Prasmanan

Pesta prasmanan lebih akrab.

Sebentar lagi perusahaan kami akan merayakan ulang tahun atau anniversary ke-28. Sudah cukup lama juga ya? Buat sebuah perusahaan dengan usia segitu rasanya sudah cukup dewasa. Ada perusahaan yang berusia 5 tahun saja sudah dianggap mature atau matang. Tetapi, merayakan ulang tahun perusahaan mirip merayakan ulang tahun kita sendiri. Lalu, kita memikirkan agenda perayaan. Yang pasti kita makan makan. Tinggal pilih restoran atau tempat yang indah untuk bersama anjangsana, curhat dan berbagi kasih.
Kalau bicara makan-makan, maka masing-masing daerah berbeda style. Kalau di Surabaya senangnya makan meja. Kalau di Jakarta lebih praktis dengan prasmanan. Lagian prasmanan lebih akrab bisa ngobrol sana sini dan bertemu teman dan berbagi cerita.
Prasmanan kisah awalnya dari tradisi Amerika latin karena daerah dan kulturnya akrab. Kalau ada pesta, tuan rumah hanya menyiapkan tempat saja, lalu makanan di bawa masing-masing keluarga dan diatur di meja. Kemudian makan bersama. Tentu saja ramai karena saling memuji kenikmatan makanan masing-masing. Di kampung saya di Surabaya, menjelang 17 Agustus atau Maulud biasa digelar prasmanan. Masing-masing keluarga bawa makanan lalu kita kumpul makan bersama.
Pesta secara prasmanan memang asyik karena bisa memilih makanan sesuka hati. Ada yang mencoba semua, tetapi ada yang cuma ambil satu macam saja. Ada yang ambil banyak. Ada juga yang ambil sedikit. Berbeda dengan makan meja. Kita hanya bisa berbincang-bincang dengan sesama yang ada di meja. Kalau prasmanan, kita bisa berlanglang buana. Makannya bisa lebih banyak lo !!
Pesta ini menginspirasi Gereja. Setiap minggu kita pesta Ekaristi. Suatu pesta untuk memberikan suka cita besar. Kebahagiaan bersama anjang pertemuan dan sekaligus membuat keakraban.
Tradisi semasa SMA saya di Surabaya. Kami seangkatan (masih berlangsung sampai sekarang sudah 36 tahun), yaitu janji bersama di misa jam 8 pagi, lalu lanjut makan pagi bersama di pinggir jalan. Lalu, masing-masing punya gelar panggilan. Mulai dari koko, cici, meme, ncek, ncim, om, tante, susuk, kakek, dan nenek. Aku dapat gelar OPA karena cucunya paling banyak.
Pesta di gereja adalah pesta kita bersama bukan pribadi. Jadi, alangkah sedihnya kalau datang ke gereja untuk berdoa dan terima komuni terus pulang. Rasanya hambar sekali. Tetapi suasana kota Jakarta dengan kesibukan justru memaksa kita melakukan hal demikian.
Justru bertemu di gereja kalau banyak cerita dan gosip, maka rasanya menyebalkan. Apa lagi sehabis pesta pastornya hilang. Tidak ada suasana akrab sama sekali. Bahkan cenderung bahwa yang keluar gereja mukanya masam, kecut dan seperti habis mengalami kesusahan. Apa lagi terjerat waktu di mana harus giliran karena orang yang mau gereja berikutnya sudah menunggu. Alasannya parkir tidak cukup jadi semua harus buru-buru meninggalkan gereja kalau tidak akan buat macet.
Semua sudah melupakan tujuan utama gereja, yaitu Pesta Prasmanan. Setiap pribadi membawa makanan rohani masing-masing dalam bentuk suka cita dan kebahagiaan lalu kita sharing. Kita menikmati prasmanan rohani bersama-sama. Tapi tidak apalah memang kondisi memaksa demikian. Gereja cuma sebagai kewajiban rutinitas dan tempat berdoa biasa. Sesama bukan urusan kita.
Tapi, kenangan Prasmanan Rohani membuat saya bahagia. Cobalah nikmati keselamatan dan kebahagiaan yang ditawarkan, misalnya, masing-masing kelompok dan lingkungan kecil janjian seminggu sekali bertemu di gereja dalam kelompok kecil. Sehabis misa cuma minum Aqua gelas lalu bagilah senyuman kepada sesama. Niscaya! Semoga Tuhan memberkati kita semua dengan kasih-Nya. Doaku buat semua sahabat di kantor!

50 responses to this post.

  1. menurut saya artikel ini mengenai kebersamaan dan contohnya adalah makan prasmanan..memang makan prasmanan kita dapat berbincang dengan orang orang dan bisa membicarakan banyak hal dengan mereka..kebersamaaan pun lebih terasa karena kita bisa membaur engan orang lain..tidak hanya orang yg kita kenal saja..kita juga bisa bertemu dengan orang yang baru saja kita kenal..sehingga keakaraban dan kebersamaan juga terasa dalam suasana sukacita

    Reply

  2. kebersamaan dalam gereja seharusnya menurut saya tidak hanya pada saat2 tertentu saja sebaiknya komunitas gereja atau para jemaat bisa saling berinteraksi satu sama lain walaupun di luar gereja.

    Reply

  3. Menurut saya , inti dari artikel ini adalah mengajarkan kita akan pentingnya rasa kebersamaan dalam hidup.Kebersamaan itu dapat kita rasakan apabila kita memiliki pikiran yang terbuka.

    Reply

  4. Posted by mariani purnama on December 4, 2012 at 1:56 pm

    tidak ada yang lebih indah dari kebersamaan. seperti halnya makan secara prasmanan lebih baik dari pada makan meja, karena dapat menghadirkan rasa kebersamaan. saya setuju sekali dengan saran bapak agar waktu selesai gereja kita manfaatkan sebagai waktu untuk bertemu, dan bersama.

    Reply

  5. jujur makan dengan cara prasmanan memang baik adanya, sebab memang tujuan utamanya bisa mengambil makanan sesuka hati, namun yang saya pelajari dari prasmanan bahwa kita bisa bergaul dengan orang terdekat kita dan juga belajar berbagi, dan tidak lupa supaya kita belajar tidak serakah dan mau berbagi dengan yang lainnya🙂
    God Bless Us😀

    Reply

  6. Acara pesta selalu ada yang namanya makan-makan , acara makan bersama itu sangat baik menurut saya , karena kita bisa berkumpul bersama , bergaul dengan orang yang baru , berkenalan dan mencari teman yang baru , mengkontrol diri untuk bisa saling berbagi , tidak pelit , bisa saling tukar pikiran juga , memberikan saran , atau lain-lainnya…

    Reply

  7. menurut saya budaya yang diterapkan di setiap tempat mungkinlah berbeda tetapi memiliki suatu arti yang sama yaitu kita berkumpul dan merasakan kebersamaan seperti keluarga.berkumpul dengan teman yang lama tak jumpa,berbagi kisah kehidupan merupakan suatu pengalaman yang sulit untuk dilupakan

    Reply

  8. Prasmanan dapat di artikan pesta bersama, saat kita berkumpul bersama keluarga atau teman dengan melakukan makan bersama. Prasmanan identik dengan makan bersama, di mana makanan yang kita mau di pilih dan di ambil sendiri. Kita bisa ambil mana makanan kesukaan kita, dengan porsi yang lebih banyak (jadi laper nih…).

    Gereja sebagai tempat kita melakukan ibadah ekaristi, merupakan “pesta prasmanan” yang harus kita lakukan secara rutin. Umat datang dengan membawa makanan rohani yang akan kita sajikan bersama-sama dalam misa di gereja.
    Ada benar nya, seperti cerita di atas, di mana kita datang ke gereja bersama beberapa teman (bukan untuk ngobrol saat misa berlangsung ya…), mengikuti misa bersama-sama, lalu di lanjutkan dengan pergi bersama. Saling bertukar cerita.

    Reply

  9. Prasmanan mempunyai arti kebersamaan, sangat jarang ada pesta yang seperti ini. Ada baiknya pesta seperti ini, karena kebersamaan kita menjadi makin erat, tapi pesta jaman sekarang tamu tidak ingin direpotkan,
    Pesta prasmanan di dalam gereja memang baik tapi, banyak orang ingin terlihat baik maka mereka mengambil bagian dari pesta tersebut.

    Reply

  10. menurut saya terkadang kebersamaan itu sangat baik karena dapat membentuk dan membangun serta memperbaiki hubungan komunikasi kita…menurut saya istilah ini benar “ga ada loe ga rame”

    Reply

  11. Posted by hendry8940 on December 8, 2012 at 1:55 am

    Saya merasakan kebersamaan yang cukup baik dalam artikel ini. Kebersamaan memang suatu hal yang penting. Kebersamaan memiliki kesan tersendiri di hati manusia. Kebersamaan juga dapat menciptakan hubungan yang baik dengan sesama.

    Reply

  12. Makan prasmanan merupakan hal yang cocok untuk mengumpulkan teman teman dan berbincang bincang apalagi bertemi dengan sahabat yang sudah lama tidak bertemu karena di saat seperti itulah kita dapat beebincang dan mengenang sambil menikmati makanan,sehingga menambah keakrab an satu sama lain.

    Reply

  13. acara makan seperti ini yang selalu mengingatkan kebersamaan kepada orang orang yang kita sayangi, kebersamaan adalah suatu keinginan setiap orang untuk selalu hidup bersama dengan orang orang yang kita sayangi.,

    Reply

  14. prasmaan itu dapat diartikan juga sebagai kebersamaan, makan prasmaan itu sebenarnya sangat baik karena dapat membuat hubungan kita dengan orang lain lebih baik .

    Reply

  15. Saya setuju sekali dengan artikel ini, dengan makan prasmanan, dapat mempererat rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara satu dengan yang lainnya. Untuk mempererat rasa kebersamaan, dapat diawali dengan makan prasmanan yang sederhana, walaupun tidak terkesan mewah, tapi intinya dapat membangun rasa kebersamaan, itulah hal yang terpenting dengan diadakannya makan prasmanan. Kalau bisa, makan prasamanan diadakan sesering mungkin, agar rasa kebersamaan selalu bertahan dan tidak pudar.

    Reply

  16. Sangat menarik prasmanan itu bisa di katakan juga makan bersama – sama, dimana di dalam nya terdapat makna kebersamaan untuk mempererat tali persaudaraan antara sesama manusia.🙂

    Reply

  17. Artikel ini menjelaskan bagaimana pentingnya pesta prasmanan.Saya juga setuju bahwa pesta prasmanan dapat membuat rasa kebersamaan yang sangat erat terhadap sesama manusia terutama teman dekat,keluarga besar dan lain-lain.Saya yakin kita semua pasti pernah merasakan pesta prasmanan dan di pesta tersebut kita merasa nyaman,akrab, dan tidak sendirian

    Reply

  18. prasmanan merupakan cara penyajian makanan dalam pesta maupun restoran dengan meletakkan makanan pada meja panjang dan pengunjung mengambil sendiri menu yang diinginkan
    selain itu, prasmanan juga mengajarkan kita arti kebersamaan.

    Reply

  19. saya sangat menyukai artikel ini karena mengajarkan kita untuk menjalin kebersamaan dengan sesama maka dengan adanya kebersamaan berarti kita berbagi kasih kepada orang yang ada disekitar kita.

    Reply

  20. prasmanan itu identik dengan makanan, kebersamaan. dengan adanya prasmanan maka akan menambah tali silaturahmi kita walaupun sebenanya bukan cuma prasmanan

    Reply

  21. makan dengan cara prasmanan itu kita bisa mengambil makanan yang kita sukai dan bisa sambil makan sambil berbincang dengan teman -teman kita.

    Reply

  22. Prasmanan, betapa indahnya suasana kebersamaan dan hangat didalam pesta tersebut, saling berbagi cerita dan pengalaman, semuanya menjadi akrab karena suasana yang hangat dan penuh sukacita didalam pesta tersebut.

    mungkin boleh sekali” diundang kepesta itu..😛
    Ahahahaha😀😀😀😀

    Tuhan Memberkati

    Reply

  23. Pesta prasmanan menang sangat menarik dimana kita membawa makanan masing-masing dan bisa berbincang-bincang di meja yang sama. Sama seperti hidup ini, kita dilahirkan membawa kemampuan dan cerita yang berbeda-beda. Kemudian pada saat berkumpul dengan orang lain yang mempunyai cerita dan kemampuan yang berbeda pula, kita dapat berbagi pengalaman. Semua manusia dilahirkan dengan kemampuan berbeda-beda, untuk itulah kita harus saling melengkapi.

    Reply

  24. saya setuju bahwa pesta prasmanan suasananya jauh lebih akrab dibandingkan dengan makan di meja yang hanya dapat akrab dengan orang yang duduk semeja dengan kita saja. melakukan pesta dengan cara seperti ini dapat mempererat tali persaudaraan dan pertemanan, menjadi lebih akrab dan saling peduli karena disela-sela makan ada perbincangan, obrolan dan cerita-cerita. memang sangat mengasikkan mengadakan pesta dengan presmanan akan lebih baik lagi kalau tidak saat pesta saja tetapi kumpul setiap bulan sekali atau 2 minggu sekali agar hubungan baik tetap terjalin.

    Reply

  25. kebersamaan dalah hal terpenting dalam kehidupan
    contohnya adalah makan prasmanan.
    saat makan prasmanan kita dapat berbincang dengan orang orang dan bisa membicarakan banyak hal dengan mereka. kebersamaan akan sangat terlihat

    Reply

  26. Melalui prasmanan lebih terasa suasana berbagi dan kebersamaannya,karena kita hanya bisa mengambil sesuai porsi yang kita mau,tidak bsa serakah dan tidak akan ada makanan yang terbuang

    Reply

  27. Posted by Dyah Indah Pratiwi on December 17, 2012 at 7:31 am

    Menurut saya pesta dengan adanya prasmanan itu sangat menyenangkan karna kita bisa berbagi kebersamaan dengan orang lain yang telah kita kenal atau pun yang belum kita kenal . Dan juga suasananya lebih menyenangkan🙂

    Reply

  28. Posted by steffanus sasteradinata on December 17, 2012 at 5:10 pm

    prasmanan cara penyediaan makanan yang secara tidak disadari mengajarkan orang untuk bersabar untuk mengantri.. dan juga akan menimbulkan rasa kebersamaan..

    Reply

  29. prasmanan itu kebersaam ,, nasi box itu sendiri2 . kita harus terus bersaam2 krn manusia itu simbiosismutualisme

    Reply

  30. kebersamaan adalah sesuatu yang paling indah, disaat susah tetap bersama, disaat senang selalu bersama itulah hal terindah di dunia ini yaitu kebersamaan.

    Reply

  31. prasmanan adalah salahsatu adat dan tradisi turun temurun dan biasanya di acara pernikahan. dan itu adalah salah satu bentuk kebersamaan yang erat

    Reply

  32. prasmanan adalah kebudayaan tradisional khas Indonesia, bersama kita makan, bersama pula kita minum, kebersamaan akan sangat kental terasa dalam prasmanan daripada yang lainnya, itu karena kita harus bergbagi, menderita(mengantri) dan akhirnya makan dengan teman maupun orang yang tidak kita kenal, menjadikan suasana menjadi lebih hangat dan ramai

    Reply

  33. Posted by Eliriani on December 19, 2012 at 7:04 am

    prasmanan adalah salah satu contoh yang sering di gunakan untuk menjamu para tamu untuk menikmati makanan yang sudah di sediakan. dan untuk membangun kebersamaan antara para tamu

    Reply

  34. Seringkali kita melupakan nilai-nilai suatu kebersamaan.Kita hanya sibuk dengan pekerjaan dan pelayanan sendiri.Padahal melalui dibangunnya kebersamaan dalam kelompok kecil sekalipun,kita akan merasakan kasih yang daripada Allah.

    Reply

  35. Posted by sylvia on December 20, 2012 at 12:49 am

    prasmanan bisa dijadikan sebagai suatu cara untuk makan bersama dan berkumpul dengan banyak orang dengan makan makanan yang sama yang telah di siapkan.

    Reply

  36. prasmanan mengajarkan kita untuk hidup bersama, berbagi, dan tidak seraka.

    Reply

  37. persmana merupakan salah satu contoh yg di gunakan untuk menjamu para tamu supa menikmati makanan yg sudah di sediakan dan dari artikel intinya adalah kebersamaan kita bisa ambil contoh persmana degan adanya persamanan kita akan merasakan kebersamaan ya itu saling makan bersama dan lain sebagainya.

    Reply

  38. melalui acara makan seperti prasmanan ini kita bisa lebih dekat dan akrab dengan seseorang dan bisa dijadikan rutinitas yang positif

    Reply

  39. Pesta prasmanan emang sangat bagus…selain kita menyajikan sesuatu sesuai selera orang yang datang serta mengajakarkan atitude kepada orang yang datang untuk menghormati makanan bagaimana(tidak serakah) serta nantinya kita akan bersilahturahmi diatas meja dengan orang orang lain dimeja yang kita duduki

    Reply

  40. Posted by cheri meirani on June 15, 2013 at 11:23 am

    prasmanan indentik dengan makan secara bersama-sama dan pengambilan jenis makanan dapat dilakukan secara bebas oleh diri kita sendiri. jika kita mengambil secara berlebihan bagian orang lain akan berkurang. disini kita belajar tentang arti kebersamaan kita harus memikirkan orang lain dari pada diri kita sendiri.

    Reply

  41. Posted by Maorel on June 15, 2013 at 3:28 pm

    Dengan makan prasmanan ini selalu mengingatkan saya betapa sukacitanya keluarga dan kerabat terdekat berkumpul bersama sambil menyantap makanan. Betapa bahagianya jika bisa berkumpul seperti itu. Dan mengingatkan saya betapa pentingnya untuk saling berbagi

    Reply

  42. Prasmanan, dengan cara makan prasmanan, kita bisa melihat karakteristik orang, dalam sabar mengantri, langsung menyerobot atau apa, kita dapat bertukar pikiran juga, ketika kita sedang mengantri makanan.

    Reply

  43. prasmanan itu mengutamakan tentang kebersamaan..😀 yang akan lebih berarti jika kita berbagi dgn sesama..😀

    Reply

  44. cara makan dengan cara prasmanan dapat memperlihatkan kita bagaimana pribadi orang tersebut. ada beberapa orang yang rakus maka ia akan mengambil makanan yg ia suka dengan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan bahwa mungkin orang lain tidak akan mendapatkan makanan lagi.
    04PIF_Lydia

    Reply

  45. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 10:51 am

    Makan secara prasmanan memang paling puas , setiap orang bisa mengambil makanan yang ia sukai dan kebersamaannya pun sangat terasa. Seperti halnya di warteg deket kampus , tempat dan makanannya sederhana , suasananya enak , sangat jauh berbeda suasanya dengan restoran-restoran mahal

    Reply

  46. Posted by LeonardArden on June 21, 2013 at 3:41 pm

    Cara makan prasmanan memang paling terasa kebersamaan nya, dengan makan prasmanan tidak ada tingkatan atau kasta antara yang makan. maupun boss ataupun officeboy sekalipun, selagi makan model prasmanan semuanya akan bergumul menjadi satu.

    Reply

  47. Posted by yugi p10 ubm on June 21, 2013 at 3:47 pm

    Prasmanan, menurut saya ini sesuatu yang menarik karna disini timbul rasa kebersamaan satu sama lain sehingga bisa menjaga solidaritas satu sama lain. Makanan yang tersedia banyak dan diambil secara bergantian membuat kita dilatih untuk sabar dan budayakan antri. ini sesuatu yang baik buat kita…

    Reply

  48. Posted by Hendri on December 5, 2013 at 7:11 am

    Prasmanan merupakan penyajian makanan dimana kita dapat mengambil sendiri makanan yang tersedia. Hal ini membuat kita bebas untuk mengambil sesuatu yang kita ingin.

    Reply

  49. prasmana hai ini sanggat baik dimana kita dapat menjain hubungan memperkuat persaudaraan dengan saudara seiman dimana kita dapat lebih mengenal probadi orang lain lebih dlaam lagi

    Reply

  50. sering kali manusia melupakan rasa kebersamaan terutama dalam soal makan, kebanyakan orang sibuk dengan pekerjaan nya sehingga untuk makan bersama keluarga yang kadang hanya 1tahun sekali (tradisi tahun baru) terasa sangat sulit sekali sehingga menipiskan komunikasi, tetapi dengan cara prasmanan ini biasanya akan meningkatkan komunikasi karena tidak terpaku dengan satu tempat

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: