Voorijder

Dalam situasi darurat, menggunakan pengawalan (voorijder atau forider) bisa membantu memecah kemacetan lalu lintas (DSS)

voorijderSuatu ketika sahabat dekat saya namanya Djoko Suroso (almarhum) dan saya menjadi panitia penyambutan. Kata beliau kalau perjalanan dari Airport Soetta ke Hotel Grand Melia bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Saya tersenyum apa lagi hari Jumat. Pada saat itu yang datang adalah tamu International President Lions Clubs International. Karena beliau adalah anggota Gang Motor HD jadi saya percaya saja. Tibalah hari H dan luar biasa, saya dari rumah menuju Hotel Grand Melia hampir 2 jam, tetapi Airport Soetta ke Hotel Grand Melia hanya 45 menit. Sungguh pengalaman yang luar biasa dan betul-betul diluar perhitungan saya, tapi itu berkat bantuan 4 voorijder polisi yang mengawal mereka.
Selama ini saya anggap bahwa vorijder hanya untuk para pejabat penting, petinggi negara atau orang meninggal supaya konvoinya bisa teratur. Tak pernah terpikir oleh saya bahwa voorijder bisa mengatasi macet.
Lalu lintas kalau sudah semrawut biasanya susah diatasinya. Apalagi kalau di perempatan lampu merah dan lampunya mati tentu sulit untuk bisa dilewati. Saya mempraktekkan ide sahabat saya dan memang benar, dengan menggunakan voorijder perjalanan jadi nyaman.
Saya jadi tersenyum ketika bercerita tentang voorijder. Pada acara retret lingkungan juga ada seorang sahabat saya namanya Bapak Martinus Mamusung (almarhun). Beliau selalu berkata bahwa kadangkala Tuhan pun pakai penbuka jalan. Buktinya ada suara di padang gurun bahwa luruskan jalan Tuhan. Tentu yang dimaksud adalah Yohanes.
Tetapi kalau kita renungkan ada benarnya karena dalam perjalanan kita terkadang jalannya tersendat oleh segala macam permasalahan dan kita tidak bisa bergerak. Maju salah mundur salah. Di sini tentu kita perlu bantuan voorijer supaya bisa memandu kita keluar dari kemacetan.
Dia satu-satunya Jalan, Kebenaran dan Hidup. Dengan dan melalui-Nya kita sampai kepada Bapa di Surga.
Hambatan yang paling berat dan parah dalam kehidupan kita antara lain adalah ketakutan. Padahal ketakutan itu tidak nyata. Bahaya dosa itu adalah keadaan masa kini, tetapi ketakutan itu urusan masa depan. Karena ketakutan sudah hadir dalam kehidupan kita, maka ketakutan menyebabkan kesemrawutan, tidak ada aturan dan cenderung putus asa, padahal ketakutan itu sendiri tidak nyata (mungkin boleh juga nonton filmnya After Earth)
Tetapi bersyukur roh suka cita juga mendampingi kita membuka mata hati kita dan membebaskan kita dari hati yang beku sehingga mau membuka jalan bagi Tuhan untuk melewati kita. Itulah makna Paskah, yaitu membiarkan Tuhan Lewat dan ketika Dia lewat terbukalah semua jalan yang kita lewati.
Semoga Tuhan memperhatikan tiap tetesan air mata kita, yang mengharapkan agar kita bisa bebas dari kerumitan, keruwetan bahkan kebuntuan kehidupan kita. Damai Tuhan bersamamu.

36 responses to this post.

  1. dosa, ketakutan, adalah hal yang sangat manusiawi sekali dan hampir semua orang pernah mengalami dan merasakkannya. Namun sebenarnya kita tidak perlu menakutkan hal hal dunaiwi tersebut karena sesungguhanya ketika kita mempunyai iman yang baik, maka kita selalu percaya bahwa Tuhan selalu menjamin hidup kita.

    Reply

  2. Posted by ANDRI / 02PNM / 1601232576 on June 14, 2013 at 11:17 am

    banyak manusia yang menemukan jalan buntu, jalan macet lalu mereka tidak berdaya untuk menghadapinya sehingga mereka melakukan hal-hal bodoh yang tidak seharusnya dilakukan, seharusnya hal-hal itu bisa menjadi sebuah peringatan dari tuhan akan adanya rencana besar kedepannya jika mereka memang mampu menghadapi jalan buntu tersebut, menghadapi jalan macet tersebut… jika memang kita merasa tidka mampu untuk melewati hal-hal tersebut mintalah petunjuk kepada tuhan, tuhan akan selalu membantu anak-anaknya untuk menemukan jalan keluar didalam kesusahan mereka. tuhan tidka pernah meninggalkan anak-anaknya, tuhan selalu berada dekat dengan anak-anaknya

    Reply

  3. Terkadang hal yang selama ini menjadi kebiasaan untuk dihindari dan ditakuti dapat diatasi jika kita dapat mencari cara untuk menghadapinya. Hambatan memang ada dan nyata, tetapi rasa takut serta keberanian untuk menghadapinya adalah suatu pilihan.

    Reply

  4. Posted by cheri meirani on June 14, 2013 at 5:41 pm

    ketakutan adalah suatu hal yang menjadi tembok manusia untuk mengalami berkat Tuhan. padahal ketakutan itu sendiri tidak nyata. ketakutan membuat manusia merasa tidak ada seorangpun yang menolong dia, padahal ketika ia yakin dan percaya, pertolongan tuhan selalu ada.

    Reply

  5. Posted by Melisa Patricia 1501178346 04PHJ on June 15, 2013 at 8:01 am

    Hambatan serta rintangan memang sering kita rasakan didalam hidup. Namun hal tersebutlah yang dapat membuat kita menjadi pribadi lebih baik. Kita tidak perlu takut akan apa masalah yang kita hadapi karena Tuhan pasti akan membimbing kita dalam melalui masalah tersebut.

    Reply

  6. Posted by Lilyana 1501178056 04PHJ on June 15, 2013 at 8:03 am

    memang didalam kehidupan kita sadari sebagai manusia tidak luput dari yang namanya permasalah dan rintangan. Akan tetapi manusia tidak boleh menyerah akan masalah yang dihadapi tersebut karena Tuhan tidak akan memberikan masalah yang berat pada umatnya. Maka kita sebagai manusia harus lebih mendekatkan diri lagi kepada Tuhan.

    Reply

  7. Posted by arbart candra on June 15, 2013 at 10:56 am

    Tulisan ini membahas tentang hambatan lalu lintas yang dapat dikurangi dengan menggunakan bantuan pengawalan (voorijder atau forider) namun dapat kita maknai dalam kehidupan yaitu Hambatan yang paling berat dan parah dalam kehidupan kita antara lain adalah ketakutan. dengan bantuan Tuhan kita dapat melewati hambatan-hambatan dalam kehidupan.

    Reply

  8. Posted by Citra Angelita (04PDU) on June 15, 2013 at 11:46 am

    Tentunya dalam mengahadapi cobaan hidup ini pasti kita butuh bantuan Tuhan, butuh pendekatan diri kepada Tuhan. Dengan terus berdoa dan meminta kepada Tuhan pasti Ia akan memberikan jawabannya kepada umatnya. Yakin dan percayalah pasti Tuhan akan membantu umatnya

    Reply

  9. Posted by stefano agung allorante on June 15, 2013 at 11:51 am

    ga usah pake pengawal, jalan macet ya hadapiii saja,dari pada pakai pengawal terus ngebut-ngebut eh kecelakan apesnya.kan bahayaaa tuh.sabar lebih baik,tuhan tidak suka hambanya yang suka bergegas gegas

    Reply

  10. kalau diselaraskan dengan kehidupan voorijder itu bagaikan pelita dalam kegelapan. Dia bisa menuntun kita keluar dari kebuntuan dalam hidup kita. Ketakutan adalah sesuatu yang tidak berarti jika ada yang menuntun kita sepanjang jalan hidup.

    Reply

  11. Posted by Maorel on June 15, 2013 at 12:34 pm

    Saya ingat dengan seorang gubernur Jakarta pak Jokowi dengan kesederhanaannya yang awalnya menjabat tidak ingin menggunakan vooridjer ketika ia melintasi jalan raya, namun mungkin tidak bisa dipungkiri dengan kesibukan sebagai seorang pejabat mengharuskannya menggunakan vooridjer tersebut selain karna kemacetan kota jakarta.

    Reply

  12. Posted by Aulia Fianda on June 15, 2013 at 7:45 pm

    Dalam beberapa hal tertentu, voorijder atau pengawalan memang sangat berguna bagi orang yang memerlukannya, terutama bagi mereka yang sedang diburu waktu. Selain dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan, voorijder juga memberikan rasa aman ketika mereka dalam keadaan terburu-buru. Karena bukan tidak mungkin, dalam keadaan macet pun, kecelakaan bisa saja terjadi, apalagi ketika mereka sedang dalam keadaan terdesak oleh waktu.

    Reply

  13. vooridjer memang bisa sangat membantu bagi siapa yang membutuhkan contoh bagi mengawal ambulans atau mobil jenazah. karena itu dalam keadaaan terdesak dan penting yang berhubungan dengan nyawa seseorang. namun apabila hanya untuk kepentingan pribadi seorang oknum apalagi bukan dalam menjalankan tugas negara seperti pertemuan dengan perwakilan negara lain. jika tidak terdesak jangan gunakan vooridjer karena akan menimbulkan kemacetan lain bagi masyarakat.

    Reply

  14. dikehidupan manusia ini memang terdapat banyak rintangan dan cobaan. tidak akan pernah ada kehidupan kita yang selalu berjalan mulus atau sesuai keinginan kita. tetapi rintangan dan cobaan tersebut suatu saat pasti akan ada jalan keluar penyelesaiaannya yang di berikan oleh Yang Maha Kuasa seperti voorijder di artikel tersebut.

    Reply

  15. Posted by elfizia carina on June 16, 2013 at 3:04 pm

    Elfizia Carina – 1501158773
    Di dalam hidup memang akan banyak rintangan dan masalah akan tetapi itu semua bukan untuk ditakuti tapi untuk dihadapi.

    Reply

  16. Posted by dio fenori on June 16, 2013 at 3:15 pm

    hidup memang tidak mulus dan tenang. hidup itu seperti kita melakukan offroad banyak rintangan dan hambatan yang akan menghadang kita. dengan bantuan dari tuhan akan memudahkan kita dalam segala hal seperti contoh tersebut.

    Reply

  17. berdasarkan artikel di atas kita perlu bantuan voorijer supaya bisa memandu kita keluar dari kemacetan. Yang tidak bukan membantu kita untuk menuntun pada jalan yg benar sehingga, kita tak lagi kebingungan dan tersesat

    Reply

  18. Posted by Felix Yogama / 04 PIF / 1501154384 on June 17, 2013 at 8:38 am

    Voorijder , perumpamaan yang tidak pernah terpikirkan oleh saya. Setuju sekali apabila dikatakan voorijder seperti pemandu atau penuntun untuk membuka jalan ketika kita terdesak atau tidak tahu harus lewat jalan mana. Layaknya Tuhan yang merupakan satu-satunya jalan kebenaran dan keselamatan bagi kita. Artikel ini menjadi peneguh iman , terima kasih.

    Reply

  19. Posted by muhammad ardiansyah on June 17, 2013 at 9:23 am

    Kebanyakan orang takut dengan hambatan. padahal dengan banyaknya hambatan dan rintangan maka kita akan menjadi manusia yang lebih baik. jadi jangan pernah takut dengan hambatan karena tuhan memiliki rencana.

    Reply

  20. TUhan sebagai Vorijder ? Menarik sekali artikel ini. Saya pun setuju, karena dengan bantuan Tuhan, kita sering dibukakan jalan. Jika Vorijder hanya ampuh dijalanan, maka Tuhan ampuh di aspek-aspek kehidupan.

    Reply

  21. Sebenarnya penggunaan voorijder di luar kebutuhan yang penting itu harusnya dilarang. Karena itu terkesan sangat egois dan mau menang sendiri. Jakarta sendiri sudah macet, mau tambah bikin macet. Bagaimana kalau kebiasaan begini diterapkan oleh masyarakat, misalnya hanya gara2 terlambat ke meeting pakai voorijder? Jakarta makin semerawut! Hormati pengguna jalan lain.

    Reply

  22. Ryan Darmasaputra_04PWM_1501185194

    menurut saya, vooridjer itu sangat membantu dalam mengkawal pejabat-pejabat tinggi ,artis top luar negri dan lain sebagai nya. tapi saya belum pernah melihat kalau vooridjer ini bisa mengatasi macet, malah bisa dibilang bisa menambah macet karena mengambil arah jalan yang berlawanan , kalau situasi nya seperti di tol sih tidak apa-apa , karena ada jalur khusus nya sendiri. ya sebaik nya vooridjer ini bisa menyenangkan rakyat dengan standby di titik-titik rawan kemacetan, supaya bisa mengatasi kemacetan dengan tidak mengambil arah yg berlawanan

    Reply

  23. Posted by Tumpal Immanuel ( 04PIF ) on June 17, 2013 at 4:29 pm

    Ketakutan membuat manusia merasa tidak ada seorangpun yang menolong dia, padahal ketika ia yakin dan percaya, pertolongan Tuhan selalu ada. Kita tidak perlu takut akan apa masalah yang kita hadapi karena Tuhan pasti akan membimbing kita dalam melalui masalah tersebut.

    Reply

  24. Posted by BRYAN PATTY on June 19, 2013 at 12:59 am

    Pengawalan sebenarnya dibutuhkan untuk merasa aman, nyaman, dan tidak merepotkan kita. Seperti hidup kita, jika kita selalu mengandalkan Tuhan untuk menjadi Pengawal hidup kita, kita pastinya akan merasa aman dan tidak merasa takut lagi, karena Tuhan berada di sisi kita. Dan ketakutan perlahan-lahan sirna dari hidup kita

    Reply

  25. Posted by andre 04PHJ on June 20, 2013 at 8:00 am

    saya setuju dengan artikel ini. Sama halnya seperti voorijder yang membantu jika kita sedang mengalami kemacetan, Tuhan juga membantu kita ketika kita dalam kesulitan. Tuhan selalu membimbing kita melewati masalah-masalah yang kita hadapi

    Reply

  26. Posted by Andi Muhammad Fauzi/ 02PNM/ 1601266702 on June 20, 2013 at 10:07 am

    Kita menggunakan voorijder untuk mengalihkan kemacetan dan smrawut di lalu lintas. Dalam hidup, kita memohon agar dipermudah permasalahannya oleh Tuhan Yang Maha Esa. Berdoa diberikan jalan dan kemudahan oleh-Nya, karna Tuhan tidak tidur untuk umat-umatnya.

    Reply

  27. Vooridjer itu benar-benar nyaman untuk melewati jalan yang macet, tapi bagi orang yang terkena kemacetan, bikin tambah macet. Dan biasanya vooridjer itu untuk kalangan pejabat, menurut saya para penjabat seharusnya ikut macet biar tahu penderitaan dari kemacetan.

    Reply

  28. Posted by frans 2mak2 on June 21, 2013 at 4:00 pm

    ketakutan adalah sebuah hambatan yang membuat jalan kita menjadi buntu….kita harus membiarkan rasa takut kita pergi…agar kita dapat terus melanjutkan kehidupan kita…

    Reply

  29. Posted by Mei Lani on June 24, 2013 at 3:20 pm

    Menurut saya menggunakan pengawalan itu tidak dapat memecah kemacetan lalu lintas karena yang bisa menggunakan voorijder hanyalah orang-orang kaya yang bisa membayar dan lagipula jalanan sudah macet tambah banyak mobil lagi ya tambah macet.

    Reply

  30. 1701293351_Andre Jonathan : voorijder dalam hal ini merupakan pengawal perjalanan agar sampai kepada tujuan dengan selamat dan mengatasi segala kemacetan lalu lintas yang ada. Tuhan seringkali bertindak sebagai pembuka jalan bagi kita, namun jalan lurus yang diberikan Tuhan seringkali ada batu-batu kerikil yang menghalangi, yaitu berbagai masalah. namun kita tahu, bahwa Tuhan akan selalu membantu kita membuka jalan agar kita bisa sampai ke tujuan yang ditetapkan.

    Reply

  31. voorijder sekarang ini hanyalah merupakan sebuah alat yang digunakan orang orang yang mempunyai keuangan lebih untuk membayar pengawal di jalan seperti itu , sebernya hal tersebuta juga tidak dapat membuat jalan lebih lancar , malahan ada yang membuat kemacetan lebih parah D:

    Reply

  32. voorijder ini sebenarnya tidak bisa disalahkan tapi bisa juga disalahkan. mereka hanya melakukan tugasnya saja. dalam pemikiran orang voorijder ini hanya menambah kemacetan saja. tetapi voorijder ini digunakan karena memang sekelompok orang mempunyai urusan penting yang ingin cepat sampai tujuan.

    Reply

  33. zaman sekarang ini pengawal itu malah digunakan oleh kalangan tertentu agar bisa keluar dari macet padahal tidak berdasarkan kepentingan tertentu hanya kepentingan pribadi.sama dalam hidup kita perlu adanya modal untuk menuntun dan mengawal kita agar terhindar dari hambatan hambatan yang ada untuk sampai ketujuan

    Reply

  34. Berbagai hambatan, kemacetan yang berada dijalanan dapat diminimalisir dengan Voorijder / pengawalan polisi.. Sama seperti hidup kita, hambatan dan masalah dapat kita hadapi dengan diri sendiri ataupun dengan bantuan ‘voorijder’.. ‘voorijder’ yang saya maksud disini ialah Allah di surga, dengan bantuannya niscaya segala masalah dapat teratasi dengan baik adanya..

    Reply

  35. Manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri ada kalanya kita menghadapi masalah dan tidak bisa kita selesaikan sendiri , oleh karena nya itulah gunanya teman dan keluarga untuk membantu kita memecahkan dan menyelesaikan masalah itu.

    Reply

  36. Posted by Rinaldy on March 27, 2014 at 2:19 pm

    Memang sebenarnya kita hidup membutuhkan bantuan pada saat-saat kita terjebak(macet) pada suatu masalah.Tetapi apabila kita menganut pada proses sebuah voorijder,maka apakah tidak terpikir bahwa kita memang dapat melewati sebuah kemacetan(masalah) yang ada,tapi bagaimana orang-orang lain yang terkena imbasnya?karena memang apabila kita lihat voorijder itu membuka jalan di kemacetan,tetapi malah terkadang membuat kerusuhan/kemacetan semakin parah di jalanan yang dilaluinya,karena apa yang menghalangi nya harus minggir karena kepentingan pribadi seseorang saja,tidakkan kau berpikir bagaimana perasaan orang lain?sama seperti melewati masalah,coba kalian pikirkan apakah ada sesuatu yang dapat membebankan orang lain pada saat kalian mencoba melewati masalah itu atau tidak.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: