Museum

Sebuah tempat yang nilainya tidak terhingga
Sebuah tempat yang diabadikan
Sebuah rumah yang memiliki koneksitas waktu
Di sana Cinta bercerita
(Adharta)

Kota-Tua-Old-Town-Jakarta-1Sebuah undangan dari seorang sahabat yang menikahkan putranya di gedung Arsip Nasional atau Museum Arsip di bilangan daerah kota atau China Town di Jakarta. Pesta terbuka dan asri ini sungguh indah. Ia mengambil lokasi museum memang bukan saja tempatnya baik tetapi sebenarnya memiliki makna lebih dalam, yakni keabadian, seperti kutipan puisi di atas memang benar bahwa museum itu tempatnya sangat berharga, diabadikan dan berhubungan dengan waktu. Bayangkan saja ada dokumen yang usianya seribu tahun. Apa yang terbayang di saat itu
Beberapa tahun lalu saya juga terlibat dalam pembangunan gedung pusat Alkitab. Di mana di dalamnya juga terdapat Museum Alkitab. Sebuah tempat yang bagus sekali untuk wisata rohani. Mari mengunjungi Museum Alkitan di Jalan Salemba Raya no. 12 Jakarta pusat.
Seorang sahabat saya, beliau seorang ahli mode, Prof. Dr. Harry Darsono Ph.D, yang memiliki sebuah museum di daerah Jakarata Selatan. Museumnya bagus sekali dan berisi barang-barang mode yang tak ternilai harganya adanya. Ada mahkota bertahta berlian milik Putri Diana, baju para ratu yang bernilai jutaan dollar. Saya sempat mengajak Suster Ludo, PBHK dan Pastor Yance Mangkey, MSC. Bersama beberapa sahabat mengunjungi museum dan beliau sendiri berkesempatan melayani kami dan sekaligus merayakan HUT beliau. Kenangan manis tersebut tentu terukir bersama para sahabat.
Secara etimologis, museum berasal dari kata Yunani, mouseion, yang sebenarnya merujuk kepada nama kuil untuk sembilan Dewi Muses, anak-anak Dewa Zeus, yang melambangkan ilmu dan kesenian. Bangunan lain yang diketahui berhubungan dengan sejarah museum adalah bagian kompleks perpustakaan yang dibangun khusus untuk seni dan sains, terutama filosofi dan riset di Alexandria oleh Ptolemy I Soter pada tahun 280 SM. Museum berkembang seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan manusia semakin membutuhkan bukti-bukti otentik mengenai catatan sejarah kebudayaan. Di Indonesia, museum yang pertama kali dibangun adalah Museum Radya Pustaka. . Selain itu dikenal pula Museum Gajah yang dikenal sebagai yang terlengkap koleksinya di Indonesia. Museum Wayang, Persada Soekarno, Museum Tekstil serta Galeri Nasional Indonesia, yang khusus menyajikan koleksi seni rupa modern Indonesia.
Museum, memiliki 5 sifat yang sangat mulia dan bercita-cita sangat tinggi bahkan memiliki imajinasi tentang masa depan atas dasar peninggalan-peninggalan sejarah.
Pertama, mpasti menjadi institusi nirlaba atau tidak mengedepankan profit atau untung melainkan bertujuan sosial dan untuk kepentingan publik. Kedua, museum menjadi tempat koleksi atau pengumpulan terutama barang-barang prasejarah yang tak ternilai harganya. Ketiga, museum adalah tempat konversi dan resert dan penelitian tentang keberadaan benda-benda tersebut Keempat, museum merupakan tempat studi akademis. Kelima, museum itu adalah tempat untuk mengabadikan benda benda berharga dan menjadi dokumentasi yang sangat berharga.
Di Indonesia, museum diperingati setiap tanggal 18 Mei. Kalau tidak salah hari museum ini juga diperingati di sebagian belahan dunia. Sayangnya di Indonesia museum kurang diminati oleh bangsa kita, sehingga kalau kita mengunjungi beberapa museum rasanya sebentar lagi kita akan kehilangan bangunan berharga. Misalnya kalau kita ke Museum Bahari di Sunda Kelapa, atau kita memasuki beberapa museum di Taman Mini Indonesia Indah, kondisinya sudah sangat menyedihkan. Mengapa? Karena kurangnya perhatian, kurang biaya, dan kurang penghargaan terhadap museum itu sendiri.
Dalam kehidupan kita, museum bisa menjadi pelajaran bagi kita karena kelima makna museum di atas kalau kita perhatikan tidak ada bedanya dengan diri kita sendiri. Diri kita adalah kemah Allah sendiri dan sangat berharga karena penuh dengan barang berharga. Yang paling berharga adalah CINTA di dalamnya.
Semoga kita semua bisa mengerti arti museum diri kita dengan demikian kita akan merawat tubuh kita yang akan kita jadikan museum CINTA Tuhan dan karya keselamatan dunia. Di sanalah tempat mendidik dan koleksi serta riset tentang kehidupan kebersamaan dan persahabatan. Tuhan memberkati. Salam dan doa.

36 responses to this post.

  1. Posted by Hendri on December 5, 2013 at 6:12 am

    Di jakarta terdapat banyak museum, kondisi yang kurang terawat membuat museum-museum itu kurang di minati. Apakah orang -orang jarang mengunjungi museum karena kurang terawat atau banyak orang yang mulai melupakan sejarah?.

    Reply

  2. Museum adalah sebuah tempat yang bisa membuat kita untuk mengenal hal hal yang sudah lewat dan mengetahui tentang kehidupan orang orang di jaman dulu maka jagalah pelestarian museum museum

    Reply

  3. Dengan adanya artikel ini saya pribadi sebagai generas muda yang jarang pergi ke museum yang menganggap museum itu membosankan menjadi sadar bahwa museum ternyata memiliki makna yang sangat penting dalam hidup kita.

    Reply

  4. sungguh sangat sedih apabila melihat masyarakat/ anak muda-nya yang tidak suka berwisata ke musium, sungguh sangat banyak yang dapat kita pelajari disana.

    Reply

  5. ya kita seharusnya merawat dan melindungi museum karena museum punya peranan penting selama ini karena tanpa museum mungkin kita tidak pernah tau bagaiman suatu benda,tempat atau kejadian itu dapat terbentuk

    Reply

  6. “Sebuah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya,” demikian kalimat terkenal dari proklamator kita, Ir. Soekarno. Namun sepertinya bukan hanya pahlawan yang perlu kita hargai, tapi juga sejarah itu sendiri, atau dengan kata lain masa lalu. Kehidupan kita sekarang ini tidak terlepas dari masa lalu, apa yang ada sekarang bisa ada karena tindakan kita di masa lalu. Karena itu penghargaan akan masa lalu, akan apa yang telah terjadi sebelumnya patut dilakukan agar kita bisa bergerak maju.

    Reply

  7. Museum adalah tempat menyimpan barang berharga yaitu barang yang ada sejak dulu disimpan sampai sekarang di museum yang di china town. Museum mempunyai cerita yang sangat berharga dan bermakna untuk diceritakan dan penuh dengan cinta.

    Reply

  8. Posted by Kennardi Raharjo Nugroho (01PA2) on December 5, 2013 at 10:25 am

    Benar seperti kata artikel, tubuh merupakan museum dan seharusnya dijaga dan diperhatikan, maka sudah seharusnya kita menjaga dan merawat tubuh kita.

    Reply

  9. menurut saya museum adalah dokumentasi yang sangat penting dan memiliki imajinasi tentang masa depan atas dasar peninggalan-peninggalan sejarah.

    Reply

  10. Posted by Muh. Akbar Basit / 01PNO / 1701360015 on December 5, 2013 at 12:33 pm

    di Indonesia hanya beberapa museum saja yang selalu diperhatikan dan rata-rata hanya di dalam pulau Jawa saja, museum kami di Sulawesi khususnya Sulawesi Selatan tidak terlalu diperhatikan. Saya ingat ketika masih SD dulu di kampung saya Kota Palopo, kami diperintahkan untuk melakukan jum’at bersih di daerah museum setempat yang menandakan bahwa yang menjaga museum itu sebagian besar masyarakat dan hanya sedikit perhatian dari pemerintah. Dengan dunia yang semakin modern ini kita dengan sombongnya melupakan perjuangan dan derita para pendahulu kita untuk mempersiapkan masa depan kita yang lebih baik, itulah gunanya museum diciptakan agar rasa penghormatan kita terhadap kerja keras itu selalu ada.

    Reply

  11. Setuju. Di indonesia, orang-orang cenderung melupakan sejarah. Orang beranggapan, hal yang sudah terjadi sebaiknya tak perlu dibahas lagi. Namun, menurut saya tanpa sejarah, sekarang tidak akan pernah terjadi. Orang-orang ( termasuk Pelajar) kini lebih suka menghabiskan waktu di mall , dan hanya sedikit kalangan yang mau berkunjung untuk menghabiskan waktu di museum.

    Reply

  12. Saya sangat setuju dengan artikel Museum ini. Museum secara global dikenal sebagai tempat menyimpan barang-barang prasejarah. Secara tidak langsung museum merupakan tempat penting untuk mengetahui sejarah dari masa lalu kita. Sama seperti tubuh kita, tubuh kita adalah bait Allah yang harus kita jaga, apalagi kita adalah ciptaanNya yang segambar dan serupa dengan Dia. Oleh karena itu kita harus menjaga sejarah Dia dengan cara menjaga tubuh kita sebagai tempat museum yang dapat menggambarkan perilaku Dia dimasa lalu. Contohnya kita harus menggambarkan perilaku Dia dengan saling mengasihi,menyayangi,peduli dan lain-lain.

    Reply

  13. Posted by 01PNO_Fulgensius on December 5, 2013 at 1:26 pm

    Begitu dalam sekali arti museum yang dibahas disini… Tetapi saya setuju sekali bahwa kita memang perlu menjaga dan merawat tubuh kita yang merupakan kemah Allah yang sangat berharga dan penuh dengan cinta…

    Reply

  14. Pemerintahan daerah memang harus lebih mempedulikan nasib-nasib museum tua kita yang butuh perhatian dan kasih kita dalam merawat. Hal-hal historis merupakan hal yang mahal karena semua tidak dapat diulang kembali. Maka dari itu layaknya kita sebagai masyarakat bukan hanya no action talk only, tetapi membantu dengan cara sederhana. Misalnya bila berkunjung jangan merusak fasilitas umum di museum, lalu mempromosikan museum dalam social media atau blog, dan buat hal baru bahwa ke MUSEUM JUGA KEREN dibandingkan hanya menghabiskan waktu pergi ke club or wasting time. Pergi ke suatu club dan berbincang bukan berarti buruk tetapi jangan lupa kita merupakan orang Indonesia dan dimana kita selama ini mendiami tanah negeri ini. Sudah sepantasnya kulit yang selama ini melindungi kita dibuang begitu saja, layaknya sejarah Indonesia yang dianggap remeh sedangkan kita bisa merdeka karena mereka-mereka yang telah gugur dan mencetak sejarah abadi.

    Reply

  15. Posted by stella lie gunawan on December 5, 2013 at 2:19 pm

    saya merasa bahwa setiap orang sering melakukan hal ini. melupakan sesuatu hal yang lama demi sesuatu hal yang baru padahal yang lebih berharga dari pada yang baru. contohnya gereja tua sama gereja di mall. banyak orang yang lebih memilih di mall dari pada di gereja tua. ada tujuan terselubung selain beribadah.

    Reply

  16. museum juga dijadikan sarana untuk menambah ilmu, rekreasi pun bisa dilakukan disana

    Reply

  17. Posted by 01PNO-Andrien on December 5, 2013 at 2:52 pm

    Museum merupakan tempat yang memiliki makna yang dalam karena mengandung keabadian didalamnya.

    Reply

  18. Posted by septi indah christina on December 5, 2013 at 2:55 pm

    menurut pendapat saya, museum digambarkan dengan benda-benda peninggalan bersejarah yang dilindungi dan dapat berguna sebagai pengetahuan bagi orang lain. sama halnya dengan tubuh kita yang digambarkan sebagai benda bersejarah itu. justru manusia lebih tidak perhatian dengan tubuhnya yang merupakan benda berharga. tetapi lebih peduli dengan pekerjaannya jauh lebih penting karena tidak ingin jabatannya jatuh.

    Reply

  19. Menurut saya Museum terbaik bukan pada museum terkenal. Melainkan tempat yang bersejarah bagi orang tersebut. Misalnya bagi saya Museum terbaik adalah rumah orang tua saya, ketika saya berada di sana saya seperti mengignat masa kecil saya, kejadian-kejadian, suka duka yang saya alami ketika saya kecil, banyak barang yang mungkin tidak berguna namun saya tidak sanggup membuangnya, karena dalam benda tersebut tersimpan memori ingatan saya.

    Reply

  20. Menurut saya, kita harus memperhatikkan betapa berartinya sebuah museum begitu pula dengan diri kita. Kita harus merawat dan menjaganya agar tidak rusak. Selain itu dalam artikel ini mengajarkan betapa pentingnya seseorang dan tempat museum

    Reply

  21. Posted by hudson on December 5, 2013 at 4:16 pm

    memang kegunaan museum sudah bayank melenceng terutama di indonesia yang malah digunaakan untuk tempat pacaran dll.
    tidak seperti negara lain yang mencintai negara mereka secara peraktek bukan teori.

    Reply

  22. Sangat setuju dengan artikelnya..

    Reply

  23. Posted by 01PNO_Kevin Tanu Wijaya on December 5, 2013 at 4:45 pm

    Dengan merawat museum kita dengan baik berarti kita menghargai semua hal di dunia ini..

    Reply

  24. Menurut saya museum adalah tempat yang harus dilestarikan, karena museum menyimpan banyak nilai-nilai sejarah yang berkaitan dengan bangsa di suatu negara.

    Reply

  25. Posted by Daniel Dwidjayanto on January 16, 2014 at 8:07 am

    Museum merupakan tempat kita bisa melihat – lihat benda dari masa lalu atau catatan sejarah dari kejadian – kejadian masa lalu, contohnya, perang dunia,kemerdekaan RI,dll. Oleh sebab itu kita harus menjaga dan merawat nya dengan baik.

    Reply

  26. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 8:59 am

    Kita dapat mengetahui sejarah-sejarah sebuah negara atau menambah ilmu dari meseum tersebut.Jagalah dengan baik sejarah-sejarah bangsa kita.

    Reply

  27. Posted by Octavianus on January 16, 2014 at 10:34 am

    museumlah tempat kita dapat mengetahui dan menghormati sejarah yang ada,sudah sepatutnya kita rawat dan hargai

    Reply

  28. sejarah Indonesia memang lah sangat kaya. perlu kita menghormatinya dengan mempelajari dan mengenangnya karna tidak ada kehidupan yang sekarang, tidak ada yang seenak sekarang bila tidak ada sejarah dalam kehidupan kita. bagaimana mereka dulu sangat lah kuat tradisi, semangat, dan kaya akan kreatifitas.

    Reply

  29. Posted by sarfina adani/01PNO on January 16, 2014 at 1:48 pm

    seharusnya rakyat indonesia dapat lebih menghargai adanya museum karena sangat bermanfaat bagi anak bangsa. museum adalah tempat dimana budaya diabadikan dan dapat dijadikan objek pembelajaran. harusnya kita merawat museum di indonesia, bukannya justru malah mengabaikan kelestariannya

    Reply

  30. Posted by Olivia Rusli on January 16, 2014 at 4:06 pm

    Berharga tapi sering dilupakan, sama seperti diri kita ._. ._. berharga dan tak ternilai, namun sering terlupakan, bukan terlupakan oleh orang lain melainkan oleh diri kita sendiri. Kadang kita melupakan kesehatan kita, kadang kita juga melupakan talenta dan potensi dalam diri kita. Saya harap kedepannya kita semua bisa menjadi orang yang lebih menghargai diri sendiri dan orang lain. GBU🙂

    Reply

  31. Posted by Defreia on January 16, 2014 at 4:29 pm

    Bangunan penuh sejarah, sebuah negara tdk akan berdiri tanpa adanya sejarah. Sudah seharusnya ada byk gedung museum di tanah air, tetapi sayang sekali hal itu sepertinya kurang diperhatikan oleh pemerintah

    Reply

  32. Posted by sarfina adani/01PNO on January 16, 2014 at 4:55 pm

    museum memiliki fungsi yang sangat banyak untuk kelancaran pendidikan di negeri ini. banyak juga barang2 bersejarah yang disimpan di museum. namun masyarakat kita kurang memberikan apresiasi terhadap museum sehingga museum di indonesia cenderung tidak terawat padahal museum bisa menjadi salah satu sumber pendapatan negara yang besar. mari kita jaga museum di negeri ini

    Reply

  33. Posted by Branov Gerson on January 16, 2014 at 8:54 pm

    hal berharga yang sering dilupakan, museum. padahal banyak sejarah yang sangat berharga yang terdapat disana. tapi karena tangan2 kotor keadaan menjadi buruk banyak coretan yang menodai sejarah

    Reply

  34. Posted by Yosua Setiawan 04PAW on March 24, 2014 at 1:06 pm

    Museum adalah tempat yang sangat berharga bagi sejarah negara kita. Namun tempat tersebut kurang dirawat dengan baik dan itupun membuat nilai dari museum tersebut turun sehingga membuat orang – orang kurang suka mengunjungi museum. Kita harus menjaga dan merawat museum – museum di Indonesia.

    Reply

  35. Posted by Haryanto Thomas on March 26, 2014 at 12:24 pm

    Museum merupakan sebuah tempat yang bernilai kalau menurut saya, karena tempat ini berisi sejarah-sejarah yang saya belum lahir sehingga saya sangat tertarik. Museum ada benda-benda yang kita belum pernah lihat karena hanya ada di zaman itu. dan banyak sejarah yang kita belum tahu.

    Reply

  36. Posted by andy widya perdana on March 26, 2014 at 2:55 pm

    masalah museum paling utama adalah statusnya sebagai tempat simpan benda bersejarah. Hampir semua museum di Indonesia masih pikir museum itu sebagai tempat pamer koleksi, padahal kebanyakan orang jalan-jalan ingin mencari hiburan. Makanya yang dibangun sekitar Jakarta adalah mall karena mall selain fungsinya untuk menjual barang banyak penjual yang membuat hiburan dekat mall agar pengunjung datang. Menurut saya museum juga harus menyediakan hiburan apalagi buat anak-anak yang kebanyakan di jaman sekarang tidak peduli sejarah lagi. Dengan adanya sarana hiburan di dalam museum yang asyik apalagi jika hiburan itu ada kaitannya dengan sejarah, dengan itu museum bisa menarik lebih banyak pengunjung.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: