Polusi

Jakarta sudah menjadi kota paling polusi di dunia.

Radio Australia, Kamis 18 Oktober 2012 menyiarkan daftar kota-kota terpolusi di dunia. Jakarta masuk dalam daftar kota terkotor di dunia. Berita mengenai kota terpolusi di dunia bukan saja di release oleh ABC, tapi juga media gambar dan media cetak lainnya. Juga ditampilkan di siaran resmi WHO. Kita yang hidup di Jakarta yang berhadapan dengan kotornya kota Jakarta seperti tidak berdaya. Kita lumpuh dan pasrah. Tidak ada kemauan untuk merobah kebiasaan kita yang merusak bumi kita sendiri.
Perusahaan kami mencoba berpartisipasi dengan target terus melakukan tanaman pohon. Kalau masuk kota Jakarta dari Timur, kami telah menanam pohon Matoa. Kami terus menerus tanpa henti mempromosikan Indonesia green.
Kata Kong Fu Tse bahwa kalau kita tidak bisa merubah dunia menjadi baik, paling tidak kita bisa merubah diri kita sendiri agar menjadi baik. Tahun 1995 saya mensponsori pemasangan polution detector di Lapangan Monas. Tahun 2002 pemasangan di Jalan Gajah mada. Di Jakarta sudah ada lebih 30 detector yang dipasang sebagai indikator perhitungan CO, N, F dan tingkat polusi dalam kadar udara.
Deteksi menunjukkan bahwa kadar polusi kota Jakarta sudah parah. Apalagi daerah Kelapa Gading (lihat perbandingan foto dengan jarak 300 meter gedung di Kelapa Gading sudah tidak terlihat (diambil jam 10 pagi bandingkan dengan jarak 100 meter). Artinya jarak pandang kita sudah dipenuhi polusi sehingga sulit menembus pandang lebih dari 300 meter.
Berbicara tentang kontaminasi polusi di laut, darat, dan udara kita, maka marilah mulai menjaga agar diri kita dulu jangan terkontaminasi oleh kotoran udara, kotoran pemikiran dan kotoran hati.
Saya sungguh bersyukur bahwa Gereja berjuang untuk mengatasi polusi rohani dengan harapan kita bisa mengatasinya sekaligus bisa mengatasi polusi udara.

101 thoughts on “Polusi

  1. meriana

    that’s true….. kenapa bnyk warga jakarta tidak sekali mempedulikan wilayah kita.????…padahal dengan menanam satu buah pohon itu sudah cukup membantu memperbaiki wilayah kita

    Reply
  2. Dyah Indah Pratiwi

    Di negara kita memang banyak sekali polusi sampai-sampai di negara lain menilai negara kita penuh dengan polusi . Polusi juga dapat menimbulkan berbagai penyakit . Dan kita sebagai warga jakarta tidak pernah mau peduli dengan negara kita sendiri . Untuk menanam pohon saja kita merasa malas sekali tetapi dengan menanam pohon setidaknya polusi dapat berkurang 🙂

    Reply
  3. Weny Kurnia Dewi

    polusi di jakarta paling banyak berasal dari knalpot kendaraan bermotor. banyaknya polusi seharusnya dapat ditanggulangi dengan penanaman pohon. tapi dijakarta kurang kesadaran untuk menanami pohon, makanya jakarta banyak terdapat polusi.

    Reply
  4. steffanus sasteradinata

    polusi di sebabkan oleh kendaraan bermotor dan juga asap rokok . kandungan zat kimia yang berbahaya yang juga mengandung radikal bebas. hendaknya setiap orang memiliki kesadaran untuk ramah terhadap lingkungan..

    Reply
  5. erwinwiryanto18

    warga jakarta adalah warga yang paling sulit untuk diatur, dimana warganya sangat suka membuang sampah sembarangan dan jakarta memiliki transportasi umum seperti bajaj yang tingkat polusinya sangat tinggi.

    Reply
  6. lisda

    polusi adalah debu
    polusi udara di jakarta sudah sangat memprihatinkan
    dan hendaknya kita memakai masker kalau mau berpergian. itu bisa dapat mencegah penyakit dari mana mana masuk ke tubuh kita

    Reply
  7. charakitti

    jakarta dimana selalu aja ada polusi tidak mungkin tidak. sebenarnya biosa diatasi bila orang sadar itu tidak baik buat kesehatan kita. dengan cara menjaga pohon jangan ditebang terus. naik lah kendaraan yang tidak bikin macet sering saya lihat orang naik mobil 1orang coba nae angkot aja buat menghindari polusi yang berlebihqan

    Reply
  8. nemishi

    Jakarta sudah termasuk kota terpolusi adalah hal wajar. Hal tersebut karena banyak sekali orang yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Ditambah lagi banyak sekali kendaraan bermotor di Jakarta ini. Semakin lama Jakarta akan tertutup dengan banyaknya polusi dimana-mana. Tidak akan ada lagi lingkungan sehat dan bersih. Kita sebagai manusia harus mulai dari diri sendiri, karena setidaknya kita bisa berubah diri kita sendiri.

    Reply
  9. Stefina Angga

    Polusi inilah yang kita semua hirup setiap harinya, malangnya kita cenderung untuk bersikap masa bodoh dan pasrah. Padahal bila ditelaah, hal ini dapat berdampak serius bagi kesehatan kita. Kebiasaan hidup yang serba instan telah membuat masyarakat perkotaan terutama Jakarta cenderung malas, setiap jarak tempuh entah itu dekat atau jauh selalu menggunakan kendaraan bermotor. Mudahnya memperoleh kendaraan bermotor dengan sistem kredit telah membuat menjamurnya jumlah kendaraan bermotor. Perlu adanya tindak lanjut dari pemerintah untuk membatasi masuknya jumlah kendaraan bermotor ke ibu kota Jakarta.

    Reply
  10. brian sisyadi

    jakarta sudah tidak asing dengan polusi itu dikarenakan orang yang tidak dapat menghargai alam , orang yang melanggar peraturan, sejujurnya saya sangat benci dengan orang yang seperti itu, tetapi apa daya kuasa tak mampu untuk menanganinya apalagi saya, oleh karena itu kita harusnya malu apalagi dengan adanya sindiran seperti itu dari kaca internasional, kita harus bebenah dengan mengurangi kendaraan, dan juga menyetel kendaraan dengan pengapian yang benar juga menambah pohon dan taman kota untuk penyerapan polusi

    Reply
  11. Yessica Permata Harry

    sebaiknya mulai dari sekarang kita melakukan penanaman pohon untuk penghijauan di kota jakarta ini supaya kota kita ini tidak terlalu banyak polusi. Karena polusi itu dapat menyebabkan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh manusia. oleh sebab itu cegahlah polusi dengan menyadari dari diri kita terlebih dahulu. agar kota tercinta kita ini dapat terbebas dari asap polusi. Lakukanlah perubahan mulai dari sekarang

    Reply
  12. Eliriani

    polusi adalah suatu udara yang sudah tercemar oleh zat–zat yang dapat merusak kesehatan kita sendiri. di jakart sudah sangat banyak polusi karena kapasitas penduduk dan kapasitas volume tingkat mempunyai kendaraan. jika rohani kita sudah terkena polusi maka kita akan terkena penyakit yang sangat susah dapat di sembuhkan. karena belum ada orang yang dapat sembuh penyakitnya karena polusi ini sangat berbahaya.

    Reply
  13. Theresia

    populasi di dunia ini sudah sangat banyak kehidupan kita karna mungkin manusia yang terlalu egois dalam dirinya sehingga tidak mementingkan dunia nya lagi misalnya suka menebang pohon dan jug lahan di bangun gedung, perumahan , mall dan lainnya. ada juga populasi dalam diri kita misalnya dosa yang begitu banyak seharusnya kita bersihkan populasi dalam diri kita dengan mau berserah pada Tuhan agar dalam diri kita bersih dari dosa yang kita lakukan.

    Reply
  14. hendiasim

    Ingin hidup sehat dan nyaman tapi tidak ingin merubah kebiasaan diri yang suka merusak alam.Itulah sedikit gambaran tentang manusia.Demikian juga dalam hal kerohanian.Ingin hidup dalam damai sejahtera,tapi tak ingin mendekatkan diri pada Tuhan dan berusaha merubah sifat yang buruk.

    Reply
  15. hedwig gerardine calvin

    Polusi adalah sejenis gas yang dapat membahayakan yang berasal atau dihasilkan oleh asap-asap baik dari asap kendaraan bermotor maupun asap-asap sisa pembakaran dari pabrik-pabrik tertentu. Jarang sekali kita temui keadaan dijalan yang bersih tanpa adanya polusi dari asap kendaraan bermotor. Polusi juga dapat menimbulkan penyakit, karena didalam polusi itu terkandung virus-virus penyakit yang dapat membahayakan kesehatan kita. Banyak warga yang mengeluh akibat adanya polusi, sampai sekarangpun belum ada cara yang ampuh untuk menangani polusi, karena semakin hari semakin banyak orang yang mengendarai kendaraan berotor sehingga makbanyak pula asap-asap yang dihasilkan dan hal itu akan menyebabkan polusi udara.

    Reply
  16. sylvia

    polusi adalah zat-zat asing yang masuk ke lingkungan atau pencemaran yang dapat merusak tubuh kita. tidak heran lagi kalau Jakarta termasuk kota terpolusi. sebagai warga masyarakat di Jakarta mulailah sadar dengan lingkungan kita dan mau membersihkan polusi dengan cara menanam pohon di setiap tempat terutama tempat yang banyak kendaraan bermotor..

    Reply
  17. adeputra

    polusi di jakarta memang semakin banyak karena ketidak pedulian warga penduduk jakarta dan perkembangan penduduk yg tidak di batasi, dan warga penduduk jakarta seharunya melakukan reboisasi untuk mengembalikan keadaan lingkungan dan menguragi polusi.

    Reply
  18. Justman Tan - 1601266186

    Polusi juga disebabkan karena banyak kendaraan yang tidak memenuhi standar berkendaraan yang telah di tetapkan oleh pemerintah. Penebangan pohon juga mempunyai andil besar dalam salah satu penyebab polusi susah diatasi, padahal seperti yang kita ketahui bahwa pohon sangat membantu mengurangi polusi.
    Untuk mengurangi polusi yang terjadi kita juga mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, kesadaran diri sangat penting dalam hal ini

    Reply
  19. richard rioyanto

    Polusi udara merupakan masalah paling besar bagian kota jakarta sekarang ini. yang memiliki begitu banyak penduduk dan arus ekonomi yang tertumpu di ibukota kita ini. semakin lama jakarta akan semakin di cemari polusi dan menyebabkan lebih banyak penyakit dan lebih banyak yang akan mengalami sakit yang terkontimasi oleh kuman dan bakteri. apabila kita tidak menerapkan go green maka ibu kota kita pada akhirnya akan menjadi lumpuh dan semua aktifitas ekonomi akan menjadi kacau.

    Reply
  20. anugrah dwi s

    polusi memang musuh yang sangat merusak lingkungan, tapi balik dari diri kita sendiri akankah kita akan selalu merusak lingkungan kita dengan polusi itu sendiri? atau kita akan menghilangkan polusi tersebut?

    Reply
  21. warsewo-prigo

    ayo teman, kita mulai dari diri kita sendiri dengan tindalan kecil yang berarti seperti membuang samai pada tempatnya, tidak memakai listrik secukupnya. toh semua yang kita lakuin juga ntar buat cucu-cucu kita. cintailah alam karena alam adalah bagian dari diri kita.

    Reply
  22. emilia agustina

    atau kia mengadakan orgnisasi cinta lingkugan yang akan melakukan kegiatan seperti menanam pohon di lahan2 yang masih kosong

    Reply
  23. nindyastyan

    Polusi itu sebenernya datang dari diri kita juga. Jika setiap manusia mempunyai kesadaran, bahwa betapa bahayanya polusi, pasti lingkungan kita tidak akan tercemar, dan menjadi indah berseri. Jadi mulai sekarang mulailah dari diri sendiri untuk mencintai lingkungan alam sekitar kita.

    Reply
  24. kesialaurensya

    saya sangat setuju dengan artikel yang diatas. banyak polusi yang ada dijakarta sudah mencemar kemna-mana. untuk merubah polusi di jakarta untuk menjadi lebih baik itu sangatlah sulit begitu juga dengan merubah diri kita. untuk mencegah polusi yang ada di jakarta dengan cara buang sampah pada tempatnya dan dengan banyak menanam pohon dan juga mencegah penebangan-penebangan liar, begitu juga dengan merubah diri kita sendiri. untuk merubah diri kita sendiri yaitu dengan mulai menjaga agar diri kita jangan terpengaruh oleh kotoran udara, dan kotoran pemikiran hati kita.

    Reply
  25. Herlina_1501177822_04PHJ

    Di Jakarta sudah penuh dengan bangunan atau gedung yang tinggi-tinggi sehingga tidak nampak lagi adanya pohon-pohon sehingga penuh dengan polusi dari kendaraan pribadi maupun kendaraan umum..

    Reply
  26. Maorel

    Bagaimana bisa kita manusia hidup dengan polusi, bagaimana juga alam mau bersahabat dengan manusia sedangkan kita tidak mau bersahabat dengan mereka. Padahal Tuhan telah menitipkan alam semesta ini kepada manusia untuk menjaga serta melestatikannya

    Reply
  27. Tan William

    Polusi tidak dapat di salahkan, karena orang di jakarta memilih untuk memakai kendaraan pribadi di banding kendaraan umum? kenapa? karena kendaraan umum di jakarta kurang memadai.

    Reply
  28. anastasia04pif

    polusi di jakarta butuh kepedulian dari kita sebagai warga jakarta, namun apa mau di kata.. pemerintah blm dapat menyediakan fasilitas transportasi umum yang aman & memadai selain busway.. sehingga kita lebih mengandalkan kendaraan pribadi kita..sehingga polusi terus menerus meningkat di jakarta

    Reply
  29. hidingbehindthecamera

    Polusi yang terjadi di jakarta adalah polusi yang di timbulkan dari banyaknya kendaraan yang ada dan berfungsi dalam jumlah banyak dengan waktu yang bersamaan. keadaan macet di kota jakarta pun tidak membantu sama sekali untuk menanggulangi adanya polusi udara yang tetap bertambah di Jakarta.

    Reply
  30. MICHAEL 04PHJ

    Memang hal2 yang menyebabkan polusi seperti mobil , pabrik , dll kita sulit hentikan . Yang kita bisa lakukan hanyalah menanam banyak pepohonan dan juga anti merokok! menurut survey , rokok adalah salah satu penyebab terbesar polusi. Sangatlah banyak orang Indonesia yang merokok. Selain menyebabkan polusi tentunya sangat merusak kesehatan

    Reply
  31. yugi p10 ubm

    Jaman sekarang banyak sekali masyarakat di Jakarta yang menggunakan kendaraan pribadi, suka membakar sampah sembarangan, dan apapun yang mereka lakukan yang menimbulkan polusi. Jakarta sudah termasuk kota yang penuh dengan polusi, maka dari itu kita sebagai warga Jakarta harus menanggulangi hal tersebut dengan cara kita masing-masing. Contohnya menanam pohon, tidak membuang/membakar sampah sembarangan, melestarikan kota kita sendiri dan tentunya masih banyak lagi..

    Reply
  32. LeonardArden

    Jika mengatakan polusi pasti selalu berhubungan dengan jakarta. Polusi di jakarta sudah semakin parah, daerah hijau sangat minin sekali di temukan dijakarta begitu banyak nya gedung perkantoran tetapi sedikit sekali lahan hijau. Lahan hijau sangat di perlukan untuk oksigen yang harus di serap supaya warga jakarta bisa merasakan udara yang sehat.

    Reply
  33. Henricko Randy Setiawan

    Polusi di Indonesia ini sudah sangat parah, terutama kota Jakarta yang merupakan ibukota kita. Salah satu faktor polusi adalah asap kendaraan bermotor. Di Jakarta, kendaraan bermotor sudah tidak terhitung jumlahnya. Kita harus sebisa mungkin mengatasi polusi ini agar Indonesia tidak semakin parah akan polusi.

    Reply
  34. daniel dwidjayanto

    Polusi yang ada di jakarta semakin banyak, mengapa? karena orang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi karena lebih nyaman dan aman dibandingkan menggunakan kendaraan umum atau angkot, sehingga hal ini yang menyebabkan polusi di jakarta kian hari semakin banyak

    Reply
  35. Luna Claria Febri

    Jumlah kendaraan bermotor di Jakarta tidak terhitung, setiap hari warga Jakarta bermacet-macetan bahkan diprediksi Jakarta akan macet total. Banyak upaya yang dilakukan pemerintah DKI Jakarta untuk mengatasi kemacetan salah satunya membangun busway, MRT, dll. Sebagai penduduk Jakarta, kita harus mendukung segala kebijakan pemerintah untuk kesejahteraan bersama.

    Reply
  36. claraalverina19

    Polusi di dunia memang sudah merajalela, apalagi khususnya di Indonesia. Polusi sudah tidak tertahankan di negeri ini, dimana-mana tercium asap kendaraan, asap pabrik. Tetapi tidak ada yang perduli akan hal itu, polusi dapat mengakibatkan dampak negatif yang besar. Mungkin masyarakat belum memahaminya tetapi suatu saat masyarakat pasti akan menyesalinya mengapa kita dahulu melakukan polusi sebegitu banyak.

    Reply
  37. Aldrich Chandra

    Keegoisan masyarakat, dan pola pikir yang tidak memandang kedepan.
    Andai mereka tidak egois, tidak menebang pohon secara liar tanpa henti untuk keuntungan materi. Mau dibasmi atau ditangkap pun, pasti akan ada lagi penebang-penebang liar.
    Maka dari itu kita harus bergantung pada diri kita sendiri
    Ayo ikut serta lestarikan lingkungan!
    Gerakan sesederhana membuang sampah pada tempatnya, sangatlah bermakna!

    Reply
  38. gracellachandra

    menggunakan benda atau kendaraan yang ramah lingkungan, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, dan menanam pohon dapat membantu mengurangi polusi di sekitar kita. Go green for the next generation

    Reply
  39. Azmi Arumsari

    Tindakan yang perusahaan Bapak lakukan patut diapresiasi karena sudah membantu mengurangi polusi di Jakarta. Bila berurusan dengan hati, untuk mengatasi polusi yang menggerogoti hati kita, kita harus selalu mendekatkan diri pada Tuhan. Itu merupakan tindakan terpenting yang dapat diambil.

    Reply
  40. Stacey Nadia

    Polusi di kota Jakarta sudah sangat parah. Sebagai warga kota Jakarta, sudah seharusnya kita menjaga kota Jakarta dimulai dari diri sendiri, seperti yang disampaikan oleh artikel diatas. Kita diijinkan oleh Tuhan untuk tinggal di kota Jakarta, sama seperti kita diijinkan oleh Tuhan untuk menikmati alam di bumi. Maka sebagai manusia yang diciptakan oleh Tuhan, seharusnya kita memelihara dan melestarikan alam dimanapun kita berada.

    Reply
  41. Dian Yuni W - 04PAW

    Kadang saya geli melihat slogan “Go Green!” karena masih banyak penduduk Indonesia yang belum menerapkan apa itu “Go Green”. Dimulai dari yang sederhana saja, misalnya selalu membawa tas belanja besar, jadi tidak menggunakan plastik belanja. Pengelolaan sampah di Indonesia sebaiknya mengikuti pengolahan sampah seperti di Jepang. Setiap harinya, truk sampah yang berbeda jenisnya akan datang. Misalnya sampah plastik di hari rabu. Maka tempat sampah yang digunakan pun banyak. Selain itu, pabrik-pabrik di Jepang sudah menetralisir asap menjadi putih dan air limbah pabrik juga. Beberapa pabrik di Indonesia sudah menerapkan sistem ini. Lalu, jangan membuang sampah sembarangan, sehingga bisa mengakibatkan banjir. Kurangi pemakaian AC, karena ozon kita semakin menipis. Lakukan penghijauan dibeberapa tempat (Dian Yuni W. – 04PAW)

    Reply
  42. carllossugianto

    menurut saya itu kita harus cepat menangai polusi agar mendapatkan kualitas hidup yang baik.polusi itu dapat kita kurangi dengan langkah simpel dan hal yang senderhana contohnya kita lebih memlih kendaraan yang tidak menghasilkan polusi seprti kendaraan listrik dibandingkan kendaran berbahan bakar fosil.selanjutnya untuk mengurangi polusi juga kita dapat memakai jasa angkutqan umum dibandingkan kendaraan pribadi.udara adalah sumber utama untuk kita hidup dibumi ini,maka kita harus menjaga udara itu agar selalu bersih dan bersahabat untuk kita.

    Reply
  43. Juliastina_04PKF

    kondisi Jakarta yang begitu kotor, memang merupakan suatu hal yang tidak bisa dipungkiri lagi. dimana masyarakat harus memakai masker (dianjurkan) ketika berada diluar gedung. polusi-polusi di Jakarta ini memang harus diperhatikan, terutama dari pihak pemerintahan sebaiknya lebih memperhatikan masyarakat Indonesia. karena dengan banyak nya polusi yang di Jakarta, maka masyarakat tentunya tidak dapat menghirup udara yang segar dan sehat.

    Reply
  44. Bill Shidin

    dengan adanya kemauan dari individu sendiri polusi itu sendiri lama kelamaan akan berkurang.akan tetapi jakarta sekarang ini sepertinya tidak lagi seperti yang dulu, dulu orang masih mau mengurusi diri nya sendiri tetapi sekarang individu lebih mementingkan apa yang akan membuatnya senang atau aman, akan tetapi mereka tidak memikirkan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s