M a u

Sadar, tahu dan mau, ketiganya memiliki kekuatan, tapi mau memberikan harapan.

Ada seorang anak kecil baru masuk Taman Kanak-Kanak dia menangis ketakutan. Keesokannya masih menangis. Hari ketiga sang ibu menunda membawanya ke sekolah, tetapi dia pun menangis karena “mau” ke sekolah. Akhirnya dibawa ke sekolah dan setelah bermain-main anak tersebut sudah lupa dengan kesedihannya. Kini, dia berloncat, berlari dan bermain penuh suka cita. Anak ini tidak sadar kalau harus sekolah baru bisa pintar. Ia juga tidak tahu bahwa perlu pembelajaran dan komunikasi. Dia hanya mau bermain bersama teman. Karena belum kenal, maka dia menangis terus menerus atau takut pada hari pertama dan keduanya di TKK.
Setiap perbuatan kita selalu didasari pada sadar – tahu – mau, tetapi selama tidak ada kemauan, maka usaha tidak bisa dijalankan. Walaupun demikian mau saja tidaklah cukup, kita perlu tahu melalui pembelajaran, pengalaman, asistensi, dan bantuan teman. Selain itu kita harus sadar dalam asas manfaat. Apa manfaat buat kita? Baik dan buruknya apa? Apakah perbuatan kita berkenan terutama di mata Tuhan. Sebuah pekerjaan yang dilakukan tanpa sadar ini namanya mimpi, tapi jika dikerjakan juga ini namanya sakit jiwa. Sebuah pekerjaan tanpa tahu apa yang di kerjakannya ini namanya nekad dan ceroboh. Sebuah pekerjaan yang dikerjakan dengan “mau”, maka berbahagialah orang tersebut karena sudah terwujud pengharapannya. Mau belajar, mau bertanya, mau rendah diri, mau sopan, mau membahagiakan orang lain, mau berusaha keras, mau berkorban, dan mau mencintai (dalam arti kata positif).
Sebuah rumah tangga pun demikian adanya. Ia membutuhkan asas sadar-tahu-mau bahwa kita melangkah masuk mahligai perkawinan. Dalam komunikasi iman perlu kita tekankan apakah suatu perkawinan didasari suatu kesadaran. Sadar tanpa tekanan, sadar tanpa emosi, dan sadar dari hati sanubari yang paling dalam. Kita pun tahu belul tugas dan tanggung jawab sebagai suami dan istri serta mau untuk saling menghormati, mencintai, menolong dan mau berbagi.
Yang saya maksud mau adalah suatu tindakan nyata berdasarkan sadar dan tahu serta memiliki suatu pengharapan dengan dasar iman dan kasih. Seperti halnya iman tanpa perbuatan adalah mati. Demikian pun perbuatan tanpa kemauan adalah tidur nyenyak, karena tanpa kemauan semuanya sirna tak berguna.
Kalau saja kita sadar akan apa yang terjadi dalam diri kita dan tahu apa yang menjadi hidup bagi kita, maka kemauan kita akan menjadi langkah pertama untuk berjalan 1000 mil ke depan.
Demikian dalam sebuah pengadilan, yang mengadili tersangka pasti ditanya apakah kamu “sadar” dan “tahu”? Kalau salah satunya dijawab ”tidak” terhadap konteks kasusnya maka pengadilan tidak dapat dilanjutkan, melainkan dipindahkan ke rumah sakit jiwa. Tetapi jika kesalahan itu dilakukan dengan kemauan, maka ini masuk dalam kesalahan yang telah direncanakan, sehingga hukum bisa menguasainya.
Semoga pagi ini menyadarkan kita betapa besar Tuhan mencintai kita dan tahu apa yang harus kita perbuat, mau belajar mencintai, berbagi dan membahagiakan sesama.

40 responses to this post.

  1. Saya setuju dengan artikel anda. Didalam pekerjaan sebaiknya kita harus menjalankan asas sadar,tahu,dan mau. Bila pekerjaan yang kita lakukan tidak dilakukan secara sadar, tahu,dan mau, maka pekerjaan tersebut akan menjadi berantakan.
    Begitu pula dalam keluarga, kita harus sadar bahwa orang tua menyayangi kita dan tahu apa yang kita perbuat dan mau mencintai keluarga kita agar terciptanya suasana kasih,damai,dan sukacita.
    Kita pun harus bersyukur karena kita sadar Tuhan mencintai kita tak bisa dihitung nilainya, dan tahu apa yang kita perbuat, bisa membedakan baik buruknya perbuatan dan kita mau belajar untuk mencintai,berbagi,dan membahagiakan sesama manusia.

    Reply

  2. Dalam setiap pekerjaan kita harus ada kemauan. Sehingga kita bisa menikmati pekerjaan tersebut dengan hati yang gembira dan tidak bersungut-sungut. Kalau tidak ada kemauan rasanya malas untuk melakukan pekerjaan tersebut. Yang nantinya akan mengakibatkan kita menjadi stres atau malah bisa depresi. Jadi, kita harus memilih pekerjaan sesuai dengan kamauan kita dalam menjalani pekerjaan tersebut. Sehingga tidak menyebabkan kita malah stres atau depresi.

    Reply

  3. Posted by linda on December 6, 2012 at 4:05 am

    saya sangat setuju dengan artikel di atas, karena kemauan adalah dasar penggerak setiap hal yang ingin kita lakukan karena jika tidak ada kemauan tapi memiliki kesadaran dan pengetahuan maka akan sia-sia dan tidak ada hasil nya. Yang paling penting jika kita melakukan atau ingin mewujudkan suatu hal adalah adalah kemauan karena jika ada kemauan tapi kita tidak punya kemampuan pasti hal yang di ingin di capai dapat terwujud karena kita mau tetap berusaha dan belajar dengan kata lain kemampuan dapat di pelajari sedangkan kemauan hanya terdapat dari dalam diri sendiri. Maka jika kita ingin mewujudkan suatu hal kunci nya adalah mau-tahu- dan sadar pasti kita bisa mencapi nya dengan maksimal dan hasil terbaik.

    Reply

  4. Saya setuju, memang pada dasarnya kemauanlah yang menjadi akar dari setiap pencapaian kita. Jika seseorang tidak memiliki kemauan, meski telah didukung ataupun diingatkan maka ia tetap akan menyepelekan hal yang menurutnya tidak penting padahal sesungguhnya penting. Kemauan dari dalam diri akan mendorong kita dan menjadi motivasi untuk maju selangkah demi selangkah. Kemauan yang kuat jika didukung oleh usaha yang baik maka akan membuahkan hasil yang maksimal seperti yang kita harapkan. Untuk mendapatkan kemauan tersebut tiap-tiap orang harus mengerti dan memahami tujuan hidupnya.

    Reply

  5. saya setuju dengan artikel ini, sadar tahu mau adalah pondasi kita dalam melakukan sesuatu. sebenarnya ada satu lagi yaitu suka. kemauan menjadian kita menjadi lebih baik.

    Reply

  6. Menurut saya memang ‘mau’ merupakan awal dari setiap kegiatan yang kita lakukan. Meski beberapa persen pun ‘mau’ yang kita punya, itu dapat membangkitkan kita untuk mengerjakan suatu hal. Kemauan sangat penting karena itu memotivasi kita. Tanpa adanya kemauan yang kuat, sulit bagi kita untuk berhasil. Kemauan tidak bisa dipelajari, jadi lihatlah kedalam hatimu, apa yang diinginkan dan lakukan hal itu untuk mencapai hasil terbaik. Sehingga, saya setuju dengan artikel ini. Dengan adanya, ‘mau’ itu membuat kita semangat melakukannya karena mau. Selama tidak ada kemauan, sulit untuk berusaha, Akan tetapi, perlu kita sadari, mau saja tidak cukup. Tanpa usaha dan berdoa, kemauan itu akan sia- sia. Oleh karena itu, sadar- tahu- mau saling berhubungan. Akibat kita mau, kita jadi mau tahu dan setelah itu sadar akan apa yang mau dilakukan.

    Reply

  7. mau adalah harapan yang kita minta kepada Tuhan. mau itu sangat memberikan kita harapan apalagi jika kita bisa mewujudkannya.

    Reply

  8. dimana ada kemauan pasti ada keberhasilan. susah mengajak orang untuk maju jika dirinya tersebut tidak memiliki kemauan, kemauan juga bisa di sebut niat menurut saya. jika kamu mau sukses, kamu juga harus mau berusaha.

    Reply

  9. mau adalah sebuah niat atau keinginan .. mau berhasil , mau bertindak , mau untuk menjadi lebih baik ^^

    Reply

  10. Jika kita ada kemauan pasti ada jalannya.Segala sesuatu akan berhasil jika kita ada kemauan,kerja keras,dan niat yang baik

    Reply

  11. saya setuju dengan artikel ini,
    Setiap perbuatan kita selalu didasari pada sadar – tahu – mau, tetapi selama tidak ada kemauan, maka usaha tidak bisa dijalankan. Walaupun demikian mau saja tidaklah cukup, kita perlu tahu melalui pembelajaran, pengalaman, asistensi, dan bantuan teman.
    setiap hal yang kita lakukan karena kemauan kita biasa nya kan berjalan dengan baik

    Reply

  12. Posted by mariani purnama on December 16, 2012 at 9:48 am

    sadar, tahu dan mau betul betul kata yang sangat bersinggungan dalam kehidupan kita, dalam melakukan sesuatu memang harus dadasari ketiga kata-kata magis tersebut.

    Reply

  13. Posted by chelmizjel on December 16, 2012 at 2:29 pm

    walaupun kita memiliki kemampuan namun tidak ada kemauan, tidak akan berjalan

    Reply

  14. bila ingin masa depan kita membaik dan cerah kita harus memiliki kemauan yang merupakan untuk memotivasi dri kita,,
    bila dari sini saja kita tidak mempunyai kemauan apalagi ke depanya,,pasti akan menjadi tidak baik..
    kesimpulanya maju terus pantang mundur.

    Reply

  15. bila ada kemauan yang keras pasti ada jalan dan semangat untuk melakukannya. kerja keras tanpa tujuan yang jelas sama saja sia sia. dan tujuan yang jelas dengan kerja keras..itu akan membuat kita meraih apa yang kita hendaki menjadi orag sukses

    Reply

  16. dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan! (y)

    Reply

  17. Posted by steffanus sasteradinata on December 18, 2012 at 5:05 pm

    dengan adanya kemauan, harus dinyatakan dengan tindakan, agar keinginan tidak hanya menjadi sebuah keinginan yg sia-sia..

    Reply

  18. menurut saya , dalam diri kita harus ditanami dengan kata mau atau kemauan , karena dengan adanya kemauan , apa yang kita mau dan hadapi bisa kita lakukan dan lalui.

    Reply

  19. menurut saya dalam menjalani hidup ini kita selalu akan mengatakan sadar – tahu – mau karena dengan kita sadar kita pasti pengen tahu apa yang akan terjadi dan terakhir kita mau melakukan apa saja untuk mewujudkan sesuatu itu. yang pasti semuanya harus didasari dengan niat, tekad dan semangat.

    Reply

  20. Dalam bertindak jika tanpa didasari oleh kemauan yang kuat maka akan menghasilkan hasil yang sia-sia bahkan nihil (tidak menghasilkan apa-apa). Semua didasari oleh kemauan dari dalam diri kita, jika sudah ada makan harus dibuahi dengan usaha yang keras hingga kita dapat meraih apa yang kita cita-citakan dalam hidup kita.

    Reply

  21. Posted by sylvia on December 20, 2012 at 3:13 am

    setiap orang harus memiliki kemauan terutama kemauan untuk maju. dengan adanya kemauan setiap hal pasti dapat tercapai.

    Reply

  22. Posted by Dessy Kristanti on December 20, 2012 at 9:48 am

    kemauan bisa jadi semangan kita untuk mencapai sesuatu,, bahkan dalam alkitab pun tertulis iman tanpa perbuatan(kemauan) adlah mati!

    Reply

  23. saya sangat setuju dengan artikel ini, mau adalah sesuatu yg kita inginkan contohnya kita ingin mendapat uang kita akan memiliki kemaun dan ada memikirkan 1000 cara untuk mendapatkan uang dan jika tidak mau makan kita akan memikirkan 1000 alasan untuk menolak

    Reply

  24. sungguh sangat bagus artikel diatas. apabila kita menginginkan sesuatu tanpa adanya tindakan maka hal itu tidak akan pernah tercapai. dengan adanya kemauan untuk melakukan hal-hal yang ingin kita capai dan tau apa yang ingin kita capai maka orang tersebut akan mencapai kesuksesan dan kebahagiannya. kemauan merupakan suatu motivasi untuk seseorang tetap bergerak maju dan tidak pernah menyerah untuk melakukan segala hal.

    Reply

  25. mau itu layaknya pencapaian terhadap suatu hal yang kita inginkan semakin kita mau semakin bisa berusaha untuk mendapatkannya

    Reply

  26. Posted by stefano agung on May 25, 2013 at 7:47 am

    Bila ada kemauan pasti ada jalan jika ada kemauan yang keras disertai dengan usaha dan doa pasti akan ada jalan menuju kesuksesan

    Reply

  27. kemauan itu yang paling susah ditimbulkan dari diri kita,jangankan kemauan,terkadang niat yang kita bangun gampang untuk runtuh(menyerah) apalagi tanpa kemauan,oleh sebab itulah kita seharusnya menjadi pribadi yang selalu mempunyai prinsip,selalu mempunyai pandagan terhadap suatu hal yang akan kita capai kelak

    Reply

  28. setia orang pastilah mempunyai kemauan, tapi kebanyakan kemaun kita itu tenggelam dalam rasa takut, kegagalan, dan kemalasan. kemauan kuat itu sebagai dasar dari kekuatan kita untuk mencapai apapun yang kita inginkan. tentunya harus disertai dengan usaha dan doa.

    Reply

  29. Kebanyakan dari kita, banyak mau, tapi kurang usaha. Dan pada akhirnya selalu mengeluh karna apa yang kita dapatkan tidak tercapai. Padahal sebenarnya salah kita juga sih, karena usahanya kurang maksimal.

    Reply

  30. sadar & tahu memang tidak cukup..harus disertai dengan tindakan nyata & effort😀

    Reply

  31. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 10:10 am

    mnurut saya , saat ini yang saya sudah sadar , tau dan mau yaitu contohnya seperti olahraga dan programming . Dengan skill programming saya bisa membuat suatu program yang berguna dan harus juga diimbangi dengan olahraga untuk menjaga kebugaran fisik . Hal hal seperti merokok , clubbing , dll yang memiliki efek negatif tentu kalau kita sudah tau , harus dihindari.

    Reply

  32. Saya setuju, pada dasarnya kemauanlah yang menjadi dasar dari apa yang kita capai Jika seseorang tidak memiliki kemauan,ia tetap akan menyepelekan hal yang menurutnya tidak penting padahal sesungguhnya penting. Kemauan dari dalam diri akan mendorong kita untuk maju

    Reply

  33. Saya setuju dengan artikel anda. Banyak orang yang hanya ingin melakukan sesuatu tanpa menyadari apa fungsinya, baik buruknya dsbnya. Banyak juga yang hanya ingin mengetahui bagian baiknya saja dan menutu mata pada dampak buruknya. Karena itu orang harus menyadari dan mengetahui apa yang diinginkannya.

    Reply

  34. Posted by Christine Myrafirmin on December 5, 2013 at 2:34 pm

    tetapi selama tidak ada kemauan, maka usaha tidak bisa dijalankan.jika kita mau mencoba pasti ada jalan

    Reply

  35. Kemauan adalah sesuatu yang sangat berharga. Setiap orang memiliki kemauan, pantang menyerah untuk kemauan yang diinginkannya. Kita harus mewujudkan kemauan kita tetapi dengan cara yang benar.

    Reply

  36. Kemauan yang kuat, kukuh, dan berkomitmen, dapat membuat diri kita menjadi pribadi yang pantang menyerah.
    Karena ada kemauan, kita selalu mencoba, karena kita selalu mencoba, kita akan mendapatkan jalan.
    Tetapi sebelum mendapatkan jalan tersebut, janganlah menyerah ketika menghadapi tantangan maupun kegagalan.
    Tunjukkan kemauanmu!

    Reply

  37. Posted by Thalia on January 16, 2014 at 9:54 am

    Saya setuju. Dalam mengerjakan sesuatu memang dbutuhkan sadar-mau-tahu. Tanpa itu pekerjaan kita tidak akan berbuah baik. karena tanpa sadar apa yang kita kerjakan, tanpa berniat mengerjakan suatu pekerjaan, tanpa tau apa yang kita kerjakan, pekerjaan kita bisa jadi kacau atau disalahgunakan

    Reply

  38. Posted by 04PAW_Putri Shinta H on March 24, 2014 at 1:09 pm

    Saya sangat setuju dengan artikel ini, karena kemauan adalah kunci keberhasilan atau kesuksesan dalam suatu pekerjaan. Dengan adanya sifat sadar-tahu-mau akan membuat pekerjaan kita menjadi lebih baik lagi. Karena dengan kesadaran yang tinggi akan membuat kita dapat menentukan tujuan hidup kita dengan lebih baik dan mencapainya. Dan dengan kemauan akan membuat kita menjadi lebih rajin dan menghilangkan sifat malas kita.

    Reply

  39. Posted by Alfred Handoko on March 24, 2014 at 3:59 pm

    Semua hal – hal luar biasa yagn dilakukan oleh orang – orang yang ada di dunia semua dimualai dari kemauan. dimana ‘mau’ merupakan hal yang sangat sederhana namun tidak mudah untuk dijalankan dengan benar, karena hanya sekedar mau saja tidak akan membuat sesuatu berubah. Namun, ‘mau’ dan menjalankannya dengan serius, hal itulah yang meruopakan awal dari segal hal yang luar biasa.

    Reply

  40. Posted by Juliastina_04PKF on March 26, 2014 at 4:23 pm

    Kemauan merupakan kunci kemungkinan utama suatu hal dapat tercapai, karena jika kita memiliki kemauan maka akan ada niat dan tekad yang kuat untuk berusaha memperjuangkan sesuatu itu agar tercapai. hanya saja terkadang sesuatu itu tidak hanya cukup berdasarkan kemauan saja, namun berdasarkan kinerja nya juga yang semangat. Contoh nya seperti mau belajar, mau mengerjakan tugas, mau mengikuti lomba.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: