Musibah

Semua sudah ada waktunya termasuk musibah (pengkhotbah), sebab Tuhan turut berkarya di setiap kegiatan kita.

Saya, kakak saya (pendeta), sepupu saya (penginjil) dan 2 kawan saya, bertemu dengan Ryan (pemilik Fery yang ditabrak tanker dan tenggelam di Merak) dan adiknya Elsa, sambil makan malam di Shabuya Central Park. Malam ini memang spesial karena Ryan baru saja mengalami musibah tenggelamnya kapal Ferynya dan menelan cukup banyak korban meninggal. Kisah musibah ini cukup mengajak kami prihatin dan sedih, namun kami makan dulu walaupun biasanya diisi tawa dan canda. Kali ini hanya lelucon-lelucon kecil saja. Sambil Makan sepupu saya mulai berkhotbah dan memberikan penghiburan terutama diambil dari Kitab Pengkhotbah bahwa musibah juga ada waktunya, tapi dalam Tuhan semuanya akan indah pada waktunya. Demikian juga dalam kitab Amsal bahwa apapun yang terjadi sudah dalam rencananya.

Kakak saya berkisah tentang bagaimana melihat musibah dari nilai positif. Ada sebuah keluarga dengan 2 anak lelaki, punya 2 ekor kuda. Suatu hari 2 ekor kudanya lari dan hilang. Berhari-hari mereka sedih tapi kata sang ayah : “Tidak usah sedih karena kudanya cuma pergi, tapi mungkin tidak kembali jadi lupakan saja, sehingga pandangan ini membuat kedua anaknya hilang kesedihannya. Sebulan kemudian di pagi hari, mereka dikagetkan karena kedua ekor kuda mereka pulang tetapi membawa 12 ekor kuda liar. Mereka semua senang sekali, tapi sang ayah katakan bahwa kuda mereka sudah pulang cuma mereka bawa teman bermain.
Kedua anak lelaki mereka jadi rajin melatih kuda liar tapi musibah datang karena keduanya jatuh dan keduanya cacat. Yang satu kakinya patah dan yang satu tangannya patah. Sang ibu sedih sekali katanya ini kesialan dari kuda liar. Beberapa bulan kemudian timbul peperangan di daerah itu dan ada mobilisasi anak muda. Mujur sekali kedua putranya tidak bisa diterima jadi militer karena cacat. Musibah juga punya arti tersendiri karena Tuhan telah merencanakan semuanya.

Ryan dan adiknya Elsa ikut tertawa dan penuh dengan suka cita dalam Roh Kudus. Saya juga menambahkan bahwa jalan keluar pasti selalu disediakan Tuhan seperti kisah Musa menemui jalan buntu di Laut Merah. Maju mati mundur mati, tapi Tuhan membelah laut sehingga umat Israel bisa menyebrang laut dengan kaki kering.
Musibah sering membuat kita putus asa, tapi musibah membuat kita kuat. Musibah bukanlah suatu akhir dari hidup, tetapi justru awal dari kehidupan baru. Semua itu karena Cinta Tuhan.

Semoga berkat Allah Tuhan yang penuh Cinta Kasih memberikan kekuatan kepada semua saudara, sahabat yang sedang mengalami musibah.

47 responses to this post.

  1. Setiap manusia pasti pernah mengalami musibah. Saya setuju dengan artikel anda yang mengatakan Musibah sering membuat kita putus asa, tapi musibah membuat kita kuat. Saya percaya, bahwa dibalik setiap musibah pasti terdapat hikmahnya Asal kita harus terus berdoa dan serahkan diri kita di hadapan Tuhan. Pasti Tuhan akan memberikan kekuatan untuk kita semua.

    Reply

  2. Saya yakin setiap musibah yang menimpa kita bisa kita jalani. Karena Tuhan tidak akan memberi musibah melebihi kemampuan kita. Dan Tuhan memberi kita musibah agar kita belajar menjadi manusia yang dewasa, secara rohani maupun jasmani. Atau saking sibuknya kita dalam pekerjaan sehingga kita lupa kepada Tuhan, sehingga Tuhan memberikan kita musibah agar kita tidak melupakan Tuhan disetiap pekerjaan yang kita lakukan. Jadi hadapilah segala musibah tersebut dengan semangat dan tidak mudah putus asa. Dan jangan lupa meminta bantuan Tuhan disetiap musibah yang sedang kita alami.

    Reply

  3. kita semua pasti pernah mengalami musibah. tidak mungkin di dunia ini tidak pernah terjadi musibah. musibah itu datang nya secara tiba” tanpa di ketauhi oleh siapaun. sebab tuhan telah merencanakan ny.
    kita harus sering pergi ke gerja dan berdoa setiap hari agar kita di lindungi oleh tuhan. kita jangan lupa meminta bantuan kepada tuhan supaya beban kita di ringankan oleh nya

    Reply

  4. musibah bukan berarti kita harus terdiam karena sesuatu hal yang kita inginkan tidak tercapai tetapi kita harus menerimanya karena Tuhan memberika ujian di luar batas kemampuan kita dn di lain halnya Tuhan memberikan hal yang terindah di lain waktu. dalam kehidupan ini selalu berpasangan ada sedih dan tentu saja ada senang. musibah bukan harus di sesali dan disedihi tetapi kita pelajari sebagai pelajaran agar kita tidak mendapatkan kesalahan yang sama. dan berdoalah kepada Tuhan karena Tuhantidak meninggalkan kita tetapi Tuhan selalu melindungi kita dimana pun kita berada.

    Reply

  5. menurut saya musibah adalah cobaan yang diberikan tuhan kepada umatnya agar tersadar dari dosa,setiap orang pasti pernah mengalami musibah,tuhan pasti telah merencanakan itu semua tapi hanya waktunya saja yang belum kita tahu sebab tuhan ikut berkarya atas semua itu.tetapi kita jangan putus asa.asal kita terus berdoa kepada tuhan pasti tuhan memberi kekuatan kepada kita,itu bukti cinta tuhan kepada kita.

    Reply

  6. Setiap orang pasti pernah mendapatkan musibah. Meski tidak ada satupun orang yang menginginkan musibah, tetap saja musibah menghampiri kita tanpa ada yang tahu. Semua itu adalah rahasia Tuhan. Sebagai manusia, janganlah kita merasa lemah akan cobaan musibah yang datang. Karena kita harus percaya semua kesialan yang datang pada kita, justru akan menjadi pelajaran terbaik bagi kita bila di kemudian hari kita mengalami hal yang sama. Banyak orang yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang sesungguhnya. Oleh sebab itu, musibah bukanlah suatu akhir dari hidup, tetapi justru awal dari kehidupan baru yang membuat kita semakin kuat. Tuhan tidak akan memberikan musibah diluar batas kemampuan kita.

    Reply

  7. Posted by linda on December 4, 2012 at 2:45 pm

    Musibah adalah hal yang selalu di alami oleh manusia dan sudah menjadi bagian dari rencana Tuhan yang tidak bisa di ubah agar semua manusia mengalami nya. Musibah sengaja di datangkan Tuhan bukan karena Tuhan jahat untuk melihat penderitaan manusia tetapi Tuhan hanya ingin menguji semua manusia bagaimana cara kita sebagai manusia dalam menghadapi ujian tersebut. Jika kita mampu dan sanggup menghadapi ujian musibah ini maka Tuhan akan memberikan kita hadiah yang besar dan kita bisa hidup lebih menyenangkan dari musibah sebelum nya yang kita alami. Tapi, jika kita tidak mampu, kuat atau kalah dalam menjalani ujian maka kita akan gugur dan terus terpuruk dalam musibah ini. Sebab itu, ingat lah bahwa musibah bukan kutukan yang harus kita takuti karena Tuhan tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan manusia dan jika kita selalu berserah kepada Tuhan untuk menjalani musibah ini maka kelak nanti akan indah pada waktu nya bahkan lebih indah di banding sebelum nya dan ingat semua rencana Tuhan itu indah tidak ada yang buruk.

    Reply

  8. Posted by Jeffry Hanafi on December 4, 2012 at 3:03 pm

    Setiap manusia pasti pernah mengalami musibah, entah itu berat atau ringan kita tidak tahu. Ada yang putus asa dengan musibahnya dan ada yang pantang menyerah mencari jalan keluarnya, karena ia yakin pasti akan ada jalan keluarnya dan ini sudah direncanakan oleh Tuhan. Jika kita percaya dengan Tuhan, Tuhan tidak akan pernah memberikan musibah atau masalah melebihi dari kemampuan kita, dan semua rencana yang sudah direncanakan Tuhan pasti akan indah pada waktunya. Kita harus tetap berdoa dan bersabar jika kita terkena musibah, karena itu adalah hal yang tidak bisa dihindari juga oleh manusia. Satu yang kita ingat, Tuhan itu selalu bersama kita dari awal sampai hidup kita dan Ia akan membantu kita dengan kemurahan hati-Nya.

    Reply

  9. Tidak ada seorang pun didunia ini yang belum pernah mengalami musibah, hanya saja musibah yang dialami setiap orang pasti berbeda-beda, ada yang lebih ringan dan ada yang sangat berat. Tapi ingatlah, Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan umatNya. Maka janganlah kita merasa putus asa dan menyerah jika dihadapi dengan musibah yang berat, itu semua hanyalah ujian yang diberikan Tuhan untuk melihat sampai mana batas kemampuan kita dalam menghadapi ujian dari Tuhan, karena Tuhan pasti akan membantu memikirkan jalan keluar untuk menyelesaikan malah yang kita hadapi, maka berdoa lah kepada Tuhan dan mengucapkan syukur atas semua yang telah Tuhan berikan untuk kita.

    Reply

  10. Musibah yang kita alami tidaklah semata-mata membawa kesedihan dan rasa putus asa. Dengan datangnya musibah kesabaran dan ketegaran kita diuji, apakah kita mampu untuk menjadikan musibah sebagai pelajaran hidup yang akan berguna bagi kita.Dibalik musibah ada hikmah yang terkandung didalamnya,yang akan membentuk pribadi kita menjadi lebih dewasa dalam menghadapi masalah yang kelak akan muncul dikemudian hari. Musibah kecil maupun besar hendaknya dihadapi bersama-sama sebagai rasa simpati dan empati terhadap orang disekitar kita.

    Reply

  11. musibah tak mungkin kita bisa hindari, namun hanya bisa kita terima dengan lapang dada dan sabar.
    musibah bukan berarti kita mengalami kesialan, namun sebuah pengajaran yang mengajarkan kita untuk lebih bersabar, dan selalu berpengharapan . janganlah berkecil hati dan berlarut dalam kesediahn ketika mengalami musibah, tetap berpengharapan kepada Tuhan , dan yakinilah akan ada hikmah dibalik musibah ini ..
    jangan selalu berpandangan bahwa musibah datangnya musibah dari Tuhan, karena Ia hanyalah mengijinkan musibah datang kepada kita dan bermksud menguji kita ..
    God Bless all🙂

    Reply

  12. Tidak selamanya kita manusia hidup tanpa masalah. Tidak selamanya kita manusia hidup tanpa adanya musibah. Musibah memang terkadang menghampiri kita. Kita hendaknya tidak berputus asa dalam musibah tersebut, melainkan mencari solusi dari musibah tersebut dan belajar dari musibah yang ada agar kelak musibah yang sama bisa di cegah atau ditanggulangi dengan lebih mudah.

    Reply

  13. musibah adalah suatu hal yang harus kita hadapi dengan berani, jika kita tidak berani menghadapi musibah tersebut, selamanya kita tidak akan tau apa penyebab musibah itu.

    Reply

  14. musibah seringkali dikaikan dengan hal negatif dan buruk, tetapi kalau kita bisa menanggapi dengan bijaksana mungkin kita dapat mengambil sisi positif dari musibah tersebut. tetapi bila datang musibah kita tetap harus berharap kepada Tuhan untuk mendapatkan jelan keluar terbaik dari musibah yang kita alami.

    Reply

  15. Didalam kehidupan ini pasti ada musibah yang terjadi, musibah-musibah itu hanya berupa teguran dari Tuhan. Dalam setiap musibah pasti ada pesan yang disampaikan Tuhan melalui musibah tersebut. Terkadang musibah itu sering membuat kita putus asa, kita harus lebih tabah dalam menghadapinya, kita hanya perlu berdoa kepada Tuhan dan meminta ampun pada-Nya. Semua musibah pasti akan berlalu, dan dibalik musibah yang terjadi pasti ada pesan dari-Nya.

    Reply

  16. Terkadang kita sebagai manusi sering mengeluh akan hal yang telah terjadi pada kita,dan kita tidak bersyukur kepada tuhan,malah marah kepada tuhan,
    Jadi kita sebagai manusia harus selalu bersyukur atas apa yang telah terjadi kepada kita walau pun itu musibah,karena di balik musibah terdapat rencana yang telah di siapkan oleh tuhan untuk kita supaya kita memiliki hari depan yang penuh dengan pengharapan

    Reply

  17. saya selalu percaya dengan kata ada hikmah dibalik setiap musibah yang kita alami. namun bagaimana seseorang dapat mengambil hikmah dari setiap musibah yang dialaminya itu yang patut dipertanyakan. apakah orang itu bisa / tidak dalam memahami musibah yang dihadapinya. semuanya hanya perlu waktu saja. biarkan waktu yang akan menjawab semuanya.

    just remember this quote “everything in life happens for a good reason”

    Reply

  18. seseorang pasti pernah mendapat musibah di dalam hidupnya ,tapi bagaimana kita menyikapi musibah yang terjadi didalam hidup kita tersebut,musibah merupakan ujian yang tuhan berikan kepada kita seupaya kita bisa lebih kuat dalam menjalani hidup ini.karena itu bersabarlah didalam musibah yang terjadi didalam hidup .

    Reply

  19. Posted by suryati c on December 12, 2012 at 12:36 pm

    musibah adalah sesuatu hal yang tidak bisa kita andalkan, karena setiap orang pasti mengalami musibah di dalam hidupnya. kalau begitu kita harus bersabarlah dalam menghadapi musibah tersebut.

    Reply

  20. musibah itu muncul dan diberikan oleh Tuhan sebagai cobaan terhadap umatNya, dalam menghadapi musibah itu jangalah kita mudah menyerah tetapi dalam mengahadapi musibah itu sebaiknya kita berusaha dan tetap berdoa meminta pertolongan serta penyertaan dari Dia. maka dari itu Tuhan memberikan kita cobaan agar kita tetap dan tambah percaya dan mengikuti jalanNya.

    Reply

  21. musibah merupakan cobaan dari Tuhan, musibah tidak datang dengan sendirinya, namun saat musibah datang kita sedang di uji oleh Tuhan. Tuhan tidak akan memberikan cobaan kepada umatnya di luar kemampuan umatnya. jangan pernah mengeluh atas musibah yang diberikan Tuhan kepada kita, tapi cobalah berpikir apa yang telah kita perbuat kepada Tuhan selama kita hidup. musibah yang diberikan Tuhan kepada kita adalah suatu teguran lkepada kita, jadi minta maaf dan bersujud lah kepada Tuhan atas segala dosa kita kepada-Nya.

    Reply

  22. Posted by Dewi Jayanti on December 14, 2012 at 4:52 am

    Jadikanlah Musibah sebagai suatu Pondasi untuk memperkuat diri saat datangnya masalah. Musibah datang secara tiba-tiba, tanpa kita ketahui maka dari itu kita harus bisa siap di segala macam musibah yang datang. Musibah datang karena tuhan mengasihi kita, memberikan cobaan agar manusia nya kuat, tegar dan bisa sabar untuk menunggu masalah itu selesai.

    Reply

  23. musibah adalah hal pendewasaan untuk diri kita, bersabarlah terhadap musibah yang kita dapat

    Reply

  24. Musibah dalam kehidupan tidak dapat diperkirakan. Musibah adalah cobaan atau hambatan yang menimpa kita, hal itu tidak dapat dihindari dan hanya bisa diterima dengan lapang dada. Musibah akan membawa hikmah yang kuat bahwa kita harus memperbaiki di sekitar lingkungan dan sabar.

    Reply

  25. Posted by patricia tangkumahat on December 14, 2012 at 8:56 am

    manusia pasti mengalami musibah,
    Tuhan memberikan cobaan kepada kita agar kita belajar untuk berpikir dewasa, sekaligus Tuhan mau mengetahui sebesar apa iman kita🙂

    Reply

  26. musibah akan datang ketika kita tidak menjaga lingkungan , atau musibah yang terjadi adalah masalah yang dialami oleh setiap orang , setiap orang pasti memiliki masalah / musibah yang bertubi-tubi datang ..

    Reply

  27. Kita tidak pernah tau kapan musibah akan terjadi pada diri kita.Ketika kita sedang menghadapi musibah,hendaknya kita tidak berputus asa,mencoba terus menerus dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar diberi kemudahan dalam mengatasi musibah tersebut

    Reply

  28. Posted by chelmizjel on December 16, 2012 at 2:06 pm

    Tuhan tidak memberikan musibah, namun cobaan.

    Reply

  29. Posted by chelmizjel on December 16, 2012 at 2:07 pm

    yang ketika kita bisa melewati cobaan tersebut, kita naik level layaknya sedang sekolah😀

    Reply

  30. Posted by Eliriani on December 17, 2012 at 1:48 am

    Menurut saya artikel di atas sangat bagus, Musibah adalah dimana Tuhan sedang memberikan cobaan kepada kita/ teguran, untuk memulai hidup baru/memperbaiki hidup lama kita. Tetapi terkadang kita merasa bahwa Tuhan tidak adil memberikan musibah kepada kita. Sebenarnya iman kita sedang diuji, seberapa besar iman yang kita miliki dan seberapa besar ketegaran kita untuk melewatinya. Kadang kita tidak merasa bahwa kita menjauh dari Tuhan akan tetapi Tuhan tidak pernah ingin anaknya memasuk ke dalam jalan yang salah sehingga Ia menegur kita dengan memberikan musibah kecil / besar. Supaya kita menyadari bahwa kita sudah hampir masuk ke dalam jalan yang salah. Maka kita harus tetap bersyukur kepadaNya sebab Ia masih mau menegur kita dengan musibah dan masalah dalam hidup kita.

    Reply

  31. semua orang pasti pernah terkena musibah, karena Tuhan itu adil. musibah yang tuhan berikan bukan untuk menghancurkan manusia, tetapi ada maksud tertentu dibalik musibah, yaitu sebagai teguran yang dapat dijadikan pembelajaran berharga.

    Reply

  32. Di dalam kehidupan ini, pasti semua orang akan mendapat musibah yang dapat datang kapan saja. Jika kita diterpa akan suatu musibah, hendaknya kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Di lain hal, musibah adalah cobaan kita dari Tuhan.

    Reply

  33. tuhan tidak akan pernah memberikan musibah atau cobaan diluar batas kemampuan umatnya.

    Reply

  34. Musibah adalah rasa sayang Tuhan pada kita dimana Tuhan memberikan musibah bukan berarti Tuhan tak sayang pada kita malah sebaliknya Tuhan begitu kasih dan perhatian itu membuktikan Tuhan tak pernah menelantarkan umatnya. Musibah tak selamanya adalah bencana tapi musibah bisa menjadi berkat Tuhan.

    Reply

  35. Posted by charakitti on December 18, 2012 at 1:24 pm

    t5idak semua musibaha itu berdamapak negatif dengan ada musibah kita harusnya bersyukur karena kita bisa jadi lebih waspada, berhati-hati agar kita terjadi lagi kejadian tersebut meskipun datang tidak sebesar masa yang datang kita lebih tabah menghadapiinya

    Reply

  36. musibah akan menjadi pelajaran yang sangat berarti bagi kita untuk belajar untuk maju dan sabar, ketika kita mendapatkan musibah kita menjadi mencari jalan untuk keluar dan akan membangun rasa : disiplin, tanggung jawab, kejujuran, ketekunan, mandiri dll dan itu sangat berguna untuk kita dalam menjalani hari hari berikutnya

    Reply

  37. Musibah adalah sesuatu yang tidak bisa kita hidarkan.Tetapi kita bisa mencegahnya. karena musibah itu adalah atas seizin Tuhan dan Tuhan pasti punya rencana tertentu dari semua musibah yang kita alami ini. karena tidak ada yang kebetulan dari Tuhan yang ada hanyalah rancangannya yang indah untuk kita semua. Jadi kita harus selalu sabar dalam menghadapi suatu musibah. ingat semua musibah tidak semua nya negatif tetapi ada yang positif juga.

    Reply

  38. musibah bagaikan kecelakaan yang kita tidak tau kapan datang nya

    Reply

  39. “di balik musibah pasti ada hikmahnya” itu adalah kutipan yang sering saya dengar setiap kali saya mendapatkan musibah, memang benar sih ketika saya terjatuh itu adalah musibah tetapi hikmahnya berati saya harus lebih berhati2 dalam berjalan mungkin itu yg di mksud oleh kutipan tersebut.

    Reply

  40. setiap manusia pasti akan mengalami musibah hanya kita nya saja yang harus bisa mengambil suatu musibah itu dengan sikap yang positif. karena musibah itu pasti akan ada hikmahnya yang Tuhan berikan.

    Reply

  41. setiap masusia tak pernah luput dari musibah namun, dibalik setiap musibah, pasti terdapat sesuatu yang indah dibelakangnya. terkadang musibah yang kita alami membuat kita putus asa dan merasa gagal untuk mencapai sesuatu tetapi, musibah membentuk kita menjadi pribadi yang lebih kuat dan berkualitas.

    Reply

  42. Mengambil petikan sebuah lagu yang berbunyi “Tuhanku tak akan memberi ular beracun pada yang minta roti.” Hal itu menyadarkan saya bahwa ketika musibah itu datang, kita masih tetap punya pengharapan di dalam Tuhan, kita dapat datang pada-Nya setiap saat. Tuhan pasti akan memberikan kekuatan dalam menghadapi musibah itu karena Dia ingin manusia bertahan untuk menyaksikan pelangi kehidupan setelah badai kehidupan itu pergi.

    Reply

  43. Posted by Dessy Kristanti on December 20, 2012 at 9:22 am

    kita tidak tahu kapan musibah akan datang dalam hidup kita, dan smua orang tentunya tak ingin mendapat musibah tetapi inilah hidup yang harus dijalani, tanpa musibah kita tidak akan melihat betapa besar kasih dan cinta Tuhan kepada kitayang dengan tanganNya menolong setiap kita, karena Dia tidak akan membiarkan kita sampai jatuh tergeletak.

    Reply

  44. Posted by Melisa / 02PNM / 1601232166 on June 16, 2013 at 2:34 pm

    Musibah yang berarti segala yang menimpa pada sesuatu baik berupa kesenangan maupun kesusahan, Namun umumnya, musibah dipahami selalu identik dengan kesusahan. Padahal, kesenangan yang dirasakan pada hakekatnya musibah juga. Marilah kita hadapi ujian hidup ini dengan sabar dan ikhlas. Cobalah untuk sering-sering menengok ke bawah, melihat saudara-saudara kita yang nasibnya jauh dari keberuntungan dan diliputi kemalangan, dibandingkan masalah yang kita hadapi agar senantiasa kita memiliki rasa syukur bertambah kepada Tuhan dan kesabaran meningkat.

    Reply

  45. Musibah pasti akan datang cepat atau lambat, tidak terpengaruh oleh sesuatu hal. jika musibah sudah mau datang, kita tidak bisa melakukan hal apapun untuk mencegahnya, kita hanya bisa pasrah terhadap itu

    Reply

  46. Posted by LeonardArden on June 21, 2013 at 4:35 pm

    Menurut saya, musibah adalah cara Tuhan mendekatkan diri kita kepadanya. dan menurut saya itu bagus. karena Tuhan ingin selalu kita berada di sisinya dan tak pernah meninggalkannya. Tidak selamanya kita manusia hidup tanpa masalah. Tidak selamanya kita manusia hidup tanpa adanya musibah. Musibah memang terkadang menghampiri kita. Kita hendaknya tidak berputus asa dalam musibah tersebut, melainkan mencari solusi dari musibah tersebut dan belajar dari musibah yang ada agar kelak musibah yang sama bisa di cegah atau ditanggulangi dengan lebih mudah.

    Reply

  47. hendaknya kita tidak mengelkuh saat mendapat musibah, karena dibalik setiap musibah pasti ada sisi positif yang bisa kita petik

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: