Delegasi

Adalah hal yang memungkinkan untuk mengembangkan diri, bisa dan hanya bisa apabila ada pendelegasian (Adh)

delegasiSetiap maksud dan tujuan kalau bisa dilaksanakan sendiri itu adalah hal yang terbaik, tetapi terdapat keterbatasan kemampuan membuat kita harus bisa mendelgasikan pekerjaan tersebut kepada orang yang mampu. Memang ada istilah the right man in the right place, tetapi tanpa berjalannya pendelegasian maka orang yang benar itu akan jadi tidak benar. Sebaliknya kita yang mendapat pendelegasian justru harus betul-betul mendalami tugas dan tanggung jawab kita dan bisa menghasilkan daya guna dan berkembang sesuai dengan tugas yang diberikan kepada kita.

Sungguh menyedihkan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada kita justru kita sia-siakan bahkan tidak mampu kita kembangkan, dan lebih buruk lagi itu bukan karena ketidakmampuan kita melainkan karena kemalasan dan kebodohan kita, terutama ketidakmampuan kita mengenal apa itu pendelegasian.

Sebuah perusahaan menjadi sehat dan besar hanya karena 3 hal. Pertama, karena memiiki HRD yang handal. Kedua, mempunyai komitmen yang tinggi. Dan ketiga, mampu mendelegasikan. Di sini terlihat bahwa betapa pentingnya unsur pendelegasian, terutama masalah delegasi tanggung jawab. Saya ambil contoh di Gereja Katolik. Seorang Pastor ditugaskan harus memasuki pedalaman hutan belantara. Ada yang harus mengalami penderitaan, tetapi sekian saat kemudian terlihat bagaimana umat diselamatkan oleh kegiatan Pastor tersebut.

Dikantor saya, pendelegasian menjadi kendala utama, karena sulit sekali bisa mendelegasikan suatu tugas. Bukan karena ketidakmampuan penerima delegasi melainkan kesulitan dalam komunikasi. Sering delegasi stuck dan tidak jalan bahkan terjadi rejection atau penolakan. Tentu saja disini terus dipelajari dan dipelajari.

Kita diutus oleh Tuhan sendiri untuk membantu-Nya menyelamatkan dunia dan memberikan tanggung jawab sebagai suatu bentuk pendelegasian. Kita diutus dan diutus, tetapi mengertikah kita arti pendelegasian tersebut? Kita kembalikan ke masing-masing pribadi. Apakah kita sadar kita sedang menerima delegasi, bukan dari siapa-siapa tetapi dari Tuhan sendiri?

Semoga delegasi Tuhan kepada kita membawa sumber kebahagiaan dan keselamatan umat manusia. Tuhan memberkati.

28 responses to this post.

  1. Delegasi tidak diartikan sebagai lempar kerjaan, melainkan pemberian tanggung jawab kepada penerima..Pendelegasian memang penting dalam sebuah kelompok, apalagi perusahaan.. pendelegasian juga harus tepat seperti ungkapan “Right man in a right Place”

    Reply

  2. memang jika kita tidak bersungguh-sungguh untuk mengerjakan sesuatu suatu pekerjaan tidak akan selesai dan komunikasi itu memang sangat dibutuhkan antar manusia

    Reply

  3. Dengan adanya pembagian delegasi dan komunikasi yang baik maka semua hal dapat terlaksana dengan baik.

    Reply

  4. dengan mendapat pendelegasian maka seseorang itu harus benar benar mengerjakan tugas itu dan bertanggung jawab.

    Reply

  5. Manusia itu adalah manhluk sosial yang artinya tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Sama rtinya dengan delegasi yang artinya kita bekerjasama dengan orang lain dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

    Reply

  6. Posted by Kennardi Raharjo Nugroho (01PA2) on December 5, 2013 at 10:31 am

    Delegasi memang menjadi unsur yang penting namun sulit, sulitnya karena kemalasan atau kebodohan kita, bisa juga karena ketidakpahaman kita akan delegasi yang diberikan kepada kita, sebagai manusia, sebaiknya kita mengingat kembali dan merenungkan delegasi yang diberikan Tuhan dalam menjalankan kehidupan kita.

    Reply

  7. Posted by Thalia on December 5, 2013 at 12:41 pm

    saya setuju. diri kita hanya akan bisa berkembang jika kita mau berkembang dan dengan pendelegasian pekerjaan yg tepat. krna jika memang bukan kemampuannya disitu ya mungkin dapat dikerjakan namun hasil tdak akan pernah bsa maksimal

    Reply

  8. Posted by Muh. Akbar Basit / 01PNO / 1701360015 on December 5, 2013 at 12:44 pm

    seperti yang disebutkan di atas bahwa kendala delegasi disebabkan oleh kesulitan dalam komunikasi. Komunikasi memang sebuah kajian yang sangat rumit sehingga komunikasi dibahas lebih lanjut dan mendalam di bangku perkuliahan. Komunikasi yang baik akan menuntun kita ke arah kehidupan yang ideal maka ada baiknya kita sering-sering mengkaji tentang seluk beluk komunikasi itu sendiri.

    Reply

  9. Saya setuju dengan hal tersebut,Delegasi memang seperti dikutip artikel diatas bahwa bukan ajang untuk lempar kerjaan kepada orang lain dan merupakan hal utama didalam sebuah pekerjaan.

    Reply

  10. Saya setuju dengan artikel Delegasi ini. Delegasi memang sangat dibutuhkan dalam suatu pekerjaan. Karena dengan adanya pendelagisan pekerjaan akan berjalan lebih mudah daripada mengerjakan sendiri. Contohnya seperti pembagian tugas dalam kelompok, hingga pembagian tugas dalam pemerintahan untuk mengatur masyarakat. Tapi resiko yang terjadi adalah orang yang tidak tepat dalam pekerjaan tersebut. Oleh karena itu jadilah orang yang tepat jika diberi delegasi dan jika kita yang memberi delegasi kita harus memberinya pada orang yang tepat.

    Reply

  11. Posted by 01PNO_Fulgensius on December 5, 2013 at 1:36 pm

    Saya mendapatkan pengetahuan baru lagi setelah membaca ini.. Menurut saya delegasi merupakan suatu bentuk wewenang dan tanggung jawab yang diberikan untuk melaksanakan suatu tugas.. Dan memang benar, hal ini perlu dimengerti oleh setiap orang sehingga dia mengetahui apa yg menjadi tanggungjawab dan tugasnya…

    Reply

  12. sebagai seorang mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang bercita-cita menjadi seorang diplomat. delegasi memang adalah hal yang sangat penting. ambil contohnya saja dalam kementerian luar negeri. ada diplomat yang menjadi perwakilan di luar negeri, Korea Selatan contohnya. Dan tugas diplomat tersebut adalah menjaga hubungan yang baik antara Indonesia dengan Korsel. salah bicara sedikit saja, maka akan berakibat dengan fatal. itulah mengapa delegasi yang baik, dengan menggunakan hati dan skill, amat dibutuhkan. terima kasih

    Reply

  13. Posted by stella lie gunawan on December 5, 2013 at 2:33 pm

    manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan sebuah hubungan atau delegasi. dan setiap hubungan pasti sangat berharga.🙂

    Reply

  14. Setuju! sebagai delegasi yang baik kita harus berani bertanggung jawab, walaupun rintangan delegasi terkadang berat tetapi kita harus terus mempelajari untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut.

    Reply

  15. Posted by 01PNO-Andrien on December 5, 2013 at 2:56 pm

    Kita harus menyadari bahwa kita menerima delegasi dari Tuhan untuk membantu-Nya menyelamatkan dunia.

    Reply

  16. Posted by septi indah christina on December 5, 2013 at 3:03 pm

    menurut pendapat saya, manusia tidak bisa melakukan delegasi dengan baik adalah karena manusia kurang pengetahuan yang luas sehingga manusia kurang memahami maksud dari delegasi itu sendiri. dan delegasi itu sendiri berhubungan dengan sebuah tanggungjawab kita terhadap sesuatu hal yang diberikan Tuhan kepada kita. maka dari itu manusia juga harus melatih diri dengan lebih bertanggungjawab dan mendalami setiap maksud dari delegasi itu.

    Reply

  17. menurut saya, Jika kita di berikan sebuah tugas oleh pimpinan,dosen, dan guru kita harus melaksanakan tugas itu dengan baik. Karena tugas yang di berikan itu dapat mengembangkan diri kita dan mengajarkan kita untuk bertanggung jawab.

    Reply

  18. Posted by Aghel Prabandono on January 16, 2014 at 6:38 am

    Dalam delegasi, kalau kita ambil positifnya, bisa saja hal ini merupakan suatu ujian yang membuat potensi kita lebih terlihat, berkembang dan terpoles lagi. Dalam arti umum, delegasi adalah “suatu pelimpahan wewenang dan tanggung jawab formal kepada orang lain untuk melaksanakan kegiatan tertentu” diimana jika kita masukkan kepada konteks pekerjaan, bisa saja atasan mendelegasikan suatu pekerjaan atau proyek kepada kita untuk melihat seberapa bagus potensi kita untuk kedepannya dan juga untuk persiapan kedepannya ketika waktu alih jabatan tiba.

    Reply

  19. Adanya delegasi dapat membantu kita mengembangkan diri menjadi yang lebih baik lagi.

    Reply

  20. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 9:46 am

    Tanpa delegasi kita tidak akan tau bahwa orang tersebut cocok dalam bagian mana. Jadi kita dapat pendelegasian tugas dan dapat mengembangkan diri dari tugas yang diberikan.

    Reply

  21. Posted by Octavianus on January 16, 2014 at 10:36 am

    dengan delegasi yang tinggi kita pasti dapat menyelesaikan suatu hal dengan luar biasa

    Reply

  22. memang melakukan delegasi sangat tidak mudah. kita harus mempunyai komitmen yang sangat kuat untuk melakukannya dan saya sangat setuju bila itu memang harus terjadinya komunikasi yang baik. tanpa komunikasi yang baik kita bisa tidak sesuai tujuan dan malah menambah persoalan.

    Reply

  23. FATHUBILLAH 1701360601
    yang paling penting dari semua itu adalah Komunikasi yang baik. karena komunikasi adalah peran utama dan sangat penting dalam menyampaikan suatu pesan

    Reply

  24. Posted by Branov Gerson on January 16, 2014 at 8:56 pm

    semua komunikasi bila dilakukan dengan baik dan benar memang akan lebih memudahkan sesuatu seperti melakukan delegasi. karena komunikasi adalah cara kita untuk berinteraksi dengan yang lain

    Reply

  25. Posted by Aldibaraniz on March 26, 2014 at 3:15 pm

    Terkadang kita sebagai manusia merasa bahwa kita adalah yang paling hebat, dimana kita bisa melakukan hal apapun sendiri. Hal inilah yang seringkali tanpa kita sadari menjadi kelemahan kita. Kelemahan terbesar manusia adalah tidak bisa menyadari dirinya sendiri. Seperti quote dari Lao Tzu, “Knowing others is intelligence; knowing yourself is true wisdom. Mastering others is strength; mastering yourself is true power.” Kekuatan dan kepintaran terhebat di dunia ini dimiliki oleh orang yang bisa mengerti dirinya sendiri. Delegasi bisa dilakukan dengan baik apabila kita telah menyadari diri sendiri. Kita bisa melakukan apa yang menjadi kekuatan kita dan mendelegasikan hal – hal yang menjadi kelemahan kita kepada orang lain. Dengan begitu, pekerjaan akan selesai dengan lebih cepat dan hasil yang lebih baik. Bahkan Tuhan saja mendelegasikan tugasnya kepada kita, sehingga tidak mungkin kita mengerjakan semuanya sendirian🙂

    Reply

  26. Posted by Jimmy on March 26, 2014 at 3:16 pm

    Dalam pendelegasian tugas, sebelumnya kita harus memastikan bahwa tugas tersebut didelegasikan kepada orang yang tepat dan pada kondisi yang tepat. Karena keuntungan dari pendelegasian ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dari orang yang diberikan tugas. Selain itu juga melatih skill komunikasi antara orang yang mendelegasikan tugas dan penerima tugas, bagaimana kita dapat berdiskusi dan menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan tugas yang didelegasikan.

    Reply

  27. berdasarkan artikel diatas dijelaskan bahwa, delegasi merupakan peranan terrpenting dalam menjalan kan suatu pekerjaan atau bahkan rutinitas sehari-hari. artikel diatas juga menjelaskan tentang bagaimana kita sudah membuang semua waktu kesempatan dan peluang yang ada hanya karena sifat malas yang tidak bisa dikendalaikan. dan oleh karena itu lah delegasi didalam suatu pekerjaan yang dilakukan sangat lah diperlukan,

    Reply

  28. Posted by frelina on March 27, 2014 at 4:43 pm

    Pengembangan diri pada seseorang kadang suka diremehkan karena dianggap sepele. Jadi, menurut saya, kita tidak boleh meremehkannya agar kita juga dapat mengembangkan hal hal kecil yg ad di diri kita sendiri . Sebagai manusia kita pasti diberikan cobaan sedikit sedikit oleh tuhan untuk delegasi dalam diri kita sendiri

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: