Shopping

Kesenangan utama wanita adalah shopping

Lingkungan Keluarga Kudus Paroki St. Kristoforus bersama Lions Club Mitra Mandala dan KKT ( Komunitas Kasih Tuhan ) di depan Penjara Nusa Kambangan

Suatu malam aku bersama beberapa teman minum kopi di Mal Taman Anggrek sambil berbicara bisnis. Waktu sudah menunjukkan jam 9 malam atau sebentar lagi Mal akan tutup, tapi manusianya masih banyak mengunjungi toko-toko, bahkan makin lama makin banyak dan areal Starbuck jadi penuh sesak. Ada apa gerangan? Ternyata malam ini ada Midnight Sale.
Beberapa ibu memenuhi toko Metro, karena diskon sampai 70 persen. Bukan hanya masalah diskon saja, tetapi memang suatu seni tersendiri dalam hal shopping atau berbelanja.
Memang ini menjadi bagian dari kesenangan para wanita, khususnya para ibu untuk berbelanja. Pihak mal-mal juga berusaha menarik perhatiaan dengan segala cara termasuk Midnight Sale. Saya pun tidak ketinggalan untuk membeli sebuah sepatu. Saat membeli saya perhatikan wajah ibu-ibu. Luar biasa karena semua penuh suka cita, senyum dan tawa menghias wajah mereka, baik yang membeli maupun yang hanya cuci mata saja.
Berbelanja memang memberikan kepuasaan lahir batin, terutama saat memilih barang yang kita ingini dan kita sukai. Di mana letak nilai kenikmatan berbelanja? Kalau dahulu tawar- menawar merupakan suasana asyik, tetapi sekarang gengsi kalau harus ke Mangga Dua, walaupun di sana masih berlimpah pembeli, tetapi Mal menjadi terminasi tersendiri. Kepuasan belanja pertama adalah bisa menemukan sesuatu yang kita beli, karena kualitas, warna dan model apalagi diselingi diskon. Maka suka cita besar, telepon teman, saudara atau BBM, perlu difoto barang yang dibeli lalu di share di BBM group. Ungkapan suka cita juga disampaikan kepada sahabat melalui email, sms, twitter maupun facebook.

Manusia hidup, memang harus mencari suka cita dan damai sejahtera. Kalau kita perhatikan bahwa shopping adalah merupakan suatu suka cita tentu sehingga kita menjalankannya dengan mencari toko, mal atau pasar. Kalau yang berlebih bisa terbang ke Singapura atau Hongkong untuk berbelanja untuk hunting barang (istilah ibu-ibu), momo (Mal-Mal), Bilo ( buy low), Misel (milik selera) tentu akan menjadikan kita bahagia.
Demikian dalam kehidupan rohani, sekali bolehlah kita shopping. Secara lahiriah bisa membeli untuk koleksi Rosario, Alkitab, Lilin wangi, Salib dan kalung. Macam-macam benda rohani ditawarkan, yang bisa membuat jiwa kita bersuka cita. Tapi kita juga bisa shopping dalam batin atau rohani, yaitu bekerja sosial, melayani orang sakit, mengunjungi penjara, berbagi sembako, menolong sesama, menghibur sahabat yang sedih, dan menghadiri ibadat kematian. Banyak sekali tempat Shopping Rohani. Tentu kita harus membayarnya bukan dengan uang melainkan dengan pengorbanan, waktu, tenaga, pikiran bahkan keluar uang juga.
Shopping Rohani yang baru dilakukan Lingkungan Keluarga Kudus bersama Lions Club Mitra Mandala dan KKT ( Komunitas Kasih Tuhan ) menuju Penjara Nusa Kambangan merupakan suka cita besar. Foto-foto sudah dishare di BBM Group, Facebook, dan Email. Suka citanya seperti saat berbelanja baju kata teman-teman.

Saya mengajak anda bersama saya mari kita shopping atau belanja rohani sebanyak mungkin, baik untuk kita pakai sendiri atau koleksi kita buat hari tua atau sampai kita menutup mata.
Semoga kita semua diberkati dengan suka cita, dijauhkan dari rasa duka, benci, sakit hati, iri hati, dan cemburu yang dapat membuat toko rohani kita tutup.

38 responses to this post.

  1. shopping adalah kegiatan yang sering wanita lakukan diakhir pekan. Apalagi kalau ada big sale, pasti para wanita tersebut langsung berebutan untuk mendapatkan produk yang sedang disale tersebut. Kadang bisa menghabiskan uang yang besar untuk sekali shopping. Gengsi terhadap fashion yang semakin maju dan berkembang ini membuat kita tidak pernah puas saat shopping. Sekali bolehlah kita shopping tetapi jangan melupakan belanja untuk keperluan rohani kita. Seperti membeli buku untuk saat teduh atau buku-buku rohani yang bisa mengembangkan rohani kita.

    Reply

  2. shopping itu sendiri membuat diri kita bisa mengenal banyak fasion yang baru dan trend” terbaru yang bisa menarik para pelanggan untuk membeli dan harga yang terjangkau. tetapi kita sebagai manusia tidak boleh melupakan shopping rohani karena bisa mengajarkan kita berhemat dalam berbelanja.

    Reply

  3. shopping adalah hal yang paling disukai para wanita setiap bulannya,shopping merupakan kewajiban bagi kalangan perempuan tertentu saja yang mempunyai hobi tersendiri,jujur saja saya paling benci dengan shopping karena selain membuang uang juga membuang waktu,daripada begitu sebaiknya uang dan waktu nya digunakan untuk yang bermanfaat.

    Reply

  4. Posted by linda on December 4, 2012 at 3:01 pm

    saya setuju dengan artikel di atas bahwa berbelanja memiliki kesenangan dan kebahagiaan tersendiri meskipun terkadang jika kita pikir lagi, berbelanja itu menguras uang,waktu,dan energi tapi tetap saja kita menyukai nya apalagi ada berbau diskon pasti kita semakin giat untuk berbelanja. Harus kita sadari bahwa belanja atau shopping tidak hanya untuk membeli barang saja tapi kita juga bisa belanja rohani yang toh lebih jelas manfaat nya. Banyak hal yang bisa di lakukan dalam belanja rohani dan pada dasar nya sama dengan belanja barang yaitu memiliki kepuasan dan suka cita tersendiri walaupun harus ada pengorbanan dan hal yang kita dapat dari belanja rohani adalah mengumpulkan upah untuk kita di surga nanti.

    Reply

  5. menurut saya , shopping yang berlebihan sangatlah berdampak buruk, karena selain menghamburkan uang dengan cuma-cuma, itu akan membawa kebiasaan yang buruk hingga nantinya .
    ada baiknya ketimbang kita shopping, lebih baik kita beli yang bermanfaat ..
    memang boleh sesekali kita shopping demi pemuasan kebutuhan tapi lebih baik dikendalikan dengan baik ..
    sisihkan sebagian uang untuk berhemat demi msa depan kita ..
    berikan perpuluhan dan persembahan kepada Tuhan sebagai ucapak syukur kita kepadaNya .

    Reply

  6. menurut saya : belanja itu tidak hanya sejenis perilaku konsumen, juga merupakan hiburan wanita modern atau kegiatan rekreasi. Belanja itu untuk informasi fashion dan produk, dan meningkatkan kemampuan untuk menghargai.

    Reply

  7. membantu orang lainjuga erupakan shopping hati..karena dengan membantu sesama maka hati kita jadi semakin bahagia..

    Reply

  8. Shopping.. biasanya kaum wanita yang melakukan ini. Well, alangkah baiknya jika kita bisa melakukan shopping rohani yang disebutkan di artikel. Memang sulit tapi kita harus berusaha sebisa mungkin untuk melakukannya.

    Reply

  9. shopping adalah kegiatan yang di sukai para wanita, tetapi jika shopping dengan membeli kebutuhan yang bukan merupakan kebutuhan pokok untuk hidup , itu hanya akan merugikan diri sendiri!

    Reply

  10. memang betul kalau shopping lebih banyak di lakukan oleh para wanita yang kebanyakan lapar mata, sebernarnya shopping juga berguna untuk melepaskan rasa stress dan lelah dari segala tekanan ditempat kerja karena dengan shopping kita mampu mendapatkan kepuasan tersendiri.

    Reply

  11. Menurut saya, shopping tidak hanya dilakukan oleh para wanita saja, tetapi banyak juga laki-laki yang suka menghabiskan waktunya untuk shopping atau berbelanja karena dengan shopping, kita dapat melupakan beban-beban dalam pikiran kita yang dapat membuat kita merasa stress dan tertekan. Shopping bukan berarti harus membeli barang, jika kita melihat tanpa membelinya, itu juga akan menimbulkan kepuasan tersendiri bagi setiap orang.

    Reply

  12. Shopping memang menyenang kan apalagi bagi kaum wanita
    Dan sehopping ini merupakan hiburan yang asyik namun agak butuh budget yang cukup banyak,namun kita juga jangan lupa untuk memberikan hiburan kepada rohani kita agar rohani kita tidak sakit,,
    Karena tubuh yang sehat memiliki kerohanian yang kuat dab sehat

    Reply

  13. spping merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan apalagi bagi sebagian besar wanita. orang yang gila dalah shopping disebut shopaholics
    masalahnya apakah orang tersebut memiliki cukup uang untuk shopping ? jangan sampai anda melakukan apapun hanya untuk shopping.
    bagi kalian yang shopaholics, saya menyarankan kalian untuk menonton film shopaholics🙂

    Reply

  14. *maaf judul filmnya adalah Confessions of a Shopaholic😀

    Reply

  15. semua orang pasti menyukai shopping ,terutama para wanita sangat menyukai kegiatan menghamburkan uang ini.tapi sebenarnya shopping harus lah sebijak mungkin ,jangan menghamburkan uang untuk hal yang tidak perlu untuk dibeli,kita harus bijak dalam mengatur uang dan berkat yang tuhan berikan kepada kita

    Reply

  16. Posted by suryati c on December 12, 2012 at 12:42 pm

    shopping adalah sesuatu hal yang paling menyenangkan bagi para wanita, kalau wanita tersebut mengalami banyak masalah pasti pergi bershopping untuk mengurangi beban-bebannya.

    Reply

  17. shoppping itu memang hal yang sangat disukai oleh para wanita tetapi sebaiknya dalam shopping kita membeli barang-barang yang diperlukan juga. daripada kita terlalu banyak shopping barang-barang yg tidak diperlukan lebih baik kita shopping barang-barang salib dan keperluan rohani karena selain memuaskan kita dalam shopping kita juga bisa lebih dekat dengan Tuhan.

    Reply

  18. shoppnig adalah kegiatan yang paling disenangi oleh kaum wanita. mereka biasanya rela merogoh uang banyak hanya untuk shopping. bagi kaum wanita shopping bisa membuat mereka bahagia. padahal kebanyakan shopping membuat kita berprilaku boros. jadi jangan sering-seringlah untuk shopping bagi kaum wanita.

    Reply

  19. Posted by Dewi Jayanti on December 14, 2012 at 4:53 am

    kata shopping sendiri jika bisa dikendalikan dengan benar akan berdampak baik. Shopping juga salah satu kegiatan untuk menghilangkan stress saat seseorang bosan dan depresi. Beli lah barang yang diperlukan, sisa’kan uang untuk kegunaan lain nya untuk kedepan. karena kamu tidak tahu bagaimana ke depannya jadikan sisa uangmu sebagai modal selanjutnya.

    Reply

  20. shopping adalah hal yang menyenagkan dan membahgiakan shopping dapat membuat fresh otak hehehe

    Reply

  21. Shopping adalah kegiatan menarik bagi para wanita. Dengan shopping wanita akan lebih relaks, dan membuat mood wanita berubah tetapi shopping tidak bisa dilakukan setiap hari karena keuangan juga harus dipikirkan. Jika belanja terus-menerus maka kita akan kesusahan memenuhi kebutuhan yang lebih penting dibanding shopping dan kendalanya banyak sekali.

    Reply

  22. Posted by patricia tangkumahat on December 14, 2012 at 8:58 am

    shopping adalah salah satu kegiatan yang paling di senagi oleh manusia, khusunya para wanita.

    Reply

  23. Shopping merupakan kebutuhan pokok manusia agar dapat memenuhi kebutuhannya.Akan tetapi,hendaknya shopping tidak berlebihan karena akan merugikan diri sendiri

    Reply

  24. Posted by chelmizjel on December 16, 2012 at 2:11 pm

    shopping memang benar benar kesenangan wanita. namun menyesuaikan lah dengan kemampuan orang tua (yang masih dibiayai oleh orang tua). jangan berfoya namun orang tua tersiksa

    Reply

  25. Posted by Eliriani on December 17, 2012 at 4:07 am

    Shopping identik lebih banyak di kalangan wanita karena wanita lebih suka berbelanja dan jalan – jalan untuk menghabisi hari dengan kesenangan dan membuang rasa kecewa akan seseorang/ sedih dengan shopping kita bsa terhibur walau membuang waktu, tenaga, dan biaya. Tapi tidak masalah jika ini di lakukan karena wajar manusia hidup butuh penghiburan. Dan erbelanja memang memberikan kepuasaan lahir batin, terutama saat memilih barang yang kita ingini dan kita sukai.
    Demikian juga dalam kehidupan rohani, sekali bolehlah kita shopping. Secara lahirlah bisa membeli untuk koleksi Rosario, Alkitab, Lilin wangi, Salib dan kalung. Macam-macam benda rohani ditawarkan, yang bisa membuat jiwa kita bersuka cita. Tapi kita juga bisa shopping dalam batin atau rohani, yaitu bekerja sosial, melayani orang sakit, mengunjungi penjara, berbagi sembako, menolong sesama, menghibur sahabat yang sedih, dan menghadiri ibadat kematian. Banyak sekali tempat Shopping Rohani. Tentu kita harus membayarnya bukan dengan uang melainkan dengan pengorbanan, waktu, tenaga, pikiran bahkan keluar uang juga. Lebih baik kebahagiaan kita di berikan kepada orang- orang sekitar supaya mereka dapat merasakan kebahagiaan yang kita alami.
    Karena dengan kita shopping barang- Barang rohani kita masih bisa kita gunakan hingga kita tua dan hingga mata kita tertidur untuk selamanya. Dan Semoga kita semua diberkati dengan suka cita, dijauhkan dari rasa duka, benci, sakit hati, iri hati, dan cemburu yang dapat membuat toko rohani kita tutup. Dengan shopping rohani kita akan menjadi hidup bersemangat untuk menjalaninnya.

    Reply

  26. hobbi utama seorang wanita adalah shopping. karena kebanyakan wanita mengutamakan fashionnya. tidak jarang bnyak wanita yang terlilit banyak hutang karena menghabiskan uang untuk shopping.

    Reply

  27. Beberapa Wanita d belahan dunia pasti suka dengan shopping, namun dalam ber-shopping harus ada batasannya. Agar kita tidak hidup boros. Memang shopping dilakukan karena kita ingin memenuhi kebutuhan kita namun perlu diingat kita harus hidup berhemat pula.

    Reply

  28. Posted by charakitti on December 18, 2012 at 1:26 pm

    shopping adalah kegiatan yang sering wanita lakukan diakhir pekan. Apalagi kalau ada big sale, discount atau promo yang besar, pasti para wanita tersebut langsung berebutan untuk mendapatkan produk yang sedang disale tersebut. Kadang bisa menghabiskan uang yang besar untuk sekali shopping. Gengsi terhadap fashion yang semakin maju dan berkembang ini membuat kita tidak pernah puas saat shopping. Sekali bolehlah kita shopping tetapi jangan melupakan belanja untuk keperluan rohani kita. Seperti membeli buku untuk saat teduh atau buku-buku rohani yang bisa mengembangkan rohani kita. tapi kita manusia sering lupa sisakanu uang buat beli buku tuhan dan yang mengembangkan diri

    Reply

  29. menurut saya shoping adalah suatu kebiasaan memang benar jika dikerjakan dengan benar seperti shoping rohani itu tak jadi masalah tetapi banyak sekali shopaholic yang menjadi terjerumus dalam bilat hutang yang mencekik karena kebiasaan itu, shoping baik jika ditempatkan dalam hal yang wajar oleh karena itu kita haru membiasakan diri untuk mengajari dan mempelajari bagaiman cara yang baik untuk shoping

    Reply

  30. shopping memang suatu hal yang di senangi oleh para wanita, tetapi shopping bagi saya adalah ketika saya harus memutuskan sesuatu yang saya perlukan atau saya inginkan.

    Reply

  31. shopping adalah hal yang biasa digemari oleh para wanita terutama, memang ada si laki-laki juga suka shopping tapi dengan ada nya kita shopping kita tau cara merifresh pikiran kita mungkin yang begitu rumit.

    Reply

  32. Posted by hedwig gerardine calvin on December 19, 2012 at 4:23 pm

    Shopping (Perbelanjaan) :
    suatu wadah yang menampung kelompok-kelompok dagang dalam melakukan kegiatan jual beli, penyaluran, pertukaran, dan pertemuan antara persediaan dan penawaran barang dan saja suatu sistem manajemen yang terencana.

    Reply

  33. Saya sebagai seorang wanita sangat menyukai kegiatan shopping. Tapi semua harus ada batasan-batasannya, kita harus tahu tujuan membeli suatu barang apakah berlandaskan kebutuhan kita ataukan hanya hasrat keinginan sesaat. Jika hanya hasrat keinginan sesaat saja, maka lebih baik untuk tidak membelinya.

    Reply

  34. Menurut saya, shopping memang kegiatan yang paling wanita sukai. Hampir semua wanita menyukai shopping didalam hatinya. Akan tetapi, keadaannya lah yang mebuat para wanita, jadi tidak melakukan satu hobby-nya tersebut. Shopping itu baik jika tidak dilakukan secara berlebihan maupun kekurangan. Karena suatu hal akan berjalan tidak baik jika dilakukan secara berlebih maupun kurang. Ketika berlebihan, para wanita akan rela menghabiskan apapun yang ia punya untuk belanja. Padahal, hal yang perlu dikorbankan dalam belanja bukan saja uang, tapi tenaga, waktu, dan pikiran. Sedangkan, jika kekurangan, akan bisa muncul hasrat yang ingin belanja dan membuat dia iri akan orang lain. Jadi, belanja lah sesuai taraf normal. Ingatlah bahwa belanja itu sebuah kesenangan bukan kebutuhan.

    Reply

  35. Posted by Dessy Kristanti on December 20, 2012 at 9:26 am

    shoping boleh saja, asal sesuai kebutuhan, jika kita membeli barang2 yang hanya untuk kesenangan saja dan tak berguna bagi kita tentu akan mubazir, lebih baik uang tersebut kita tabung diSurga dengan cara membagikannya kepada yang membutuhkan

    Reply

  36. Posted by LeonardArden on June 21, 2013 at 4:36 pm

    Menurut saya semua orang pasti menyukai shopping, apa lagi para wanita sangat menyukai kegiatan menghamburkan uang ini.tapi sebenarnya shopping harus lah sebijak mungkin ,jangan menghamburkan uang untuk hal yang tidak perlu untuk dibeli,kita harus bijak dalam mengatur uang dan berkat yang tuhan berikan kepada kita

    Reply

  37. Posted by Luna Claria Febri on December 5, 2013 at 1:18 pm

    Menurut saya, belanja merupakan kegiatan menghilangkan stress. Window shopping saja cukup membuat saya happy. Namun hal ini agak mengkhawatirkan diri saya karena saya takut akan menjadi ‘shopaholic’. Maka dari itu saya berusaha untuk menahan hasrat saya sebisa mungkin🙂

    Reply

  38. shopping memang memiliki kepuasan tersendiri untuk pelakunya boleh jasaja dilakukan tetapi jang lupakan shopping rohani karena rohani kitapun butuh untuk dibelanjakan sesuatu agar tidak jenuh

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: