Tersinggung

Bagaimana bisa menjaga perasaan orang agar tidak tersinggung walau dikritik?

1444308620X310Salah satu perkara yang selalu membuatkan kita menjadi lemah dalam kehidupan adalah timbulnya rasa tersinggung di hati kita. Munculnya perasaan ini sering disebabkan oleh ketidaktahanan kita terhadap sikap orang lain, yang memberikan suatu suasana dimana kita merasa gerah, emosi, benci, dan dendam.Ketika hati kita tersinggung, paling kurang kita akan sibuk membela diri sendiri, dan akan memikirkan kejelekan orang yang membuat kita tersinggung itu, menimbulkan hubungan disharmonis dan mematikan energi positif dalam hubungan persahabatan.
Kondisi yang paling membahayakan dari rasa tersinggung adalah timbulnya penyakit hati seperti rasa merendahkan orang lain dan mengumpat malah mungkin menfitnahnya kembali. Suasana yang biasa ditimbulkan oleh rasa tersinggung adalah kemarahan dan kebencian. Bila kita marah maka kata-kata jadi tidak terkendali. Stress meningkat dan bisa sampai sakit dan masuk rumah sakit tanpa kita tahu apa sakitnya.
Apa yang menyebabkan seseorang itu tersinggung? Tersinggung seseorang itu timbul karena menilai dirinya lebih dari kenyataan. Ia merasa pintar, berjasa, baik, tampan, dan merasa berkuasa atau merasa diri sendiri berada dalam kebenaran.
Setiap kali kita menilai diri lebih dari kenyataan yang sebenarnya dan apabila ada yang menilai kita kurang sedikit saja dari expectation kita, maka kita akan merasa tersinggung.
Peluang untuk rasa tersinggung akan terbuka luas jika kita salah dalam menilai diri sendiri.
Karena itu, ada sesuatu yang harus kita perbaiki, yaitu cara menilai diri.
Teknik pertama agar kita tidak mudah tersinggung adalah tidak menilai secara berlebihan terhadap diri kita sendiri. Misalnya, jangan banyak mengingati bahwa kita telah berjasa, yang paling bisa dan paling mengerti. Ada beberapa cara yang cukup efektif untuk meredam rasa tersinggung dalam hati kita.
Pertama, belajar melupakan hal-hal yang bisa menimbulkan kesombongan kita. Kedua,
kita harus melihat bahwa apapun yang dilakukan orang kepada kita itu akan memberikan manfaat jika dilihat dari sisi positifnya. Apa yang boleh kita lakukan adalah memaksa diri sendiri memahami orang lain dengan sikap terbaik kita. Apa pun perkataan orang lain kepada kita, walaupun sangat menyakitkan hati, tentu itu hanya bisa terjadi karena kehendak Bapa di Surga bukan kemauan manusia. Ketiga,
kita harus bersimpati melihat sesuatu tidak dari sudut pandang kita.
Oleh karena itu, kita harus belajar bersimpati. Jika tidak ingin mudah tersinggung, maka carilah seribu satu alasan untuk boleh dan bisa menyenangkan hati orang lain. Kita menyenangkan hati orang itu termasuk ibadah. Keempat, jadikan penghinaan orang lain kepada kita sebagai ladang peningkatan kemampuan penilaian diri. Jadikan penghinaan dan cercaan orang lain kepada kita sebagai kesempatan untuk mensucikan hati dan jiwa dengan memaafkan orang yang menyakiti dan membalasnya dengan kebaikan.
Karena itu, ketabahan hati kita untuk “tidak tersinggung” menjadi satu keharusan. Semoga Tuhan memberkati.

84 responses to this post.

  1. Janganlah gampang menyinggung orang lain dan juga jangan mudah tersinggung. Berpikirlah secara positif.

    Reply

  2. Posted by cottonbutton on June 21, 2013 at 2:30 pm

    Ada pepatah mengatakan “mulutmu harimaumu” jadi kalau tidak mau tersinggung ya jangan menyinggung. Dan usahakan jangan mudah down bila disinggung orang. Justru singgungan itu harus kita jadikan motivasi untuk lebih baik lagi dikemudian hari

    Reply

  3. Posted by frans 2mak2 on June 21, 2013 at 3:55 pm

    apa yang kita tabur maka akan kita buai…

    apabila ingin kita tidak disingung oleh orang..makanya jgn menyingung orang lain terlebih dahulu…..dan belajar sabar apabila kita disingung…tak perlu membalas..karena tuhan juga tau dan akan membalaskannya untukmu…

    Reply

  4. Posted by Reynold Lukman on June 21, 2013 at 3:59 pm

    ini merupakan hal yg sulit menurut saya namun dapat diusahakan dengan dilakukan pembicaraan yg baik-baik dan diberi penjelasan agar tidak terjadi salah paham yg dapat menyebabkan seseorang tersinggung.

    Thanks

    Reply

  5. 1701293351_Andre Jonathan : saya sendiri merupakan orang yang mudah tersinggung. ketika orang lain menghina saya misalnya dengan mengkata-katai saya dengan perkataan yang tidak pantas, saya seringkali tersinggung. padahal saya tau maksud dari mereka hanya bercanda. tapi saya seringkali menganggap candaan sebagai sesuatu yang serius akibatnya saya menjadi mudah tersinggung. memang rasa untuk marah seringkali muncur ketika kita tersinggung, namun kita harus mengontrol ego kita agar tidak mudah marah dan lebih sabaran karena belum tentu kita yang 100% benar dan tiap pendapat/kritikan orang lain kepada kita tidak boleh kita anggap sebagai suatu singgungan.

    Reply

  6. sebenarnya permasalahan tersinggung itu kembali bagaimana kita berkomunikasi, kalau komunikasinya baik dan lembut juga penuh dengan contoh-contoh, bisa jadi tidak akan ada ketersinggungan. Namun terkadang tersinggung itu menjadi salah satu sifat seseorang yang sulit sekali diubah, dan membuatnya malah dijauhi karena tidak bisa berbaur dan menerima nasehat atau pendapat orang lain.

    anggraini – 01pno – 1701342220

    Reply

  7. Saya setuju dengan mengatakan bahwa lebih baik kita melihat sesuatu kritik dari orang lain sebagai suatu hal untuk introspeksi diri menuju kepada hal yang lebih baik. Daripada tersinggung, itu akan memberikan kita tekanan dan beban pikiran, lebih baik dari kritik tersebut kita ubah perilaku kita yang mungkin tidak sesuai dan sulit diterima oleh orang lain. Walaupun ini susah, namun dengan percaya bahwa diri kita masih banyak kekurangan dan tidak terlalu menyombongkan diri merupakan hal yang saya setujui dapat mencegah perasaan kita untuk tersinggung. Kita harus percaya bahwa orang lain mengatakan hal tersebut kepada kita karena orang tersebut perhatian dan ingin kita menjadi pribadi yang lebih baik.

    Reply

  8. Ketersinggungan secara tidak langsung menggambarkan kesombongan. Kesombongan tidak hanya dinilai dari pamer ini-itu, tetapi reaksi kita terhadap sesuatu yang mengusik kita, Selain yang telah dijelaskan diatas, cara agar kita tidak mudah tersinggung ialah menganggap bahwa kita adalah manusia biasa yang tidak punya apa-apa, semuanya adalah titipan yang harus diusahakan dan dirawat, apa yang dikerjakan karena memang sepatutnya kita kerjakan, dan menetapkan prinsip bahwa kebahagiaan terbesar adalah saat kita melihat orang lain menikmati juga keberhasilan mereka, bukan hanya kita.

    Reply

  9. tersinggung itu susah untuk dihilangkan karena pada dasarnya manusia itu ingin dirinya dianggap selalu benar. jika ada seseorang yang mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan jalan pikir kita, kita akan tersinggung. tapi dengan membaca artikel ini mungkin bisa menghilangkan rasa tersinggung tersebut.

    Reply

  10. Tersinggung merupakan hal yang sering kita alami,karena manusia memiliki hati yang sangat peka. Oleh karena itu menurut saya, sebagai seorang manusia kita perlu belajar untuk lebih berlapang dada dan berpikir positif agar tidak mudah tersinggung.

    Reply

  11. saya setuju dengan pendapat anda di artikel tersebut. memang kita harus bisa menilai diri kita sendiri dulu secara detail dan menerima kenyataan yang ada dari diri kita sendiri. memang benar terkadang kita menilai diri kita lebih baik daripada kenyataan yang ada dan ketika seseorang ‘menampar’ kita dengan menilai diri kita sesuai dengan kenyataannya, kita merasa tersinggung dan terkadang kita enggan menerima kenyataan tersebut. rasa tersinggung bisa menimbulkan masalah, seperti perpecahan persahabatan dan kebencian/dendam. terima kasih

    Reply

  12. mulutmu harimaumu,gunakalah mulutmu untuk berbicara yang baik dan tidak berlebihan karena apabila berlebihan maka orang akan tersinggung.menurut saya agar tidak terjadi tersinggung harus sudut pandang kita bahwa semua kritik orang harus kita anggap positif bukan dianggap merendah rendahkan kita

    Reply

  13. kita harus menjaga tutur kata kita agar tidak menyinggung perasaan orang lain. begitu juga kita harus bisa menerima kritik dari orang lain

    Reply

  14. Tersinggung merupakan hal yang wajar. Jika kita melalukan hal yang salah atau hal yang membuat orang lain itu terganggu dengan apa yang kita lakukan. Dari situ kita harus belajar untuk saling memaafkan,melatih kesabaran kita untuk menjalani persoalan dan intropeksi diri kita

    Reply

  15. mungkin dari diri kita sulit untuk tidak tersinggu, jadi berpikir lah sebelum kita mulai berkata, karena setiap perkataan yang kita keluarkan mungkin dapat membuat orang tersinggung.

    Reply

  16. tersinggung “hanya anak kecilah yang terkena/tersandung krikil kecil dan dia menangis”

    Reply

  17. Posted by Muh. Akbar Basit / 01PNO / 1701360015 on January 16, 2014 at 7:19 am

    kita sebagai orang dewasa harusnya bisa lebih menerima perkataan orang lain, jika kita yang sudah berumur 17 tahun keatas namun masih saja cepat tersinggung berarti anda belum bisa dikatakan dewasa sepenuhnya.

    Reply

  18. Posted by Daniel Dwidjayanto on January 16, 2014 at 9:07 am

    Kita harus menjaga perilaku kita, karena setiap orang pasti memiliki perasaan yang berbeda – beda dan kita tidak mau menyakiti perasaan mereka, apa lagi membuatnya sedih

    Reply

  19. Lebih utamakan lah nurani dari pada emosi , karena jikalau kita mengedapankan emosi pada suatu hal maka akan berujung pada kehancuran , coba berpikir positif dan menganggap baik setiap tanggapan yang masuk pada diri kita agar kita tidak mudah tersinggung.

    Reply

  20. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 2:33 pm

    Berpikirlah sebelum kita mengkritik orang lain agar ia tidak tersinggung, terkadang kata-kata yang dalam kritikan kita bisa membawa perasaannya.

    Reply

  21. memang penyakit hati adalah penyakit yang tidak tampak, tapi pasti pernah menyerang hati manusia. ketika mendapat kritik dari orang lain, berpikirlah “apakah kita sudah memperlakukan orang itu dengan baik” karena apa yang kita dapat dari orang adalah apa yang sudah kita lakukan. jika masih terus mendapat kritikan baiknya adalah bersabar dan tabahkan hati. jadikan lah kritikan orang lain sebagai pacuan untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

    Reply

  22. Posted by Defreia on January 16, 2014 at 4:05 pm

    Mulutmu harimaumu, jadi sebaiknya perhatikan apa yg akan dikatakan sebelum mengeluarkannya. Dan apabila tidak mau disinggung dan mudah tersinggung, sebaiknya jangan menyinggung orang lain, jaga perasaan orang lain karna tidak semua orang dapat menerimanya dgn baik.

    Reply

  23. mengkritik itu boleh tetapi kita juga harus merasakan perasaan orang yang kita kritik, karena ucapan kita yang menurut kita “biasa saja” mungkin menyakiti mereka. Sebaliknya jika kita dikritik, jadika kritikan tersebut untuk mengintrospeksi diri dan memperbaiki diri kita sendiri.

    Reply

  24. Posted by Fikri on March 24, 2014 at 4:08 pm

    Saat kita tersinggung terkadang kita perlu mengingat satu hal bahwa di saat kita tersinggung kita mengizinkan hal itu menyinggung hati kita, ingatlah itu hanya kata-kata, hanyalah sebuah alat, jangan izinkan kata-kata orang lain menyinggung hati kita, kita yang memutuskan apakah kita tersinggung atau tidak, saat kita tak mengizinkan semua itu menjadi tak berarti lagi, jadi apakah anda mengizinkan kata-kata orang lain menyinggung hati kita atau tidak?

    Reply

  25. Posted by Fadil Zayandra on March 26, 2014 at 2:45 pm

    Salah satu hal yang sering membuat energi kita terkuras adalah timbulnya rasa ketersinggungan diri. Munculnya perasaan ini sering disebabkan oleh ketidaktahanan kita terhadap sikap orang lain.

    Belajarlah melupakan. Jika kita seorang sarjana maka lupakanlah kesarjanaan kita. Jika kita seorang direktur lupakanlah jabatan itu. Jika kita ustadz lupakan keustadzan kita.
    Jika kita seorang pimpinan lupakanlah hal itu, dan seterusnya. Anggap semuanya ini amanah agar kita tidak tamak terhadap penghargaan. Kita harus melatih diri untuk merasa sekadar hamba Allah yang tidak memiliki apa-apa kecuali ilmu yang dipercikkan oleh Allah sedikit.
    Jadikan penghinaan orang lain kepada kita sebagai ladang peningkatan kwalitas diri dan kesempatan untuk mengamalkan sifat mulia. Yaitu, memaafkan orang yang menyakiti dan membalasnya dengan kebaikan.

    Reply

  26. Posted by m. ridwan on March 26, 2014 at 4:42 pm

    ketersinggungan memang terkadang tidak enak buat kita, tetapi jika kita jeli memahami singgungan seseorang mungkin kita bisa jadi orang yang lebih baik

    Reply

  27. Posted by maria_04PJT on March 27, 2014 at 11:38 am

    setiap orang pasti memiliki emosi masing-masing. ada yang gampang tersinggung dan tidak.hal- hal yang menyebabkan seseorang bisa tersinggung itu ialah dari kata – kata yang kita lontarkan ke lawan bicara kita. maka dari itu sebaiknya ,sebelum berbicara itu pikirkan terlebih dahulu “apakah kata-kata yang diucapkan menyinggung dia atau tidak”. karena sekali di ucapkan tidak akan bisa di tarik kembali.

    maria_04-PJT_1601233616

    Reply

  28. Posted by Oktavianus Kurniawan on March 27, 2014 at 1:49 pm

    Rasa tersinggung sangat mudah timbul, dari hal-hal kecil saja dapat menyulut api kemarahan. Saling menjaga hati sesama harus di terapkan serta berkata-katalah yang bijak sehingga tidak menyakiti lawan bicara kita. damai adalah sesuatu yang ingin semua orang capai dalam hidupnya, maka dari itu jaga setiap kata-kata yang keluar dari mulut kita agar tidak menyakiti atau menyinggung orang lain di sekitar kita. Tutur katamu adalah cerminan dirimu

    Reply

  29. Posted by Bill Shidin on March 27, 2014 at 2:53 pm

    tersinggung sebenarnya tidak bakal ada ketika kita tidak mengeluarkan perkataan yang menyebabkan perasaan orang lain terluka.akar dari tersinggung ini adalah mulut kita sendiri.maka dari itu sebaiknya kita dapat mengontrol apa yang harus dan tidak harus kita ucapkan sehingga persinggungan tidak mudah terjadi.

    Reply

  30. Posted by Rendy on March 27, 2014 at 3:20 pm

    memang tersinggung sangat mengesalkan tapi kita harus berpikir positif karena orang yang menyinggung kita pasti tidak lebih baik dari kita bahkan dia lebih buruk dari kita. Dan kita harusnya bisa menerima dengan kesabaran karena dengan adanya singgungan sendiri kita belajar menerima kesalahan kita .

    Reply

  31. Posted by sumajouw joan on March 27, 2014 at 3:20 pm

    memang tersinggung adalah penyakit hati yang hampir dialami oleh setiap manusia. Tinggal bagaimana kita sebagai seorang manusia untuk belajar mendengarkan apa yang dikritik oleh orang lain sebagai suatu pelajaran bagi kita.

    Reply

  32. Posted by Abraham on March 27, 2014 at 3:30 pm

    1601277290_04PJT_Abraham
    Jika kita tidak mau di singgung oleh orang lain,maka jangan mulai untuk menyinggung perasaan orang lain.Jika ingin merubah kebiasaan mudah tersinggung adalah yang paling penting adalah dengan menilai diri sendiri dan merubah cara pandang kita terhadap cara berkomunikasi orang lain.Dan jika ada orang lain yang secara tidak sengaja/sengaja menyinggung kita ,kita harus belajar untuk memaafkannya dan tidak mengungkit2nya/ mengingat2 terus akan kesalahan dari orang tersebut.

    Reply

  33. Posted by Andi Reva Refiana on March 27, 2014 at 4:12 pm

    Saya sendiri adalah orang yang mudah tersinggung. Maka dari itu saya berusaha untuk menjaga omongan saya terhadap orang lain sehingga orang tersebut tidak tersinggung dan menyakiti hatinya. Karena jika kita mempunyai tutur kata yang baik orang tersebut berusaha tidak menjelekkan kita.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: