Plastik

Plastik memang sangat berguna, tapi sampahnya mematikan masa depan umat manusia (Emil Salim)

plastic-thrash-bottles-www.monoscope.com_Dalam sebuah seminar tentang lingkungan hidup, yang diselenggarakan oleh beberapa LSM dan Kementerian Lingkungan Hidup. Waktu itu Pak Menterinya adalah Bapak Sony Keraf. Beliau adalah sahabat karib saya. Saya hadir sebagai pengamat saja. Karena sedikit pengetahuan tentang Enviromental Engineering, maka Pak Sony Keraf juga hadir sebagai pengamat. Kita jadi lebih banyak ngobrol (Pak Sony Keraf juga pendukung Bible Centre dan ATT). Pembicaraan panjang lebar tetapi saya sangat tertarik ketika sampai pada topik plastic. Walau sudah agak mengantuk, tapi topik ini menarik untuk didengar !

Sampah plastik
Setiap tahun masyarakat Indonesia dilaporkan memakai 100 miliar kantong plastik.
Kebiasaan masyarakat Indonesia memakai kantong plastik yang didapat secara gratis sudah sangat mengkhawatirkan. Berdasarkan perhitungan tersebut, setiap orang di Indonesia menggunakan sekitar 700 tas plastik per tahun atau kira-kira dua kantong plastik dalam sehari.
Ironisnya, banyak dari sampah kantong plastik tersebut tidak sampai ke tempat pembuangan sampah dan hanya sedikit yang akhirnya dapat didaur ulang.

Dampak sampah plastik
Berikut adalah dampak sampah plastik terhadap lingkungan. Racun dari partikel plastik ketika masuk ke dalam tanah akan membunuh hewan-hewan pengurai seperti cacing
PCB (Polychlorinated Biphenyl). Plastik tidak dapat terurai meskipun termakan oleh binatang dan akan menjadi pembunuh berantai sesuai urutan rantai makanan. Kantong plastik dapat menganggu jalur air yang teresap ke dalam tanah. Kantong plastik dapat menganggu kesuburan tanah karena dapat menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah. Hewan-hewan laut seperti lumba-lumba, penyu laut dan anjing laut menganggap plastik tersebut makanan dan akhirnya mati karena tidak dapat mencernanya.
Ketika hewan mati, kantong plastik yang berada di dalam tubuhnya tidak dapat hancur dan akan meracuni hewan lain. Pembuangan sampah plastik sembarangan di sungai akan mengakibatkan pendangkalan sungai dan penyumbatan aliran sungai yang menyebabkan banjir. Dan ini dapat merusak lingkungan secara berantai dan akhirnya manusia akan menjadi korban.
Di atas adalah sedikit uraian tentang sampah plastik (happy bag trash). Saya mendengarkan dengan serius karena terus terang saya sangat awam masalah sampah. Kita punya Romo Andang, SJ. Beliau pakar Lingkungan hidup ( senang kalau Romo bisa ikut meramaikan pembicaraan soal Lingkungan terutama sampah). Pak Sony Keraf juga bisa jadi narasumber kalau ada pemrakarsa seminar lingkungan hidup.
Saya melihat bahwa memang perlu kita memperhatikan masa depan kita. Kita kurangi penggunaan kantong plastic. Atau sampahnya agar dipisah. Kalau tidak dimulai dari kita siapa lagi yang mau, nanti anak-cucu kita menderita akibat ulah kita.
Lingkungan hidup adalah bagian dari Liturgi. Ia sebagai sumber dan puncak kehidupan (fons et culmen) sebagai tanggung jawab gereja terhadap lingkungan. Bagaimana liturgi memandang penyelamatan manusia juga penyelamatan lingkungannya, sehingga perlu untuk memasukkan faktor penyelamatan lingkungan dalam liturgi gereja.
Tetapi kesadaran kita akan lingkungan sangat rendah sekali, terutama masalah sampah plastik. Saya cuma bisa menarik suatu kesimpulan bahwa memang dampak sampah plastik sangat merugikan bagi kehidupan umat manusia. Tinggal bagaimana sekarang kita menyikapi kenyataan yang ada ini. Kehidupan rohani kita juga banyak melihat bahwa banyak sekali hal-hal yang berguna, baik buat kehidupan kita, tetapi berbahaya dampaknya di kemudian harinya. Sama halnya plastic. Plastik “berguna buat saat kini tapi berbahaya buat masa depan”. Kita tahu bahwa makan dan minuman semua menyehatkan kita, tapi banyak yang akan merugikan kita kelak, termasuk alkohol, rokok dan MSG.
Semoga kita bisa ikut berpartisipasi memikirkan nuansa masa depan terhadap lingkungan hidup bagi masa depan anak-cucu kita. Safe the earth! Apakah kelak bumi akan jadi tong sampah terbesar di tata surya kita, lalu manusianya terbuang di angkasa (after earth)? Walahualam. Tuhan memberkati. Salam dan doa.

74 responses to this post.

  1. ridho pratama 02PNT 1601266066

    sebaiknya kita sendiri yang harus sadar akan bahaya limbah plastik. memang seharusnya diterapkan pemisah antara tempat sampah organik dan non organik. agar sampah-sampah mudah di dahur ulang.

    Reply

  2. Posted by BRYAN PATTY on June 19, 2013 at 12:45 am

    Berbicara sampah ini adalah masalah besar yang dihadapi oleh masyarakat di dunia terutama untuk masyarakat DKI Jakarta. Sampah membuat semua orang menderita, dari sampah bisa terjadi banjir, dari sampah bisa terjadi polusi udara, dari sampah bisa terjadi penyakit-penyakit yang menjangkit masyarakat. Untuk itu, sebagai masyarakat DKI Jakarta haruslah sadar dan peka akan keberadaan sampah di lingkungan sekitar kita. Buanglah sampah pada tempatnya dan meminimalkan penggunaan plastik sehingga jumlah kuantitas sampah menurun. Semuanya dimulai dari kita masing-masing dan akan diteruskan selanjutnya. Dari kita, untuk kita, dan oleh kita juga🙂 Save Earth now!

    Reply

  3. Posted by depri christian on June 19, 2013 at 1:21 pm

    kita harus membiasakan mendisiplinkan diri sendiri untuk belajar membuang sampah pada tempatny jadi lingkunganpun menjadi bersih dan hidup kita akan jauh lebih sehat dari bahaya dampak limbah plastik .

    Reply

  4. Posted by andre 04PHJ on June 20, 2013 at 7:51 am

    sampah plastik memanglah sangat berbahaya. Oleh karena itu mulailah kesadaran dari dalam diri kita sendiri dulu untuk mengurangi penggunaan plastik. Dengan menggunakan bahan yang tidak berbahaya demi lingkungan.

    Reply

  5. Posted by Andi Muhammad Fauzi/ 02PNM/ 1601266702 on June 20, 2013 at 10:03 am

    sampah plastik tidak jarang kita jumpai. apalagi produksi sampah pllastik yg ikut meningkat di lingkungan akibat kurangnya kesadaran dari masyarakat, membuat kita semakin sering melihat dan kenal dengan si sampah plastik ini. padahal sudah bukan rahasia lagi bahwa sampah plastik sulit untuk diuraikan di tanah selama proses penguburan sampah. kesadaran masyarakat atas sampah plastik sangat kurang, walau sudah diwanti-wanti agar menggunakan tempat makan atau tempat minum sendiri dari rumah saat membeli makanan atau minuman diluar.

    Reply

  6. Posted by yugi on June 21, 2013 at 11:27 am

    Walapun plastik susah di daur ulang , namun kita haruss menyadari , bhwa plastik itu sangat berguna , dn blom dpat dgntikan dngn apapun , krna plastik itu slain mudah ddpt , murh , dn sngtt efesien untuk penggunaanya , jdi mnrt sya skrg bkn wktu yg tpt untuk membicrkn limbah plastik ! Lebih baik , bicarakan ttg apa pengganti plastik yg baik

    Reply

  7. Limbah plastik menurut saya adalah limbah yang paling banyak yang ada di Indonesia,
    karena plastik sangat mudah di bawa bawa dan menjadi tmpat penamungan barang bawaan.
    namun, kita tdk bisa membiarkan terus menerus sampah memenuhi negara kita, maka menurut saya dan saya sangat setuju jika diadakannnya pengelolaan limbah sampah untuk menjadi barang yang lebih berguna.

    Reply

  8. Plastik memang sangat nyaman digunakan terutama untuk mengangkut barang belanja kita, tapi plastik daur ulang secara alami sangatlah lama, butuh ratusan tahun. Jadi menurut saya sangat tidak ramah lingkungan, makanya para pencinta lingkungan menghimbau untuk membawa kantung belanja untuk mengangkut barang belanja kita.

    Reply

  9. Posted by cottonbutton on June 21, 2013 at 2:25 pm

    Plastik adalah hal kecil yang berdampak sangat besar bagi kehidupab kita. Karena akan berdampak pada kehidupan kita yang akan datang. Oleh karena itu mari kita minimalisir penggunaan plastik dan mulai menggunakan paper bag

    Reply

  10. Posted by frans 2mak2 on June 21, 2013 at 3:53 pm

    segala hal yang praktis dan instan memang menyenangkan…tetapi dampaknya akan sangat besar untuk hal kedepan…jadi kurangi lah…dan pikirkan lah hal2 yang berguna dan bermanfaat untuk masa depan mu dan kita..

    Reply

  11. Posted by Reynold Lukman on June 21, 2013 at 3:58 pm

    plastik mungkin dapat di daur ulang namun kita tetap harus meminimalkan penggunaannya. karena sesuatu yg berlebihan pasti akan berdfampak buruk. jd mulailah kurangi penggunaan plastik.

    Thanks

    Reply

  12. 1701293351_Andre Jonathan : plastik merupakan bahan yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. namun, plastik itu merupakan sampah an-organik yang sulit untuk didaur ulang dan membutuhkan waktu yang lama agar komponen-komponen pembentuk plastik bisa terpisah. di Indonesia, sampah menjadi masalah utama yang sulit diatasi. akibatnya banjir sering terjadi dimana-mana. ini semua terjadi karena kesadaran manusia yang masih kurang akan pentingnya sampah. namun saya salut, Gubernur Jokowi dan Ahok sudah mencanangkan suatu denda bagi setiap warga yang ketahuan membuang sampah sembarangan untuk membuat efek jera bagi mereka yang tidak memerhatikan lingkungan hidup.

    Reply

  13. sampah plastik ini sangat menganggu seharusnya pemerintah kita melakukan penegasan tentang sampah plastik ini. memang sampah plastik ini dapat didaur ulang tetap karena harganya yang mudah didapat dan murah masyarakat tidak mempedulikan sampah plastik ini. seharusnya masyarakat menaruh perhatian lebih dari sampah plastik ini.

    Reply

  14. Kesadaran masyarakatlah yang diharapkan untuk mengatasi masalah ini karena sampah plastik berasal dari masyarakat, termasuk kita.

    Reply

  15. Posted by Olivia Rusli on December 5, 2013 at 3:37 pm

    Sampah plastik.. topik lama yang tak kunjung teratasi.. Begitu banyak kampanye disuarakan melalui media, tapi tak ada perubahan signifikan.. jadi tak ada salahnya dari pada hanya ber kampanya, mulailah dari diri sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik

    Reply

  16. Posted by Henricko Randy Setiawan on January 16, 2014 at 7:06 am

    Plastik merupakan hal yang banyak digunakan setiap hari. Tetapi, saat sekarang, sampah plastik sudah menumpuk dimana mana, sehingga kita harus mencari cara untuk mengurangi sampah plastik.

    Reply

  17. Posted by Aghel Prabandono on January 16, 2014 at 7:26 am

    Jujur, plastik memang memudahkan kehidupan manusia, tetapi efek setelahnya juga merepotkan kita kalau hanya “habis manis sepah dibuang”. Ada baiknya sampah plastik kita daur ulang lagi seperti botol plastik dijadikan barang seni atau tempat pensil.

    Reply

  18. ibarat bom waktu karena susah terurai dan menjadi sampah nomor satu paling banyak didunia , oleh karena itu singkirkan pola pikir yang apa – apa cepat selesai dan simple tanpa mau berusaha , coba kita kembali mengunakkan tas biasa tanpa harus repot repot membawa plastik yang akan menjadi limbah maka tentu mebantu menjaga kebersihan bukan ?

    Reply

  19. memang sampah plastik sangat menghawatirkan masa, khususnya jakarta. apalagi sampah ini tidak dapat diuraikan. sekarang tinggal bagaimana kita menggunakan plastik se efesien mungkin

    Reply

  20. sampah plastik memang susah untuk terurai. ada sebuah yayasan cinta kasih tzu zhi yang akan mendaur ulang semua sampah plastik. ada baiknya,semua botol plastik dan bahan bahan berbahan plastik dapat di sumbangkan kepada yayasan tersebut untuk di daur ulang, dan mereka bisa membuat banyak karya serta dijual dan hasilnya untuk mereka yng membutuhkan.

    Reply

  21. Posted by Katrine on March 26, 2014 at 1:26 pm

    Limbah plastik memang salah 1 masalah utama di Indonesia yang sulit di selesaikan. Seharusnya diri kita sendiri yang sadar akan penting nya menjaga alam dan mengurangi pemakaian plastik. Seperti yang penulis uraikan, limbah plastik mengganggu rantai makanan yang dampak nya akan mengenai manusia juga, maka dari itu mulai lah mengurangi pemakaian plastik agar kita tidak mengenai dampak tersebut.

    Reply

  22. Plastik itu memiliki manfaat banyak untuk kehidupan manusia,tetapi plastik juga menimbulkan suatu masalah untuk kehidupan manusia yaitu sampah plastik yang menumpukd dan terbengkalai dan menimbulakn berbagai dampak negattive bagi kehidupan manusia.
    oleh karena itu sekarang semua kalangan lagi marak mengkampanyekan daur ulang sampah plastik dan minimalkan penggunaan kantong plastik hal ini dikarenakan kesadaran manusia akan masalah dan efek yang timbul dari sampah plastik yang terbengkalai.
    pada sekarang ini juga banyak orang mencari barang alternative pengganti plastik hal ini dikarenakan kesadaran mereka akan lingkungan yang rusak akibat sampah plastik.

    Reply

  23. Posted by auditiaharival on March 26, 2014 at 3:28 pm

    gunakan palstik dengan sebijak mungkin mulai sekarang, dan buanglah sampah khususnya plastik pada tempatnya agar dapat di daur ulang.

    Reply

  24. Posted by m. ridwan on March 26, 2014 at 4:39 pm

    mungkin sampah pelastik di indonesia memang sangat mematikan masa depan umat manusia, tetapi jika kita pintar untuk mengelola sampah pelastik tersebut mungkin kita bisa menghidupkan masa depan umat manusia tersebut

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: