Pengharapan

Sungguh indah suatu pengharapan, ia bisa menghidupkan cinta. Karena cinta kami berbuat, bukan berbuat untuk mencari cinta.

Ada cerita tentang 4 buah lilin. Pertama, lilin besar sekali dan tinggi. Kedua, lilin besar dan gemuk. Ketiga, lilin sederhana. Keempat, lilin kecil sekali. Suatu ketika semua dinyalakan untuk menerangi. Semua lilin merasa bangga bisa menerangi sekitarnya, kecuali lilin paling kecil yang hanya bisa pasrah saja. Tiba-tiba datanglah angin besar meniup. Api lilin yang besar sekali langsung mati, disusul lilin besar dan lilin sederhana. Hanya lilin kecil yang apinya masih hidup karena berlindung di sela sela lilin besar sekali, lilin besar dan lilin sederhana. Apinya tetap menyala sampai angin berlalu dia masih tetap menyala. Lalu, api lilin kecil diambil untuk menyalakan lilin yang lainnya. Kini, semua lilin menyala lagi dan menerangi semua orang.
Lilin besar sekali adalah persahabatan di mana rentan sekali untuk mati dan putus karena urusan duniawi. Lilin besar adalah iman dan kepercayaan yang mudah goyah karena janji dunia lebih indah. Lilin sederhana adalah cinta yang kadang bisa dijual-belikan dan bisa disalahgunakan. Sedangkan lilin kecil adalah PENGHARAPAN yang hampir tidak pernah diperhatikan atau diperhitungkan dalam kehidupan bahkan praktis di lupakan.
Hari ini saya berkunjung dan melayani penjara SMS (Security Maximum Section), sebuah penjara yang isinya adalah narapidana yang dihukum mati dan tinggal tunggu waktunya saja. Di sana sudah tidak ada lagi sahabat, iman dan cinta. Hanya ada sedikit pengharapan berupa adanya pengasihan Tuhan agar bisa mendapat tempat yang layak. Kami dari KKT (Komunitas Kasih Tuhan) dan Lions Club Jakarta Mitra Mandala (anggotannya semua dari Paroki Santo Kristoforus) hanya mau mencoba menyalakan lilin-lilin Persahabatan, Cinta, Iman melalui lilin kecil, yaitu Pengharapan.
Tidak banyak yang bisa saya tulis, karena lebih banyak air mata daripada kata-kata. Karena cinta kami berbuat, bukan berbuat untuk mencari cinta.

59 responses to this post.

  1. Posted by Christine Myrafirmin on December 5, 2013 at 2:57 pm

    Selalu ada harapan, kita selalu bisa berharap, karena dengan berharap kita lebih kuat dari rasa takut kita

    Reply

  2. Human can’t live without hope. Because of hope, we always think to live and move on

    Reply

  3. menurut saya harapan sama dengan cita-cita, sama-sama harus berjuang untuk mencapainya

    Reply

  4. Posted by Defreia on December 5, 2013 at 3:55 pm

    Harapan adalah keinginan dan impian yang ingin sekali terwujud dalam hidup kita

    Reply

  5. Posted by Thalia on January 16, 2014 at 9:44 am

    Dunia tanpa pengharapan adalah hanya dunia yang keras..Di dunia ini pengharapan sama sekali tidak boleh hilang. Karena kalo pengharapan hilang, hidup ini sudah tiada artinya semoga anda dapat terus menyalakan lilin lilin pengharapan untuk para napi sms

    Reply

  6. Posted by Alfred Handoko on March 24, 2014 at 3:26 pm

    Pengharapan merupakan sesuatu yang harus kita pegang, karena hal itu merupakan hal mampu mendorong kita yang menjadi pegangan kita, menjadi hal yang mendukung kita tidak secara fisik, tidak secar materi, namun secata moral secara kepercayaan diri, secara keinginan untuk terus melangkah kedepan, serta keinginan untuk tidak menyerah dan percaya masih ada jawaban dalam setiap perkara. karena bukan lilin yang paling besar yang akan menerangi kita, melainkan lilin yang tidak akan padamlah yang akan menerangi kita dan itu meruapakan pengharapan kita

    Reply

  7. Benar sekali, bahwa menurut saya harapan (hope) itulah yang membuat kita menjadi berani (courage). A whisper of hope gives a moment of courage and bravery. But a shout of hope gives a moment of stupidity. Hope atau harapan itu berjumlah kecil,hampir tidak pernah diperhatikan atau diperhitungkan dalam kehidupan bahkan praktis di lupakan.Kenapa? Karena ketika harapan atau hope terlalu besar, maka akan lebih dalam kita jatuh ketika ada kegagalan. Too much hope brings nothing. harapan yang terlalu banyak tidak menghasilkan apa-apa. Sebaliknya, harapan yang kecil atau sedikit inilah yang membuat kita untuk terus berharap dan berjuang untuk kebaikan.
    Kita boleh terus berharap, namun berharap tanpa usaha tidak akan membuahkan hasil. Sebaliknya kita melakukan kerja keras dengan berharapan yang sedikit, akan lebih berbuah dan berproduktif. Too much hoping brings nothing, because we live in present, not the past and the future.

    Reply

  8. Posted by Imam Ferdiyansyah on March 26, 2014 at 4:35 pm

    Terkadang memang bahwa yang tidak pernah diperhitungkan sebenarnya adalah hal yang sangat besar/penting untuk hidup ini. Tetapi bukan berarti yang lain juga tidaklah penting karena sebenarnya semua itu harus dijalani/dilakukan dengan seimbang. Kita sendiri tidak mengetahui mana yang benar atau yang salah tetapi yang jelas jika semaunya itu dijalani dengan seimbang maka tidak akan ada batu yang mengahalangi kita di tengah-tengah perjalanan.

    Reply

  9. Posted by amelia chatrin on March 27, 2014 at 1:47 pm

    Pengharapan ialah dimana kita berharap akan segala keingininan kita tercapai dan terpenuhi membuat kita terus mencari dan berpegang kepada Tuhan,dengan pengaharapan menghasilkan keberhasilan yang memuaskan dan ada juga yang mengahasilkan keputusasaan,namun dengan terus berpengaharapan berarti kita mengandalkan Tuhan untuk bekerja dalam situaasi dimana kita berharap akan kasih,cinta,pengampunan dan doa-doa,sambil berharap kita sebaiknya diisi dengan usaha keras,doa ,kesabaran dan tidak mudah patah semngat.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: