Pengharapan

Sungguh indah suatu pengharapan, ia bisa menghidupkan cinta. Karena cinta kami berbuat, bukan berbuat untuk mencari cinta.

Ada cerita tentang 4 buah lilin. Pertama, lilin besar sekali dan tinggi. Kedua, lilin besar dan gemuk. Ketiga, lilin sederhana. Keempat, lilin kecil sekali. Suatu ketika semua dinyalakan untuk menerangi. Semua lilin merasa bangga bisa menerangi sekitarnya, kecuali lilin paling kecil yang hanya bisa pasrah saja. Tiba-tiba datanglah angin besar meniup. Api lilin yang besar sekali langsung mati, disusul lilin besar dan lilin sederhana. Hanya lilin kecil yang apinya masih hidup karena berlindung di sela sela lilin besar sekali, lilin besar dan lilin sederhana. Apinya tetap menyala sampai angin berlalu dia masih tetap menyala. Lalu, api lilin kecil diambil untuk menyalakan lilin yang lainnya. Kini, semua lilin menyala lagi dan menerangi semua orang.
Lilin besar sekali adalah persahabatan di mana rentan sekali untuk mati dan putus karena urusan duniawi. Lilin besar adalah iman dan kepercayaan yang mudah goyah karena janji dunia lebih indah. Lilin sederhana adalah cinta yang kadang bisa dijual-belikan dan bisa disalahgunakan. Sedangkan lilin kecil adalah PENGHARAPAN yang hampir tidak pernah diperhatikan atau diperhitungkan dalam kehidupan bahkan praktis di lupakan.
Hari ini saya berkunjung dan melayani penjara SMS (Security Maximum Section), sebuah penjara yang isinya adalah narapidana yang dihukum mati dan tinggal tunggu waktunya saja. Di sana sudah tidak ada lagi sahabat, iman dan cinta. Hanya ada sedikit pengharapan berupa adanya pengasihan Tuhan agar bisa mendapat tempat yang layak. Kami dari KKT (Komunitas Kasih Tuhan) dan Lions Club Jakarta Mitra Mandala (anggotannya semua dari Paroki Santo Kristoforus) hanya mau mencoba menyalakan lilin-lilin Persahabatan, Cinta, Iman melalui lilin kecil, yaitu Pengharapan.
Tidak banyak yang bisa saya tulis, karena lebih banyak air mata daripada kata-kata. Karena cinta kami berbuat, bukan berbuat untuk mencari cinta.

59 responses to this post.

  1. Didalam kehidupan, pasti kita pernah berharap pada sesuatu. Kita seringkali putus asa, karena pengharapan yang kita nanti-nantikan tidak sejalan apa yang kita inginkan. Tetapi kita jangan lupa, Tuhan tidak pernah membiarkan kita sendirian dan selalu bersama kita.

    Reply

  2. Semua orang pasti mempunyai suatu impian dan pengharapan. Itulah yang membuat setiap manusia ingin bekerja, berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Dengan impian dan pengharapan yang lebih indah serta lebih baik maka manusia menjadi lebih berani untuk bercita-cita. Menurut saya setiap manusia pasti mempunyai impian dan pengharapan yang berbeda-beda. Apapun itu, semua manusia pasti akan berusaha untuk memperjuangkan untuk mewujudkanya. Kita harus yakin bahwa harapan itu akan terwujud karena Tuhan selalu mengasihi dan berada disisi kita.

    Reply

  3. Setiap manusia harus memiliki harapan, harapan itulah yang akan membimbing kita dalam hidup didunia. Dengan bekerja keras dan tekad yang kuat kita bisa mendapatkan harapan itu. Berharap juga jangan terlalu tinggi, yang nantinya malah mengakibatkan putus ditengah jalan dan membuat kita tidak bersemangat untuk hidup lagi. Mulailah berharap dari yang kecil yang nantinya akan menjadi harapan besar.

    Reply

  4. setiap manusia pasti memmpunyai keinginan. terutama sahabat. sahabat sejati itu ada saat kita butuh dan itu kapan pun mereka bisa membantu kita. tetapi juga ada sahabat yang cuek bebek, ia yang dlu nya baik dekat sering pergi bersama dan tpi skrg sudah tidak seperti dulu lgi. dia memilih diri nya senidri dari sahabat sejati nya.
    tapi dari keinginan tersebut kita jangan merasa dirinya hebat dan jangan berhayal terllu tinggi jika keinginan itu tidak tercapai jatuhnya akan sakit bgt

    Reply

  5. pengharapan memang hampir dilupakan namun ada di dalam setiap hati setiap orang..jadi sebenarnya pengharapan bukan dilupakan tapi terpendam dan tidak pernah di gunakan..dan pengharapan baru akan digunakan ketika orang tersebut dalam keadaan terdesak..

    Reply

  6. Posted by linda on December 5, 2012 at 4:46 pm

    Dari artikel di atas, saya merasa ada hal yang membuat saya menjadi sadar bahwa marilah kita hidup di bawah pengharapan karena meskipun kecil peluang nya tapi ternyata bisa menjadi luarbiasa jika terwujud. Dari perumpamaan itu,saya melihat kekuatan pengharapan bisa membangkitkan segala yang kita inginkan. Seperti lilin kecil yang awal nya khawatir akan mati terlebih dahulu tertiup angin tapi pada akhirnya lilin kecil inilah yang mampu menyalakan lilin-lilin besar. Jadi janganlah kita berkecil hati akan pengharapan yang kecil karena percayalah dari pengharapan yang kecil mampu mewujudkan keinginan-keingina yang besar.

    Reply

  7. Pengharapan setiap manusia berhubungan dengan apa yang dialaminya, berharap bukan suatu hal yang baru, namun dengan berharap dapat memberikan kekuatan tersendiri bagi setiap orang dalam menjalani hidup. Meski telah terhimpit oleh keadaan, namun harapan selalu muncul. Hal tersebut mengartikan bahwa hati seseorang pada dasarnya menginginkan sesuatu yang dapat menenangkan ataupun menyenangkan hatinya.

    Reply

  8. Posted by Dyah Indah Pratiwi on December 7, 2012 at 3:07 pm

    Menurut saya harapan adalah suatu hal yang di inginkan semua orang tetapi belum tercapai . Dan menurut saya semua org memiliki pengharapan dalam hidupnya . Entah itu pengharapan gembira atau apa pun . Tetapi terkadang pengharapan itu membuat kita menjadi cemas dan menyakitkan tetapi terkadang membuat kita menjadi senang bahkan gembira 🙂

    Reply

  9. Hal terindah yang dapat kita lakukan untuk mencapai sesuatu adalah pengharapan. Dimana tanpa adanya harapan, sama saja dengan tidak adanya titik terang dalam hidup kita. Harapan menerangi hidup kita untuk menelusuri jalan hidup yang benar sehingga kita mengerti arti hidup yang sesungguhnya. Harapan tidak pernah diperhitungkan ketika kita berhasil, tapi yang sebenarnya adalah harapan suatu hal utama yang menjadi awal kita berbuat sesuatu untuk berhasil. Meski harapan ada sekecil apapun, itu membawa kebahagiaan dalam pergumulan kita. Karena terkadang kata- kata tidak dapat mengungkapkan sesuatu tapi perasaan harapan membawa kita lebih dan lebih bermakna.

    Reply

  10. Kita boleh saja berharap. Tapi jangan terlalu berharap, karena apabila harapan kita tidak terkabul, kita lah yang akan merasa sakit. Oleh karena itu, jangan terlalu berharap. Kita hendaknya berbuat ketika kita sedang berharap. Jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar Ia mau mengabulkan setiap harapan kita.

    Reply

  11. perlu disadari bahwa pengharapanlah yang membuat seseorang dapat mempertahankan hidupnya. setiap manusia pasti mempunyai harapan, dan setiap manusia pasti mengharapkan kehidupan yang bahagia yang berbeda adalah caranya, bagaimana cara kita mewujudkan harapan itu sendiri.

    Reply

  12. harapan adalah sebuah cita cita, harapan adalah tujuan, harapan adalah gambaran kehidupan di masa depan, tanpa ada harapan manusia tidak dapat hidup, tidak dapat melanjutkan kehidupan, tanpa ada harapan so, berharaplah 😀

    Reply

  13. pengharapan adalah suatu yang kita minta kepada Tuhan kita bebas untuk berharap karena Tuhan akan mengabulkan harapan seseorang yang taat kepada-Nya.

    Reply

  14. pengharapan, siapapun pasti mempunyai harapan, harapan yang positif tentunya. baik untuk dirinya maupun untuk orang di sekitarnya.

    Reply

  15. harapan adalah sebuah impian ,, apa yang ingin kita lakukan , dan apa kita capai ^^

    Reply

  16. Posted by Dewi Jayanti on December 14, 2012 at 6:59 am

    didalam kehidupan kita pasti mempunyai suatu pengharapan tentang sesuatu hal. Pengharapan boleh saja asalkan pengharapan tersebut tidak berubah menjadi ambisi yang berlebihan. Pengharapan bisa berubah menjadi kenyataan dengan berusaha dan berdoa.

    Reply

  17. Harapan adalah sesuatu yang kita inginkan. Impian yang hendak dicapai.

    Reply

  18. Posted by patricia tangkumahat on December 15, 2012 at 5:06 am

    setiap manusia pasti punya harapan.
    berharaplah selalu pada Tuhan, dan jangan hanya mengandalkan kekuatan sendiri

    Reply

  19. Harapan
    semua manusia pasti memiliki harapan namun apa yang terjadi dalam hidup ini terkadang tidak sesuai yang kita harapkan.
    Manusia kerap kecewa bila terjadi hal itu, ia lupa bahwa Tuhan telah menyiapkan segala nya untuk kita terkadang apa yang kita harapkan bukan lah yang terbaik untuk kita oleh karena itu harapan kita tidak terkabul.

    Reply

  20. keinginan yang disertai dengan doa merupakan suatu harapan. Misalkan saja seperti cerita 4 lilin di atas, lilin paling kecil hanya mampu berharap supaya dapat menerangi sekitarnya walaupun terang yang dihasilkannya tak terlalu bersinar namun ia mampu bertahan ditiup angin. Hal ini sama halnya dengan pengharapan, walaupun kecil kemungkinannya tapi dengan doa dan keyakinan pasti pengharapan tersebut dapat terwujud.

    Reply

  21. Posted by mariani purnama on December 16, 2012 at 9:08 am

    pengharapan bisa disama artikan dengan cita-cita, dengan kita memiliki harapan atau cita-cita kita akan lebih kuat dalam menghadapi ombak kehidupan.

    Reply

  22. Posted by chelmizjel on December 16, 2012 at 2:27 pm

    berharap pada Tuhan, tidak akan mendapat kekecewaan

    Reply

  23. harapan setiap orag pasti berbeda maksud dan tujuannya. maka dari itu semua orang pasti mempunyai harapan dan tujuan kedepan nya agar lebih baik lagi dari hari ini. terdapat lililn yag sangat besar dan sangat kecil sekali. itu menandakan bahwa setiap orang membutuhkan 1orang yang kuat untuk menuntut org yg lemah.

    Reply

  24. Semua nya berawal dari mimpi dan harapan, ketika berharap maka kita sedang bermimpi apakah keinginan kita akan terwujud di kemudian hari tentunya untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya namun harus disertai dengan
    kesungguhan dalam hati bahwa kita bisa menggapai harapan kita. ntah itu esok, lusa atau kapanpun dan jangan lupa untuk terus berdoa.

    Reply

  25. Setiap manusia pasti ada suatu pengharapan yang baik untuk dirinya maupun orang lain. Berharap itu baik, apalagi jika kita berharap pada Tuhan dan mendatangkan berkah2 yang baik terhadap kita.

    Reply

  26. Posted by steffanus sasteradinata on December 18, 2012 at 5:03 pm

    saya perna mendengar kalimat seperti ini ” ketika manusia gagal dan terjatuh, manusia bisa kehilangan segalanya, tapi manusia tidak boleh kehilangan pengharapan, karena dengan adanya pengharapan, dapat bangkit dari keterpurukan”

    Reply

  27. semua manusia pasti pernah mengharapkan sesuatu yang ia inginkan . pengharapan tersebut bisa terwujud , tentu kita akan merasa senang , tetapi jika gagal jangan berkecil hati dan tetap mewujudkannya dengan cara lain.

    Reply

  28. Pengharapan itu adalah suatu hal yang penting bagi kita, karena dengan berharap itu akan membuat diri untuk bisa lebih berkembang menjadi lebih baik lagi. oleh karena itu berharap itu sangat baik asal berharap tentang hal yang positif.

    Reply

  29. pengharapan adalah suatu yang harus dimiliki oleh setiap orang agar hidupnya yang bisa lebih semangat dalam menjalani suatu pengharapan yang bisa terjadi dalam hal yang mereka inginkan.

    Reply

  30. Pengharapan selalu ada bagi orang yang mau percaya dan menerima kehadiran Tuhan dalam hidupnya. Sebab hanya Tuhanlah pengharapan sejati yang dapat membawa kita kepada kemenangan dalam hidup. Berbahagialah orang yang masih memiliki pengharapan, sebab kepada mereka akan dikaruniakan sukacita.

    Reply

  31. Posted by hedwig gerardine calvin on December 20, 2012 at 2:36 am

    Semua orang pasti membutuhkan suatu impian dan pengharapan. Itulah yang membuat manusia bekerja, berusaha dan ingin lebih baik. Dengan impian dan pengharapan yang lebih indah serta lebih baik, manusia jadi lebih berani untuk bercita-cita. Saya percaya, bahwa setiap manusia atau kita mempunyai impian dan pengharapan yang berbeda-beda akan hari esok. Apapun itu, semua manusia pasti berusaha untuk memperjuangkan untuk mewujudkanya. Tidak ada orang yang terlalu pintar untuk dengan tidak berusaha. Semuanya itu membutuhkan tindakan yang nyata dan tidak akan terwujud apa bila kita hanya duduk dan merenung tanpa melakukan apa yang kita pikirkan. Demikian juga tidak ada orang yang bodoh sampai ia harus mengubur semua impianya.

    Reply

  32. Posted by Dessy Kristanti on December 20, 2012 at 9:41 am

    Pengharapan dalam Tuhan tidak akan sia2,,, jangan pernah putus asa,,

    Reply

  33. setiap manusia memiliki pengharapan dalam hidup yah dan pengharapan yang tercapai tuh karena diri yah sendiri dan bagaimana dia bekerja keras untuk mencapai pengharapan tersebut.dan melakukan hal-hal yang untuk mencapai pengharapanya.

    Reply

  34. Pengharapan kepada Tuhan dengan percaya pada-Nya bahwa Dia akan memberikan apa yang akan kita minta jika itu berguna bagi kita di kehidupan mendatang. Pengharapan terhadap sesuatu yang baik akan menjadikan kita orang yang berguna

    Reply

  35. pengharapan merupakan sesuatu permintaan yg kita minta ke tuhan
    tapi kita tidak boleh terlalu berharap karena jika pengharapan kita terlalu tinggi jika tidak terwujud makan akan membuat kekecewaan yg sangat besar karena hidup ini bukan selalu berjalan sesuai yg kita rencanakan.

    Reply

  36. semua orang pasti mempunyai impian yang ingin dicapainya. sehingga membuat para manusia dapat melangkah untuk kedepannya dengan target yang sudah ditentukannya. yang namanya suatu impian atau harapan pasti akan sangat susah dicapai karena rintang demi rintangan selalu menghalanginya. sehingga membuat kemungkinan pencapaian harapan kita semakin kecil seperti lilin tersebut yang kecil dan merasa tidak berdaya tetapi 1 hal kecil dapat menjadi sangat berarti bagi yang lainnya.

    Reply

  37. harapan bisa berawal dari suatu hal yang kecil dan bisa menjadi besar bila kita percaya bahwa harapan itu akan menjadi kenyataan dan indah

    Reply

  38. setiap manusia pasti mempunyai sebuah harapan yang diinginkan, harapan itulah yang akan membimbing kita hidup didunia. Dengan bekerja keras dan tekad yang kuat kita bisa mendapatkan harapan itu. Berharap juga jangan terlalu tinggi, yang nantinya malah mengakibatkan putus ditengah jalan dan membuat kita tidak bersemangat untuk hidup lagi. Mulailah berharap dar i yang kecil yang nantinya akan menjadi harapan besar.

    Reply

  39. dengan pengharapan kita bisa menumbuhkan cinta,
    dengan cinta kita bisa minimbulkan kepercayaan,
    dengan kepercayaan bisa menciptakan ikatan persahabatan,

    maka kita semua milikilah PENGHARAPAN yang bisa tulus. 🙂

    Reply

  40. Posted by stefano agung on May 25, 2013 at 7:43 am

    Setiap manusia harus memiliki pengharapan tetapi jangan kecewa jika yang diinginkan tidak sesuai dengan pengharapan. Itu semua dapat diartikan bahwa manusia pada dasarnya menginginkan dapat menyenangkan hatinya.

    Reply

  41. berharap awal dari perubahan,dengan berharap kita dapat menilai diri,siapa kita apa yang akan kita lakukan,timbulah niat untuk memulai dan melangkah..

    Reply

  42. Posted by emilia agustina on May 26, 2013 at 4:02 am

    pengharapan dalam diri manusia pasti ada tetapi bagaimana kita percaya bahwa tuhan akan membantu dan menolong kita dalam setiap cobaaan yang kita hadapai ,dan yakin bahwa tuhan tetap akan berada disisi kita

    Reply

  43. Posted by emilia agustina on May 26, 2013 at 4:03 am

    saat merasa putus asa kadang kita merasa tak ada stu pun orng di sekekliling kita tapi percayalah tuhan selalu berada disamping kita

    Reply

  44. Terkadang terlalu banyak berharap, hanya menyakiti diri sendiri. Di karenakan ketika harapan kita itu tak tercapai, rasanya sedih dan kecewa. Jadi saya lebih memilih tidak terlalu banyak berharap. Berharap cukup hanya sekedarnya saja.

    Reply

  45. Posted by Maorel on June 15, 2013 at 3:45 pm

    Suatu harapan adalah hal yang kita inginkan. Betapa bahagianya jika harapan tersebut tercapai. Namun yang saya pelajari bahwa sebenarnya proses dalam mencapai suatu harapan itu lah kebahagiaan sesungguhnya

    Reply

  46. pengharapan kita , kita dapat di dalam Tuhan 😀

    Reply

  47. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 9:54 am

    saya pernah membaca suatu testimoni dari mantan tahanan camp konsentrasi saat suatu perang(kalo tidak salah perang dunia II) , ia mengatakan “only hope that keeps me alive”. Harapan memang adalah suatu kekuatan yang tidak kenal batas , kita bisa berharap apa saja di dunia ini , dan bisa juga menjadi suatu energi untuk mendorong mencapai harapan kita.

    Reply

  48. Pengharapan tidak boleh dinanti begitu saja, namun pengharapan itu harus kita dapatkan dari usaha dan kerja keras kita sendiri yang disertai rasa percaya kita kepada Tuhan.

    Reply

  49. manusia tidak dapat hidup tanpa pengahrapan . jangan berharap kepada manusia karena pasti akan dikecewakan berharaplah kepadaNya Ia maha tau

    Reply

  50. Harapan merupakan hal yang sah kita lakukan, harapan dapat menjadi kekuatan di dalam hidup kita. Berharap sesuatu tidak pernah salah hanya bagaimana kita menyikapinya saja. Pengharapan merupakan suatu hal yang pasti ada di masing-masing diri kita. Itu yang membuat kita kuat dan percaya bahwa hari esok akan lebih baik.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: