagu yang begitu indah.

    Reply

  3. Posted by daniel dwidjayanto on December 5, 2013 at 9:58 am

    Musik bisa membuat kita untuk menenangkan pikiran serta sebagai hiburan jika kita sedang bosan, dan terkadang tanpa sadar kita juga menyanyikan lagu yang kita sukai ketika sedang belajar,bermain,dll

    Reply

  4. betapa hebatnya sebuah bunyi dapat dialurkan menjadi sebuah musik. Musik sangat disukai berbagai kalangan dari kecil sampai tua semuanya menyukai musik, dan bagaimana musik tersebut dapat mempengaruhi pikiran kita. Contohnya saja ketika kita galau, lalu mendengar sebuah musik yang sedih maka perasaan kita akan semakin terpuruk dan semakin sedih.

    Reply

  5. musik dari jaman ke jaman memang sangat berbeda jika dulu musik berisi tentang perjuangan hidup, canda tawa dan ria, sekarang musik selalu dikaitkan dengan urusan cinta. musik sangat berpengaruh pada kehidupan dan juga dapat mencerminkan sifat seseorang. kita akan sangat mudah menebak sifat seseorang dari musik apa yang dia sering dia dengarkan.

    Reply

  6. Musik itu tidak mengenal siapa pendengar atau penikmatnya. Musik seakan menyulap orang yang galau menjadi semangat atau sebaliknya, yang sedang bahagia menjadi sedih, yang kesepian menjadi kegirangan. Musik dapat mengubah persepsi seseorang akan sesuatu. Musik dapat menemani kita kapan saja, termasuk saat sendiri. Kemudian, musik dapat mencetuskan ide-ide briliant dan mungkin belum terpikirkan sebelumnya dalam benak kita. Musik pun dapat menjadi obat manjur ketika dinikmati oleh si penderita sakit, dan ini adalah fakta. Musik punya kekuatan ajaib yang mungkin tidak disadari oleh si penikmat, tetapi mempengaruhi dirinya.

    Reply

  7. saya suka sekali musik karena musik bisa membuat kita tenang dan nyaman,banyak sekali fungsi2 musik untuk belajar,hiburan,hobby,sebagai penyantai/penyegar tubuh dan otak kita

    Reply

  8. musik dapat membuat hidup kita lebih berwarna, tanpa adanya musik saya rasa hidup seseorang akan menjadi hambar, karena musik itu sendiri memberikan hiburan bagi seseorang yang menikmatinya dalam cakupan segala usia.

    Reply

  9. Sangat disayangkan perkembangan musik semakin lama semakin tidak berkualitas.
    Semakin jarang musik yang memiliki makna positif.

    Reply

  10. Posted by Olivia Rusli on December 5, 2013 at 3:26 pm

    Musik.. Buat saya musik itu merupakan suatu keindahan yang abstrak, bisa dibuat oleh siapa saja, dan dinikmati oleh siapa saja, baik itu dari suku agama ras bahkan bahasa yang berbeda.. musik, bahasa universal yang bisa menyatukan dunia

    Reply

  11. selain yang tertulis di artikel ini, musik dapat membuat seseorang terlepas dari depresi / beban pikiran, karena musik dapat membuat pikiran menjadi relax.

    Reply

  12. Posted by Henricko Randy Setiawan on January 16, 2014 at 7:03 am

    Musik adalah hal yang sangat baik. Musik bisa membuat hati kita menjadi lebih santai, dan dapat menenangkan pikiran kita.

    Reply

  13. Posted by Muh. Akbar Basit / 01PNO / 1701360015 on January 16, 2014 at 7:11 am

    musik bagi saya adalah media yang seharusnya digunakan masyarakat untuk menyampaikan pendapatnya dengan menggunakan nada-nada namun banyak saja orang yang hanya menggunakan musik sebagai tambang emas untuk meraup keuntungan tanpa memedulikan esensi musik itu sendiri sehingga makna dari musik itu sendiri sudah mulai hilang. Musik juga diciptakan Tuhan agar kita bersyukur bahwa ada sesuatu yang enak di dengar menggunakan salah satu bagian tubuh kita yaitu telinga.

    Reply

  14. Musik merupakan suatu seni yang bisa merubah keadaan , karenanya ada sebuah petuah yang mengatakan bahwa musik bisa membuat kita terlena dan lupa aka segala hal oleh karena itu ada baiknya musik jangan menjadi seuatu yang adiktif pada diri kita tetapi jadikan seperti sebuah selingan motivasi bagi diri kita.

    Reply

  15. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 2:26 pm

    Bagi saya, musik itu seperti nyawa yang sering dikata ” Music is life “. Ketika mendengar lagu dari lirik-lirik tersebut mempunyai beberapa arti dan ia akan memainkan emosional kita, dan kita bisa menenangkan dengan mendengarin lagu-lagu.

    Reply

  16. Posted by 04PAW_Putri Shinta H on March 24, 2014 at 1:22 pm

    Bagi saya musik adalah sebagai penghibur, penenang dari segala masalah yang ada, dan sangat menginspirasi kita. Hanya dengan mendengarkan musik, suasana ruang batin kita dapat dipengaruhi. Suasana apapun baik sedih maupun senang. Musik juga dapat memberikan semangat pada jiwa kita yg lelah, karena apabila kita sedang jatuh cinta dan mendengarkan lagu cinta maka kita akan menjadi lebih semangat dalam mengejar cintanya.

    Reply

  17. Posted by Ryo Hadinata on March 24, 2014 at 1:37 pm

    Musik terkadang menjadi sarana komunikasi satu sama lain, yang membantu seseorang memahami perasaan yang lainnya😀

    Reply

  18. Posted by Yovi Maria Kristanty on March 26, 2014 at 8:36 am

    Musik adalah obat yang menyembuhkan kebinggungan, kesedihan dan keterpurukkan. Hal ini terbukti karena saat seseorang sedang sedih hal yang paling dapat membuatnya terlelap adalah musik karena disaat orang sedih pikirannya jadi terpecah belah so orang menjadi sulit untuk tidur (apa lagi hingga lelap) jadi musik adalah obat yang luar biasa (y)

    Reply

  19. Posted by Artarelia_ 1601283204 on March 26, 2014 at 11:47 am

    Bagi saya sendiri musik adalah bagian terpenting dalam hidup saya. Musik dapat merubah perasaan seseorang ntah menjadi lebih baik ataupun menjadi lebih buruk contohnya ketika kita mendengar musik suasana hati kita menjadi sedih karena teringat akan kenangan ataupun masalalu yan kurang menyenangkan. Namun dengan musik pula kita dapat mengekspresikan perasaan kita. Musik sangat berdampak baik bagi psikologi manusia.Saya pernah membaca sebuah buku yang menjelaskan dampak musik bagi mental manusia. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa musik dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari ringan sampai yg berat. contoh yang ringan adalah stres atau sakit kepala, dengan mendengarkan alunan musik yang lembut maka otak kita akan merasa lebih rileks, begitu pula dengan penyakit yg serius, penykit itu dpt lebih baik ketika tubuh dan pikiran manusia itu sendiri merasakan rileks. Kitapun dapat membaca sifat manusia melalui lagu yang ia sukai.
    04PIM

    Reply

  20. Posted by Regi Saputra 1601233004 on March 26, 2014 at 12:48 pm

    Ehhhhmmmmm, musik ternyata keren juga saya juga baru tau sejarah musik. Selama ini saya hanya bisa mendengarkan dan menyanyikan musik/lagu yang dapat menenangkan saya. Bagi saya musik adalah sebuah karya seni yang dapat mengekspresikan suatu perasaan mau sedih, bahagia, marah, dll. Musik juga adalah salah satu media untuk bersarah diri kepada Tuhan seperti yang dikatakan diatas. Bagi saya musik itu keren banget pokoknya, So Awesome

    Reply

  21. Posted by 04PKF_HardianIkhsan on March 26, 2014 at 4:33 pm

    musik merupakan salah satu teman hidup yang saya miliki. saking cintanya saya dengan musik, saya rela menggelintirkan uang yang saya miliki untuk mempunyai media speaker yang baik dan berkualitas. musik dapat membangun mood yang dimiliki seseorang dan saya tidak mengerti jika ada orang yang mengatakan bahwa ia tidak menyukai musik. karena pada dasarnya musik itu tercipta dari gabungan nada-nada yang terorganisir dengan rapi membentuk suatu karangan yang secara ajaib menyenangkan hati dan menenangkan jiwa.

    Reply

  22. Posted by Priska Lucyana Tendean on March 26, 2014 at 4:37 pm

    Musik memang sudah ada di zaman dalam alkitab. Tuhan menghendaki umat untuk memainkan musik dan memuji Dia. Oleh karena itu, banyak orang diberi talenta bermusik dan menyanyi. Pakailah setiap talenta dan kesempatan yang Tuhan beri untuk memuji dan memuliakanNya.

    Reply

  23. Posted by qurota aini on March 26, 2014 at 5:56 pm

    menurut saya musik itu bisa ngilangin strees dalam diri kita entah kenapa musik membuat kita lebih nyaman dibanding pasangan kita dengan penuh hayat kita dengerin mesuk ternyata hati kita tuh jadi nyaman dan tenang.

    Reply

  24. Artikel ini mencoba menjelaskan kepada pembaca tentang makna musik bagi setiap pendengar nya. tentang keindahan, kehidupan, dan merupakan bagian dari hidup. bahkan musik tidak hanya sekedar alunan-alunan nada tapi juga merupakan perantara atau alat komunikasi antara manusia dan Tuhan-nya. ekspresi, isi hati, dan pemikiran yang dituangkan melalui setiap jenis dan irama musik.

    Reply

  25. Posted by amelia chatrin on March 27, 2014 at 1:56 pm

    “NO MUSIC NO LIFE” “NO MUSIC NOT ME”,itu adalah kutipan saya.
    saya mencintai music sejak dulu,dan saya adalah penikmat music sejati dan saya tak bisa terlepas dari music,setiap saat dimana saya berada saya akan menyetel lagu2 kesukaan saya,saya akan menikmati iramanya dan juga syair-syair dalam setia baitnya,dan dengan mendengarkan music hati saya menjadi tenang,dan senang,dan setiap hari saya lalui dengan music-music kesukaan saya,
    BEDA lagi dengan music yang sering saya dengar digereja,saya nikmati setiap syair dan itu membuat saya sangat bangga dengan TUHAN yang menciptakan saya,terkadang music rohani yang saya dengar membuat saya sangat sedih dan merasa berdosa,sehingga membuat saya sangat malu dihadapan Tuhan,namun kadang membuat saya sangat tenang dan nyaman karena lirik-lirik dalam setiap baitnya menyuarakan setiap firman-firman Tuhan,dan kadang membuat saya sangat gembira karena dengan music saya bisa menyanyi dihadapan Tuhan,menyuarakan saya dengan menyanyikan lagu kepada Tuhan,dan saya dendangkan lagu kepada TUHAN dengan sukacita,karena didalam music dan lagi-lagu rohani terdapat syair-syair doa dan ucapan Syukur.

    Reply

  26. Posted by Putri Wulansari on March 27, 2014 at 2:16 pm

    Musik adalah segalanya bagi saya. Tanpa terciptanya sebuah musik, bagi saya dunia terasa hampa. Musik juga sangat mengibur saya di kala sedih maupun senang, di saat tidak ada tempat untuk bercerita, musik dapat menghiburnya. Everyday without a music is like living in a world with no air.

    Reply

  27. Posted by Bill Shidin on March 27, 2014 at 3:13 pm

    Musik bagi saya adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi perasaan kita. sebagai contoh ketika kita mendengarkan lagu sedih/mello pasti perasaan kita mengikuti nya dan akibatnya akan membuat perasaan kita menjadi sedih tetapi ketika kita mendengarkan lagu yang senang perasaan kita pun menjadi senang. itu lah keajaiban dari adanya suatu musik

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: