Penjara

Ketika Aku Lapar engkau tidak memberi makan,
Ketika Aku di penjara engkau tidak mengunjungi-Ku

Karena perjuangannya untuk kemerdekaan India, Gandhi dipenjara selama tujuh tahun. Gandhi yakin bahwa merupakan sikap kesatria dipenjarakan karena berbuat baik.

Setelah membaca SMS yang dikirim dari sahabat di KKT dan dikonfirmasikan ke beberapa teman dan istri saya yang adalah aktivis pemerhati HIV-AIDS, akhirnya kami setuju untuk kunjungan ke Penjara Nusa Kambangan.
Jumlah kami cukup besar lebih kurang 40 orang. Saya dan istri di dampingi Romo Yance Mangkey, MSC. Kami tiba Jumat sore di Cilacap dan langsung menuju Gereja. Di sana sudah menunggu beberapa romo, di bawah koordinasi Romo Carolus dan Romo Suratman SJ. Ada juga penyanyi Indonesia Idol Edo. Kami sempat disuguhi makan malam yang enak sekali khas Cilacap, lalu kami menuju hotel untuk istrahat.
Rombongan utama sudah tiba sehari sebelumnya, lalu melakukan ziarah ke Goa Maria di Cilacap. Sabtu pagi kami akan masuk ke Nusa Kambangan. Rombonga tiba di daerah steril untuk menyebrang. Kami didampingi rombongan KKT (Kelompok Kasih Tuhan) yang sudah biasa melayani di Penjara Nusa Kanbangan. Tidak ketinggalan rombongan Keuskupan Purwokerto, di bawah pimpinan bapak Uskup Mgr. Soenarko dan didampingi dua pastor. Romo Carolus kebingungan juga karena jumlah rombongan lebih dari biasanya. Untung sekali ijin masuk diberikan berkat kerja keras KKT dan Paroki Cilacap.
Rombongan kita bagi enam untuk masing-masing penjara ( ada 7 penjara tetapi kita hanya masuk 6, karena ada 1 tahanan khusus tidak boleh di kunjungi). Di enam penjara, kami mengadakan Misa Kudus. 5 penjara biasa dipimpin oleh pastor. Saya di penjara keenam namanya SMS (Special Maximum Security) yang misanya dipimpin konselebran bapa Uskup Mgr. Soenarko, Romo Suratman.
Penjara SMS adalah para napi yang menerima hukuman mati dan menunggu waktu eksekusi saja. Misa berjalan sangat terharu sekali. Bayangkan, kami bersama lebih kurang 40 Napi Katolik dan Protestan yang akan segera di hukum mati. Saat Komuni bapa uskup mengumumkan bahwa hari ini siapa saja boleh menerima Komuni (baik Katolik, Protestan atau yang Budha dan Islam).
Setelah misa selesai lalu diisi dengan nyanyian-nyanyian rohani, lalu dilanjutkan makan siang di Gereja Induk di luar penjara. Acara ini diliput oleh Majalah Hidup secara lengkap (Apakah diliput Hati Baru atau Warta Kristo ?)
Mungkin Romo Yance Mangkey, MSC bisa menambah cerita, atau ibu-ibu peserta. Khususnya Ibu Sisca Wiyasa, yang aktivis dan pejuang HIV-Aids dari Lions Club Jakarta Mitra Mandala bisa memberikan kesaksian di sini (Peserta banyakan dari Paroki Santo Kristoforus)
Penjara, memang memiliki suatu konotasi menakutkan. Saya sudah pernah mengikuti pelayanan ke penjara-penjara biasa, tapi pengalaman ke Nusa Kambangan sungguh luar biasa.
Penjara dalam kehidupannya memberikan kesempatan manusia bersalah untuk bertobat atau untuk Rutan sementara. Tapi buat SMS, hanya kematian dan menanti kematian adalah peristiwa yang sangat mengerikan. Bayangkan Kristus di Getsemani yang berdoa. Dengan keluarnya peluh dan darah, Yesus mempersiapkan kematian-Nya.
Buat kehidupan rohani kita, penjara menjadi bagian yang penting, karena karena Roh penurut tapi Badan Lemah, sehingga kita membutuhkan sesuatu kondisi untuk mengawal kehidupan kita.
Namun demikian, kita perlu memberikan dukungan iman kepada orang yang di penjara. Bagaimana pun mereka juga manusia dan dalam kebersamaan tersebut kita saling menguatkan. Kita berdoa bersama dan memberi penghiburan. Doa orang yang dipenjara didengar oleh Allah.

33 responses to this post.

  1. saya menyukai artikel ini karena memberikan saya pelajaran rohani,karena artikel ini mengajarkan saya untuk selalu dekat dengan Tuhan ada atau tidaknya masalah yang saya hadapi karena Tuhan akan selalu ada didekat orang yang percaya kepada-Nya.

    Reply

  2. Seseorang yang dipenjara bukan berarti hatinya juga ikut dipenjara, berbuat kesalahan dan dihukum merupakan hal yang wajar. Seseorang berbuat salah pastinya disebabkan oleh suatu alasan tersendiri. Sebagai sesama hendaknya kita berdoa agar saudara-saudara kita berada dipenjara semoga diberi pencerahan dan sadar akan perbuatannya.

    Reply

  3. hanya raga yang bisa di masukkan dalam penjara, namun hati tidak bisa di masukkan dalam penjara. saat raga kita sudah masuk dalam penjara, namun dari dalam hati kita, kita ingin bertobat maka Tuhan pasti akan mendengarkan jeritan hati kita. asalkan kita sungguh-sungguh ingin bertobat

    Reply

  4. penjara memang tempat yang mengerikan karena tempat banyak orang yang melakukan kesalahan maupun yang tidak bersalah dihukum sesuai dengan yang diberikan pengadilan namun orang yang di penjara tetaplah saudara kita sebab firman Tuhan mengatakan semua orang didunia ini adalah saudara kita tak terkecuali orang yang berada di penjara. Walaupun mereka telah melakukan kesalahan, kita sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan harus saling mengasihi dan membantunya keluar dari permasalahan hidup, dibalik tindakan yang ia lakukan pasti ada sebabnya sehingga ia melakukan kejahatan. Kita harus membantu dan mendoakannya agar ia sadar dan bertobat ke jalan Tuhan sebab hidup kita akan merasa bahagia dan bermakna apabila kita dapat membantu sesama .

    Reply

  5. Posted by Dyah Indah Pratiwi on December 9, 2012 at 9:35 am

    penjara adalah tempat untuk orang” yang bersalah , penjara juga bisa jadi tempat bertobat dan juga tempat kita mendekatkan diri kepada-NYA . penjara sebenarnya tidak menyeramkan seperti yang kita duga , kalau penjara itu adalah tempatnya para penjahat tetapi mereka juga punya hati nurani .

    Reply

  6. Penjara mendengar kata ini saja saya sudah mulai membayangkan kehidupan apa yang di jalani di dalam nya? apakah para tahanan di perlakukan dengan baik? apakah para tahanan akan menyadari kesalahan nya atau malah mengulangi nya kembali?

    saya menyukai artikel ini karena artikel ini memberikan saya pelajaran rohani, mengajarkan agar kita selalu dekat dengan Tuhan apapun yang terjadi dalam kehidupan ini.

    Reply

  7. saya pernah ke lapas nusakambangan. disana banyak hati yang haus akan perhatian dan kasih sayang. bagaimana tidak, hidup dan mati mereka ditentukan oleh ketukan palu sang hakim, jika besok mereka di eksekusi maka mau tidak mau mereka harus menerimanya. yang paling terberat saat saya harus melihat seorang apak yang sudah tua, dia tidak tau kpan dia di eksekusi. sudah 2,5 tahun dia disana. sendiri tanpa keluarga yang dikasihinya bahkan pada saat eksekusi mati pun keluarga tidak boleh mengujunginya. begitu sadis bukan kehidupan ini?

    maka sadarilah bahwa hidup ini tidak mudah, setiap apa yang kita perbuat haruslah di pertanggung jawabkan.

    Reply

  8. temapt untuk orang2 yang melakukan kesalahan yang besar .. atau pun kecil , untuk mereka yang berbuat banyak kejahatan di lingkungan sekitar ..

    Reply

  9. semua orang pasti punya salah yang tidak di sadarinya. dan kesalahan tersebut di perbuat sengan sengaja ataupun tidak. demi untuk melanjutkan kebutuhan hidupnya atau hanya kecelakaan kerja yang membuat org tersebut menjadi sebagai tersangka
    tapi bagaimana pun bentuk kesalahan itu,,abil sisi positif dan hikmahnya jangan sampai trulang untuk yang kesekian kalinya lagi. mungkin penjara adalah tempat yg tepat untuk merenugi kesalahan dan kecerobohan yang tlah di lakukan. dengan sendiri di dalam ruangan kita dapat merasakan ap yang tlah kita perbuat sebelumnya dan akan menjadi kepribadian yg baru lagi bila sudah keluar🙂

    Reply

  10. Posted by mariani purnama on December 17, 2012 at 1:52 pm

    sungguh kasihan kalau mengingat sesama kita harus ada di penjara, bahkan akan dihukum mati. seperti Yesus dahulu yang sangat sengsara untuk menyelamatkan kita manusia. hendaklah kita mendoakan sesama kita di penjara agar dikuatkan hatinya dan bertobat.

    Reply

  11. Posted by steffanus sasteradinata on December 19, 2012 at 3:56 pm

    penjara merupakan tempat tahanan, dan berfungsi tidak hanya untuk menghukum, namun tempat dimana kita dapat merenungkan dan mengkoreksi kesalahan kita yang membuat kita masuk kepenjara, agar tidak terjadi lagi dikemudian hari

    Reply

  12. saya menyukai artikel ini karena memberikan saya pelajaran rohani, yg mengajarkan saya untuk selalu dekat dgn tuhan dalam kondisi apapun di hidup ini.
    Penjara adalah sebuah tempat yg berisi orang-orang yg berbuat salah
    namun nyatanya apakah semua orng yg di penjara itu sungguh bersalah?
    dan jika bersalah apakah dgn penjara akan meintropeksi diri?
    itu semua tergantu pada diri sendiri lgi karenan untuk menyadarkan diri sendiri itu tidak bisa melalu orang lain.

    Reply

  13. Penjara itu memang tempat di mana orang-orang dikurung dan dibatasi berbagai macam kebebasan. Agar dia dapat merenungkan dan menyadari kesalahan-kesalahan fatal apa saja yang telah ia perbuat. Dan sadar akan itulah bahwa ia gunanya di penjarakan. Supaya ia dapat bertobat dan kembali ke jalan yang benar.

    Reply

  14. Posted by Maorel on May 24, 2013 at 5:30 am

    Pengalaman yang luar biasa bisa berkunjung dan bertemu orang orang seperti itu. Yang bisa kita lakukan hanyalah berdoa untuk mereka Semoga dengan kasih Tuhan mereka di ampuni bagi mereka yang benar benar bertobat dan menerima Tuhan.

    Reply

  15. Posted by stefano agung on May 25, 2013 at 7:42 am

    penjara hanya satu kata namun sangat menyeramkan bagi siapa saja yang mendengarkannya.
    artikel ini membuat saya sadar bahwa orang orang yang ada di dalam penjara adalah manusia yang sedang di tobatkan oleh tuhan.mereka tak pantas di benci,karna mereka juga hamba tuhan.
    dan saya memetik hikmah di balik artikel ini yaitu untuk selalu berdoa kepada tuhan dalam keadaan apapun.

    Reply

  16. segala sesuatu yang baik belum tentu dapat diterima orang lain secara baik juga..butuh perjuangan untuk mencapai kebaikan itu sendiri

    Reply

  17. Saya setuju bahwa kita harus memberikan dukungan kepada orang yang dipenjara. Karena pada saat dipenjara itu, orang tersebut diberikan waktu untuk merenungi kesalahan yang Ia buat, dan dengan menerima bahwa Ia telah bersalah dan berjanji pada dirinya untuk memperbaiki kesalahan itu (atau tidak mengulanginya lagi), baru Ia dapat move on dari kehidupan yang tengah Ia jalani. Tetapi untuk melakukan hal tersebut tidaklah mudah, karena itu kita perlu mendukung mereka agar mereka tahu bahwa mereka tidaklah sendiri.

    Reply

  18. Penjara merupakan tempat yang paling ditakuti oleh setiap orang. Di dalam bayangan penjara merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang berbuat kesalahan yang menimbulkan suatu kerugian yang fatal bagi pihak lain. Oleh sebab itu agar kita tidak mencoba dan agar kita tidak merasakan pahitnya kehidupan di penjara maka kita harus hidup menjadi orang yang benar sesuai aturan yang berlaku.

    Reply

  19. Posted by cheri meriani on June 14, 2013 at 5:40 pm

    penjara merupakan tempat sangat dipandang buruk oleh masyarakat, karena penjara merupakan tempat-tempat ditahannya orang-orang yang melanggar aturan. di penjara para tahanan dapat merenungkan hasil kejahatan yang pernah ia lakukan. diharapkan dengan ditahannya mrka, mrka dapat bertobat dan menyesali apa yang sudah diperbuat. tetapi kita juga tidak boleh menjauhi teman-teman atau saudara kita yang pernah di penjara, karena tidak semua orang yg di penjara akan selalu berbuat kejahatan sepanjang hidupnya. dan kita sebagai orang benar harus menemani mrka yg pernah melakukan keslhan dan membuat mrka agar ikut menjadi orang benar.

    Reply

  20. artikel ini snagat bermanfaat untuk dibaca oleh kita yang ingin tertarik penjara dalam diri. penerimaan dan pemaafan buat diri sendiri untuk meruntuhkan penjara dala diri kita sendiri

    Reply

  21. Posted by stefano agung allorante on June 15, 2013 at 12:36 pm

    penjara itu menyeramkan bagi saya,dan sudah pastiii saya akan menghindarinya.
    tapi tidak semua orang di penjara itu jahat,penjara adalah tempat untuk mereka merehabilitasi hidupnya agar menjadi lebih baik.

    Reply

  22. Posted by Raymond Bintag on June 17, 2013 at 10:55 am

    menurut saya penjara yang tidak ingin saya bayangkan

    Reply

  23. saling menguatkan dan menunjukkan sikap empati adalah yang mereka butuhkan..

    Reply

  24. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 10:30 am

    memang sangat mengerikan mendekam di penjara menunggu ajal menjemput, meskipun sudah berubah tetapi apa boleh buat hukum sudah memutuskan. Hal-Hal yang sebaiknya dilakukan mungkin menggunakan hari-hari yang tersisa untuk berbuat baik sebanyak mungkin karena saya percaya terhadap karma . hanya karma baik yang mampu menghapus karma-karma yang buruk

    Reply

  25. Posted by yugi p5 ubm on June 21, 2013 at 1:44 pm

    Jngn jdikan pnjra sbgai akhir dri smua nya , tpi jdikan lah pnjra sbgai tmpt titik balik dri smua nya , krna wlpn dpnjra , tpi hati kita tdk , artikel yg sngtt bguss ,

    Reply

  26. Posted by daniel dwidjayanto on December 5, 2013 at 11:08 am

    Penjara merupakan tempat bagi orang – orang yang telah melakukan tindak kejahatan seperti membunuh, merampok, mencuri, memperkosa, dsb. Tetapi ada juga penjara bagi para pejabat – pejabat yang dipenuhi oleh fasilitas mewah yaitu sofa,tv,ruangan yang lebih besar, dan juga ac. Menurut saya yang seperti itu bukanlah lagi penjara melainkan sebuah hotel

    Reply

  27. Penjara memang bisa membuat orang yang bersalah bertobat. Penjara membuat kita mempunyai waktu untuk merefleksikan kesalahan kita. Walaupun fisik kita terkurung tetapi rohani kita masih dapat berkembang

    Reply

  28. semua orang pasti punya salah yang tidak di sadarinya. dan kesalahan tersebut di perbuat sengan sengaja ataupun tidak. demi untuk melanjutkan kebutuhan hidupnya atau hanya kecelakaan kerja yang membuat org tersebut menjadi sebagai tersangka
    tapi bagaimana pun bentuk kesalahan itu. ambil sisi positif dan hikmahnya jangan sampai trulang untuk yang kesekian kalinya lagi. mungkin penjara adalah tempat yg tepat untuk merenugi kesalahan dan kecerobohan yang tlah di lakukan. dengan sendiri di dalam ruangan kita dapat merasakan apa yang tlah kita perbuat

    Reply

  29. Posted by Thalia on January 16, 2014 at 8:06 am

    Menurut saya, manusia tidak berhak untuk mengakhiri hidup seseorang. Namun memang ada beberapa kasus yang mungkin sudah tidak dapat tertolong, Saya mengerti para napi adalah manusia yang sudah melakukan kesalahan berat atau tingan baik disengaja ataupun tidak. Apapun hukumannya saya hanya berharap yang terbaik bagi mereka, bagi yang msh bsa keluar penjara semoga mereka berubah dan bertobat untuk tidak melakukan kejahatan lagi sedangkan bagi yang akan dihukum mati saya berharap Tuhan mengampuni dosa mereka dan menerima semua amal ibadahnya.

    Reply

  30. Posted by Brian Rickyantara on March 24, 2014 at 12:22 pm

    Artikel di atas pasti sangat berkesan bagi orang yang pernah mengalaminya secara langsung. Tetapi menurut saya, manusia yang melakukan kesalahan yang berat dan merugikan orang lain memang pantas dipenjara tetapi tidak pantas untuk menerima hukuman mati. Yang berhak memberikan hukuman mati bukanlah manusia melainkan Tuhan.

    Reply

  31. Posted by Alfred Handoko on March 24, 2014 at 1:46 pm

    artikel ini mengingatkan saya kembali tentang kematian, dan bagaimana cara – cara manusia menghadapi kematiannya, serta tentang pengampunan Tuhan terhadap manusia. Tuhan selalu mengampuni menerima hambaNya yang telah percaya kepada serta menerima Tuhan di dalam hidupnya. Bagaimanapun saya berharap apa yang akan terjadi kepada orang – orang yang ada di penjara itu, merupakan yang terbaik, karena semua itu merupakan rencana Tuhan.

    Reply

  32. Posted by Cindy Purnamasari on March 26, 2014 at 8:42 am

    Ketika mendengar kata ‘penjara’, sebagian besar masyarakat pasti langsung berpikir ke hal yang negatif. Entah itu kumpulan para penjahat, pembunuh, dll.
    Saya setuju dengan salah satu pendapat di atas. “Raga mungkin memang bisa dipenjara, tapi hati tidak.”
    Manusia tidak luput dari kesalahan, entah itu kesalahan yang kecil maupun besar. Bila kita sudah melakukan kesalahan, sadar akan kesalahannya, dan mau benar-benar bertobat, itu adalah hal yang bagus, karena kita dapat menjadi orang yang lebih baik lagi, dan berusaha untuk tidak akan mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua kali.

    Reply

  33. Sungguh Iba terhadap orang-orang yang menghuni sms karena mereka hanya menunggu hari-hari kapan akan dieksekusi.Menurut saya yang dilakukan KKT dan Paroki Cilacap sangat lah mulia karena untuk orang-orang penghuni SMS sudah lah kehilangan makna hidup dan putus asa.oleh karena itu kita harus membantu mereka menemukan jalan tuhan seperti yang dilakukan KKT dan Paroki Cilacap.hal ini untuk mengisi jiwa mereka yang telah kosong dan membuat mereka dekat dengan tuhan lagi sehingga mendapat pengampunan dari tuhan.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: