Sudut Pandang

Sudut pandang berbeda memicu perbedaan pendapat dan terjadi perselisihan.

discussionMenyambut fajar dengan Damai Natal. Aku sering bertanya kenapa sering terjadi perbedaan pendapat. Rambut sama hitam, pendapat bisa berbeda. Walaupun perbedaan pendapat itu wajar-wajar saja, tetapi kalau sudut pandang beda bisa memperuncing keadaan, padahal bagi seorang bijak, semakin banyak perbedaan, semakin bulat pendapatnya menghasilkan keputusan yang sangat berguna.
Gus Dur mengatakan bahwa perbedaan pendapat itu adalah sunnatullah dan justru harus diajarkan agar bangsa kita mengerti tentang sudut pandang berbeda itu justru memberi peluang untuk membangun bangsa yang besar sendiri.
Saya sendiri berpendapat bahwa memaksakan keseragaman sudut pandang justru mematikan improvisasi yang membangun.
Jadi, sudut pandang bukan jurang pemisah perbedaan pendapat, tetapi justru menjadi jembatan penghubung perbedaan pendapat.
Orang yang bijaksana memakai sudut pandang sebagai anak tangga, semakin tinggi semakin bisa melihat lebih luas, orang bodoh melihat jurang pemisah dan terus memisahkan diri, dan tidak mau membangun jembatan sudut pandang.
Membangun bahtera rumah tangga, sudut pandang suami istri bisa menimpulkan perbedaan yang menciptakan badai dan ombak, tetapi hanya nakoda yang tangguh bahwa badai dan ombak adalah sumber suka cita, hiburan di tengah laut. Kalau Mazmur mengatakan palu gada menjadi penghiburku, badai dan ombak adalah gada untuk melawan segala yang bisa merusak perjalanan bahtera rumah tangga. Saya setuju-setuju saja dengan ungkapan say no to divorce, tetapi saya lebih setuju dengan kata say welcome to happy and strong family. Seperti ungkapan mengatakan jangan katakan Tuhan saya punya masalah, tapi katakan kepada masalah saya punya Tuhan.
Seperti halnya seorang arsitek membangun rumah, semakin banyak sudut pandang di dapat, semakin indah hasil karyanya. Semoga Tuhan memberikan kita kemampuan memandang semakin luas sudut pandang agar semakin bijaksana.
Tuhan melindungi, menolong dan memberkati kita semua.

17 responses to this post.

  1. artikel yang bagus mas adharta…
    memang perbedaan sudut pandang membuat perselisihan, kadang orang yang mengalaminya merasa tidak adil. tapi jika kita bisa melihat sudut pandang orang lain, mungkin baru bisa kita mengerti apa yang orang itu lihat ataupun keadaan yang sedang dialami oleh orang itu. memang sulit untuk bisa melihat sudut pandang orang lain. tapi demi terciptanya keharmonisan,saya harus mencobanya.

    Reply

  2. Hidup pasti tidak bisa lepas dari masalah, besar maupun kecil, baik masalah yang berasal dari kehidupan pribadi, lingkungan sekolah, pekerjaan atau lingkungan sosial yang lain. Lumrah saja karena setiap individu memiliki keinginan yang berbeda-beda, pada saat keinginan tersebut bertemu dengan keinginan yang berbeda dari individu lain, timbullah masalah. Cara kita memandang sebuah masalah sangat tergantung dari sudut pandang yang digunakan. Orang-orang dengan sudut pandang yang luas, memandang sebuah masalah dengan hati dan pikiran yang lebih luas dibandingkan dengan orang-orang dengan sudut pandang yang sempit.

    Reply

  3. Posted by stefano agung on May 25, 2013 at 7:39 am

    setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda beda,saya selalu menjaga sikap saat dimanapun saya berada,karna menurut saya apa yang saya lakukan dan saya anggap benar belum tentu benar di sudut pandang orang lain.oleh karna itu kita wajib sadar akan segala pandangangan orang lain terhadap diri kita.

    Reply

  4. Posted by stefano agung on May 25, 2013 at 8:46 am

    setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda beda,saya selalu menjaga sikap saat dimanapun saya berada,karna menurut saya apa yang saya lakukan dan saya anggap benar belum tentu benar di sudut pandang orang lain.oleh karna itu kita wajib sadar akan segala pandangangan orang lain terhadap diri kita

    Reply

  5. Sudut pandang seseorang memang berbeda-beda. hanya karena perbedaan sudut pandang bisa menyebabkan konflik yang luar biasa. karena manusia memiliki rasa egois yang sangat tinggi. yang selalu ingin menang dan tidak mau menggalah. tetapi apabila kita bisa menyatuhkan sudut pandang kita yang berbeda-beda maka kita akan mendapatkan jalan keluar yang terbaik untuk hal yang akan kita lakukan.

    Reply

  6. manusia memang unik, hal yang sama bisa di presepsikan berbeda orang manusia karena sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang berbeda memicu perbedaan pendapat dan terjadi perselisihan.hal ini tidak akan terjadi apabila manusia sebagai pribadi bisa saling menerima satu dengan yang lainnya.

    Reply

  7. Posted by Herlina_1501177822_04PHJ on June 15, 2013 at 9:03 am

    Setiap orang pasti memiliki sudut pandang yang berbeda.. Maka dari itu kita membutuhkan seseorang yang bisa mengambil keputusan yang tepat dalam masalah yang kita hadapi

    Reply

  8. semua orang mempunyai pemikiran yang berbeda beda tentu dan itu menimbulkan sudut pandang yang berbeda satu orang dengan yang lainnya,dlam menyikapi ini kita harus menghargai segala pemikiran dan pendapat yang di berikan orang lain dan kita menyikapinya dengan lapang dada agar tidak terjadi perselisihan

    Reply

  9. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 12:40 pm

    saya sangat setuju dgn pernyataan almarhum gus dur tentang sudut pandang. Jika kita menjadi pemimpin di suatu perusahaan , ia harus dapat mendengar sudut pandang yang berbeda-beda pada anak buahnya untuk menentukan masa depan perusahaan

    Reply

  10. 1701293351_Andre Jonathan : setiap manusia memiliki sudut pandang yang berbeda-beda terhadap suatu masalah. misalnya dalam menghadapi masalah, seringkali kita menemukan perselisihan pendapat antara kita dengan orang lain. dalam hal ini, kita perlu menjunjung tinggi sikap saling menghargai dan mau menerima pendapat orang lain. karena mengajukan pendapat dan menghargai pendapat merupakan hak setiap orang. segala pendapat bisa kita tampung untuk kebaikan bersama.

    Reply

  11. Menurut saya adalah bagaiman kita dalam menerima sudut pandang itu sendiri. Dimana kita harus dapat menerima sudut pandang orang lain kemudian mengaplikasikannya apakah sudut padang tersebut benar adanya, jika tidak tunjukkanlah sudut pandang yang benar agar tidak terjadi kesalahan berlarut-larut.

    01PA2-Ivan Hermawan

    Reply

  12. Jangan katakana Tuhan saya punya masalah tetapi katakana masalah saya punya Tuhan sama halnya dalam kehidupan jikalau kita pintar dalam menggunakan berbagai cara untuk mengatasi masalah maka kita akan semakin ringan dari beban yang kita pikul jadi bijaksana lah dalam bertindak 
    Tugas kampus

    Reply

  13. Kita semua mengetahui bahwa setiap orang memiliki cara berpikir yang berbeda-beda.
    Maka dari itu kita harus belajar untuk memanda segala sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda-beda agar kita dapat menghadapi segala sesuatu dengan lebih bijaksana.

    Reply

  14. kebanyakan orang pasti mempunyai sudut pandang yang berbeda.
    dalam hal ini jika kita melakukan sesuatu yang benar dalam sudut pandang kita, belum tentu hal itu benar dalam sudut pandang orang lain.
    masalah sudut pandang juga bisa menyebabkan suatu konflik. karena manusia memiliki sifat egois dalam diri mereka. maka dari itu jadilah orang yang lebih mementingkan sudut pandang orang lain, walupun itu bersebrangan dengan sudut pandang anda.

    Reply

  15. Posted by Henricko Randy Setiawan on January 16, 2014 at 7:36 am

    Sudut pandang yang berbeda biasanya dapat memicu perselisihan. Jika kita melakukan sesuatu yang dianggap benar oleh kita, maka orang lain belum tentu mengaggap hal yang kita lakukan adalah benar.

    Reply

  16. Posted by Restu P Matondang on March 26, 2014 at 10:26 am

    1601287796_Restu P Matondang: Banyak masalah-masalah yang terjadi diluar sana yang hanya diliat dari satu sudut pandang sehingga membuat kita memberikan penialain yang subjektif, yang kadang merugikan pihak tertentu. Atau peristiwa-peristiwa yang tidak kita teliti dari sisi atau angle yang berbeda, sehingga membuat kita memberikan pandangan subjektif, serta menganggap apa yang sudah terjadi itu salah. Padahal jika dilihat dari sudut pandang berbeda, bisa saja yang terjadi itu adalah suatu hal benar yang memang harus terjadi demi tujuan baik.

    Reply

  17. Posted by 04PKF_Bayu Prabowo_1601267232 on March 26, 2014 at 12:18 pm

    Dalam perbedaan sudut pandang itu sangatlah wajar. karena dari pebedaan itu kita dapat memahami perbedaan antar sesama. Dan dari perbedaan itu kita bisa menyatukan dari suatu tujuan yg ingin di capai.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: