Kabel

Penunjang komunikasi terutama melalui kabel. Tanpa kabel hampir semuanya tidak bisa berfungsi.

images (7)Dahulu orang menyebut telegram itu cable atau kawat. Kalau sekarang agak aneh dengarnya. Kalau mau kirim berita sebutnya mau kirim kawat, atau mau kirim kabel. Tidak ada alamat surat, tapi alamat kabel atau cable address atau wire address atau alamat tali. Kabel atau cable sangat berguna saat itu. Bukan saja untuk komunikasi, tapi juga untuk elektronik. Sampai sekarang semua peralatan apa saja menggunakan kabel. Walaupun ada peralatan canggih, tapi semua masih menggunakan kabel. Mulai dari jembatan-jembatan raksasa dengan cable suspention, sampai alat-alat electronik kecil semua pakai kabel. Walaupun teknologi nirkabel atau wireless sudah sangat maju, tetap saja kabel masih diperlukan, seperti handphone masih memerlukan charger cable.

Telepon dan telex masih menggunakan kabel darat dan laut, yang dikombinasikan dengan satellite signal, tetapi masih sangat terbatas. Oleh karena itu kombinasi masih sangat diperlukan. Saat Graham Bell menemukan telepon, dalam angan-angannya memang suatu saat akan ada telepon tanpa kabel.

Industri kabel di dunia berkembang pesat. Siang ini kami meninggalkan kota Venezia Italia menuju Munich, Jerman melalui Schonberg, kota teknologi kabel di Austria. Di sini dikembangkan teknologi kombinasi kabel dengan fibre optic, kaca magnetik dan wireless. Negara pengembang hand phone seperti Kanada, Amerika, Finlandia, Austria dan Perancis, Korea, Jepang dan sekarang Cina, karena menganggap bahwa komunikasi adalah sangat penting, dan dimulai dari kabel.

Saya cukup bangga karena waktu seminar dunia tentang kabel 1999 di Shang Hai, Cina, Indonesia juga diundang sebagai negara pengembang teknologi kabel. Sebab Indonesia memang termasuk pemakai kabel terbesar di dunia setelah Cina dan Amerika.

Kita butuh kabel sebagai sarana komunikasi. Dalam komunikasi dengan sesama kita, kabel yang diperlukan adalah persahabatan. Ikatan persahabatan laksana kabel penghubung untuk sebuah komunikasi. Walau kadang kala ada hubungaan pendek atau korsleting, tapi kalau diatur baik maka akan terhindar dari kebakaran. Paling kebakaran jenggot ya. Walau ada kebakaran karena korslet antara sahabat tapi jika diatur dari awal dengan baik, maka persahabatan akan menghasilkan hubungan komomunikasi sangat baik.

Mari semua sahabat, kita jadikan persahabatan kita sebahai kabel komunikasi. Sehingga bisa terjalin dengan baik. Yang terbaik adalah komunikasi iman untuk membangun Kerajaan Allah yang menyelamatkan manusia. Doaku menyertai semua sahabat. Salam dari Austria.

13 responses to this post.

  1. Posted by Hendri on December 5, 2013 at 6:30 am

    Dalam melakukan transfer data, cable lebih unggul dibandingkan dengan wireless seperti bluetooth. waktu yang dibutuhkan untuk transfer menggunakan kabel lebih cepat ketimbang menggunakan bluetooth.

    Reply

  2. Posted by Henricko Randy Setiawan on December 5, 2013 at 7:32 am

    saya setuju dengan artikel diatas. Kabel merupakan hal yang saat ini masih sangat sering digunakan. Tanpa adanya kabel, maka kita akan kesulitan melakukan berbagai aktivitas. Sebagai orang Indonesia, saya juga bangga karena Indonesia terpilih sebagai salah satu negara pengembang teknologi kabel.

    Reply

  3. Kabel dalam elektronika merupakan penghubung suatu device dengan device lain.. Dalam kehidupan sehari-hari kita juga membutuhkan ‘kabel’ berupa komunikasi agar kita dapat terhubung dengan sesama dan menjalin hubungan yang baik, walaupun terkadang terjadi ‘korsleting’.. “Yang terbaik adalah komunikasi iman untuk membangun Kerajaan Allah yang menyelamatkan manusia.(Adh)” adalah kalimat yang sangat bagus..

    Reply

  4. komunikasi memang merupakan hal yang penting karena pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan hubungan sosial layaknya telpon yang membutuhkan kabel

    Reply

  5. kabel adalah alat penghubung yang sangat berpengaruh pada teknologi karena hampir semua alat elektronik menggunakan kabel sencanggih apapun alat itu. dalam hubungan sosial kabel diibaratkan sebagai hubungan persahabatan. walau kadang kabel itu mengalami arus pendek ( permusuhan ).

    Reply

  6. Komunikasi ibarat seperti kabel , memegang peran penting dalam kehidupan jika tidak ada bahasa atau alat komunikasi bayangkan bagaimana manusia saling berkomunikasi satu sama lain . untuk itulah peran vital komunikasi kita harus bisa membuat dan menjaga hubungan kita dengan orang lain agar tetap harmonis dan saling berhubungan satu sama lain … hubungan dengan Tuhan dan hubungan dengan manusia 

    tugas kampus

    Reply

  7. Posted by branov on December 5, 2013 at 1:10 pm

    kabel sebagai jembatan kita berbagi kasih sayang, karena disetiap agama juga menganjurkan kasih sayang ke sesama semoga kita hidup lebih damai

    Reply

  8. Hebatnya kemajuan teknologi, seutas kabel dapat membuat kita terkoneksi ke internet, sebuah kabel dapat menghantarkan informasi-informasi yang begitu banyaknya.
    Semoga kemajuan teknologi selalu membawa dampak positif dan tidak menjerumuskan manusia ke kehidupan yang tidak baik.

    Reply

  9. Posted by Aghel Prabandono on December 5, 2013 at 4:17 pm

    Saya menganggap kabel adalah alat bantu yang paling vital. Seperti kasus gempa yang di Taiwan (saya lupa tahun berapa) yang mengakibatkan seluruh dunia mengalami gangguan internet karena Taiwan adalah pusat berkumpulnya semua kabel internet fiber dari seluruh dunia.

    Jadi bayangkan, apabila kita tidak berkomunikasi dengan seseorang pun misalkan sehari, apa yang anda rasakan, kesepian kah ? itu pasti. Jika diteruskan ? mungkin anda bisa jadi hilang akal sehat. Jadi komunikasi mempunyai fungsi tidak langsung yaitu selalu membuat akal kita menjadi sehat.

    Reply

  10. Posted by Muh. Akbar Basit / 01PNO / 1701360015 on January 16, 2014 at 6:52 am

    kabel adalah penghubung satu alat elektronik ke alat elektronik lainnya, hanya akan bekerja jika keduanya saling dihubungkan denga kabel tersebut. Begitu halnya dengan manusia yang menjadi berguna bila ia berinteraksi dengan sesamanya.

    Reply

  11. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 2:23 pm

    Kabel merupakan inti dari sebuah alat elektronik, jika tidak ada kabel maka alat elektronik tersebut tidak dapet mengantar listrik dengan baik. Jadi sesama manusia harus berkomunikasi dengan baik, maka mereka akan mempunyai pesahabatan yang baik mengerjakan sesuatu.

    Reply

  12. Posted by Marcellus Jeffrey on March 24, 2014 at 4:10 pm

    Kabel adalah pemanjangan fungsi suatu hal atau sebagai penahan agar benda tersebut dapat bertahan.Tanpa pemanjangan tersebut semua akan berdiri sendiri diam ditempatnya tanpa dapat berhubungan dengan lainnya. Seperti persahabatan, tanpa komunikasi maka kita semua akan menjadi individualis, dunia akan sunyi dengan suasana dingin antara satu sama lain, berbicara hanya saat diperlukan. Kita semua tidak mau itu terjadi bukan, maka hubungan harus dijaga satu sama lain, saling pengertian agar dunia ini menjadi lebih ‘ribut’ dan penuh warna.

    Reply

  13. Posted by Reza Satria R on March 27, 2014 at 1:34 pm

    Selamat Malam

    Kabel diibaratkan sebagai suatu media transfer yang memberikan adanya hubungan saling terkait satu sama lain dalam melakukan suatu tindakan. Begitu pula manusia , bertindak seperti kabel , artinya tidak hanya berperan sebagai objek yang melakukan hubungan sosial tetapi manusia juga berperan dalam menciptakan hubungan sosial satu sama lainnya. Menciptakan suatu keadaan dan menciptakan suatu pertengkaran. itulah manusia jika tidak memiliki orientasi yang jelas dan benar dalam hidupnya.

    Kabel juga bisa rusak artinya memberikan dampak negativ dalam suatu hubungan , begitu juga manusia , bisa memberikan dampak negativ bagi lainnya jika tidak mengelola suatu hubungan dengan tepat ,

    So , ayoo kita sebagai manusia menjaga hubungan baik antar sesama agar terciptanya suatu kehidupan dan lingkungan sosial yang sehat dan menyenangkan

    Terima Kasih ^^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: