Selimut

Memberikan kehangatan saat kita tidur dan memberikan kesembuhan saat kita sakit demam (Adh)

Selimut-dan-Karpet1Buat orang yang tinggal di daerah tropis seperti di indonesia, selimut kurang dibutuhkan kecuali yang pakai AC tidurnya, tetapi yang hidup di iklim sub tropis maka selimut sangat penting artinya.
Kedinginan bisa membuat tubuh kita dehidrasi dan terjadi kekejangan serta kehilangan daya tahan tubuh. Selimut juga menjadi bagian dari kehidupan manusia khususnya orang sakit, sehingga sepanjang perawatan di rumah sakit peran selimut dalam kesembuhan pasien cukup besar sekali. Sungguh menarik kita melihat selimut dalam kehidupan kita.

Mitos kuno juga mengatakan bahwa selimut itu ibarat malaikat pelindung kita menjaga kita tidur, sehingga apa bila kita bermimpi dapat selimut atau sedang berselimut itu bertanda kita akan mendapat rejeki besar atau kesembuhan dari sakit.

Suatu malam yang dingin di Korea Selatan, seorang ibu miskin mencoba meindungi anaknya dari serangan dingin karena badai salju dan angin dingin. Akhirnya ibu itu tewas meninggal sambil memeluk anaknya. Setelah badai lewat orang menemukan mereka dan anaknya selamat, tetapi ibunya mati membeku. Kejadian ini dikenang orang Korea sepanjang masa, karena kisah cinta ibu yang menjadi selimut buat anaknya sampai mengorbankan jiwanya sendiri sungguh menjadi suatu inspirasi cinta betapa besar cinta seorang ibu bagi anak-anaknya.

Di rumah, saya juga menyediakan selimut untuk menjaga kami dari kedinginan, cuma kita sering lupa peran selimut itu sendiri kepada kita. Yang terang kita benar-benar dilindungi tentu kita sadar bahwa diri kita juga ada yang melindungi, menyelimuti kita, memberikan kehangatan dalam semangat kerja, memberi nafas kehidupan dan selalu mengingatkan kita saat kita berjalan di kegelapan.

Kita semua sungguh harus bersyukur karena Tuhan memberikan kita semua kebaikan dan menjaga kita lebih dari makhluk yang lain. Kalau kita belajar teori kemungkinan. Dalam segala kalkulasi maka sering kita temui suatu besaran yang memberikan signal kepada kita di mana posisi kita mengambil keputusan, tetapi jika kita berada dalam kepasrahan kita kepada Tuhan maka segala yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin. Bayangkan orang sudah mati harus dihidupkan, secara teori kemungkinannya 0 persen, sehingga tidak bisa kita masukkan dalam teori kemungkinan. Selimut adalah sebagian dari kemungkinan untuk meindungi kita dan kita percaya bahwa Tuhan sendiri yang memberikan selimut kepada kita sehingga kita hidup lebih nyaman.

Sepanjang perjalanan hidup kita sering dipenuhi kekhawatiran, tetapi sering kita rasakan ada sesuatu yang memberikan kehangatan, menjauhkan dan menghindarkan kita dari kekhawatiran, apa itu? Karena saya sendiri merasakannya. Sudah seminggu ini saya mendapat tekanan kekhawatiran operasional perusahaan kami dan keselamatan awak kapal tetapi sungguh nyata Tuhan selalu mendampingi kami. Semua memberikan perlindungan dan menghibur kami. Tuhan memberkati dan melindungi kita, memberi selimut kehangatan hidup kita. Salam dan doa.

22 responses to this post.

  1. Di tempat yang dingin, selimut menjadi barang yang sangat penting untuk melindungi dari udara yang menusuk hingga ke tulang-tulang tetapi di tempat yang panas, selimut “seperti” tidak ada artinya karena tidak bisa membungkus tubuh yang memang sudah kepanasan. Tatapi selain melindungi tubuh dari udara yang dingin, ketika panas pun selimut dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari. Selimut selalu memiliki kegunaan dalam kondisi apapun.

    Sama seperti Tuhan yang terkadang hanya kita ingat ketika kita sedang membutuhkan seperti dalam kondisi depresi, sedih, terpuruk, dan lain-lain. Ketika sedang bahagia, Tuhan “seperti” tidak dibutuhkan. Tuhan akan selalu memberikan berkat yang melimpah ketika kita mengingat Dia ataupun tidak mengingat Dia. Namun ketika bahagia dan kita bisa bersyukur kepadaNya, kebahagiaan yang muncul akan terasa lebih melimpah.

    Reply

  2. Selimut identik dengan kata pelindung.. Selimut yang kita ketahui ialah selimut yang berada di kamar dan biasa kita pakai saat kedinginan.. dari sisi rohani, Selimut adalah Tuhan Allah yang senantiasa melindungi diri kita dari berbagai serangan si ‘Jahat’ melalui malaikat-malaikatNya..

    Reply

  3. Selimut bisa melindungi kita dari rasa dingin dan buat orang orang yang tinggal di daerah bermusim dingin selimut itu merupakan sebuah kebutuhan yang sangat dibutuhkan

    Reply

  4. dengan memakai selimut membuat seseorang tidur dengan nyaman, karena selimut memberikan kelembutan dan rasa nyaman.

    Reply

  5. Tuhan merupakan selimut yang selalu menghangatkan dan melindungi kita,

    Reply

  6. ya seharusnya kita sebagai manusia ciptaanNya harus bersyukur bahwa karenanNya lah kita mendapat perlindungan seperti fungsi selimut yang melindungi kita dari udara dingin

    Reply

  7. Saya sependapat bahwa seharusnya benda-benda di sekitar kita seperti selimut ini menyadarkan kita ada Dzat yang selalu melihat dan mengawasi kita dalam kehidupan kita. Dia tidak hanya mengawasi atau melihat namun Dialah yang selalu menjadi tempat kita berteduh, selimut kita saat kedinginan dan tempat mengadu. Oleh karena itu, kita harus sadar dan bersyukur kepada Tuhan yang selalu melindungi dan menyelimuti kita dari hal-hal yang tidak baik bagi kita.

    Reply

  8. Selimut itu sangat berguna bagi kita bila kita kedinginan dan membutuhkan kehangatan untuk tubuh kita maupun memberi kehangatan saat kita tidur dan memberi kesembuhan saat kita sakit.

    Reply

  9. Ternyata benda yang sering kita letakkan begitu saja seperti selimut bisa memberikan makna mendalam bagi kehidupan. Dalam hidup ini kita memang tidak berjalan sendirian. Tuhan adalah selimut kita. Dia yang melindungi dan menjaga kita dari ‘dingin’nya kehidupan. Sayangnya seringkali kita lupa pada selimut itu dan membiarkannya tergeletak sembarangan.

    Reply

  10. Posted by Kennardi Raharjo Nugroho (01PA2) on December 5, 2013 at 11:02 am

    Selimut memang banyak sekali fungsi dan kegunaannya, namun sebagai manusia, seringkali kita melupakan selimut dan menelantarkannya begitu saja sebagaimana kita sering melupakan Tuhan, padahal Tuhan selalu menjaga dan melindungi kita. Seharusnya kita lebih mengingat Tuhan dan berterimakasih kepadaNya atas perlindunganNya.

    Reply

  11. Posted by Thalia on December 5, 2013 at 1:52 pm

    saya percaya dengan Tuhan sebagai “selimut” pelindung saya. sedikit bercerita saya bukan datang dari keluarga yang penuh kedamaian. masalah ekonomi. perselisihan ayah dengan saudaranya ibu dengan saudaranya dan perselisihan antara ayah dan ibu sendiri. hampir setiap hari selalu ada babak baru dari kisah ini. membuat saya sebagai anak yg masih umuran SMA hampir putus asa. dimana saya belajar dan bekerja keras memnuhi kebutuhan saya untuk makan di rumah jajan dan biaya sekolah. saya merasa beban saya begitu berat. namun selama momen momen berat itu Tuhan tidak pernah lepas tangan. sekalipun saya jatuh saya tidak pernah tergeletak. hingga sekarang saya masih dapat berkuliah dengan baik, walaupun hidup masih tetap penuh perjuangan, saya percaya Tuhan tidak buta, Dia akan tetap membantu dan menjaga selama umatNya tetap percaya, berdoa dan berusaha AMIN

    Reply

  12. Posted by 01PNO_Fulgensius on December 5, 2013 at 2:34 pm

    Ya memang benar sekali… Tuhan akan selalu menjaga dan merawat kita, serta menghindarkan kita dari hal-hal yang sering kita khawatirkan… Hal ini perlu kita ingat juga agar kita tidak perlu terlalu banyak mengkhawatirkan hal-hal yang belum tentu terjadi…

    Reply

  13. Saya sangat setuju dengan artikel Selimut ini. Selimut adalah alat kita untuk melindungi diri dari dinginnya cuaca. Selimut adalah benda yang terkadang terlupakan padahal dia sangat berguna saat cuaca dingin datang. Sama seperti Tuhan yang menjadi selimut dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, janganlah lupakan Tuhan yang sudah menjadi selimut besar kita.

    Reply

  14. Posted by stella lie gunawan on December 5, 2013 at 3:21 pm

    filosofi yang dalam. karena menyambungkan selimut dengan kekhawatiran. karena jika saya takut petir saya akan merlindung di dalam selimut.

    Reply

  15. hal singkat yang saya pikirkan adalah, saya ingin menjadi selimut bagi orang lain. Karena menurut saya selimut adalah sumber kehangatan yang bisa diibaratkan dalam kehidupan kita. Dengan support dan doa sebagai selimut kita yang sederhana bagi orang lain, menjauhkan mereka dari rasa kekhawatiran yang mungkin terkadang manusia berlebihan dalam membayangkannya.

    Reply

  16. Posted by 01PNO-Andrien on December 5, 2013 at 3:27 pm

    Selimut adalah sebagian dari kemungkinan untuk meindungi kita dan kita percaya bahwa Tuhan sendiri yang memberikan selimut kepada kita sehingga kita hidup lebih nyaman.

    Reply

  17. Selain itu, selimut juga dapat memberikan kenyamanan dalam beristirahat Pak..

    Reply

  18. Posted by Septi Indah Christina on December 5, 2013 at 4:46 pm

    Saya sangat mensyukuri dengan keberadaan selimut yang dapat membantu menghangatkan saya ketika saya kedinginan, terutama pada musim hujan akhir-akhir ini.
    Dan menurut saya, penyertaan dan kasih karunia Tuhan juga seperti selimut yang menyelimuti kita dan menjaga kita dalam masalah-masalah kita.

    Reply

  19. Posted by Christine Myrafirmin on January 16, 2014 at 9:13 am

    Tuhan selalu menyelimuti kita dengan kehangatanya. Seperti selimut Ia menghalau kita dari dinginnya dan gelapnya dunia ini.

    Reply

  20. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 10:48 am

    Bersyukurlah karena diselimuti sama tuhan. Yang memberi lindungan dan kenyamanan.

    Reply

  21. Posted by Olivia Rusli on January 16, 2014 at 4:13 pm

    Selimut.. Bagi saya sendiri selimut dapat membuat saya lebih tenang dan entah mengapa merasa lebih aman ketika tidur di malam hari. Selembar kain dapat memberikan efek yang luar biasa. Apalagi Tuhan yang sudah sangat luar biasa yang menjadi selimut pelindung kita, tentunya hidup kita akan lebih aman dalam dekapan-Nya

    Reply

  22. Posted by rachelia on March 26, 2014 at 3:15 pm

    Selimut adalah benda yang sering kita pakai sebagai pelindung saat tidur.. Selimut yang kita ketahui ialah selimut yang berada di kamar dan biasa kita pakai saat kedinginan. Selimut bisa melindungi kita dari rasa dingin dan buat orang orang yang tinggal di daerah bermusim dingin selimut itu merupakan sebuah kebutuhan yang sangat dibutuhkan. kalau dari sisi rohani, Selimut adalah Tuhan Allah yang senantiasa melindungi diri kita dari berbagai serangan si ‘Jahat’ melalui malaikat-malaikatNya..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: