Pulpen

* Sebuah pulpen biasa tak sehebat cincin berlian tetapi selalu penuh arti di dalam genggaman pemiliknya
* Tulis apa yang anda lakukan dan lakukan apa yang anda tulis.

Sejarah Pulpen (ballpoint) dan penemunya 03Sebuah pulpen biasa memang tak seindah jam tangan terkenal, tetapi diibutuhlkan dalam sebuah pekerjaan. Sebuah pulpen dipilih bukan karena kehebatannya, tetapi dipilih untuk sebuah pekerjaan yang mendatangkan kemuliaan. Dengan coretan sebuah tanda tangan diatas surat kuasa, orang menjadi percaya dan akhirnya bisa memiliki suatu kuasa untuk meneruskan pekerjaan pemiliknya.
Saya sedang berdiskusi dengan beberapa teman,. Dimulai dengan perjuangan mendirikan sebuah negara NKRI. Bagaimana peran begitu besar dari sebuah pulpen, mesin ketik dan pena. Bahkan ada yang mengatakan pena lebih tajam dari pedang. Salah satu diskusi kami agak menyimpang dari urusan liturgi tetapi tidak tahu dari mana mulainya akhirnya kita berdiskusi tentang pulpen dan nilai liturgy. Nah aneh juga kan? Saya rasa pembaca juga bingung. Apa sih hubungan antara pulpen dan nilai liturgi, terutama bagi kehidupan kita.
Teman saya Benny, ini kawan konglomerat dari Manado. Beliau katakan bahwa sebuah nilai liturgi yang indah tidak akan ada gunanya atau berarti kalau tidak ditulis dengan pulpen. Sebaliknya kehidupan yang sia-sia walau ditulis dengan tinta dan pulpen emas tetap saja sia-sia! Tapi, saya suka sekali diskusi ringan ini, yang menghantar kebiasaan saya yang selalu menulis sebelum melakukan sesuatu, dengan mengingat moto standard perusahaan kami. “Tulis apa yang anda lakukan, dan lakukan apa yang anda tulis”
Hidup kita ini ibarat pulpen. Ia akan berarti kalau ada kertas, tetapi tidak berguna kalau tidak diberi makna tulisan. Jadi, hidup kita itu hanya berarti kalau ada kertas. Kertas kehidupan kita adalah iman kepercayaan. Kalau ada pulpen dan ada kertas tetapi tidak ditulis, sama sekali tidak berguna, lebih baik dibuang saja. Tulisan adalah amal ibadah kita serta perbuatan kita, sehingga benarlah firman yang mengatakan iman tanpa perbuatan hakekatnya adalah mati.
Pulpen menjadi bagian berarti dalam kehidupanku,. Aku memiliki pulpen kesayangan dari pemberian seorang sahabat yang selalu kubawa kemana-mana dan selalu mengingatkan saya untuk mencoret semua kegiatan saya termasuk komunikasi manual yang selalu saya isi dengan tulisan. terutama dalam rangka menyelematkan dunia, Saya tidak punya apa-apa yang bisa saya sumbangkan untuk membangun dunia sekitarku, tapi pulpen ini bergerak terus untuk menulis dan mencoret untuk dan demi kebahagiaan terutama untuk sahabat semua.
Sekarang kita semua punya pulpen dan mari kita meletakkan tulisan-tulisan di atas kertas putih bahwa saya dipilih Tuhan, bukan karena kehebatan saya tetapi karena pulpen ini. Di sini kita disadarkan bahwa kita adalah makhluk yang lemah, tetapi sebuah pulpen bisa merubah kehidupan seseorang dari ketidakmampuan menjadi kekuatan. Itu antara lain habis gelap terbitlah terang. Semua hanya gara-gara sebuah pulpen saja.
Semoga Tuhan memakai diri kita, menjadi alat tulis-Nya untuk bisa saling membahagiakan, memberi damai, memberi cinta dan pengorbanan. Sampai tulisan ini selesai,
sampai jumpa di kaki bukit, di mana sangkakala dinyanyikan.
Tuhan memberkati. Salam dan doa.

44 responses to this post.

  1. Menurut saya, tulisan ini bermakna dimana hidup kita yang dianalogikan sebagai pulpen dalam hal ini akan percuma jika hanya ditulis saja, jika hanya direncanakan saja, jika hanya dipikirkan saja namun tidak direalisasikan dalam kehidupan nyata. karena sesungguhanya Tuhan menciptakan kita untuk berbuat sesuatu untuk dunia. untuk merawat dan memelihara alam dan lingkungan, dan yang terpenting untuk berbagi kasih dengan orang lain.

    Reply

  2. Posted by Melisa / 02PNM / 1601232166 on June 13, 2013 at 10:35 am

    Artikel tentang pulpen ini mempunyai makna yang mendalam. Seperti seorang pepatah berkata, tulislah apa yang ingin engkau lakukan, jika hanya dibicarakan saja maka itu semua tidak ada artinya. Tulisan adalah amal ibadah kita serta perbuatan kita, sehingga benarlah firman yang mengatakan iman tanpa perbuatan hakekatnya adalah mati.

    Reply

  3. Posted by ANDRI/02PNM/1601232576 on June 14, 2013 at 11:11 am

    pulpen mewarnai kertas denga nwarna warni tulisan yang penuh arti dan makna, hidup ini bagaikan pulpen, untuk apa punya kertas kehidupan tetapi jika kita tidak bisa mewarnainya dengan warna warni dan lika liku kehidupan yang selalu terjadi dikehidupan kita, bagaimana bisa bermakna jika kita tidak memiliki rasa peduli terhadap sesama, jangan menjadi sebuah pulpen yang hanya dipajang namun jadilah sebuah pulpen yang selalu dipegang dan dipakai untuk menghiasi lembaran-lembaran kertas kosong.

    Reply

  4. Posted by ANDRI / 02PNM / 1601232576 on June 14, 2013 at 11:34 am

    pulpen berarti dengan adanya kertas, kertas kehidupan manusia akan berarti jika memiliki manusia sebagai pulpennya, namun banyak sekali kertas kehidupan manusia yang kosong atau terisi dengan hal-hal yang tidak patutu untuk dicontoh namun apalah daya kertas kehidupan manusia itu berbeda tergantung kepada manusianya, bagaimana mereka akan memaknai kertas kehidupan mereka.

    Reply

  5. Menjadi renungan serta teguran yang sangat baik ketika membaca artikel tersebut, membuat saya mulai berpikir, sudahkah saya berguna dalam hidup saya? Saya berharap saya dapat menjadi Pulpen kehidupan dan ada kertas sebagai tempat yang dapat dipakai dan bermanfaat untuk menulis arti hidup ini.

    Reply

  6. Saya ingat bahwa ada orang yang selalu menyimbolkan bayi dengan sebuah kertas kosong yang siap ditulis degan apapun, atau perkataan “membuka lembaran baru”. lembaran kertas yang dimaksud menurut saya adalah hari-hari yang kita lalui, sedangkan pulpen yang dimaksud menurut saya adalah kita sendiri. Dengan pulpen, seorang penulis bisa menuliskan cerita indah, sedih, atau seram untuk dijadikan buku, terganyung dengan apa yang ada dipikiran sang penulis. Begitu juga dengan “pulpen” kita.

    Reply

  7. Posted by stefano agung allorante on June 15, 2013 at 7:10 am

    pulpen tidak berarti tanpa ada kertas,mereka satu hal kecil yang sangat berkaitan penting.
    tuhan menciptakan setiap hal pasti memiliki kegunaan dan kepentingan masing masing dan hal tersebut pasti berkaitan satu sama lain.itulah makna yang bisa saya tangkap dari artikel di atas. hanya tulisan namun jika ada pembaca yang bisa mengambil garis penting dari artikel di atas,maka artikel ini akan menjadi sangat bermakna dan penting untuk kehidupan kita.

    Reply

  8. Posted by Melisa Patricia 1501178346 04PHJ on June 15, 2013 at 7:53 am

    menurut pendapat saya, hidup kita bukan hanya bagaikan sebuah pulpen melainkan sebuah tindakan yang harus kita jalani dan tempuh. kehidupan tidak hanya ditulis di selembar kertas menggunakan pulpen namun juga rencana Tuhan dalam menentukan kehidupan kita. maka dari itu kita sebagai makhluk Tuhan harus saling peduli terhadap sesama.

    Reply

  9. Posted by Lilyana 1501178056 04PHJ on June 15, 2013 at 7:56 am

    kehidupan ini membutuhkan iman yang kuat dalam menjalaninya. karena seperti yang tertera pada tulisan diatas hidup kita yang ibaratkan pulpen tidak berguna tanpa selembar kertas yang berarti iman. maka kita sebagai manusia harus berpegang teguh didalam iman kepercayaan kepada Tuhan dalam menjalani kehidupan ini

    Reply

  10. Posted by Herlina_1501177822_04PHJ on June 15, 2013 at 8:00 am

    Menurut saya, kita tidak boleh memandang rendah dengan sesuatu yang kecil atau berada dibawah kita.. Karena kita tidak akan tahu kelebihannya jika selalu memandang rendah terhadap sesuatu..

    Reply

  11. Posted by arbart candra on June 15, 2013 at 10:55 am

    Tulisan ini sangat mempunyai makna yang mendalam bahwa kita adalah makhluk yang lemah, tetapi sebuah pulpen bisa merubah kehidupan seseorang dari ketidakmampuan menjadi kekuatan. Jadi, hidup kita itu hanya berarti kalau ada kertas. Kertas kehidupan kita adalah iman kepercayaan. Kalau ada pulpen dan ada kertas tetapi tidak ditulis, sama sekali tidak berguna, lebih baik dibuang saja.kutipan yang singkat namun mempunyai makna dan artian yang luar biasa.

    Reply

  12. Posted by Citra Angelita (04PDU) on June 15, 2013 at 11:21 am

    Setelah membaca artikel ini, saya menyadari betapa dibutuhkannya pulpen dalam keseharian. Ternyata, ada hal sekecil ini yang tidak saya sadari kegunaannya yang sangatlah bermanfaat. Seperti “Kertas kehidupan kita adalah iman kepercayaan. Kalau ada pulpen dan ada kertas tetapi tidak ditulis, sama sekali tidak berguna, lebih baik dibuang saja” hidup bukanlah sekedar seperti kertas dan pulpen tetapi harus kita jalani dengan ikhlas dan bermakna

    Reply

  13. Sebuah sesuatu yang kita anggap sepele seperti pulpen ternyata mempunyai makna yang cukup dalam. Saya baru tahu bahwa pulpen bisa disamakan dengan kehidupan. Tulisan-tulisan di blog ini memang bagus untuk menambah wawasan.

    Reply

  14. Posted by Maorel on June 15, 2013 at 12:31 pm

    Jangan pernah menanggap remeh hal kecil. Karna dari hal yang kecil bisa menjadi besar. Seperti pepatah bilang penghalang manusia bukanlah batu batu besar melainkan batu batu kerikil yang kecil dan licin untuk menjatukhkan kita.

    Reply

  15. Posted by khairani bianda on June 15, 2013 at 4:42 pm

    artinya pulpen itu sangat dibutuhkan dalam kehidupan. walaupun pulpen hanya benda kecil, namun sangat bermakna bagi hidup kita. itulah pelajaran buat hal2 yg lain nya juga, jangan memandanga hal kecil itu sangat mudah atau diremehkan, padahal itu penting

    Reply

  16. pulpen sangat berati untuk kita mengingat suatu moment yang pernah terjadi dalam kehidupan kita,dengan menulis catatan atau diary menggunakan pulpen kita akan menceritakan semua moment2 yang terjadi dalam diri kita,maka dari itu pulpen sangat berati untuk menuliskan dan mencatatkan moment2 yang terjadi,dan kita akan mengingatnya jika kita membaca catatan tersebut

    Reply

  17. memang benar pulpen bagaikan gambaran kehidupan kita, dan sesuatu yang sudah ditulis atau kita lakukan dalam hidup janganlah disesali. justru hal tersebut sebagai pembelajaran agar kita lebih baik. pulpen tidak dapat dihapus dengan penghapus tetapi kesalahan bisa kita coret dan kita perbaiki.

    Reply

  18. pulpen memang cukup berperan dikehidupan kita ini. segala sesuatu yang kita lakukan dapat kita tuliskan dengan pulpen di atas kertas. sehingga itu memberikan kita suatu pesan yang cukup penting bahwa apabila kita menuliskannya di atas kertas kita dapat tau yang mana kesalahan kita hari ini, dan harus kita perbaiki untuk kemudian hari menjadi lebih baik lagi.

    Reply

  19. Posted by elfizia carina on June 16, 2013 at 3:00 pm

    Elfizia Carina – 1501158773
    Berbuat baik lah selagi kita masih diberi kesempatan untuk hidup karena apa yang kita lakukan sekarang bagaikan kita menulis cerita diatas kertas, pulpen menggambarkan bagaiman kita melakukan sesuatu dan kertas adalah tempat dimana kita menuliskan cerita kita.

    Reply

  20. Posted by dio fenori on June 16, 2013 at 3:18 pm

    memang pulpen bisa lebih tajam daripada pedang apabila yang memakainya memang pandai dalam hal tersebut. itu juga terjadi dalam kehidupan kita tidak seluruh barang baik dan berguna untuk seseorang. banyak barang yang tidak dapat kita gunakan dengan benar. maka gunakanlah barang2 yang memang bisa kita pergunakan dengan baik

    Reply

  21. Sebenarnya pulpen mahal tak adalah artinya. semua itu lebih bermakna ketika siapa yang menggunakan pulpen tersebut. pulpen itu akan lebih bermakna ketika berada ditangan yang tepat seperti penulis.

    Reply

  22. Posted by Felix Yogama / 04 PIF / 1501154384 on June 17, 2013 at 8:33 am

    Perumpamaan yang sangat menarik sekali tentang Pulpen , memang sesuatu yang kecil dan tidak dipandang namun bisa berpengaruh besar dan dibutuhkan. artikel yang sangat menarik dan bisa menjadi bahan sharing pada teman-teman komunitas. terima kasih

    Reply

  23. Posted by muhammad ardiansyah on June 17, 2013 at 9:16 am

    pulpen bisa di ibaratkan dengan kehidupan kita, seperti semua apa yang kita lakukan ibarat tinta yang keluar dari pulpen. maka setiap perbuatan yang kita lakukan harus di pertanggung jawabkan.

    Reply

  24. “Tulis apa yang anda lakukan, dan lakukan apa yang anda tulis”. Saya suka quote tersebut. Menggambarkan ada rasa tanggung jawab antara pulpen dengan pemiliknya, begitupun sebaliknya.

    Reply

  25. Posted by Tumpal Immanuel ( 04PIF ) on June 17, 2013 at 12:06 pm

    Pulpen tanpa kertas bukanlah apa-apa. begitu juga dengan Iman. Iman tanpa perbuatan adalah kekosongan. jadi isilah Kekosongan dengan coretan-coretan perbuatan yang membentuk Iman.

    Reply

  26. Ryan Darmasaputra_04PWM_1501185194

    menurut saya pulpen itu sangat penting , kenapa? Karena pulpen sangat berperan penting dalam melakukan sesuatu, sperti : menulis, tanda tangan dan lain sebagai nya. apalagi saat IT belum begitu berkembang, pulpen menjadi kebutuhan orang kantoran, ya seperti orang kantor yang selalu mengantongkan pena nya di kantong kemeja nya .

    Reply

  27. Posted by BRYAN PATTY on June 19, 2013 at 12:49 am

    Pulpen diperlukan untuk menggambarkan sebuah perasaan seseorang yang ingin diungkapkan dan dilihat oleh banyak orang. Sama seperti kita yang diharapkan menjadi Pulpennya Tuhan di bumi ini, supaya kita bisa menggambarkan besar-Nya Kuasa dan Kasih Tuhan. Biarlah kita selalu disempurnakan oleh Tuhan dan biarlah kita boleh menjadi pulpen yang termanis dan terindah untuk Kemuliaan Tuhan.

    Reply

  28. Posted by depri christian on June 19, 2013 at 1:28 pm

    pulpen sangat penting dalam kehidupan begitu juga dengan kertas,ketika kita menulis dengan pulpen di sebuah kertas ,apa yang ingin kita tulis,apakah kita ingin menulis coret-coretan yg ga jelas dengan asal-asalan atau kita ingin menulis sebuah tulisan yang rapi,begitu juga dengan kehidupan kita apakah kita ingin menggunakan pulpen kehidupan dengan menjalani kehidupan yang teratur dan disiplin atau kita hanya ingin menyia-nyiakan hidup kita begitu saja dgn hal yg sia-sia.apalagi hidup cuman sekali,sebaiknya kita menggunakan hidup kita dengan hal-hal yg bermanfaat dan yg positif.

    Reply

  29. Posted by andre 04PHJ on June 20, 2013 at 7:55 am

    pulpen memang sesuatu yang kecil. Tapi jangan anggap pulpen tidak berguna karena meskipun kecil tetapi mempunyai manfaat yang sangat besar. Dapat digunakan untuk menulis sehingga dapat menyampaikan aspirasi dan ide lainnya

    Reply

  30. Posted by yugi p5 ubm on June 21, 2013 at 11:39 am

    Tulis apa yang anda lakukan dn lakukan apa yang anda tlis , dan baca apa yang anda tlis ! Mksd nya , koreksi diri , ad yang perlu di tulis dn di hapus , mngkn bsk sya bisa reques ttg penghapus😀

    Reply

  31. saya sangat termotivasi ketika membaca artikel ini, ini menurut saya artikel yang mempunyai makna sangat dalam..
    pulpen melambangkan hidup kita yang tadinya blm ada apa apa seperti kertas kosong, kemudian kita melakukan hal hal untuk mengisi hidup kita, sama seperti pulpen

    Reply

  32. Pulpen adalah alat tulis yang enak digunakan, pulpen terdiri dari ballpoint dan yang tinta, tapi pulpen tidak bisa digunakan di luar angkasa, makanya para astronot menulis mengunakan pensil di luar angkasa.

    Reply

  33. Posted by cottonbutton on June 21, 2013 at 2:42 pm

    Pulpen dan kertas dapat diibaratkan sebagai sisi uang logam, tidak dapat dipisahkan dan saling ketergantungan. Semoga kita dapat menjadi pulpen yang dapat mengisi kertas kosong dengan tulisan2 yg penuh makna dan berdampak positif

    Reply

  34. Posted by frans 2mak2 on June 21, 2013 at 3:58 pm

    Kekosongan lebih baik diisi oleh segala sesuatu yang berguna….dan nikmati segala sesuatu yang sudah di berikan dan kita ciptakan….hingga kita tutup buku dan kembali ke hadapannya….

    Reply

  35. Posted by Reynold Lukman on June 21, 2013 at 4:04 pm

    pulpen lbh berharga, krn dengan pulpen kita dapat menuliskan semua pemikiran kita, dan imajinasi kita yg nantinya dapat kita jadikan sebuah buku. dan di jual untuk umum sehingga dapat menghasilkan sebuah uang.

    Thanks

    Reply

  36. 1701293351_Andre Jonathan : saya memiliki pandangan terhadap sebuah pulpen. pulpen merupakan alat yang digunakan untuk menulis dengan media kertas. hidup kita bisa diibaratkan dengan sebuah kertas putih yang masih kosong dan murni. ketika kita lahir, kita belum mengerti apa-apa, namun dengan seiring berjalannya waktu, kita banyak mengerti tentang hidup, banyak mengalami segala permasalahan dan pengalaman hidup. dan segala pengalaman hidup tersebut sudah seharusnya kita catat dalam kertas putih itu. semakin banyak pengalaman hidup, membuktikan bahwa seberapa besar kita telah berjuang untuk survive dari hidup kita ini.

    Reply

  37. Pulpen adalah perlengkapan yang dapat membantu kita dalam mengerjakan sesuatu yang berharga , semua pemikiran kita dan semua imajinasi kita yang bisa di jadikan sebuah blog , karya tulis atau semacamnya , dengan pulpen kita dapat memulai semua yang impikan dengan menuisnya perlahan lahan

    Reply

  38. Posted by Olivia Rusli on December 5, 2013 at 3:52 pm

    saya pernah membaca suatu quote “berbicaralah jika apa yang kamu bicarakan lebih indah dari keheningan”. dan setelah saya membaca artikel ini, saya terpikirkan untuk sedikit memodif quote itu “menulislah jika apa yang ingin kamu tulis lebih bermakna dari pada selembar kertas kosong”. Ya, tulislah perjalanan kehidupanmu dengan hal2 yang indah dan berguna

    Reply

  39. pulpen “masa lalu/ kenangan ibarat goresan pulpen kita tidak bisa menghapusnya tapi kita hanya bisa mencoret dan trus menulis”

    Reply

  40. Posted by Muh. Akbar Basit / 01PNO / 1701360015 on January 16, 2014 at 7:21 am

    pulpen bagaikan kita yang terus bergerak menuliskan cerita kehidupan kita sendiri, tintanya tidak dapat dihapus begitupun memori yang telah kita buat.

    Reply

  41. “Tulis apa yang anda lakukan, dan lakukan apa yang anda tulis” merupakan kalimat yang sangat luar biasa! Pulpen yang dipergunakan dengan baik dapat menghasilkan sesuatu yang baik pula, seperti cerita, tulisan motivasi, dll. Semua kegiatan yang kita lakukan ini seperti pulpen yang sedang menulis diatas kertas.. apabila kita melakukan hal yang baik, maka akan ada hal baik didalamnya, berlaku sebaliknya.. DI hari akhir nanti, kita akan mempertanggungjawabkan kertas tersebut kepada Allah disurga atas apa yang kita perbuat di dunia..

    Reply

  42. Hidup hanya sekali , lakukan dengan berarti , ibarat sebuah kertas hidup kita , kita sebagai pulpen yang akan menghiasi kertas itu dan tergantung kita akan menghiasi dengan sebuah karya indah atau hanya coretan biasa , oleh karena itu jadikan hidup kita lebih bermakna.

    Reply

  43. Posted by m. ridwan on March 26, 2014 at 4:46 pm

    jika hidup kita di ibaratkan seperti pulpen maka jika kita salah untuk mencoret sesuatu di hidup kita maka susah untuk kita apus apa yang sudah kita coret tersebut

    Reply

  44. Posted by rizaldyfaroqi on March 27, 2014 at 2:04 pm

    Pulpen mewarnai kertas kita yang penuh arti dan makna hidup ini. Pulpen ini juga menghiasi ukiran ukiran kertas putih yang dapat mewarnai hidup kita. Jadi, kita sebagai manusia harus peduli dan berpegang teguh didalam kepercayaan kita

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: