Kenal

Kalau tidak kenal tidak sayang

381341_525818664101348_604553332_nDalam suatu seminar di Hotel Mulia, agenda tentang Business Outlook 2013 di bulan Juni lalu, dilaksanakan oleh sebuah bank devisa. Pembicaranya cukup terkenal di pandu MC yang bagus sekali. Para panelis dan pembicara sudah duduk manis di podium, tiba-tiba MC mempersilahkan turun sebentar secara simbolis memberikan salam kepada 4 meja di VIP table baru kembali ke panggung. Para hadirin bertepuk tangan karena MC menjelaskan katanya kalau tidak kenal tidak sayang, apalagi mau mendengarkan pembicaraannya.
Ada tradisi menarik di Gereja Katedral Brisbane, Australia, yaitu sebelum misa, pastor selalu menanyakan apakah ada umat yang baru pertama kali misa di gereja ini? Setelah itu pastor mempersilahkan saling memperkenalkan diri dengan yang duduk bersebelahan dan pastor juga turun memperkenalkan diri kepada umat yang belum dikenalnya. Menarik sekali karena misa selanjutnya lebih akrab dan penuh suasana kenal. Selesai misa pun masih saling memberi salam dan bercerita, jadi tidak seperti di uber-uber waktu.
Kata “kenal” memliki arti yang dalam, secara alkitabiah kata kenal memiliki banyak arti seperti : mengetahui, memahami, mendapat, memperoleh pengetahuan (ginosko), melihat (eido), memahami (epistamai), pandangan (suniemi) sampai ke hubungan intim ! Contohnya : Adam mengenal Hawa, lalu Hawa hamil.
Dalam kehidupan sehari-hari memang kita perlu mengetahui arti “kenal” apapun yang kita perbuat kita harus mengenalnya, apapun yang kita peroleh kita harus mengenalnya. Jadi kalau kita menerima berkat dari Tuhan maka mutlak kita harus mengenal-NYA. Dengan mengenal kita akan leluasa berbuat, berdoa, memohon dan mendapat berkat.
Mari kita mengenal Allah bukan saja nama-NYA, bukan karena kuasa-NYA, tetapi karena cinta-NYA yang luar biasa, terutama yang di pancarkan oleh Putra-NYA. Semoga Tuhan memberi kita kemampuan untuk lebih mengenal-NYA dan lebih mampu berbuat baik.

13 responses to this post.

  1. Pengenalan kepada Tuhan harus lah dengan akal budi, pikiran dan hati nurani. Dengan adanya ketiga hal ini kita sudah mengenal Tuhan secara dasar, mengenal Dia yang sudah menjadikan kita manusia yang se-gambar dengan Dia yang memberikan kita hati nurani yang bisa merasakan adanya Pencipta yang Agung yang telah memberikan kepada kita kehidupan. Hanya bagaimana cara kita mengenal adalah membaca dan memahami alkitab yang sudah diberikan-Nya kepada kita yang bisa kita pakai sebagai pedoman bagaimana sifat Tuhan yang telah memberikan kita kehidupan ini.

    Reply

  2. tak kenal maka tak sayang, itulah kesimpulan dari artikel ini jadi bila kita kenal seseorang maka kita akan mengenal juga kepribadian seseorang itu

    Reply

  3. Posted by Maorel on May 24, 2013 at 6:41 am

    Saya suka artikel ini mengajak kita untuk mengenal Tuhan.dengan mengenal dia dengan baik ,maka kasih dan berkat-Nya akan tercurah melalui doa dan memohon pada-Nya.

    Reply

  4. ada istilah tak kenal maka tak sayang. dari kata kata tersebut sudah ketahuan apabila ingin memperbanyak teman maka kita harus saling kenal,sama seperti orang,tuhan juga ingin di kenal lalu disayang

    Reply

  5. tak kenal maka tak sayang , kata kata mutiara itu selalu ada dalam kehidupan kita , orang sayang tidak mungkin tidak kenal

    Reply

  6. mungkin ini bisa dijadikan sebuah prinsip dari menjalani hidup ini. agar nantinya karena kenal kita bisa lebih perduli bisa lebih peka terhadap lingkungan sekitar kita. terhadap orang orang yang ada di sekitar kita semua.

    Reply

  7. Dalam hidup, kita memang harus punya banyak kenalan. Karena suatu saat kita pasti akan membutuhkan bantuan dari orang itu. Jadi kita harus saling tolong menolong sesama manusia. Dan jangan memandang orang dari fisiknya, tapi pandanglah dari hatinya.

    Reply

  8. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 12:42 pm

    saya pribadi selalu sangat senang ketika berkenalan dengan orang lain . Seakan-akan membuka lembaran baru dalam hidup , membangun jaringan baru terhadap orang tersebut.

    Reply

  9. 1701293351_Andre Jonathan : ungkapan “tak kenal maka tak sayang” memang merupakan ungkapan yang sangat bagus menurut saya karena dengan mengenal seseorang, kita bisa menjalin relasi yang lebih jauh lagi. perkenalan merupakan pintu awal untuk menjalin suatu relasi/hubungan antarmanusia. jika kita tidak mengenal orang lain, bagaimana cara kita membangun suatu relasi? dengan mengenal seseorang kita bisa saling berbagi pengalaman dan mengenal lebih jauh lagi. kita bisa membangun relasi yang lebih luas lagi. kita bisa belajar banyak dari orang-orang yang baru kita kenal.

    Reply

  10. Saya sependapat dengan artikel ini karena pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial sehingga sebuah perkenalan kepada siapa saja akan membuat kita lebih memiliki banya teman walau pun kita tetap harus membatasi diri pada pergaulan yang buruk.

    01PA2-Ivan Hermawan

    Reply

  11. Tak kenal maka tak sayang atau tak kenal maka ta’aruf pepatah yang seringkali kita dengar memang bagus untuk diterapkan karena jika kita belum mengetahui sesuatu yang akan kita hadapi nantinya makan tidak akan maksimal pula kita berkontribusi dalah suatu hal jadi ekplorasi dan gali informasi untuk mengembangkan diri kita
    Tugas kampus

    Reply

  12. Posted by Eirene caroline on March 22, 2014 at 4:47 pm

    Kepedulian tidak di ukur dari seberapa kita mengenal seseorang . Karna tidak selamanya orang yang kita kenal akan selalu ada untuk kita disaat kita membutuhkan.jadi belajarlah perduli kepada setiap orang .

    Reply

  13. Posted by Imam Ferdiyansyah on March 26, 2014 at 4:30 pm

    Mengenali sesama adalah hal yang diperlukan bagi umat manusia. Dengan saling mengenal, berarti kalian sudah mengenal 1 dari jutaan manusia yang Tuhan ciptakan di dunia ini. Saling mengenal juga bisa memberikan keuntungan yang tidak disengaja seperti akan adanya undangan perayaan bersama-sama, ajakan untuk bekerja di tempat mereka, dan lain sebagainya. Mengenal orang lain tidak pernah akan menjadi kerugian untuk kalian. Jadi saling mengenal lah demi kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: