Panca Indera

Panca indra manusia terbagi atas 5 bagian, yaitu :

1. Mata (Penglihatan)
2. Telinga (Pendengaran)
3. Hidung (Penciuman)
4. Lidah (Perasa)
5. Kulit (Peraba)

Indahnya matahari pagi
Hangatnya sentuhan sinarnya
Bunga-bunga semerbak mewangi
Merdunya suara burung
Manisnya madu
Semilir angin di pipiku
Semua kurasa
Semua kukecap
Demikian baik Tuhan
Sayang kita

(Adharta)

pagePagi-pagi subuh saya siap-siap karena hari ini saya mau shooting pembuatan film dan dokumenter, bukan di studio tetapi di Panti Asuhan Santo Yusup, Sindanglaya, Cipanas, Jawa Barat, di mana crew film, pengarah acara dan sutradara sudah menginap dua hari di sana mempersiapkan skenario dan flash scene. Sebelum berangkat saya menikmati ketupat sayur bersama sahabat di Petojo Enclek. Wah nikmat sekali, pedas dan gurih.

Sungguh bersyukur kita memiliki panca indra. Kita bisa menikmati makanan enak. Kita mendengar music, merasakkan sentuhan angin, melihat pemandangan indah dan juga bisa memadukan segala pemberian Tuhan, tetapi ada syaratnya asal saja hati kita harus penuh suka cita karena kalau tidak maka semuanya akan jadi hambar bahkan justru memedihkan hati kita.

Panti Asuhan Santo Yusup, sedikit beda dengan panti-panti yang lain. Sekarang ada lebih 200 anak yatim piatu yang berada di sana. Di bawah naungan panti mereka menatap masa depan. Saya senang sekali bersama mereka. Di mata mereka kulihat wajah Tuhan, di dada mereka aku melihat Roh Kudus dan di tangan mereka aku melihat karya Tuhan. Hatiku tidak kuat dan tidak berdaya dan tidak bisa menolak, karena panca indra yang kumiliki tidaklah sebanding dengan karya Tuhan yang bisa kurasakan.

Panti Asuhan yang memberikan perlindungan, pendidikan dan kasih sayang yang tidak dimiliki anak-anak yatim memancarkan cahaya yang sungguh indah, meniupkan angin segar dan sejuk, dan santapan rohani yang sungguh nikmat. Saya rasa siapa yang memiliki panca indra bisa merasakannya juga.

Dalam sebuah acara penggalangan dana untuk suatu panti asuhan, disajikan band raba-raba yang seluruh pemain musik dan penyanyi adalah buta dan cacat. Setelah bermain musik beberapa lagu mereka istirahat di meja makan, saya menyapa mereka dan sedikit bercerita. Mereka mengatakan bahwa acaranya bagus dan ruangan penuh! Saya kaget juga bagaimana mereka tahu kalau ruangan penuh, sedangkan mereka buta dan ada yang tuli atau cacat, tetapi jawab ketuanya membuat saya tertegun. Beliau katakan bahwa kami dapat melihat dengan mendengar, mendengar dengan getaran, dan menikmati dengan perasaan. Panca indra hanya bagian tambahan bukan yang utama, karena yang utama adalah perasaan. Walau mata terbuka tapi tidak ada perasaan sama saja buta.
Saya sedikit tersentuh dengan pernyataan mereka. Kiranya pernyataan ini yang memberikan semangat mereka dan mereka berkemampuan. Bagaimana dengan kita yang berpanca indra lengkap, tapi tidak berbuat sesuatu untuk sesama.

Shooting hari ini dengan tema membuka perasaan memberi cahaya. Masa depan anak-anak panti asuhan dimana saja adalah bagian dari masa depan bangsa dan negara kita.Mari kita menjadi bantuan bagi mereka. Tuhan sayang kita. Salam dan doa

28 responses to this post.

  1. Panca indra merupakan satu kesatuan yang saling terkait satu sama lain.. Akan cukup sulit bagi kita yang terlahir normal apabila kehilangan salah satu panca indra kita.. Namun, bagi penyandang cacat “Panca indra hanya bagian tambahan bukan yang utama, karena yang utama adalah perasaan.”.. Ya, perasaan merupakan hal yang utama..

    Reply

  2. Setiap manusia pasti punya panca indera nya masing masing karena panca indera lah yang saling bekerjasama dan mengontol semua hal, yang kita butuhkan dan bisa rasakan serta lakukan sehari hari

    Reply

  3. dengan memiliki panca indra haruslah kita bersyukur kepada sang pencipta karna telah memberikan nikmat yang tiada habisnya.

    Reply

  4. Sistem kerja panca indera dapat bekerja dengan maksimal dengan adanya PERASAAN.

    Reply

  5. memang kita sebagai manusia ciptaanNya harusnya selalu bersyukur diberi kelengkapan panca indera untuk dapat menikmati apa saja yang ada di dunia ini

    Reply

  6. Panca Indera memang suatu hal luar biasa yang diberikan Tuhan untuk kita dapat menikmat karya Tuhan dalam dunia ini. Namun, adanya panca indera yang kita miliki harus selaras dengan adanya perasaan yang kita miliki. Perasaan cinta kasih merupakan hal yang penting yang membuat fungsi panca indera kita lebih sempurna. Kita melihat orang yang tidak mampu melalui panca indera kita, lalu perasaan kita merasa ingin membagi kebahagiaan yang kita miliki kepada mereka karena pada dasarnya kita sama sama umat manusia yang berhak menikmati keindahan yang sama, dari sini kita mulai membuat hidup kita sebagai cerminan dari cinta kita kepada Tuhan.

    Reply

  7. Manusia pasti memiliki panca indera yang ada 5 yaitu mata untuk melihat,hidung sebagai penciuman,telingan untuk mendengar,lidah sebagai perasa,kulit sebagai peraba semua manusia punya itu yang dikaruniakan oleh Allah untuk kita.

    Reply

  8. Panca Indera adalah 5 keistimewaan yang dimiliki oleh setiap manusia yang lahir normal bukan ada cacat fisik ataupun apapun , tetapi biarpun cacat , mereka semua pasti bahagia akan ada nya keistimewaan yang mereka miliki , karena mereka yang kurang memiliki juga memiliki keistimewaan sndiri”

    Reply

  9. Posted by Kennardi Raharjo Nugroho (01PA2) on December 5, 2013 at 11:54 am

    panca indera yang kita miliki adalah sesuatu yang sangat luar biasa dan sesuatu yang tidak ternilai harganya. kita dapat merasakan dan melihat sesuatu bahkan dapat merasakan juga perpaduan dari berbagai macam panca indera yang sedang bekerja.

    Reply

  10. makhluk tuhan paling sempurna adalah manusia,tetapi kadang manusia kurang mensyukuri pemberian tuhan yang sempurna ini.saya sangat terpesona tentang cerita band yang anggotanya terdiri dari orang yang “kurang” tetapi terselip kelebihan yang amat luarbiasa yang diberikan oleh Tuhan

    Reply

  11. Posted by Thalia on December 5, 2013 at 2:01 pm

    perasaan adalah suatu anugrah yang Tuhan berikan untuk kita. jika tidak ada perasaan saya rasa hidup manusia akan sama seperti zombie yang hanya pduli dengan kebutuhannya. dunia tanpa perasaan sama seperti foto hitam putih.. gula yang tak manis..

    Reply

  12. terkadang orang tidak pernah puas dengan panca indra yang telah Tuhan berikan

    Reply

  13. Posted by 01PNO_Fulgensius on December 5, 2013 at 2:40 pm

    Panca indera yang kita miliki memang sepatutnya kita syukuri pada Tuhan, karena dengan panca indera itu kita bisa menikmati semua anugerah Tuhan yang begitu berlimpah… Rasa syukur itu juga dapat kita realisasikan dengan membantu orang-orang yg memiliki keterbatasan fisik…

    Reply

  14. Panca indera sangat berperan penting dalam kehidupan kita. Mulai dari mata, hidung, telinga, kullit, dan lidah. Mereka sangat berperan penting selama kita hidup. Oleh karena itu, jagalah panca indera kita agar dapat berfungsi dengan baik selama kita hidup.

    Reply

  15. beruntung saya memiliki tubuh dan panca indra yang lengkap serta berfungsi dengan baik, maka dengan rasa syukur saya sebagai orang yang beruntung dilahirkan dengan tubuh dan panca indera yang berfungsi sempurna sudah menjadi kewajiban untuk membantu mereka yang mungkin kurang beruntung lewat berbagai cara. Ikut menjadi sukarelawan di kampus saya dan membantu mereka dan ikut terjun langsung mengunjungi panti. Hal-hal kecil bisa berpengaruh besar bagi saya. Diharapkan hal tulus juga disambut secara bahagia.

    Reply

  16. Posted by 01PNO-Andrien on December 5, 2013 at 3:30 pm

    Panca indra hanya bagian tambahan bukan yang utama, karena yang utama adalah perasaan. Walau kita memiliki panca indra yang lengkap namun tanpa perasaan sama saja kita buta.

    Reply

  17. Posted by stella lie gunawan on December 5, 2013 at 3:31 pm

    saya suka kalimat ini panca indra hanya bagian tambahan bukan yang utama, karena yang utama adalah perasaan. saya setuju karena yang paling penting bukan indra atau anggota tubuh. tapi hati dan sikap serta komitmen akan sesuatu itu lebih penting.

    Reply

  18. Sangat menarik Pak, terutama ketika saya membaca bait puisi yang Bapak tuliskan. saluut!

    Reply

  19. Posted by Aristo Leonardo on December 5, 2013 at 4:33 pm

    Jagalah dan Rawatlah pan inderamu dengan baik.

    Reply

  20. Posted by septi on December 5, 2013 at 4:34 pm

    Menurut saya artikel tersebut sangat menarik. Dengan adanya panca indera kita dapat menikmati keadaan sekeliling kita, namun terkadang menurut saya mereka yang memiliki kekurangan kemampuan panca indera justru dapat menikmati lebih daripada kita yang memiliki indera yang lengkap dan utuh

    Reply

  21. Posted by hudson on December 5, 2013 at 4:41 pm

    memang harus lah kita syukuri kelengkapan panca indra kita
    tetapi hendaknya kita menunjukan nya dengan cara mempergunakan nya dengan benar
    bukan menyiayiakan nya
    masih bynk orng yang terlahir cacat dan lebih membutuhkan nya jika anda hanya mau menyia2 kan nya
    lebih baik disumbangkan kepada yang membutuhkan.
    bukan nya begitu?😀

    Reply

  22. Posted by septi indah christina on December 5, 2013 at 5:28 pm

    menurut saya, memiliki panca indera sangatlah penting untuk merasakan segala sesuatu yang ada di sekitar kita. dan panca indera adalah bagian dari ciptaan Tuhan yang harus kita jaga dan kita rawat dengan baik. dan kita harus mensyukuri panca indera yang kita miliki itu sempurna. karena sebagian orang ada yang memiliki kekurangan dalam panca inderanya dan tetap semangat untuk menjalanin hidup yang ada.

    Reply

  23. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 10:52 am

    Dengan panca indera yang kita memiliki, kita dapat merasakan semua yang ada disekitar kita, dan rawatilah dengan baik agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan atau dikata ” cacat “.

    Reply

  24. Dengan tangan Tuhan sendiri, manusia diciptakan berbeda dengan makhluk hidup lainnya. Kita memiliki 3 unsur: roh, jiwa, dan tubuh, sedangkan hewan dan tumbuhan tidak. Kita dilukiskan begitu rupa dengan agenda tertentu. Bersyukurlah jika kita diciptakan dengan panca indera yang lengkap ataupun sebaliknya. Satu hal yang perlu kita yakini: ketika kita menggunakan panca indera kita dengan benar, masa depan cerah bukan sesuatu yang mustahil. Jika terbiasa merokok, saatnya bertekad bulat untuk berhenti daripada hanya membuat kita mati sia-sia.

    Reply

  25. Posted by Defreia on January 16, 2014 at 4:21 pm

    Manusia merupakan makhluk hidup paling sempurna yg diciptakan Tuhan, dan yg membedakan manusia dgn makhluk lain yaitu otak pikiran dan perasaan

    Reply

  26. Posted by Olivia Rusli on January 16, 2014 at 4:24 pm

    Sudah selayaknya kita sebagai orang yang memiliki panca indera yang lengkap untuk bersyukur kepada Tuhan. Saudara-saudara kita yang kurang beruntung dalam hal fisik khususnya indera saja bisa berkarya melalui keahlian band yang mereka miliki. Seharusnya kita bisa melakukan yang lebih baik lagi.

    Reply

  27. Posted by Yosua Setiawan 04PAW on March 24, 2014 at 1:20 pm

    Panca indera memang pemberian Tuhan yang sangat luar biasa. Dengan panca indera kita dapat melihat, mendengar, dan juga merasakan. Dengan panca indera tersebut kita seharusnya bersyukur dan memanfaatkan panca indera tersebut dengan sebaik mungkin.

    Reply

  28. Posted by ridwan wijaya on March 26, 2014 at 9:12 am

    dengan panca indera kita dapat berinteraksi dengan orang lain dengan lebih mudah. ketika kita kehilangan salah satu panca indera seperti penglihatan, pendengaran, dll, maka hal tersebut sangatlah menyulitkan kita dalam kehidupan sehari-hari. maka dari itu bersyukurlah ketika kita masih memiliki panca indera yang lengkap.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: