Polusi

Jakarta sudah menjadi kota paling polusi di dunia.

Radio Australia, Kamis 18 Oktober 2012 menyiarkan daftar kota-kota terpolusi di dunia. Jakarta masuk dalam daftar kota terkotor di dunia. Berita mengenai kota terpolusi di dunia bukan saja di release oleh ABC, tapi juga media gambar dan media cetak lainnya. Juga ditampilkan di siaran resmi WHO. Kita yang hidup di Jakarta yang berhadapan dengan kotornya kota Jakarta seperti tidak berdaya. Kita lumpuh dan pasrah. Tidak ada kemauan untuk merobah kebiasaan kita yang merusak bumi kita sendiri.
Perusahaan kami mencoba berpartisipasi dengan target terus melakukan tanaman pohon. Kalau masuk kota Jakarta dari Timur, kami telah menanam pohon Matoa. Kami terus menerus tanpa henti mempromosikan Indonesia green.
Kata Kong Fu Tse bahwa kalau kita tidak bisa merubah dunia menjadi baik, paling tidak kita bisa merubah diri kita sendiri agar menjadi baik. Tahun 1995 saya mensponsori pemasangan polution detector di Lapangan Monas. Tahun 2002 pemasangan di Jalan Gajah mada. Di Jakarta sudah ada lebih 30 detector yang dipasang sebagai indikator perhitungan CO, N, F dan tingkat polusi dalam kadar udara.
Deteksi menunjukkan bahwa kadar polusi kota Jakarta sudah parah. Apalagi daerah Kelapa Gading (lihat perbandingan foto dengan jarak 300 meter gedung di Kelapa Gading sudah tidak terlihat (diambil jam 10 pagi bandingkan dengan jarak 100 meter). Artinya jarak pandang kita sudah dipenuhi polusi sehingga sulit menembus pandang lebih dari 300 meter.
Berbicara tentang kontaminasi polusi di laut, darat, dan udara kita, maka marilah mulai menjaga agar diri kita dulu jangan terkontaminasi oleh kotoran udara, kotoran pemikiran dan kotoran hati.
Saya sungguh bersyukur bahwa Gereja berjuang untuk mengatasi polusi rohani dengan harapan kita bisa mengatasinya sekaligus bisa mengatasi polusi udara.

101 responses to this post.

  1. Posted by Jonathan Putra 04PJT on March 27, 2014 at 4:52 pm

    Jakarta merupakan kota yang paling “kotor” di dunia ini, jadi kita harus menyayangi dunia supaya dunia ini bersih, tetap selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kita. Kalau kita dekat dengan Tuhan, otomatis hati kita juga bersih dan lingkungan kita juga.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: