Pencuri

Seperti hal pencuri yang datang di malam hari saat kita tidur atau lengah. Bersiap-siaplah dan berjaga-jagalah (Cerita Yahudi)

ilustrasi-pencuri-di-rumahBeberapa waktu lalu, sehabis makan malam di Hoka-Koka Bento Ciputra Mal, bersama putra-putri dari Panti Asuhan Santo Yusup Sindanglaya-Cipanas yang menginap di rumah saya, kami terperanjat karena pintu pagar maupun rumah terbuka lebar-lebar. Saya langsung berpikir pasti ada maling atau pencuri, dan ternyata benar saja. Sebuah motor Honda Revo milik teman anak saya namanya Iman, sudah amblas disikat pencuri. Kami semua terperanjat dan hanya bisa geleng-geleng kepala. Kenapa sih bisa ada pencuri yang tega hati. Padahal motor milik Iman baru dibeli dengan keringatnya setelah bekerja selama 5 tahun menabung.
Saya tertegun sejenak karena kami semua marah sekali, mengapa pencurinya kok sampai hati? Tetapi, dalam hati saya sungguh merasa diingatkan akan kejadian ini, bahwa pertama kita harus ber-hati-hati, berjaga-jaga dan selalu waspada. Ingat pepatah Jawa dan ungkapan orang Yahudi Sing penting eling lan waspodo. Seperti hal pencuri yang datang di malam hari saat kita tidur atau lengah, maka bersiap-siaplah dan berjaga-jagalah.
Malam ini kami harus lewati dengan rasa kesal, benci, marah dan penuh dendam sama sang pencuri. Di sisi lain, kita juga sadar bahwa penyebab utama kejadian ini dikarenakan kami lalai, kurang hati-hati dan ceroboh, serta tidak siap. Misalnya kami mengasuransikan, mengunci dengan rantai motornya, ya tetapi ada yang mengatakan bahwa itu sudah nasib !
Saya pernah menulis perihal pencuri, terutama yang ada hubungan dengan kehidupan kita bahwasannya kita juga sering menjadi pencuri-pencuri, tanpa kita sadari kita semua adalah pencuri. Coba kita lihat, terutama dengan mata hati kita. Ada suatu cinta kasih yang harus kita berikan kepada orang yang kita cintai, tetapi kita mencurinya. Perhatian dan kasih sayang milik orang yang kita cintai harus kita curi dengan berbagai kesenangan berbahaya. Ada juga tindakan baik untuk orang lain, yang kita curi, dengan tindakan korupsi uang dan waktu. Masih banyak hal yang bukan milik kita, kita ambil dan kita pakai, dan ini juga menjadi suatu pekerjaan pencuri.
Mari kita semua menjaga diri kita, agar terhindar dari pencuri, tetapi juga menjaga diri kita agar tidak menjadi pencuri. Dengan pertolongan Roh Kudus kita harus sadar sepenuhnya bahwa ada korelasi dekat antara cinta dan pencuri. Jika kita tidak memiliki cinta, maka kita adalah pencuri, karena kita akan mencuri cinta orang lain. Lihatlah! Salam dan doaku menyertai sahabat semua.

48 responses to this post.

  1. lewat artikel ini saya mengetahui bahwa mencuri bukan hanya dalam konteks mengambil barang yang bukan milik kita saja, tetapi juga ada mencuri dalam hal-hal lain yang belum saya ketahui. berjaga-jaga dan tetap waspada. karena ada pepatah mengatakan “Sedia payung sebelum hujan”.

    Reply

  2. saya setuju jika kita tidak memilikicinta maka kita ada laj pencuri yg mencuri cinta org lain. tetapi dalam bentuk arti yg berbeda

    Reply

  3. Posted by 04 PHO_Denny Mandira Firdaus_1601269641 on March 22, 2014 at 4:47 pm

    Pencuri
    • Adanya suatu keikhlasan, karena pada dasarnya kita perlu melepaskan diri dari benda-benda duniawi. Karena cepat atau lambat segala sesuatu akan musnah, lalu mengapa harus resah kalau hal itu terjadi sangat cepat.
    • Kecenderungan terlena oleh duniawi itu lah yang membuat kita terlena, membuat lupa pada bahaya yang mengancam. Hanya orang yang ingat kepada Allah dan waspada terhadap duri-duri kehidupan yang setiap saat bisa datang dan menghujam kehidupan.

    Reply

  4. Posted by Handoko / 1601232310 / 04PHJ on March 23, 2014 at 7:28 am

    Yang terpenting dari artikel ini adalah kita harus selalu hati-hati dan waspada. Waspada agar kita tidak kemalingan, ataupun agar kita tidak menjadi pencuri. Dalam konteks apapun, pencuri selalu berkonotasi negatif.

    Reply

  5. Posted by andiani herlina on March 24, 2014 at 9:11 am

    setiap kejahatan yang terjadi karena ada kesempatan dan akar dari segala kejahatan adalah cinta uang,selain itu harus lah selalu menjaga hati dari rasa iri,dengki,dendam dll.dan selalu waspada pada setiap kesempatan yang ada.

    Reply

  6. Posted by Vinny Tan on March 24, 2014 at 9:49 am

    dalam menanggapi sesuatu hal yang terjadi janganlah terlebih dahulu menyalahkan orang lain. karena sebenarnya belum tentu itu kesalahan mereka, tapi bisa jadi kesalahan kita sendiri. dalam blog tersebut terjadi sebuah pencurian, dulu saya pernah enonton berita, dan terdapat kutipan “kejahatan terjadi karena adanya kesempatan”. jadi apa yang terjadi semua karena kelalaian.

    Reply

  7. Posted by Johan Hanli on March 24, 2014 at 10:19 am

    Waspadalah terhadap pencuri dan berjaga-jagalah, dengan barang-barang yang dicuri, kita harus berjaga-jaga karena banyak kasus pencurian yang terjadi karena lalai menutup pintu rumah, ataupun tidak mengunci dengan baik.

    Reply

  8. Posted by kelwin1995 on March 24, 2014 at 12:01 pm

    segala sesuatu yang kita lakukan itu kita harus mengetahui konsekuensi nya.Sebelum terlambat.Seperti pepatah yang mengatakan bahwa Siapkanlah payung sebelum terlambat.Begitu juga dengan kasus tentang pencurian.Kita harus mengunci motor dahulu sebelum jalan ke tempat lain untuk menghindari pencurian.Terkadang,terjadinya segala sesuatu itu bukan tergantung nasib juga.Akana tetapi apakah kita melakukanya dengan benar atau tidak

    Reply

  9. Memang kesialan itu tidak dapat di tebak.. Kita sebagai manusia hanya bisa berjaga-jaga agar jika suatu hari kesialan itu datang kita selalu siap untuk menghadapinya.. Terima kasih artikelnya..

    Reply

  10. sebagai manusia kita harus lebih berhati-hati, karena kejahatan terjadi bukan hanya ada niat dari pelakunya tetapi karena ada kesempatan.

    Reply

  11. Posted by Berta on March 24, 2014 at 2:04 pm

    artikel ini mengibaratkan seorang pencuri. seseorang tidak akan mencuri apabila ia memiliki cinta. karne cinta yang sudah kita dapatkan maka tidak perlu lagi mencuri cinta orang lain.

    Reply

  12. Posted by fariz on March 24, 2014 at 3:42 pm

    amin,, semoga kita tidak termasuk ke dalam ke golongan pencuri. Turut berduka cita atas kehilangannya.

    Reply

  13. Posted by keimmy on March 24, 2014 at 4:19 pm

    Dari artikel ini saya mendapatkan 2 pelajaran. yang pertama yaitu berhatil hatilah karena jika kita siap dan sigap maka pencurian sungguh tidak akan terjadi, Kedua yaitu kita juga sesungguhnya adalah pencuri. kalimat ini sungguh menyadarkan supaya saya tidak menyianyiakan kasih dari orang lain .

    Reply

  14. Posted by Ian Wesley Simanungkalit on March 26, 2014 at 6:27 am

    Disini saya banyak mendapat peringatan, maupun dalam kehidupan, jga roh. kita harus bsa mntelaah apa yang masuk ke dalam. Sehingga kita bisa waspada jika ada yang menghasut dan meracuni kita. kita juga pun jangan sampai menjadi penghasut dan pengracun.

    Reply

  15. Posted by Haryanto Thomas on March 26, 2014 at 6:33 am

    Artikel ini mengajarkan saya untuk lebih waspada dan penuh persiapan atas barang apa yang saya miliki. Pencuri bisa datang kapan saja tanpa kita sadari, akan lebih baik kita berjaga-jaga seperti pepatah sedia payung sebelum hujan. Orang yang dekat dengan kita pun bisa menjadi pencuri jadi alangkah baiknya kita tidak memancing orang untuk menjadi pencuri

    Reply

  16. kita harus ber-hati-hati, berjaga-jaga dan selalu waspada untuk menghindari pencurian yang dilakukan dimalam ataupun disiang hari, karena ada kesempatan pencurian dapat melakukan tindakan kiriminalnya tersebut.

    Reply

  17. Posted by sella wijaya on March 26, 2014 at 8:16 am

    anda berbicara bahwa mengapa pencuri sampai hati untuk mengambil motor teman anda ? saya berpendapat bahwa..mungkinn pencuri itu tidak tw bahwa hsil jerihpayah nya kerja,unutk mendapatkan motor itu.
    itu menjadi pelajaran untuk kita agar tetap waspada dengan keadaan sekarg2 ini..tdak hanya pemcurian ttpi jg hipnotis dan lain2..

    Reply

  18. Posted by merry on March 26, 2014 at 8:26 am

    Kata “pencuri” sering kali kita beranggapan itu adalah orang yang mencuri atau merampok di jalanan, bus, maupun rumah. Dan kita pun juga menyalahkan para pencuri-pencuri tersebut yang tidak memiliki hati. Tapi sebenarnya tidak sepenuhnya salah mereka, seperti ada pepatah ada gula ada semut, jadi yang mengundang para pencuri sebenarnya adalah kita sendiri yang tidak berhati-hati. Jadi kita harus benar-benar hati-hati di dalam segala lingkungan sambil terus berdoa agar Tuhan menjaga kita senantiasa.

    Reply

  19. Posted by merry on March 26, 2014 at 8:28 am

    Kata “pencuri” sering kali kita beranggapan itu adalah orang yang mencuri atau merampok di jalanan, bus, maupun rumah. Padahal kita sendiri tanpa disadari juga sering kali mencuri waktu, misalnya datang terlambat ke kampus dll.Dan kita pun juga menyalahkan para pencuri-pencuri tersebut yang tidak memiliki hati. Tapi sebenarnya tidak sepenuhnya salah mereka, seperti ada pepatah ada gula ada semut, jadi yang mengundang para pencuri sebenarnya adalah kita sendiri yang tidak berhati-hati. Jadi kita harus benar-benar waspada di dalam segala lingkungan sambil terus berdoa agar Tuhan menjaga kita senantiasa.

    Reply

  20. Posted by Chandra Gumelar Aulia on March 26, 2014 at 9:06 am

    Sudah sewajarnya kita menjaga apa yang kita miliki dengan sebaik-baiknya. Anggap saja itu sebagai titipan dari Tuhan. Apabila titipan tersebut diambil oleh Tuhan, mau tidak mau kita harus siap menerima dengan ikhlas. jadi, kita sebagai manusia harus waspada dan siap apapun yang terjadi kepada kita, Percaya bahwa Tuhan mempunyai jalan yang terbaik untuk umatnya.

    Reply

  21. Dalam setiap keadaan, kita seharusnya waspada dan tidak boleh lengah. Kita seharusnya menjaga diri kita agar kita terhindar dari pencuri dan kita juga tetap harus menjaga agar diri kita sendiri tidak menjadi pencuri dalam hal apa pun seperti mencuri materi dan kebahagiaan orang lain. Dengan demikian, semua orang akan hidup dengan damai dan bahagia,

    Reply

  22. Posted by Fenny Susanti on March 26, 2014 at 9:26 am

    “Pencurian” hal ini tidak asing lagi di telinga . banyak berbagai macam kasus pencurian. Pencurian dilakukan mungkin dilandasi oleh beberapa alasan mungkin karena ekonomi atau semacamnya. Kurangnya kesadaran juga menimbulkan tindakan seperti ini. Benar pada artikel bapak diatas , pencurian bukan hanya sekedar berupa barang , banyak mungkin pencurian yang tidak kita sadari dikehidupan ini selain perasaan , yaitu pencurian atas hak-hak seseorang. Dimana disni kita harus memiliki kesadaran yang tinggi terhadap tindakan yang dilakukan. Dan terus berwaspada, toh gk ad salahnya kita waspada terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Sebelum kejadian yang tidak kita inginkan itu terjadi

    Reply

  23. Posted by Juan Petrik Seri on March 26, 2014 at 9:39 am

    pencuri dikaitkan dengan mencuri barang atau hal-hal yang berharga tapi di zaman sekarang mencuri bukan hanya mengambil materi atau hal-hal berharga,contohnya sesorang yang mencuri hak untuk orang lain,seseorang yang mencuri kebahagian orang lain,atau seseorang yang mencuri orang yang kita cintai.Oleh karena itu kita tidak boleh lalai dalam bertindak,berpikir positif serta melakukan hal-hal yang positif dan berpikir dahulu sebelum melakukan sesuatu apa perbuatan kita itu baik untuk kita dan baik juga untuk orang lain atau lingkungan sekitar kita,jadi kita tidak boleh melihat dari satu sisi saja kita harus bisa melihat perbuatan kita berdampak bagamaina bagi orang lain atau lingkungan sekitar kita.

    Reply

  24. Posted by Ajeng Anisahidayah on March 26, 2014 at 11:46 am

    1601284440_Ajeng Anisahidayah

    Pencurian, bukan hal yang lagi aneh di negeri ini. Seperti sebagian manusia di negeri ini tidak memiliki hati nurani dan akal untuk berfikir. Ketika dihadapkan dengan harta benda, maka buta lah hati mereka. Ada baiknya kita juga kerap waspada dan selalu memastikan bahwa harta dan hati kita selalu terjaga.

    Reply

  25. Memang di Indonesia saat ini sedang rawan mengenai aksi-aksi pencurian, karena itu sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam menjaga barang-barang berharga kita. Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya tetapi juga ada kesempatan.

    Reply

  26. Posted by Yoseph Leonardo on March 26, 2014 at 12:04 pm

    kita tidak tahu kapan pencuri akan datang menghampiri kita
    dan merampok semua yang kita miliki. karena itu, berjaga-jagalah selalu.
    itulah yang harus kita lakukan selama kita hidup di bumi ini.

    Reply

  27. Posted by ridho hidayatullah on March 26, 2014 at 1:08 pm

    dari artikel di atas saya dapat menyimpulkan bahwa dalam hidup ini kita harus selalu bersipa-siap dan berjaga-jaga karena pencuri itu ada karena adanya kesempatan dan kecerobohan kita dalam suatu hal.

    Reply

  28. Pencuri sekarang ada dimana-mana. Karena itu, kuncila pintu jika sedang berpergian. Kalau tidak, titip rumah kepada satpam. Jangan sampai cuek atau lengah terhadap rumah sendiri. Jagalah barang-barang rumah kita agar tidak diambil pencuri.Terima Kasih

    Reply

  29. Posted by Twinna on March 26, 2014 at 1:59 pm

    Saya tidak mengerti dan tidak setuju korelasi antara pencuri dengan cinta diatas. Saat saya membaca kalimat terakhir, yaitu ‘Jika kita tidak memiliki cinta, maka kita adalah pencuri, karena kita akan mencuri cinta orang lain.’ Hmm saya pikir, saat kita mencintai seseorang maka kita akan berusaha untuk mencuri hatinya, bukan cintanya. Saya rasa cinta tidak dapat dicuri, karena cinta adalah perasaan yang terus akan tumbuh dan berkembang. Tetapi, saya suka dengan Bapak melihat suatu keadaan yang buruk, melihat dengan mata bijaksana dan menjadikan sebuah pembelajaran.

    Reply

  30. Posted by Okky Andrian on March 26, 2014 at 2:27 pm

    Menurut saya pencuri tidak selalu hal yang buruk. Bagaimana kita menjalani sikap mencuri secara benar maka itu bukanlah hal yang buruk. Contohnya saya seorang pencuri. Tapi disini tidak mencuri barang, tetapi saya mencuri ilmu. Karena kita bisa mencuri ilmu dari orang yang lebih tahu dari pada kita.

    Reply

  31. Posted by Juliastina_04PKF on March 26, 2014 at 2:47 pm

    Menurut saya, semakin hari pencuri-pencuri sekitar semakin banyak, dan semakin berani dalam beraksi walaupun berada pada waktu siang bolong bahkan ketika tetangga-tetangga sekitar sedang beraktivitas. Maka dari melihat kasus kasus pencurian yang semakin banyak, sebaiknya kita semua harus lebih berhati-hati lagi. karena banyak nya hal-hal yang tidak terduga bisa saja membuat kita menyesal nantinya.

    Reply

  32. Posted by rachelia on March 26, 2014 at 2:52 pm

    “spread the love” tebarkan cinta kita, Ya! menurut saya jadilah orang yang mencintai sesamanya, berikanlah rasa cinta dan kasih kita untuk semua orang baik yang bebrbuat baik kepada kita maupun yang berbuat kurang baik.
    dengan memberikan rasa cinta kita kepada yang seharusnya, itu tidak akan mencuri cinta darinya karena kita mencuri cinta orang lain.
    jagalah diri kita dari semua kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi, jangan menjadi pencuri kalau tidak ingin barang miliknya di curi, sama dengan cinta jangan ingin dicinta kalauu tidak ingin mencintai orang lain (memberikan hak orang lain untuk dicinta).

    Reply

  33. Posted by nielsen on March 26, 2014 at 3:42 pm

    Beberapa pencuri rata rata adalah orang yang dalam hidupnya sedang mencapai titik terendah dalam hidupnya. Mungkin ia belum makan, atau keluarga nya ada yang sakit parah hingga sangat butuh uang. Hanya saja mereka tidak menemukan jalan keluar dan memilih cara yang salah yaitu mencuri. Terkadang kita sendiri perlu bercermin akan hidup kita sendiri dan bertanya “pernahkah diri kita sendiri mencuri ?”. mencuri tidaklah harus mengambil sebuah barang yang berharga atau bernilai harganya. Contoh nya seorang laki laki yang menggoda istri orang lain. Dengan kata lain laki laki ini mencoba mengambil istri orang lain tanpa seizin sang suami.

    Reply

  34. Posted by cindy buquenfil on March 26, 2014 at 3:43 pm

    Menurut pendapat saya terkadang tanpa kita sadari kita sudah menjadi pencuri. Mungkin bukan mencuri dalam arti sebenarnya. Seperti kita mencontek kita sudah mencuri milik orang lain. Atau kita dekat dengan orang yang sudah memiliki kekasih. Kita juga sudah mencuri perhatian serta hati orang tersebut. Oleh karena itu kita harus introspeksi diri memeriksa perbuatan kita. Agar kita tidak mengambil apa yang bukan milik kita karena dapat merugikan diri kita sendiri dan orang lain.

    Reply

  35. Posted by a_b on March 26, 2014 at 4:16 pm

    Mencuri adalah bentuk ketidakpuasan dan keiri hatian manusia. dan tepat sekali jika dikatakan semua orang adalah pencuri walaupun tidak sadar. dengan melakukan dosa pun kita sedang mencuri-curi kemurahan Yang Maha Esa. dengan mengerti hati Sang Pencipta kita dapat mengerti tujuan kita, yang tentunya bukan menjadi pencuri-pencuri kecil.

    Reply

  36. Posted by Rengga Aditya Prawira on March 26, 2014 at 4:30 pm

    Kesal memang ketika ada pencuri yang masuk ke dalam rumah kita karena teman saya juga ada yang kemalingan motornya di depan rumah saya sendiri. Tetapi tidak semua pencuri memiliki niat yang jahat, contohnya ada pencuri yang mencuri karena ingin mengobati anaknya yang sakit. Dan itu juga merupakan korelasi antara pencuri dan cinta, dia mencuri karena dia cinta anaknya.

    Reply

  37. Posted by Lisa Catharina Purnomo on March 26, 2014 at 4:44 pm

    Iya, kita harus berhati-hati dengan pencuri. Saya pernah kecurian dia angkot,HP saya diambil tanpa sadar. Saya waktu itu siswa SMP,hanya bisa pulang dengan menangis. Jadi waspadalah setiap saat.

    Lisa Catharina P
    1601248095 / 04PIM

    Reply

  38. Posted by kent on March 27, 2014 at 10:24 am

    jika kita memiliki barang berharga sebaiknya jangan di simpan di rumah. tetapi disimpan dalam safety box( jika benar2 berharga) contohnya surat rumah. jika kita memiliki motor sebaiknya di gembok ganda pada rodanya dan piringan remnya

    Reply

  39. artikel ini menjelaskan tentang bagaimana hidup tidak selalu memberikan kemudahan dan kelancaran. menjelaskan bahwa hidup tidak selalu menjadi aman untuk diri kita. artikel ini menekankan bahwa kehilangan, kejahatan dan kesulitan juga merupakan bagian dalam hidup. oleh karena itu kita harus benar-benar pintar dalam mengendalikan setiap kesulitan itu dengan lebih menjadi pribadi yang berhati-hati dan lebih cermat. menjauhkan diri dari sifat sombong dan takabur

    Reply

  40. Posted by Nico Pratama on March 27, 2014 at 12:04 pm

    Artikel ini sekali lagi membuat saya teringat untuk terus waspada akan sekitar kita dan diri kita sendiri. Pencuri tidak akan mencuri jiga tidak ada godaan atau kita memancing mereka dengan berpenampilan yang berlebihdan membuat pencuri ingin mengambilnya. Jadi tetap waspadalah dan berjaga-jaga serta tidak lupa untuk terus berdoa minta perlindungan-Nya

    Reply

  41. Posted by Desire on March 27, 2014 at 2:16 pm

    Ini mengingatkan kita agar selalu waspada, berhati-hati, dan berjaga-jaga untuk bertindak. Ada kalanya manusia memang lalai, baik yang menyangkut dirinya sendiri maupun orang lain. Pengantisipasian atau pencegahan memang patut dilakukan sekenanya agar kita terhindar dari pencuri, maupun menjadi pencuri itu sendiri.

    Reply

  42. Posted by randy fajra (04PJT) on March 27, 2014 at 3:06 pm

    sebuah masalah kecil yang ada, atau yang sedang terjadi, haruslah dicari solusinya segera mungkin. jika tidak masalah itu lama-lama akan menjadi sebuah masalah besar yang akan menjatuhkan kita nantinya. maka jangan lah pernah membiarkan jika ada masalah yang terjadi, walaupun masalah itu sekecil apapun.

    Reply

  43. Posted by Ega Alvio on March 27, 2014 at 3:30 pm

    Selalu waspada dan siap dalam segala keadaan adalah salah satu sifat yang harus dimiliki oleh setiap orang khususnya yang tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta. Namun di kota ini seharusnya kita sadar bahwa kita semakin terbawa dengan sifat “pencuri” tadi, semakin egois dan tidak peduli dengan orang di sekitar kita, mencuri kasih dari orang yang memberikan kita kasih tersebut dengan tulus. Sekian🙂

    Reply

  44. Posted by Abraham on March 27, 2014 at 3:36 pm

    1601277290_04PJT_Abraham
    Selain menjaga harta benda kita agar terhindar dari pencuri,kita juga harus menjaga diri kita sendiri agar tidak menjadi salah satu seperti mereka(pencuri).Kita tidak boleh lengah akan suatu hal yang kita anggap sepele.Kita harus selalu waspada akan segala hal yang berada di sekita kita.

    Reply

  45. jaga lah diri kita dari sifat mencuri,karena itu perbuatan yang tidak baik

    Reply

  46. Posted by kent on March 27, 2014 at 4:07 pm

    jika kita memiliki barang berharga sebaiknya jangan di simpan  di rumah. tetapi disimpan dalam safety box( jika benar2 berharga) contohnya surat rumah. jika kita memiliki motor sebaiknya di gembok ganda pada
    rodanya dan piringan remnya. Kita harus bisa menjaga apa yang telah kita miliki sekarang dan merawatnya.

    Reply

  47. Posted by Jonathan Putra 04PJT on March 27, 2014 at 4:49 pm

    Kita harus selalu berhati-hati dalam hidup ini, karena tidak semua orang itu mempunyai hati yang baik.Terutama pencuri-pencuri yang dikatakan “tidak punya hati”, menurut saya sendiri sih “mungkin” para pencuri itu memnpunyai alasan sendiri mengapa dia mencuri, tetapi, dia tidak memikirkan jika seandainya pencuri itu berada pada posisi korban. Tidak lupa pula kita harus selalu berdoa kepada Tuhan YME, karena kita tidak tahu hal apa yang akan terjadi nanti.Kita harus berdoa agar tetap aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta tidak lupa pula tetap selalu waspada.

    Reply

  48. Posted by Dannise on March 27, 2014 at 4:49 pm

    Memang perlu kewaspadaan terhadap segala sesuatu bukan hanya soal pencurian, tetapi situasi-situasi yang mendukung kejahatan itu sendiri. Kita harus selalu waspada terhadap segala hal di likungan sekitar kita. Mari kita bersama-sama selalu waspada.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: