Sapu Lidi

Sapu lidi daun kelapa, jiwa manis mau disapa!

Sapu lidi digunakan dua kali dalam upacara pernikahan Sunda, yang pertama pada saat upacara Ngeuyeuk Seureuh dimana kedua calon pengantin dikeprak (dipukul perlahan) dengan sapu lidi diiringi nasihat dalam hidup berumah tangga harus dapat memupuk kasih sayang antara suami istri dan giat berusaha untuk kesejahteraan keluarga. Dan yang kedua adalah pada ritual Meuleum Harupat (membakar lidi) saat pengantin pria memegang lidi yang lalu dibakar oleh pengantin wanita. Ketika lidi sedang terbakar, pengantin wanita menyiramnya hingga padam. Nyala lidi diibaratkan sebagai amarah laki-laki yang padam ketika disiram kelebutan seorang wanita. Makna yang terkandung adalah sifat pemarah seorang pria harus dihilangkan sebelum berumahtangga.

Ibuku menjalin 10 lidi, lalu dianyam rapi, diikat dan dikasih pita indah sekali, tapi aku takut sekali melihatnya, karena anyaman sapu lidi ini dipakai untuk mukul sekaligus buat nyabet kita-kita anak-anaknya yang nakal. Tetapi, kenangan dipukul ibu dengan sapu lidi tetap melekat di hatiku sampai sekarang dan rindu sekali. Kadang air mataku berlinang saat membayangkan dipukul ibu dengan sapu lidi.
Pada perjalanan kembali ke Jakarta, kami mampir di Pleret. Aku dan suamiku Irfan serta dua anakku Jenifer dan Jesica, mau beli oleh-oleh berupa makanan kecil dan barang-barang antik. Suamiku memilih celengan dua buah buat anak-anak. Aku borong sapu lidi karena pulang ke rumah siap-siap capek membersihkan rumah. Kualitas sapu lidi bagus sekali. Entah mengapa sapu lidi selalu ada di samping ranjangku. Mungkin karena suamiku jorok jadi banyak pasir di tempat tidur, jadi selalu kubersihkan pakai sapu lidi.
Sapu Lidi adalah lagu kesayanganku, selain Kroncong Morisko dan Bengawan Solo. Kemarin aku bersama anak-anakku cari sampu lidi buat bersih-bersih taman yang penuh daun dan kotoran. Sapu lidi itu bagian dari pembantu. Mereka kompak kuat bersatu dan baik adanya. Aku kira sapu lidi cuma ada di Indonesian, ternyata di Paddys Market Sydney banyak juga yang jual. Aku beli buat persiapan di rumah untuk bersih bersih.
Sapu lidi di rumahku habis, kepala pusing juga, cari di mana di Jakarta ini. Aku ke hypermart ada juga di sana tinggal 1 saja. Boleh jugalah tapi sampai di kasir, seorang ibu menyapaku dengan senyum manis. Ternyata dia sudah beberapa hari cari sapu lidi tidak dapat, lalu dengan belas kasihan dia minta agar sapu lidiku bisa dibelinya. Aduh ibu! Aku juga dapat satu saja, tapi baiklah aku berkorban. Akhirnya aku kasih juga sapu lidiku satu satunya. Dalam hati aku kesel juga.
Gara-gara para PRT pulang kampung, ibu-ibu dan bapak-bapak jadi kenal sapu lidi, yang menjadi bagian dari bersih-bersih rumah. Memang Tuhan memberikan kita pohon kelapa. Mulai dari pohonnya, buahnya sampai daunnya dan lidinya menjadi bagian dari bersih-bersih.
Tugas berat kita dalam kehidupan rohani adalah menyapu bersih hati nurani kita dari kotoran-kotoran yang mencederai kehidupan rohani kita. Juga ia memberikan kita kelegaan hati seperti halnya kita habis mandi membersihkan badan kita.
Sapu lidi rohani, diambil dari pohon-pohon keyakinan yang ditanam dalam hati kita. Ia dianyam rapi. Ia baik sekali untuk menyapu atau seperti sapu lidi anyaman ibuku, cukup melihat aku takut, jadi cukup di taruh di hati sudah bisa menjadi pengawas agar aku tidak nakal lagi.
Sapu lidi, dalam perjalanan ribuan tahun membantu kita manusia. Dari bagian bersih-bersih, perlu juga kita taruh di batin kita sebagai bagian dari pekerjaan rumah Tuhan, yaitu tubuh kita. Salam dan doaku menyertai. Jangan lupa beli sapu lidu buat hadiah ibu di rumah.

22 responses to this post.

  1. pengalaman penulis tentang sapu lidi di masa kecilnya menjadikan ia takut pada sapu lidi namun memberikan ia kenangan manis dengan ibunya..begitupun sapu lidi rohani..sapu lidi rohani dipakai untuk membersihkan hati kita agar mejadi lebih baik lagi di kemudian hari..

    Reply

  2. sapu lidi di ibaratkan sebagai kesatuan, jika hanya mengambil 1 batang saja lidi itu akan mudah patah, dan jika kita ambil 10 batang sapu lidi itupun akan kuat.

    Reply

  3. sapu lidi adalah ibarat sebuah kesatuan.
    1 lidi tidak akan berarti apa-apa dan sangat mudah di patahkan namun bila 10 lidi maka akan kokoh dan sulit untuk di patahkan.

    sapu lidi mengajarkan kita mengenai kesatuan, agar kuat kita harus bersatu satu sama lain🙂

    Reply

  4. kegunaan sapu lidi: membersihkan sampah/kotoran sampai ke sela-sela terkecil , membersihkan halaman rumah karena daun-daun yang berjatuhan. lambang kesatuan/ kekeluargaan.

    saya selalu ingat ketika dulu saya nakal saya selalu dipukul pake lidi. tapi setelah itu saya sadar akan kesalahan saya dan tidak akan pernah mengulanginya kembali. semoga artikel ini dapat contoh kesatuan.

    Reply

  5. semakin banyak lidi di ikat,,maka akan terasa semakin kokoh kekuatannya dan tidak mudah terpatahkan. jadi sapu lidi ini ibarat seperti kebersamaan yg kokoh. bila ingin mematahkan 1 lidi dalam sebuah ikatan itu,,maka yg dalam ikatan tersebut akan mengendor hingga ikatan tersebut tidak kuat lagi

    Reply

  6. Posted by mariani purnama on December 17, 2012 at 2:22 pm

    sapu lidi melambangkan persatuan, selain dapat dipakai untuk bersih bersih sapu lidi memiliki arti yang dalam. dalam sapu lidi, lidi2 saling menyatu dan saling tolong menolong. sapu lidi tidak mudah patah juga karena mereka bersatu, demikianlah kita manusia hendaklah meniru kebaikan dari sapu lidi tersebut.

    Reply

  7. Tugas berat kita dalam kehidupan rohani adalah menyapu bersih hati nurani kita dari kotoran-kotoran yang mencederai kehidupan rohani kita

    Reply

  8. Posted by steffanus sasteradinata on December 19, 2012 at 4:05 pm

    satu batang lidi mudah dipatahkan. sekumpulan lidih sangat sulit dipatahkan. ini menggambarkan bila sendiri lemah, jika bersama-sama kita dapat menjadi hebat..

    Reply

  9. sapu lidi itu adalah contoh nyata dari suatu kesatuan, jika lidi-lidi itu disatukan menjadi kesatuan maka dapat berfungsi sebagai alat untuk bersih-bersih tapi jika dipisah-pisahkan menjadi sendiri-sendiri maka fungsinya menjadi tidak ada. Sama dengan hidup kita yang hidup bersatu dengan sesama, jika kita bekerja bersama-sama secara kompak maka dapat menghasilkan hasil yang baik.

    Reply

  10. Sapu lidi adalah sebuah contoh yg melangbangkan kesatuan, kita bisa di ambil dengan contoh 1 lidi tidak bisa di gunakan untuk menyapuh tapi degn sekuntum lidi yg di ikat makan bisa di gunakan untuk menyapuh , itu merupakan sebuah contoh dari kesatuan yg memilih ki arti yg sangat luas yaitu kehidupan ini kita harus saling menolong dan membantu satu sama lain untuk mendapatkan hasil yg bagus

    Reply

  11. Sapu lidi ini erat kaitannya dengan filosofi persatuan. Bayangin aja kalo cuma 1 lidi untuk membersihkan sebuah perkarangan yang sangat kotor. Pasti sulit banget. Dan hanya akan buang-buang waktu dan tenaga. Tapi jika lidi-lidi di satukan, sehingga membentuk sebuah sapu, maka hal yang tadinya sulit, dapat di mudahkan sekarang. Sehingga saya sangat setuju jika sapu lidi adalah simbol persatuan dan kekuatan komunitas.

    Reply

  12. Posted by stefano agung on May 25, 2013 at 7:42 am

    banyak hal hal kecil yang berguna untuk membersihkan hati kita,kadang hal tersebut adalah hal yang kita remehkan dan kita anggap tidak penting.sama halnya dengan sapu lidi yang harganya murah dan sering di anggap hanya sebagai alat pembersih kotoran dan jarang di pergunakan apa lagi do zaman moderen seperti sekarang,ibu rumah tangga lebih senang menggunakan alat penghisap debu dan kotoran praktis di bandingkan sapu lidi.jadi jangan pernah meremehkan hal hal kecil yang di anggap tidak penting,karna dalam sisi tertentu justru hal tersebut adalah hal yang terpenting.

    Reply

  13. sapu lidi bagi saya adalah melambangkan kerja sama,ibaratkan 1 lidi saja maka sapu lidi tidaklah berguna tapi apabila terangkai dalam sebuah sapu maka sangat akan bermanfaat

    Reply

  14. Posted by cheri meriani on June 14, 2013 at 5:44 pm

    sapu lidi seperti kesatuan dalam kehidupan kita. semakin erat persatuan kita akan semakin kuat juga diri kita. sapu lidi juga biasa di gunakan untuk membersihkan tempat-tempat yang kotor agar menjadi lebih bersih agar terlihat indah. begitu juga dengan ke hidupkan kita di harpkan dengan kita menyapu semua kebiasaan buruk kita di harapkan kita dapat menjadi lebih baik. semoga artikel ini dapat membuat kesatuan bangsa kita semakin kuat dan tidak akan pernah terpecah-pecah lagi.

    Reply

  15. Orang sering mengatakan bersatu kita teguh dan bercerai kita runtuh. Dan ibarat sapu lidi, jika hanya sebatang tidak akan berarti apa-apa. Apabila sapu lidi tersebut disatukan makan manfaatnya akan sangat dirasakan. Seperti digunakan untuk bersih-bersih. Dan dalam artikel tersebut saya sangat setuju jika sapu lidi tersebut diibaratkan sesuatu yang dapat kita gunakan untuk menyapu hati nurani kita dari segala hal yang telah mengotori hidup kita.

    Reply

  16. Posted by Maorel on June 15, 2013 at 2:45 pm

    Hidup lah seperti perumpamaan sapu lidi, yang bagaimana sapu lidi tidak akan ada artinya jika hanya satu batang saja, tapi akan sangat bermanfaat dan berarti jika beberapa sapu lidi menjadi sebua kesatuan yang besar. Demikian juga dengan hidup, kita sebagai manusia pasti membutuhkan sesama manusia agar kehidupan kita bisa menjadi lebih berguna dan mudah.

    Reply

  17. Posted by Justman Tan - 1601266186 on June 16, 2013 at 11:11 am

    Justman / 02PNT / 1601266186

    Sapu lidi sering kali dianggap lemah dan mudah patah dipikiran kita, tapi juga sapu lidi itu dsatukan, bukankah akan lebih kuat? Menyapu menggunakan satu batang lidi tentu merupakan hal yang sangat sulit kita lakukan, tapi dengan menyatukan banyak lidi itu akan memudahkan kita menyelasikan suatu pekerjaan.

    Reply

  18. Posted by yugi p5 ubm on June 21, 2013 at 1:50 pm

    Tak sgla nya sesuatu yg membuat kita trauma , atau tkut mnjdi buruk , trkdng perlu hal yg buruk untuk menciptakan sesuatu yg mnis dn indah GBU

    Reply

  19. Allah S.W.T memang menciptakan semua mahluk hidup dengan kegunaan nya masing masing seperti pohon kelapa yang bisa dijadikan sapu lidi ,,, begitu pun juga kita sebagai mahluk ciptaan-Nya untuk tetap meluruskan niat dan membersihkan hati kita dari berbagai macam godaan di dunia dan tidak selalu mengedepankan hawa nafsu takutlah pada – Nya karena Allah S.W.T selalu mengawasi kita … semoga kita insya Allah menjadi manusia yang bertawakal amin 

    (tugas kampus)

    Reply

  20. Sapu lidi, diibaratkan dalam satu kesatuan
    Jika 1 lidi dikumpulkan, maka tidak akan menjadi kesatuan yang kuat
    tetapi jika banyak lidi dikumpulkan bersamaan, maka akan menjadi kekuatan yang kuat

    Reply

  21. Posted by Thalia on January 16, 2014 at 8:00 am

    sapu lidi kalau satu batang ga akan ada rasanya. sama seperti “sapu lidi” hati kita, kalau kita jarang memupuk keyakinan kita, tidak akan ada efeknya untuk menjaga hati kita dari kotoran kotoran yang mau mengotori hati dan kehidupan rohani kita. Maka itu kita harus sering memupuk keyakinan kita dengan banyak banyak berdoa dan merenungkan firman

    Reply

  22. Posted by Brian Rickyantara on March 24, 2014 at 12:27 pm

    Artikel di atas memang sangat bermakna. Manusia pun juga bisa diibaratkan seperti sapu lidi. mengapa? karena butuh waktu untuk menghapus segala kotoran di pikiran dan hati manusia itu sendiri bahkan kotoran sekecil apapun lebih susah dibersihkan dengan menggunakan sapu lidi dibandingkan dengan menggunakan vacuum cleaner.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: