Kamera

Sungguh suatu berkat luar biasa karena kita memiliki mata. Kita bisa melihat dengan terang dan jelas warna-warni segala sesuatu di sekitar kita. Kita bisa menikmati indahnya dunia. Kita pun bisa melihat kebesaran Tuhan. Kata para ahli Photography, mata merupakan kamera tercanggih yang ada di dunia dan belum ada tandingannya.
Fuji di Jepang pada tahun 1990 mendeklarasikan ambisinya untuk menjadi produsen kamera terbesar di dunia. Itu berarti Fuji ingin bertarung langsung dengan Kodak, Aqfa, Nikon, Cannon dan Olympus. Tetapi, saat memasuki era digital sekarang ini, semua kamera Fuji sudah tertinggal jauh. Film Leica Fuji yang sangat terkenal sudah tidak ada lagi di toko. Kamera Analog sudah jadi hiasan lemari saja. Perkembangan teknologi begitu cepat membuat teknologi fotografi berkembang pesat mengikutinya.
Kamera menjadi bagian dari hidup manusia. Ia pasti menjadi bagian dari kenangan. Ia juga menjadi harta yang tidak ternilai, khususnya bagi perkembangan seni fotografi. Buat orang awam jangan heran kalau ada hasil foto yang dijual jutaan dolar apalagi pemenang Hadiah Pulitzer.
Sahabat saya Darwis T., bersama saya menyelenggarakan Lomba Foto Lingkungan Hidup “Greenviart” tahun 2006 lalu. Banyak tokoh masyarakat yang terlibat seperti : Pak Nugroho dari Kompas, Ibu Martha Tilaar, Pak Arswendo, Pak Thoby Mutis, dan Ibu Erna Wituelar. Selain itu ada Pak Cosmas Batubara, Pak Edwin Gerungan, Pak Jefrey Dompas (Alm), dan Pak Andi (dari Kelapa Gading). Sedangkan para rohaniwan yang berpartisipasi adalah Romo Yance Mangkey MSC, Romo Edo Besembun MSC, Romo Yohanes Subagyo Pr dan Romo Julius Kardinal Darmaatmadja SJ. Sekarang hasil foto masih diabadikan di Kantor Provinsi MSC.
Gerakan ini merupakan bagian dari CSR PT Aditya Aryaprawira dan Kompas. Kegiatan ini menghasilkan foto yang cukup indah. Acara ini merupakan sumbangsih Gereja bagi pemerhati lingkungan hidup dan peran serta Gereja membangun kehidupan yang hijau.
Kamera dalam kehidupan rohani punya nilai tersendiri. ”Kamera” Ilahi setiap saat merekam tindakan kita. Baik atau buruk. Katanya nanti begitu sidang di akhirat akan diputar ulang semua perbuatan kita. Ada pula istilah Kamera Hati. Ia pasti bercerita lain. Jika kita memiliki kamera hati, maka kita akan peka. Khususnya saat kita memotret kehidupan orang-orang yang kurang beruntung, susah dan menderita. Mereka adalah korban bencana alam seperti gempa bumi, banjir dan segala penderitaan.
Rekaman hasil kamera hati membuat Cinta bergejolak. Di sana akan membangkitkan semangat kebersamaan.
Pada pameran World Photo Festival di Philadelphia, Mr. Dr. Sung Man Lee Phd, sahabat baik saya dari Seoul, Korea Selatan membaca desertasinya tentang foto. Beliau mengatakan bahwa kamera yang dipakai pemotret harus sinergi dengan kamera hatinya. Katanya bahwa hasil foto hanya 10 persen, 90 persen sisanya berasal dari kamera hati. Atau boleh saya tambahkan bahwa peran perasaan besar sekali dalam pemotretan.
Coba Anda ambil foto kenangan Anda 20 tahun lalu. Lihatlah foto itu. Yang tertinggal adalah kamera hati yang mengambil momentum berharga tersebut. Karena kameranya sudah tidak diperlukan lagi. Tapi, kamera hati selalu hidup terus bersama kenangan itu. Percayalah Anda akan meneteskan air mata jika melihat foto kenangan Anda. Kamera hati akan life seakan-akan ada bersama Anda pada saat itu.
Kamera menjadi sumber suka cita dan bagian dari kehidupan kita. Walau kamera juga mengabadikan duka cita, tapi semuanya tentu untuk kebahagiaan.
Milikilah kamera hati yang baik dengan lensa super peka. Mari potretlah dan bidiklah momen-momen dengan hati yang penuh welas asih. Tuhan mendengarkan seruanku dan memberiku penglihatan.

12 responses to this post.

  1. kamera adalah sesuatu yang bermanfaat karena dengan adanya kamera kita dapat mengabadikan foto-foto kita untuk kita kenang di masa depan agar semuanya tidak terlupakan meskipun foto tersebut menyedihkan atau menyenangkan jika kita melihat foto-foto lama kita, kita pasti akan merasa lucu atau malah merasa sedih tapi,semua itu membuat perasaan kita lega karena kita masih menyimpan kenangan masa lalu.

    Reply

  2. Posted by Dewi Jayanti on December 14, 2012 at 7:52 am

    Dengan kamera kita dapat mengabadikan moment” kita bersama seseorang yang tidak akan dapat dihapus dan hilang begitu saja Namun dapat dikenang selama lamanya. Dari hasil photo yang kita ambil kita dapat melihat kembali setelah bertahun tahun foto itu kita ambil, Dapat mengenang seseorang yang tiada walaupun tidak bisa melihatnya secara langsung anda bisa melihat photo nya untuk dikenang :’)

    Reply

  3. kamera = menghasilkan sebuah gambar/hasil foto suatu objek tertentu. objek yang difoto bermacam-macam.. ada manusia,hewan,barang, bahkan moment – moment tak terlupakan. ada yang hasilnya baik dan ada juga yang jelek. tapi tak sedikit orang yang akan berfoto ulang ketika hasilnya jelek, begitu pula dengan kehidupan kita.

    Reply

  4. camera itu dapat mengambil suatu objek permanen ,, di mana sebuah fto dapat abadi

    Reply

  5. Kamera memang suatu barang yang luar biasa. Karena itu dapat menangkap foto- foto yang bisa kita jadikan sebagai kenangan di masa depan nanti. Kamera bukan hanya barang saja, bisa saja kamera diibaratkan hati dan mata kita. Kita bisa melihat potret diri kita dan hidup orang lain dan merekamnya dalam memori kita. Itu sangat bermanfaat, karena akan membuat pengalaman baru bagi hidup kita dimana supaya kita tidak mengulangi kesalahan di masa lampau. Jadi, ambillah sebanyak mungkin peristiwa bahagia didalam hidup kita, karena itu akan kita kenang seumur hidup.

    Reply

  6. Kamera merupakan suatu benda yang dimana dapat mengambil gambar yang biasa disebut dengan foto.Kamera bukan hanya barang saja, bisa saja kamera diibaratkan hati dan mata kita. Kita bisa melihat potret diri kita dan hidup orang lain dan merekamnya dalam memori kita. karena itu akan kita kenang seumur hidup. karena dengan kamera semua bisa menjadi kenang-kenangan yang terindah.

    Reply

  7. hhhm, semua orang pasti mempunyai foto. foto yang mengabadikan tentang momen-momen tertentu dan pasti membutuhkan alat yaitu kamera. kamera alat yang sangat berguna, untuk mengabadikan setiap momen yang terjadi di dalam hidup kita.

    Reply

  8. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada orang yang telah menciptakan kamera. Karena berkat dia, saya dapat mengabadikan momen-momen indah dengan orang yang sayangi di masa lalu, kini dan mendatang. Setiap foto-foto yang tercetak itu, saya selalu bisa kembali bernostalgia ke momen-momen indah itu,

    Reply

  9. karena kamera saya dapat membekukan satu moment untuk dilihat dan dikenang yang saya tempatkan di frame berlapis kaca. setiap foto yang berada di frame kaca itu memberikan saya seonggok kenangan.

    Reply

  10. Posted by Raymond Bintang on June 17, 2013 at 11:21 am

    kamera memang menjadi penangkap moment yg tidak terlupakan

    Reply

  11. Posted by Anindea A. on March 24, 2014 at 12:48 pm

    kamera bagaikan sebuah tombol simpan untuk mata dan pikiran yang bertugas menangkap semua kenangan-kenangan lewat memori ingatan.🙂

    Reply

  12. Posted by Artarelia_ 1601283204 on March 26, 2014 at 10:16 am

    Kamera adalah alat yang digemari banyak orang saat ini, ntah bagi pemotret profesional maupun yang tidak. Kamera memiliki peran penting dalam kehidupan kita terutama dalam momen momen yang kita lewati. Dengan kamera kita dapat mengabadikan momen indah bersama orang-orang terdekat kita. Bahkan bagi pemotret profesional kamera adalah hal yang paling penting karena dengan kamera mereka dapat menghasilkan karya yang sempurna dan indah.
    04 PIM

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: