Tanda Tangan

Mewakili diri kita, tanda tangan adalah suatu bukti sah bahwa kita ada dan bersama kita dan menjadi jati diri kita dan tidak bisa diwakili orang lain (Adh)

stock-vector-signature-set-collection-of-fictitious-contract-signatures-business-autograph-illustration-78386158Suatu pagi, saya harus menyediakan waktu untuk menandatangani perjanjian kredit dengan Bank Mandiri di hadapan notaries. Saya hadir mendahului dan perjalanan macet sekali. Syukur semua berjalan dengan lancer. Dalam hati saya pikir alangkah baiknya kalau bisa ada yang didelegasi, ternyata tanda tangan adalah suatu aktivitas yang tidak bisa diwakilkan seperti halnya penandatanganan cheque, giro, wesel, perjanjian kerja sama sampai akta-akta penting seperti perkawinan, warisan dlsb.

Para pakar paranormal mengatakan bahwa nasib, karakter dan perjalanaan hidup bisa dibaca dari tanda tangan seseorang. Ada kisah menarik dengan bapak Dahlan. Saat beliau mau mendirikan KIA-KIA di Kota Surabaya, berjumpalah dengan seorang kakek tukang ramal. Kejadian lucu sekal karena kita diramal melalui tanda tangan. Nasib saya kata tukang ramal bisa jadi pengusaha tapi harus sering jadi pekerja social. Lalu, Pak Dahlan diramal bisa menjadi pengusaha kaki lima, wah ! Asyik juga mendengar peramal menceritakan dan membaca kepribadian melalui tanda tangan. Tanda tangan bisa menunjukkan kepribadian seseorang. Tanda tangan yang berukuran besar dibandingkan tulisannya menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Tulisan tangan atau tanda tangan disebut juga tulisan otak (brain writing). Masalah yang sedang dihadapi seseorang bisa diatasi dengan mengubah tulisan, termasuk tanda tangan. Untuk melakukan perubahan tulisan yang stabil biasa dilakukan selama 30 hari karena pembentukan sel di otak membutuhkan waktu 21 hari. Hal itu akan mempengaruhi neuro-science atau susunan saraf di kanan dan kiri otak seseorang sehingga meningkatkan pola pikirnya.

Beberapa ahli mengatakan bahwa ada benarnya pengaruh psikologis dari tanda tangan, tetapi saya sendiri kurang percaya. Saya lebih yakin bahwa seseorang berani dalam mengekspresikan tulisan tanda tangannya. Dia lebih percaya diri. Di sini mungkin lebih tepat bahwa orang yang memiliki kepercayaan dan percaya diri tinggi dia punya kesempatan menjadi orang yang lebih berhasil. Kembali kepada tanda tangan, saya sepakat kalau keindahan yang terukir di tanda tangan seseorang mencerminkan kepribadian, karena tanda tangan mewakili kita dalam segala hal. Tuhan sendiri sudah menggoreskan tanda tangan-Nya melalui anak-Nya dan bisa kita baca serta kita alami bersama. Tuhan memberkati kita. Semoga tanda tangan kita juga mewakili kepribadian kita yang baik. Salam dan doa.

35 thoughts on “Tanda Tangan

  1. Fitria Mayangsari_1701294045_01PA2

    Tanda Tangan merupakan suatu bukti diri kita sendiri dan dapat mewakilkan jati diri kita sendiri,penting nya tanda tangan dalam kehidupan kita sangat berpengaruh besar.seperti ketika kita melakukan transaksi agar saling percaya maka diperlukannya tanda tangan.Oleh karena itu buat lah tanda tangan se mudah mungkin dan ingat agar tidak mudah di jiplak atau diikuti oleh orang lain.

    Reply
  2. Elsa Tesalonika

    Tanda tangan setiap manusia unik, tidak ada yang sama persis. Sama seperti Tuhan menciptakan manusia, bahkan kembar identik pun tidak mungkin sama persis. Keunikan setiap manusia seperti keunikan tanda tangan, tidak dapat digantikan atau ditiru. Hanya bisa berusaha menjadi serupa tapi tidak akan pernah bisa sama. Oleh karena itu Tuhan menciptakan setiap manusia menjadi unik agar bisa saling melengkapi satu sama lain seperti tanda tangan yang melengkapi sebuah perjanjian. Tanpa tanda tangan, perjanjian tersebut tidak ada artinya.

    Reply
  3. zxcbv

    Tanda tangan memang dapat mewakili diri kita..Karena setiap tanda tangan bersikap Otentik dan sulit ditiru oleh orang lain(Hanya mirip tidak spesifik)..Namun saya kurang setuju apabila sebuah tanda tangan dapat mewakili kepribadian kita.. Menurut saya tanda tangan merupakan guratan ekspresi kita dalam menulis dan dapat dipengaruhi emosi / pikiran.. Seindah2nya sebuah tanda tangan, apabila dibuat oleh pemiliknya dengan stress maka hasilnya akan berbeda..

    Reply
  4. marisverecia

    Tanda tangan biasanya memang bisa membuat orang lain menilai karakter kita secara tidak langsung krn kita sendiri kan yang menentukan bagaimana kita mau menetapkan tanda tangan kita

    Reply
  5. suviecristia

    Sering kita anggap bahwa tanda tangan itu hal yang tidak penting, namun setelah membaca artikel ini saya menjadi sadar bahwa hidup kita juga ditentuka oleh tanda tangan kita.

    Reply
  6. salwamaula

    Tanda tangan mencerminkan kepribadian kita, saya sangat setuju terhadap hal itu karena segala yang kita coretkan di atas kertas bisa berarti kepribadian maupun perasaan kita atau karakter kita, dengan adanya tangan juga berguna untuk menghindari pemalsuan data diri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, tanda tangan merupakan suatu karya kecil oleh kita yang dapat membedakan diri kita dengan orang lain dan menggambarkan karakter kita.

    Reply
  7. timotius yosia

    Tanda tangan itu sebagai suatu syarat bagi kita untuk melakukan suatu perjanjian baik resmi/tidak resmi. tanda tangan adalah suatu bukti sah dan menjadi jati diri kita dan tidak bisa diwakili orang lain.

    Reply
  8. Bernandine Natasha

    Tanda tangan menggambarkan kepribadian mungkin lebih karena tanda tangan itu merepresentasikan keunikan diri kita masing-masing. Tidak ada dua tanda tangan yang identik, sama halnya dengan tidak ada dua sidik jari yang identik dari dua orang yang berbeda. Namun bukan berarti tanda tangan menentukan nasib kita. Justru tanda tangan menunjukkan siapa kita dan apa yang bisa kita lakukan untuk menentukan nasib kita.

    Reply
  9. Kennardi Raharjo Nugroho (01PA2)

    Tanda tangan yang berbeda mencerminkan bahwa kita berbeda satu dengan yang lain, walaupun tanda tangan kita ditiru oleh orang lain, tetap saja tidak bisa sama. Hal ini membuktikan bahwa Tuhan menciptakan kita uniik, berbeda dengan orang lain, bahkan sampai tanda tanganpun tidak ada yang sama. Maka dari itu kita diciptakan memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda-beda.

    Reply
  10. Rony Raharja

    saya sendiri memiliki tanda tangan yang saya anggap sangat simple, sehingga tidak seperti tanda tangan yanag indah. saya pikir tanda tangan bukanlah indikator seorang sukses, karena setiap orang dapat membuat tanda tangan yang indah juga, tergantung orang tersebut mau atau tidak.

    Reply
  11. branov

    tanda tangan salah satu contoh untuk membuktikan kepribadian kita kepada orang lain, tanda tangan memang tidak bisa diwakilkan karena itu mewakili diri kita bkn orang lain.

    Reply
  12. claraalverina19

    Saya setuju dengan pendapat tersebut bahwa tandatangan adalah bukti jati diri kita. Di artikel lainnya membahas tentang jenis guratan didalam tandatangan, jika ttd yang bersifat miring maka orang seperti ini dan lain seterusnya. Tetapi tidak semua hal tersebut benar maka dari itu harus kita pilah-pilah lagi

    Reply
  13. Thalia

    saya setuju dengan pendapat para ahli mengenai tandatangan menunjukkan kepribadian seseorang. tandatangan bisa dikatakan sebagai trademark seseorang. setiap orang membuat tandatangannya sebagus mungkin menurut mereka jadi setiap goresan tanda tangan memiliki artinya tersendiri. karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda maka itu tanda tangan setiap orang akan berbeda. seperti tanda tangan dengan goresan yang tegas mengartikan bahwa si empunya tanda tangan adalah orang yg lugas.

    Reply
  14. rizkiintansakinah

    Saya kurang sependapat dengan artikel diatas, menurut saya sebuah tanda tangan dapat mencerminkan diri orang tersebut. Bagaiman karakternya, dan sebagainya. Tanda Tangan juga adalah sebuah simbol dari diri seseorang. Dan masing-masing orang memiliki simbolnya tersendiri.

    Reply
  15. 01PNO_Fulgensius

    Menarik sekali jika saya bisa membaca kepribadian seseorang hanya dari tanda tangan atau tulisan tangan orang lain… Cabang ilmu yang mempelajari ini adalah grafologi.. Tanda tangan yang mencerminkan kepribadian seseorang ini juga merupakan hal yg luar biasa….

    Reply
  16. Michael Tjahya

    Tanda tangan adalah salah satu kegiatan yang tidak dapat diwakili oleh orang lain. Meskipun ada pemalsuan tanda tangan, namun kemiripannya tidak sama persis dengan pemilik tanda tangan tersebut. Tanda tangan memang sangat unik, karena itu dapat menggambarkan diri seseorang.

    Reply
  17. Margareta Vania (@margaretavania)

    tanda tangan merupakan ciri khas dari seseorang. Saya pun yakin bahwa tanda tangan adalah sebatas bagaimana dia mengekspresikan diri atau bagaimana orang memikirkan tentang hal lain. Seperti saya membuat tanda tangan yang sebisa mungkin orang lain tidak bisa ikuti. Betul bahwa saya berani mengekspresikan sesuatu hal dari tulisan dan salah satunya dari signature atau tanda tangan. Memang saya tidak percaya yang terlalu muluk, saya lebih rasional untuk memikirkan tanda tangan merupakan goresan yang menggambarkan ekspresi kita.

    Reply
  18. Fenny

    Saya setuju bahwa seseorang yang berani mengekspresikan tulisan tanda tangan akan meningkatkan rasa percaya diri. Karena kepercayaan diri di dalam diri seseorang dapat menjadi orang yang berhasil. Dalam tanda tangan itu sendiri mencerminkan bagaimana kepribadiaan kita

    Reply
  19. 01PNO-Andrien

    Tanda tangan saya kecil dan saya memang memiliki rasa percaya diri yang tidak terlalu tinggi. Mungkin ada benarnya karena sayang kurang berani mengeskperisakn tulisan tanda tangan saya.

    Reply
  20. Aristo Leonardo

    Tanda tangan bisa berubah dan diubah kapan saja, sehingga hal ini kurang valid kalo dijadikan tolak ukur gambaran diri seseorang. Akan lebih bijak, jika kita mengenal seseorang lewat interaksi dengan orang tersebut secara loangsung, sehingga tidak terjadi yang namanya miss perception dan justifikasi yang salah.

    Reply
  21. hudson

    tanda tangan memang seperti bagian tubuh yang mencerminkan kita.
    walaupun tidak terhubung secara fisik tetapi setiap orang memiliki 1 untuk setiap diri nya sendiri

    Reply
  22. Septi Indah Christina

    Saya kurang setuju tentang tanda tangan dapat menentukan ataupun digunakan untuk meramal masa depan kita. Setiap orang memiliki tanda tangan yang berbeda, dan tentu saja memiliki masa depan yang berbeda.

    Namun, saya setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa tandatangan menggambarkan pribadi seseorang. Karena menurut saya jika pribadi seseorang itu rapi, maka tanda tangannya pun akan rapi dan indah, tetapi jika pribadi orang tersebut berantakan, maka dapat terlihat tanda tangan yang dimilikinya juga berantakan. Dimana tandatangan seseorang dapat mencerminkan pribadi orang tersebut.

    Reply
  23. Aghel Prabandono

    Apa yang saya tangkap disini adalah tandan tangan merujuk kepada sebagian kecil perilaku kita, karena di artikel diatas tadi dikatakan tandatangan tidak sepenuhnya benar, tergantung orangnya juga.

    Apa yang artikel katakan diatas tadi menjadi renungan dan gambaran buat saya karena ada benarnya mengenai orang yang tanda tangannya kecil atau tidak jelas bisa berupa pemalu, lalu orang yang tanda tangannya besar dan jelas menunjukan percaya diri dll.

    Reply
  24. Daniel Dwidjayanto

    Tanda tangan setiap orang pasti berbeda – beda, tidak ada yang sama dan itu bisa dibilang unik.Tanda tangan juga bisa dibilang mewakili diri kita karena saya setuju dalam pernyataan diatas disebutkan bahwa “seseorang berani dalam mengekspresikan tulisan tanda tangannya”

    Reply
  25. Christine Myrafirmin

    Tanda tangan setiap orang masing-masing unik dan pasti berbeda.Saya tidak percaya bahwa hidup manusia bisa diramal melalui tanda tangan .Yang menjalani hidup kita adalah kita sendiri maka kitalah yang bisa menentukan jalan hidup kita.tanda tangan adalah identitas bahwa orang itu ada.

    Reply
  26. Dicky Rawliet

    Sebuah tanda tangan menunjukkan bahwa kita telah menyetujui persyaratan-persyaratan tertentu dan berani bertanggung jawab atas keputusan yang telah diambil dengan tanda tangan sebagai bukti.

    Reply
  27. Kezia Danielsa

    Tanda tangan memang menjadi ciri khas seseorang. Tuhan memang menciptakan setiap orang unik, termasuk akal budi yang tergambar dalam tulsan tangan kita. Karena kita diciptakan istimewa, kita bisa saling melengkapi kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Begitu halnya dengan tanda tangan yang melengkapi secarik kertas biasa menjadi bernilai tujuannya.

    Reply
  28. donnydennison11

    teman saya ada membaca dan menceritakan kepada saya bahwa orang yang tanda tangannya ribet maka hidupnya juga akan ribet, sedangkan orang yang tanda tanganya simple maka hidupnya juga akan simple. tidak tahu apakah itu benar atau tidak, tetapi kalau dari menurutku tanda tangan itu sengaja dibuat ribet agar susah ditiru orang dan biasanya yang mempunya tanda tangan ribet adalah pengusaha, petinggi, orang penting

    Reply
  29. luqman ardana siswandaru

    Tanda tangan,seni merepresentasikan kehadiran kita dalam secarik kertas.Ada yang bilang tanda tangan memperlihatnya bagaimana orang tersebut,semakin simple polanya,semakin simpel pula tanda tangannya,sebaliknya jika semakin rumit bisa dikatakan bahwan orang tersebut cukup kompleks pemikirannya.Saya mereprenstasikannya dalam bentuk kapal layar,karena dalam pemikiran saya bahwa hidup harus terus berlayar,maupun ada angin atau tidak,ada badai maupun tenang.

    Reply
  30. Ian Wesley Simanungkalit

    Tanda tangan memang mencerminkan suatu sikap atau ciri-ciri seseorang. Akan tetapi saya kurang sependapat jika tanda tangan menentukan nasib bagus atau buruknya seseorang. Karna bagaimanapun kita telah diberikan kelebihan oleh Tuhan sejak lahir. Nah, maka dari itu kita harus mempergunakan kelebihan itu secara benar dan bijak. Dari situlah Nasib itu terpancar.

    Reply
  31. rachelia

    tanda tangan kita dengan ibu,ayah,kakak,adik,teman atau siapapun pasti ada perbedaanya, kalaupun sama itu sangatlah jarang dan kecil peluangnya. Tanda tangan setiap manusia unik, tidak ada yang sama persis. Sama seperti Tuhan menciptakan manusia, bahkan kembar identik pun tidak mungkin sama persis. Keunikan setiap manusia seperti keunikan tanda tangan, tidak dapat digantikan atau ditiru. Hanya bisa berusaha menjadi serupa tapi tidak akan pernah bisa sama. Oleh karena itu Tuhan menciptakan setiap manusia menjadi unik agar bisa saling melengkapi satu sama lain seperti tanda tangan yang melengkapi sebuah perjanjian. Tanpa tanda tangan, perjanjian tersebut tidak ada artinya.

    Reply

Leave a comment