Pencuri

Seperti hal pencuri yang datang di malam hari saat kita tidur atau lengah. Bersiap-siaplah dan berjaga-jagalah (Cerita Yahudi)

ilustrasi-pencuri-di-rumahBeberapa waktu lalu, sehabis makan malam di Hoka-Koka Bento Ciputra Mal, bersama putra-putri dari Panti Asuhan Santo Yusup Sindanglaya-Cipanas yang menginap di rumah saya, kami terperanjat karena pintu pagar maupun rumah terbuka lebar-lebar. Saya langsung berpikir pasti ada maling atau pencuri, dan ternyata benar saja. Sebuah motor Honda Revo milik teman anak saya namanya Iman, sudah amblas disikat pencuri. Kami semua terperanjat dan hanya bisa geleng-geleng kepala. Kenapa sih bisa ada pencuri yang tega hati. Padahal motor milik Iman baru dibeli dengan keringatnya setelah bekerja selama 5 tahun menabung.
Saya tertegun sejenak karena kami semua marah sekali, mengapa pencurinya kok sampai hati? Tetapi, dalam hati saya sungguh merasa diingatkan akan kejadian ini, bahwa pertama kita harus ber-hati-hati, berjaga-jaga dan selalu waspada. Ingat pepatah Jawa dan ungkapan orang Yahudi Sing penting eling lan waspodo. Seperti hal pencuri yang datang di malam hari saat kita tidur atau lengah, maka bersiap-siaplah dan berjaga-jagalah.
Malam ini kami harus lewati dengan rasa kesal, benci, marah dan penuh dendam sama sang pencuri. Di sisi lain, kita juga sadar bahwa penyebab utama kejadian ini dikarenakan kami lalai, kurang hati-hati dan ceroboh, serta tidak siap. Misalnya kami mengasuransikan, mengunci dengan rantai motornya, ya tetapi ada yang mengatakan bahwa itu sudah nasib !
Saya pernah menulis perihal pencuri, terutama yang ada hubungan dengan kehidupan kita bahwasannya kita juga sering menjadi pencuri-pencuri, tanpa kita sadari kita semua adalah pencuri. Coba kita lihat, terutama dengan mata hati kita. Ada suatu cinta kasih yang harus kita berikan kepada orang yang kita cintai, tetapi kita mencurinya. Perhatian dan kasih sayang milik orang yang kita cintai harus kita curi dengan berbagai kesenangan berbahaya. Ada juga tindakan baik untuk orang lain, yang kita curi, dengan tindakan korupsi uang dan waktu. Masih banyak hal yang bukan milik kita, kita ambil dan kita pakai, dan ini juga menjadi suatu pekerjaan pencuri.
Mari kita semua menjaga diri kita, agar terhindar dari pencuri, tetapi juga menjaga diri kita agar tidak menjadi pencuri. Dengan pertolongan Roh Kudus kita harus sadar sepenuhnya bahwa ada korelasi dekat antara cinta dan pencuri. Jika kita tidak memiliki cinta, maka kita adalah pencuri, karena kita akan mencuri cinta orang lain. Lihatlah! Salam dan doaku menyertai sahabat semua.

52 responses to this post.

  1. Posted by Jonathan Putra 04PJT on March 27, 2014 at 4:49 pm

    Kita harus selalu berhati-hati dalam hidup ini, karena tidak semua orang itu mempunyai hati yang baik.Terutama pencuri-pencuri yang dikatakan “tidak punya hati”, menurut saya sendiri sih “mungkin” para pencuri itu memnpunyai alasan sendiri mengapa dia mencuri, tetapi, dia tidak memikirkan jika seandainya pencuri itu berada pada posisi korban. Tidak lupa pula kita harus selalu berdoa kepada Tuhan YME, karena kita tidak tahu hal apa yang akan terjadi nanti.Kita harus berdoa agar tetap aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta tidak lupa pula tetap selalu waspada.

    Reply

  2. Posted by Dannise on March 27, 2014 at 4:49 pm

    Memang perlu kewaspadaan terhadap segala sesuatu bukan hanya soal pencurian, tetapi situasi-situasi yang mendukung kejahatan itu sendiri. Kita harus selalu waspada terhadap segala hal di likungan sekitar kita. Mari kita bersama-sama selalu waspada.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: