ICE CREAM

Nikmatnya ICE CREAM membuat kita lupa semua kepenatan.

Saya membuat janji dengan seorang sahabat di tempat cukup jauh, di Alam Sutera. Karena beliau tinggal di Cilegon, jadi kita cari jalan tengah bertemu di daerah dekat-dekat. Tempat yang paling strategis yang dipilih adalah Alam Sutera, Living World atau Flavour Bliss. Saya memilih duduk di Island Creamery, sebuah kedai Ice Cream milik seorang sahabat.
Memang suasana sore cukup ramai. Saya duduk dari jam 17.00, karena teman belum hadir saya memesan ice cappuccino ditambah float ice cream, ditambah sedikit kue-kue kecil. Sambil menunggu saya mencoba menulis beberapa buah surat ke teman dan client, tetapi aroma ice cream membuat saya berhenti bekerja dan menghirupnya. Rasanya sungguh nikmat dan semuat penat rasanya hilang. Ice cream adalah makanan sekaligus minuman kesenangan saya. Sejak anak-anak sampai dewasa tidak terlepas menyantapnya, walau dokter sedikit mengingatkan saya karena kadar glukosa dalam darah saya lumayan tinggi, tetapi untungnya ada glucopage, sejenis obat menurunkan glucose. Waktu 1 jam menanti sama sekali tidak terasa karena nikmatnya ice cream dicampur cappuccino dan beberapa potong kue.
Pertengahan tahun 2005, saya bertemu sahabat lama di SMA. Mereka pasangan suami istri dari teman sekelas saya. Mereka berencana membuka ICE CREAM Store di Kelapa Gading. Saya sampaikan bahwa saya penggemar ice cream, lalu mereka mempersilahkan saya mampir dalam trial out pembuatan ice cream. Sesampainya di sana ternyata sudah ada beberapa tamu. Ternyata mereka semua para ahli ice cream. Wadoooo seru juga pikir saya. Kami semua menikmati ice cream yang disuguhkan. Setelah makan dan minum kenyang kami disodori pertanyaan sejenis survey tentang taste dan kondisi ice cream baru ini. Saya penggemar makan tapi suruh kasih pendapat gagap juga nih, tetapi saya mencoba memberikan yang terbaik. Saya tulis bahwa ice cream ini rasanya kurang enak, tetapi memiliki rasa yang unik, artinya lain daripada yang lain. Setelah semua pulang keesokannya teman saya hadir di kantor saya. Ia membawa satu kotak ice cream. Beliau katakan bahwa semua yang hadir kemarin mengatakan perfect, enak dan baik, tapi kok cuma saya yang bilang kurang enak. Dalam hati saya merasa bersalah karena mengkritik makanan buatan orang, tetapi saya coba membela diri. Anehnya teman saya menjelaskan justru dia sangat terima kasih karena ternyata memang ada kesalahan resep yang dibuat lalu saya disuruh mencoba buatan mereka yang dibawa ke saya. Ternyata sekarang ice cream ini memang perfect, soft, tastenya excellent.
Ice cream memang selingan minuman yang sangat baik, bukan saja untuk melepaskan lelah pikiran, tapi juga kita bisa menikmati kreasi tangan yang membuatnya dan seni serta kreatifitas yang luar biasa.
Dalam kepenatan kehidupan rohani, kita juga membutuhkan “adonan” ice cream untuk menndinginkan hati kita, yang sehari-hari penuh dengan persoalan yang menekan batin kita. Ice cream yang kita butuhkan harus diolah dengan tangan-tangan yang penuh kebijaksanaan dan cinta. Itu bisa berupa kata-kata yang indah, nasehat-nasehat yang bijaksana, dan petuah-petuah yang diukir. Itu juga mungkin lagu-lagu rohani, puisi dan syair.
Untuk mendapatkan “ice cream” kebahagiaan dan kesejahteraan itu, maka kita tidak perlu jauh-jauh mencarinya karena kedainya ada dalam hati kita. Yang mengolah adalah hati kecil kita. Ice cream yang ternikmat yang di buat adalah senyuman yang dihiasi kesabaran, canda tawa keakraban, persahabatan dan pertemanan.
Saya sendiri selalu mencoba membuat kehidupan senikmat menikmati ICE CREAM. Sayangnya, dalam situasi tertentu rasanya hambar dan kurang halus, tetapi saya pasti mencobanya terutama berkat saran dan kritik dari teman-teman.
Dalam konvensi Logistik Asia Pasific, yang diselenggarakan oleh Gapeksi di tahun 2004, dalam sesi diskusi, terjadi perdebatan keras karena banyak perusahaan asing menguasai bisnis logistik di Indonesia. Kami mengusulkan agar pemerintah menyetop ijin-ijin untuk perusahaan asing atau harus bekerja sama dengan perusahaan lokal/domestik.
Perdebatan keras sekali karena memasuki era globalisasi masalah ini sudah keluar dari border pembicaraan, namun pada saat suasana panas, para pelayan menawarkan ice cream buatan woody. Ketua/pemimpin rapat bilang bagaimana kalau minum ice cream dulu supaya suasana dingin, dan ternyata suasana jadi penuh tawa dan canda karena benar-benar ice cream mendinginkan suasana. Saya yang mengikuti sidang akhirnya terpaksa ikut bicara. Saya bilang bagaimana ICE CREAM jadi anggota kita sehingga tradisi setiap sidang harus ada suguhan ice cream. Semua tertawa. Saat tertawa itulah saya mengutarakan pendapat saya bahwa kebersamaan tidak selalu harus diikuti dengan keberpihakan, sehingga menurut pandangan saya kita bersaing harus dengan kemampuan dan profesionalisme. Kita tidak harus diproteksi, tetapi saya mengusulkan sistim mitra atau partner. Audiens sangat menyetujui walaupun sidang ditutup tanpa hasil. Kenangan ICE CREAM saat peristiwa itu masih mengingatkan saya sampai hari ini.
Semoga kita juga bisa menjadi ICE CREAM bagi setiap masalah yang timbul terutama masalah dalam keluarga, yang dapat merusak hubungan yang manis.

43 thoughts on “ICE CREAM

  1. mei lina

    es krim yang dingin memang membawa segarnya suasa disaat letih. Setiap masalah harus dihadapi dengan kepala dingin agar masalah tersebut tidak berlama-lama tinggal didalam diri kita.

    Reply
  2. Desy Dahlia

    Manis nya ice cream akan membuat kita melupakan sejenak kepahitan masalah yang sedang kita hadapi, itu tentu sangat menghibur kita walaupun hanya sesaat. saya setuju bahwa kita harus menjadi seperti ice cream yang selalu membawa perasaan manis sehingga bisa menciptakan perasaan damai dan sukacita.

    Reply
  3. liayanti

    menurut saya ice cream adalah jajanan yang paling enak dan banyak disukai anak-anak.ketika makan ice cream semua masalah bisa hilang dalam sesaat.semoga kita dapat menjadi ice cream bagi setiap masalah yang timbul terutama masalah keluarga.

    Reply
  4. shintiya apriliyani

    canda dan tawa adalah ice cream pemberian TUHAN yang dibeerikan secara gratis dan manis..walau kadang ice cram nya kurang manis dan hambar..tapi tetap saja ice cream tersebut membuat hati dan pikiran tenang

    Reply
  5. Raisa Tamara Himawan

    Ice Cream yang dingin dapat memberikan sensasi bagi orang yang menikmatinya, ice cream yang dingin kontras dengan cuaca panas yang membuat orang lain gerah. Namun dengan menikmati ice cream dapat melegakan suasana. Seperti halnya ice cream, kita hendaknya mendinginkan situasi yang memanas, yang umumnya mengarah pada suatu konflik atau pertentangan. Suatu konflik atau pertentangan akan selesai jika kita selesaikan dengan kepala dingin, dalam artian kita tidak menghakimi orang lain dan keadaan maupun berusaha untuk introspeksi diri terlebih dahulu. Setiap masalah terdapat solusinya jika kita selesaikan dengan baik jika kita mengesampingkan ego masing-masing.

    Reply
  6. linda

    Hampir semua orang di dunia ini menyukai es krim karena rasa nya manis dan dingin sehingga ketika di makan nikmat di mulut dan tanpa kita sadari saat kita makan es krim kita selalu merasa senang dan bahagia apalagi di kala kita sedang menghadapi masalah yang membuat kita penat pasti setelah kita makan es krim, kita akan merasa lebih tenang karena dingin nya dan rasa manisnya membuat kita menjadi senang dan melupakan kepenatan masalah sejenak. Es krim harus selalu ada dalam hidup kita tanpa kita harus makan es krim terlebih dahulu karena sesungguhnya hati kita bisa memproduksi es krim sendiri sehingga saat kita sedang di hadapkan dengan masalah kita bisa tetap tenang dan menyelesaikan masalah itu dengan baik. Karena setiap permasalahan akan terselesaikan dengan baik jika di selesaikan dengan hati yang tenang dan pikiran yang jernih.

    Reply
  7. willy chrisanto

    ice cream itu enak di makan, tapi jangan makan terlalu banyak karena mudah menyebabkan sakit perut. Jangka panjang memakan ice cream dan makan kebanyakan akan menyebabkan kekurangan gizi, dan dapat merusak gigi kita.

    Reply
  8. hendry8940

    Enak sekali makan ice cream.. Dingin, manis, yummy. Apalagi jika di makan pada saat panas. Tapi hati-hati jangan terlalu banyak makan ice cream karena tidak terlalu bagus untuk kesehatan dan bisa menyebabkan kegemukan, karena faktanya, kandungan lemak pada ice cream sangat banyak. Lebih banyak daripada kita makan 1 piring nasi dan lauknya. Ice cream memang enak, tapi jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya.

    Reply
  9. Dyah Indah Pratiwi

    Ice cream memang sangat cocok di saat kita sedang letih . Dinginnya ice cream membuat hati dan pikiran menjadi tenang . Saya juga pecinta ice cream . Di saat saya sedang banyak pikiran atau sedang menunggu teman datang saya pasti membeli ice cream . Setelah memakan ice cream pikiran saya menjadi tenang dan juga saya tidak bosan lagi di saat menunggu teman .

    Reply
  10. cathchand

    tidak pandang usia, setiap orang pasti menyukai ice cream. baik muda / tua baik laku dan perempuan semua nya pasti menyukai ice cream .
    ice cream adalah campuran, rasa manis didasarkan pada produk susu yang telah berubah solid melalui titik beku.
    bagi para penggemar ice cream, ice cream dapat membantu kita menenangkan pikiran sehingga kita dapat rileks

    Reply
  11. aryaniyunitaarifin

    ice cream adalah makanan yang sangat digemari oleh semua kalangan baik anak-anak maupun orang tua. ice cream sangat enak di makan diwaktu panas dan juga suntuk. ice cream membantu manusia untuk awet muda, makanlah ice cream agar awet muda tapi, jangan banyak-banyak nanti bisa gendut 😀

    Reply
  12. Eka Prillia

    saya setuju sekali dengan apa yang dikatakan Aryani Yunita
    semua kalangan sangat menyukai ice cream, saya adalah salah satunya
    ice cream dapat mengurangi kegalauan sejenak.

    Reply
  13. Dewi Susanti

    ice cream memang identik dengan dingin tapi saya baru menyadari antara ice cream dengan suasana dapat berhubungan karena sebelumnya saya belum pernah mengalaminya. saya orang yang tidak begitu menyukai ice cream tetapi menurut cerita anda ice cream dapat mencairkan suasana yang tegang saya akan mencoba makan ice cream saat saya berada di situasi yang tegang. 🙂

    menyikapi cerita di atas ice cream di ibaratkan sebagai penyejuk ataupun pendingin yang dapat membuat suasana menjadi tidak tegang. ya semoga kita dapat menjadi seperti ice crem juga walaupun tanpa memakan ice cream hehehe 😀

    Reply
  14. mariani purnama

    saya pun penggemar ice cream, rasanya yang manis dan dingin dilidah benar2 mengusir stess. saya setuju bahwa di dalam kehidupan rohani kita perlu menyegarkan hati kita akan setiap firman tuhan, firman Tuhan ibarat ice cream dalam hidup rohani kita.

    Reply
  15. Budi Tan Wijaya

    ice cream merupakan jajanan yang paling disukai oleh anak2,,bkan hanya anak2 melaainkan orang dewasa pun sangat menyukainya termasuk saya.
    hati dan pikiran akan terasa sejuk dan damai bila memakan ice cream ktika mendapatkan masalah,, bgtu juga dengan diri kita semoga setiap datangnya permasalahan kita harus seperti ice cream yang selalu menyejukan hati orang banyak.

    Reply
  16. lisda

    ive cream lebih enak dan segar bila di makan saat dingin. itu tandanya jika kita ada merasakan ada masalah dengan cepat akan meredam kan amarah kita. dan rasa manisnya dapat membuat kita melupakan masalah yg ada dan membuat kita enjoy

    Reply
  17. steffanus sasteradinata

    kadang saya suka berpikir. apa bedanya ice cream dengan es batu di beri gula? toh rasanya sama. manis dan dingin..

    Reply
  18. cynthia aileen

    ice cream itu dingin dan manis rasanya. Pada saat marah-marah, kita makan ice cream, maka kmarahan itu dapat dikontrol dikarenakan sifat ice cream yang dingin yang menyegarkan dan manis yang membuat kita tenang sehingga kita dapat berpikir dengan kepala dingin ( jernih ). Untuk menjadi ice cream bagi setiap masalah kita harus mampu mencairkan suasana yang tegang dan mampu menciptakan suasana untuk berpikir jernih

    Reply
  19. sylvia

    saya setuju dengan artikel ini , Ice cream yang ternikmat yang di buat adalah senyuman yang dihiasi kesabaran, canda tawa keakraban, persahabatan dan pertemanan. marilah kita mencoba membuat kehidupan senikmat menikmati ICE CREAM.

    Reply
  20. adeputra

    saya sangat setuju dengna artikel ini , ice cream adalah makanan yg sangat menyenangkan waktu di konsumsi dan ice cream yg paling menyenangkan adalah semyuman dan kesabaran

    Reply
  21. anugrah dwi s

    ice cream itu seperti obat penenang ,jadi bila kita menghadapi masalah yang serius coba luangkan waktu sebentar sejenak untuk menikmati ice cream pasti kita akan merasa tenang sehabis menikmati ice cream tersebut 🙂

    Reply
  22. satrya millyan

    melihat secara singkat ice cream dalam kehidupan berarti kan bahwa kita harus selalu bersikap tenang dingin dan berusahalah supaya kita tetap disukai banyak orang,mulai dari orang yang kecil – orang yang dewasa

    Reply
  23. warsewo99

    jika banyak pikiran, berhentilah sejenak dan nikmati rasa es krim dingin kesukaan kita untuk memanjakan kita sekali-kali. dalam kehidupan haruslah berkepala dingin untuk bisa menjadi bijak eperti es krim yang bisa mengubah suasana hati ketika kita menikmatinya.

    Reply
  24. nindyastyan

    Benar sekali. Terkadang di saat stress, hal-hal simpel seperti makan ice cream favorit itu dapat membuat perasaan jadi senang dan ceria kembali. Karena dinginnya ice cream dapat melelehkan kepenatan di otak sehingga menjadi fresh kembali. Dan dapat segar kembali.

    Reply
  25. Maorel

    Ice cream adalah menu favorit baik kalangan anak kecil sampai dewasa pun gemar dengan makanan ini. Memang benar dengan ice cream dapat menenagkan hati kita dan pikiran yang strees karna rasanya yang manis, dingin dan enak

    Reply
  26. anita yulianti/02PNM/1601265265

    benar sekali artikel di atas saat kita dalam keadaan stress maupun terbebani dengan berbagai masalah,kita harus meringakan masalah itu dalam beban pikiran kita,dengan memakan es krim yang manis dan dingin tersebut dapat mendinginkan kepala kita yang sangat banyak beban tersebut

    Reply
  27. anastasia04pif

    Semoga kita juga bisa menjadi ICE CREAM bagi setiap masalah yang timbul terutama masalah dalam keluarga, yang dapat merusak hubungan yang manis. << sangat menginspirasi 😀

    Reply
  28. Christine Myrafirmin

    setuju sekali, makan ice cream saat sedang stress,prasaan akan teralihkan dengan kelembutan ice cream,mendinginkan pikiran agar bisa bekerja kembali.

    Reply
  29. claraalverina19

    Ice Cream rasanya manis. Manis nya dapat menghilangkan segala kebosanan didalam diri kita. Rasa ice cream pun beragam sehingga tidak membuat kita jenuh. Hampir semua orang menyukai ice cream. Selain kaya rasa juga kaya akan gizi. Ice cream juga dapat membuat pikiran kita tenang dan jenuh sehingga kita dapat berpikir dengan tenang.

    Reply
  30. Yohannes Yobel Budiman

    Banyak orang menyukai ice cream karena rasanya manis dan dingin (apalagi diamakan saat cuaca panas).. Kita dapat menyelesaikan masalah dengan ‘Ice Cream’.. maksud saya ialah setiap masalah niscaya dapat diselesaikan dengan kepala dingin tanpa emosi dan perasaan ‘pahit’ dalam menghadapinya..

    Reply
  31. Thalia

    Canda tawa, cinta kasih, sukacita adalaj ice cream yang Tuhan sudah berikan dalam dunia yang keras dan penuh kepenatan ini. kita patut bersyukur dan membagikan “ice cream” itu kepada sesama agar semua dapat merasakan “ice cream” yang Tuhan buat

    Reply
  32. albertwilsonho

    Ice-cream mempunyai rasa-rasa yang berbeda dan bervariasi seperti coklat,vanilla, strawberry,blueberry, cookies and cream. Sama seperti sifat emosi pada manusia, ada kalanya seseorang senang, sedih, marah, patah-hati dan saat tegang.
    Ice cream memang selingan minuman yang sangat baik, bukan saja untuk melepaskan lelah pikiran, tapi juga kita bisa menikmati kreasi tangan yang membuatnya dan seni serta kreatifitas yang luar biasa.
    Selain itu, ice-cream menurut saya bersifat unik karena menjadi berbekas pengalaman kepada saya.
    Pada saat saya berjalan-jalan ke negara lain, saya banyak mencicipi ice-cream yang berbeda-beda dan itu menjadi bagaikan pengalaman hidup dan perjalanan saya ketika berliburan ke negara itu.
    Setiap kali saya mengingat suatu negara, maka saya juga ingat ice-cream “kebahagiaan” yang saya pernah mencoba dan mencicipi disana.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s