Waspada

Jamane wis jaman edan tapi sing pasti kudu eling lan waspodo.

Dalam kunjungan kerja ke Jerman Barat yang pertama kalinya buat Presiden Soeharto dan Ibu Tien, mereka diserbu para demonstran mahasiswa Indonesia di Bonn. Bapak Presiden sangat marah, tetapi karena di samping Ibu Tien, beliau cuma keluar kata-kata kepada pers.
Jamane wis jaman edan tapi sing pasti kudu eling lan waspodo merupakan kalimat yang dikeluarkan oleh seorang pujangga kuno saat berjumpa dengan Jayabaya, yang terkenal dengan ramalannya. Jayabaya mengatakan nanti Pulau Jawa akan berkalung besi. Saat itu banyak maling lungguh wae (maling duduk saja). Tadinya saya juga bertanya-tanya kok Pulau Jawa dikalungi besi. Ternyata inilah rel jalan kereta api. Kalau dilihat memang Pulau Jawa pakai kalung besi. Lalu banyak maling lungguh atau duduk saja, ahaaaaa ini pasti para koruptor yang dimaksud, karena maling biasanya kelayapan setiap malam bukan duduk-duduk saja.
Apakah demikian maksudnya, saya sendiri ragu-ragu, tetapi yang pasti kita harus selalu iling (ingat) kepada Tuhan lan waspodo (hati-hati) untuk menjalankan hidup (Saya akan carikan bahasa aslinya)
Presiden Soeharto, selama masa kepemimpinannya selalu menasehati agar hati-hati dan ingat bahwa kita jangan melupakan Tuhan.
Teringat tanggal 10 April 1997, saya bersama Menteri PU Ir. Radinal Mochtar menghadap beliau mohon doa dan restu sekaligus kesediaan beliau meresmikan Jembatan Barito. Saat itu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia 1280 meter.
Beliau hanya menyediakan waktu 5 menit saja, tetapi nasehatnya selalu hati-hati dan selalu ingat bahwa Tuhan yang mengatur segalanya, tetapi kita tetap berada dalam koridor kerja yang benar.
Saya sendiri selalu juga mengingatkan kepada anak-anak saya bahwa hidup harus selalu waspada, jangan ceroboh, hati-hati dan selalu ingat bahwa Tuhan berada di depan kita. Dia yang mengatur segalanya termasuk menuntun kita, tetapi kalau kita tidak waspada sama saja kita berkelana di malam hari tanpa cahaya.
Perlu Waspada bukan saja dengan kata-kata dan tindakan tetapi meletakkan segala usaha kita dalam rencana detail. Semoga kita semua selalu berada dalam jalan Tuhan dan mengikuti petunjuk petunjuk-Nya.

42 responses to this post.

  1. Kita harus selalu waspada pada hal-hal baik yang kecil maupun besar. Jangan sampai kita lengah dan jatuh kedalam kesalahan yang tidak kita kira. Waspada memang perlu karena demi keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Tetapi kita juga jangan lupa, bahwa Tuhan yang mengatur segalanya, memberikan petunjuknya dan menuntun kita kedalam Jalan yang benar.

    Reply

  2. Waspada tidak boleh hanya diucapkan dengan kata-kata tetapi harus disertai dengan tindakan Di zaman sekarang ini kewaspadaan sangat diperlukan karena kejahatan terjadi karena adanya kesempatan. Oleh karena itu kita harus waspada dan tidak boleh lengah sehingga kita tidak memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin berbuat kejahatan.

    Reply

  3. Kita harus waspada dimanapun kita berada. Karena dijaman sekarang banyak orang jahat. Kita harus waspada juga dalam memilih teman. Karena kalau salah bergaul akan mengakibatkan kita terjerumus kehal yang tidak benar. Kita harus meminta Tuhan supaya memberi kita keselamatan dan binbingan untuk hidup didunia ini.

    Reply

  4. kita harus waspada dimana pun kita berada. karena di jaman sekarang keadaan sudah tidak aman. tidak seperti dulu, yang aman” saja. kita pulang malam pun tidak akan terjadi apa”. skrg kita pulang agak malam sedikit saja sudah byak org jahat.
    jika dlu di jaman pemerintahan soeharto masih ada penembak misterius, jika ada penajahat itu akan d tembak mati di tempat.

    jadi sekarang kita harus benar” waspada. karena mau siang dan malem pun skrg sudah benar” tidak aman. byak copet, maling dll

    Reply

  5. Mawas diri akan membimbing kita untuk waspada akan setiap hal yang kurang terpuji baik dalam hal pergaulan ataupun secara perilaku. Sikap mewaspadai tidak hanya berkaitan dengan situasi dan kondisi,namun juga menyangkut diri sendiri. Mengapa demikian, hal ini tentu karena zona aman seseorang hanya bisa ditentukan oleh dirinya sendiri bukan oleh orang lain, memiliki sikap waspada terhadap hal kurang terpuji berarti kita mengakui Tuhan sebagai pencipta manusia yang selalu mengawasi tingkah laku kita.

    Reply

  6. Posted by linda on December 6, 2012 at 2:01 am

    waspada atau berhati-hati adalah hal yang penting bagi kita agar kita terhindar dari segala bahaya dan keburukan. Waspada bukanlah berarti kita harus curigaan terhadap setiap orang atau setiap hal karena jika waspada kita berlebihan maka yang timbul adalah prasangka buruk pada orang lain yang jadi berujung dengan fitnah. Sebaik nya kita waspada dengan wajar karena kita tidak pernah tahu hal buruk apa yang akan menimpa kita jadi kita perlu berwaspada agar terhindar dari hal tersebut.

    Reply

  7. Dalam setiap hal yang kita lakukan, kita tidak akan pernah tahu masalah apa yang akan datang. Namun, satu hal yang pasti bahwa kita harus waspada di semua hal yang kita perbuat. Kita harus berpikir, berbuat, dan berkata secara hati- hati sebagai tindakan nyata kita dalam wujud kewaspadaan kita. Tapi, percayalah jika kita selalu berdoa pada Tuhan untuk meminta perlindungan-Nya, dia akan menuntun kita ke jalan yang benar dan keluar dari kegelapan. Sebab bimbingan-Nya adalah cahaya terang dalam hidup kita yang meski kita tidak tahu apa yang akan terjadi berikutnya, Ia tetap membawa kita melaluinya.

    Reply

  8. waspada baik dilakukan semua orang, waspada itu melindungi diri sendiri. jadi wasadalh waspadalah😀

    Reply

  9. waspada adlah tindakan untuk meliundungi diri dari orang jahat. waspada terhadap seseorang sangat baik kita lakukan pada saat kita di luar rumah. karena begitu banyak orang jahat saat ini yang berkeliaran di sekeliling kita jadi WASPADALAH!😀

    Reply

  10. waspada sepatutnya kita tanamkan sedari kecil, kini banyak sekali bentuk kejahatan yang semakin kreatif, waspada di manapun kita berada sangat penting bagi diri kita

    Reply

  11. waspada itu sangat penting ,, kita tidak tahu apa sekeliling kita aman atau tidak .. lebih baik ,, kita waspada pada saat berada dimana punn .. apa lagi di tempat yang amat begitu sepi .. biasa nya bnyak orang2 yang ingin berbuat hal negatif .. apa lagi bagi kaum wanita ..
    so ,, be carefull Ladies :p

    Reply

  12. Posted by Dewi Jayanti on December 14, 2012 at 7:45 am

    waspada diperlukan hanya untuk berjaga jaga saja jika terjadi hal yang tidak di inginkan. Banyak hal yang kita tidak tahu maksud orang lain dengan kita, maka dari itu dibutuhkan kewaspadaan untuk menjaga diri sendiri. karena Anda berpenguasa penuh terhadap diri anda sendiri.

    Reply

  13. Berhati-hati dan berjaga-jaga; bersiap siaga: kita harus selalu awas. Waspada adalah hal yang harus dilakukan dalam menjaga diri.

    Reply

  14. Sikap waspada harus ditanamkan pada diri kita.Dengan sikap waspada,kita dapat mengatur diri kita dan mengatasi segala bentuk perubahan.

    Reply

  15. waspada harus kita terapkan kapanpun, dimanapun dan kepada siapapun.
    karena kini banyak sekali bentuk kejahatan yang semakin kreatif, Bahkan orang yang kita kenal pun isa melakukan kejahatan pada kita maka sikap waspada sangatlah penting

    Reply

  16. di dalam kehidupan zaman sekarang ini memang memerlukan kewaspadaan yang ekstra terhadap ancaman dari dalam diri maupun ancaman dari luar diri. Waspada dari ancaman yang muncul didalam diri misalnya seperti egoisme, sombong, malas, dst, sangat diperlukan karena kalau kita lengah maka kita telah tunduk di kerajaan setan namun apa bila kita selalu waspada dan menolaknya maka kita telah mengalahkan bisikan setan. Lain halnya dengan waspada yang muncul dari luar diri kita, misalnya saja waspada terhadap pencurian dengan selalu mengunci pintu rumah atau mengecek keadaan rumah sewaktu-waktu, jangan ceroboh dan hati-hati saat berkendara ataupun berpergian.

    Reply

  17. Posted by mariani purnama on December 16, 2012 at 9:34 am

    kewaspadaan perlu kita miliki, setiap akan bertindak ingat bahwa tidak semua yang kita inginkan akan berjalan sesuai dengan keinginan kita. terus berdoa kepada Tuhan dan waspada itu perlu untuk hidup lebih baik.

    Reply

  18. Posted by chelmizjel on December 16, 2012 at 2:30 pm

    kita harus waspada dimana pun kita pergi dan berada

    Reply

  19. dalam hal apapun dalam mengerjakan dan melakukan apapun hendak nya harus selalau waspada dan hati hati. jangan sampai kecerobohan membuat kita celaka dan menyesal nantinya

    Reply

  20. berwapada memang penting, namun yang terpenting adalah cara yang kita gunakan. berjaga dan tetap selalu berdoa, karna hanya Tuhan yang tau apa yang akan terjadi kedepannya.

    Reply

  21. Waspada adalah sikap yang penting dimana pun kita berada. Apalagi kita tinggal di Kota yang padat ini ( JAKARTA ) mempunyai tingkat kriminalitas yang cukup tinggi sehingga kita harus berwaspada terhadap orang yang tidak kita kenal juga.

    Reply

  22. Posted by steffanus sasteradinata on December 18, 2012 at 5:03 pm

    waspada adalah sebuah sikap berhati-hati yang ditunjukan oleh bukti sikap nyata..

    Reply

  23. waspada dalam segala situasi dan kondisi merupakan salah-satu untuk menjaga diri atau menghindari diri kita dari suatu masalah .

    Reply

  24. Kita harus selalu waspada pada hal-hal baik yang kecil maupun besar. Jangan sampai kita lengah dan jatuh kedalam kesalahan yang tidak kita kira. Waspada memang perlu karena demi keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Tetapi kita juga jangan lupa, bahwa Tuhan yang mengatur segalanya, memberikan petunjuknya dan menuntun kita kedalam Jalan yang benar. karena dengan waspada kita bisa lebih hati-hati lagi terhadap sesuatu yang terjadi. jadi kita sudah siap menghadapi masalah tersebut.

    Reply

  25. waspada memang perlu dalam setiap tindakan yang kita lakukan. Karena jika kita tidak waspada, pasti ada kejahatan yang mengintai kita. Waspada kita perlukan untuk menghindarkan hal buruk yang akan terjadi pada kita

    Reply

  26. menurut saya waspada bukan hanya ucapan tapi dengan tindakan dimana pun dan kapanpun kita berada kita harus waspada bukan cuma sikap tapi ucapan juga harus kita waspadai.

    Reply

  27. Saya setuju dengan artikel ini, sikap waspada sangat diperlukan dalam hidup ini sebab selalu saja ada orang jahat yang semakin bertambah kian hari. Kita harus waspada agar kita jangan sampai ikut terjerumus ke dalam hal-hal jahat.

    Reply

  28. Posted by sylvia on December 20, 2012 at 3:00 am

    menurut saya setiap orang memerlukan kewaspadaan agar terhindar dari hal-hal yang dapat mencelakakan kita. berdoalah kepada Tuhan agar selalu di lindungi dimanapun kita berada.

    Reply

  29. kewaspadaan ini harus kita miliki, karena jalan hidup kita sering tidak sesuai dengan semua yang kita inginkan.karena itu kita harus waspada dan terus berdoa kepada Tuhan untuk membuat hidup lebih baik.

    Reply

  30. kita memang harus selalu waspada terhadap apa yang akan terjadi di kemudian hari agar kita bisa menghindarinya dengan baik

    Reply

  31. saya sangat setuju dengan artikel diatas,kita mesti waspada kemana saja kita pergi walaupun itu sangat dekat.karena kita hidup cuma sekali untuk di dunia ini.

    Reply

  32. Dalam kehidupan ini kia memang perlu waspada atas berbagai kemungkinan yang terjadi. Seperti resiko apa saja yang akan terjadi atas tindakan yang kita lakukan. Dari awal kita memang perlu waspada agar jika resiko buruk memang terjadi, kita bisa menangani dan menghadapinya karena kita sudah waspada terlebih dahulu.

    Reply

  33. kewaspadaan memang diperlukan dalam hidup ini untuk membuat kita lebih fokus. tetapi jika level kewaspadaanya tinggi maka kita sendiri yang akan rugi. karena akan timbul prasangka buruk, dan hal-hal buruk lain. adabaikny kita waspada tetepi tidak terlalu waspada.

    Reply

  34. Posted by Herlina_1501177822_04PHJ on June 15, 2013 at 12:08 pm

    Kita harus selalu waspada untuk menghindari kejadian buruk yang akan menimpa kita..

    Reply

  35. Waspada itu sikap yang hati-hati dalam menanggapi suatu hal yang kita anggap berbahaya. Curiga adalah sikap yang penuh ke khawatiran. Tapi, jangan lupa, untuk melihat dengan hati, sehingga kita tidak cepat menuduh orang lain.

    Reply

  36. Posted by Maorel on June 15, 2013 at 3:49 pm

    Artikel ini mengingatkan saya dengan suatu siaran tv yang mengataka. “Kejahatan terjadi bukan karna ada niat pelakunya tapi karna ada kesempatan. Waspadahlah waspadahlah!” Emang benar kata bang napi tersebut bahwa di dunia yang keras ini kita harus berwaspada untuk tidak memancing tindak kriminal

    Reply

  37. waspada adalah sikap dasar yang harus kita miliki di zaman ini dimana zaman semakin jahat dengan juga isi2nya jagar janganlah kita serupa dengan dunia ini tetap dekatkan diri pada yang MahaKuasa

    Reply

  38. Kita harus selalu waspada dimanapun dan kapanpun kita berada. Karena kita tidak tahu akan apa yang terjadi selanjutnya, kewaspadaan sangat berarti penting di dunia ini. Jika jaman dahulu kejahatan belum semarak sekarang, tetapi beda dengan sekarang yang kejahatan setiap harinya terjadi dan makin meningkat.

    Reply

  39. Posted by Christine Myrafirmin on December 5, 2013 at 2:44 pm

    Memang hidup itu harus waspada setiap saat,dengan waspada kita menjadi sadar akan kehidupan kita

    Reply

  40. Sifat waspada sangat diperlukan untuk bertahan hidup.
    Karena sikap waspada, kita dapat melakukan antisipasi.

    Reply

  41. Posted by Thalia on January 16, 2014 at 9:46 am

    Zaman sekarang memang sudah berubah. Moral moral semua sudah bergeser. Maka itu kita harus memiliki iman yang kuat agar moral kerohanian kita tidak akan bergeser mengikuti zaman yang memang sudah semakin edan

    Reply

  42. Kita harus selalu waspada dalam hidup. Terutama dari masalah yang kecil sehingga besar. Ketika kita tidak waspada, masalah yang kecil dapat menjadi masalah yang besar dan berakibat sangat merepotkan dan merupakan beban dalam kehidupan kita.

    Dengan waspada, kita dapat melakukan antisipasi untuk masalah atau problem yang akan datang. Sama seperti kita menyiapkan payung sebelum hujan agar kita tidak terkena hujan dan sakit, Hal sederhana ini saja bermakna untuk menghindari daripada mengobati,”Preventing rather than curing” atau kata lain “Better Safe than Sorry”,lebih baik cari jalan yang aman daripada yang cepat tapi penuh dengan resiko.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: