Keluarga

Keluarga berasal dari kata : “kulawarga”, yang berarti “anggota” lingkungan yang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.

family smilingKeluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu yang memiliki hubungan antar individu dan terdapat ikatan, kewajiban, dan tanggung jawab di antara individu tersebut. Menunggu adalah suatu pekerjaan yang cukup menjemukan, namun kadang menunggu memberikan kebahagiaan. Demikian kami sekeluarga sedang menunggu kelahiran cucu kami yang ke-5 di Rumah Sakit Family Jakarta. Dengan perasaan was-was juga kami berkumpul semua satu dalam doa menanti saat-saat kedatangan anggota baru keluarga kami melalui proses operasi sesar.
Akhirnya datang juga seorang putra, lahir dalam keadaan sehat walafiat, dan penuh semangat. Ia tertawa manis sekali dan wajahnya bagus sekali. Kami semua memuji nama Tuhan, bersuka cita dan bersyukur karena Tuhan begitu baik sekali kepada KELUARGA kami semua.
Dalam sebuah topik pembicaraan dalam seminar yang diselenggarakan oleh majalah keluarga “Femina”, dengan pembicara tokoh-tokoh wanita. Ada Ibu Menteri dan pemerhati Lingkungan hidup, yang hadir di Hotel Kempinski. Hadirin sebagian besar ibu-ibu. Tema yang dibicarakan adalah peran wanita dalam keluarga. Saya mendapat pesan singkat Ibu Erna Witoelar bahwa di bagian penutup diperlukan pandangan seorang peninjau dari pihak bapak-bapak yang bicara atau paling tidak bertanya masalah keluarga. Akhirnya saya hadir dalam sesi kedua sudah mendekati coffee break.
Topik sangat menarik sekali berbicara tentang keluarga yang dipandang dari sisi wanita. Mulai dari mendidik anak sekolah, mengawalnya, mengajarinya, membimbingnya, mengantar dan menjemputnya sekolah. Wanita juga memasak untuk mempersiapkan makanan buat suami dan anak-anak, membersihkan rumah dan mengatur jadwal rumah tangga sampai ke urusan kamar.
Hadirin tidak terlalu penuh tetapi cukup serius mengikuti acara. Tiba-tiba saya sudah disodori kertas 3 atau 4 lembar suruh baca nanti habis coffee break. Saya disuruh membawakan sedikit pandangan sebagai juru bicara ibu-ibu ini. Ternyata tulisan ini bagus sekali, hampir semua naskah ditulis dalam pandangan positif, tanpa memandang sisi negatif sama sekali dari pihak bapak-bapak.
Ada 3 (tiga) hal pokok seorang ayah membawa keluarganya melintasi samudra yang penuh gelombang :
Pertama, adalah menjadi panduan keluarga. Seorang ayah memiliki kewajiban mencari uang untuk menafkahi keluarga, tetapi caranya memberi nafkah keluarga harus memberikan suka cita besar bagi keluarga itu sendiri, bagaimana membagi secara baik, membuat kehidupan yang serasi dan sepadan, serta mengajak istri bersama-sama mengelola keuangan keluarga,
Kedua, membawa damai walaupun tidak selalu berada di rumah atau kebersamaan. Ini merupakan bagian yang cukup sulit juga. Bagaimana caranya tidak selalu berada di rumah tetapi istri dan anak selalu merasa bahwa ayah mereka selalu berada dekat dengan mereka. Ketiga, hubungan keluarga dalam spiritual dan religious. Relasi ini merupakan fondasi kekuatan berdirinya sebuah keluarga.
Salam dan doa.

79 thoughts on “Keluarga

  1. Muhammad Fathurrahman Aji

    selamat atas kelahiran cucunya yang ke-5,
    memiliki keluarga memang hal yang membahagiakan, dan peran seorang ayah sangatlah penting, jika nahkoda kapal goyah, makan kapal akan terhapus gelombang,

    thanks for share,

    Reply
  2. jessicatjua

    ayah dan ibu harus nya bisa saling bekerja sama dalam membagi tugas didalam keluarga.ayah dan ibu harus sama-sama memiliki waktu yang cukup untuk memperhatikan dan memberi kasih sayang yang penuh kepada anak sehingga anak tumbuh dengan kepekaan dan kecerdasan spiritual yang baik.

    Reply
  3. cynthiatanoto

    Saya setuju dengan 3 hal pokok seorang ayah yang dijelaskan diatas, karena sebagai ayah yaitu kepala dalam keluarga, betul sekali ayah adalah panduan keluarga karena semua anggota keluarga akan bergantung pada ayah dalam hal nafkah, kedamaian, spiritual dalam keluarga yang tentunya akan terwujud juga bila semua anggota keluarga ikut dalam mewujudkan terbentuknya keluarga yang harmonis.

    Reply
  4. ryandeoanantyo

    saya sangat tertarik dengan 3 hal pokok seorang ayah dalam sebuah keluarga. Terutama tentang membawa damai walaupun tidak selalu berada dirumah. Hal yang dapat saya sharingkan yaitu ayah saya terbiasa untuk sekedar menelpon ataupun sms layaknya teman, untuk menanyai kabar saya walaupun ia sedang tidak berada dengan saya, dan itu yg mungkin menciptakan suasana kehangatan yang berbeda yg mungkin dapat di coba. terima kasih.

    Reply
  5. Justman Tan - 1601266186

    Keluarga memang menjadi salah satu faktor utama dari perkembangan diri dari seseorang. Perkembangan diri seorang anak dimulai saat masih bayi hingga dewasa.

    Ada beberapa pola asuh dalam keluarga:
    1. Pola asuh otoriter
    2. Pola asuh pemanjaan
    3. Pola asuh penelantaran
    4. Pola asuh demokrasi

    Sedangkan untuk perkembangan manusia dikelompokan menjadi, masa prenatal, masa bayi, masa kanak-kanak, masa puber, masa remaja, masa dewasa.
    Setiap tahap perkembangan anak ada tugas-tugas yang harus dilewati dan ada kebutuhan yang harus dipenuhi, sehingga orang tua dapat lebih realistis dalam menerapkan suatu pengajaran dan lebih memahaminya .

    Reply
  6. Riyanti T

    Orang tua saya termasuk orang tua yang sangat sibuk, tapi walaupun sibuk mereka masih sempat untuk memperhatikan anak-anak mereka dan menjalankan kewajiban yang memang harus mereka lakukan sebagai orang tua, selain itu walaupun sibuk ,mereka masih rela untuk meluangkan waktu mereka sehari untuk berjalan-jalan sebentar dengan kami, anak-anaknya jadi ada quality time yang mereka berikan pada kami, jadi kami tidak merasa mereka hanya sibuk dan kami diabaikan. Saya sangat mencintai keluarga saya dan saya bangga memiliki keluarga saya.

    Reply
  7. ivn

    banyak remaja pada jaman sekarang tidak tau rasa sayang kepada sesama akibat tidak mempunyai keluarga yg baik. biasanya remaja2 yg orgtuanya sdh mengalami perceraian atau broken home adalah yg paling utama

    Reply
  8. jack prayogo

    menurut saya , artikel diatas menarik , karena jika tidak ada ibu dan ayah kita tidak bisa berada di dunia ini dan dengan memiliki keluarga yang utuh , dan harmonis itu menjadi kebahagiaan org semua. seperti yang di katakan dalam artikel fondasi kekuatan berdirinya sebuah keluarga yang PERTAMA ayah menjadi panduan keluarga, karena ayah adalah sosok pemimpin dalam keluarga, KEDUA memiliki suasana yang damai walaupun sedang tidak berada dirumah dalam arti walaupun ayah lagi tidak bersama kita tetapi kita selalu merasa sosok ayah hadir di tengah” kita dan yang KETIGA dalam keluarga dibutuhkan juga iman yang kuat. maka dari itu menurut saya artikel diatas menarik karena kita bisa lebih mengetahui arti sebuah keluarga itu apa.

    Reply
  9. Nindy

    Disisi lain, keluarga bukan sekedar mereka yang masih memiliki hubungan darah melainkan juga mereka memiliki hubungan secara batiniah. Seseorang yang tidak memiliki hubungan darah sekalipun dapat bersatu dalam ikatan keluarga.

    Reply
  10. Jessica

    Ayah dan ibu harus nya bisa saling bekerja sama dalam membagi tugas didalam keluarga.ayah dan ibu harus sama-sama memiliki waktu yang cukup untuk memperhatikan dan memberi kasih sayang yang penuh kepada anak sehingga anak tumbuh dengan kepekaan dan kecerdasan spiritual yang baik.

    Reply
  11. fera

    Menurut saya keluarga merupakan hal yang utama dalam pembentukan pribadi atau karakter seseorang, dan didalam keluarga terdapat ikatan yang tak dapat dipasahkan karena terbentuk melalui interaksi. Dari keluarga kita belajar berinteraksi dengah ayah,ibu,kakak,adik ataupun keluarga terdekat.

    Reply
  12. kesialaurensya

    saya setuju apa yang tertulis tersebut,sebagai ibu rumah tangga harus bisa sabar dan harus bisa menyiapkan itu semua dengan baik ,sedangkan sebgai kepala keluarga harus bertanggung jawab dalam keluarganya sendiri dalam menjaga keharmonisan dalam keluarganya.

    Reply
  13. fera

    saya setuju bahwa keluarga merupakan kelompok sosial yang saling berkaitan. Keluarga merupakan hal yang terpenting, di dalam keluargalah dibentuk karakter ataupun pribadi diri sejak dini. Keluarga yang terdiri dari ayah, ibu,kakak,adik, dan keluarga lainnya merupakan tempat perkembangan karakter. Dia dalam keluarga diajarkan norma-norma dan tradisi. Di dalam keluargalah kita belajar arti kebersamaan dengan orang terdekat yang memiliki hubungan darah.

    Reply
  14. Aloisius Johnsis / 02PNM / 1601265763

    ya dalam konteks gereja, keluarga juga adalah gereja mini. dimana di dalam keluarga akan muncul tunas tunas penerus dari gereja. dalam hal ini diperlukan kekompakan dari semua anggota keluarga agar dapat menghasilkan tunas tersebut, entah nanti dalam keluarga tersebut mungkin menjadi klerus, biarawan/i, ataupun membangun gereja mini yang baru, atau keluarga yang baru, semua itu adalah pilihan yang dapat dipilih oleh anggota dari keluarga tersebut.

    Reply
  15. rizaislamy

    keluarga memang merupakan nikmat yang patut disyukuri kepada Allah yang telah menganugrahkannya kepada kita. peran keluarga sangatlah penting terutama bagi ibu yang harus menjaga kondisi rumah, membina anak-anak nya, dan seorang ayah yang memiliki kewajiban untuk menghidupkan keluarga tersebut.

    Reply
  16. adityadityaa

    Keluarga adalah agen sosialisasi pertama yang menyambut kedatangan kita di dunia yang penuh teka-teki. Keluarga juga tempat untuk berlindung, berbagi kasih sayang, bahkan tempat untuk belajar. Saling memahami kekurangan dan kelebihan anggota keluarga adalah hal yang indah. Saya bersyukur telah terlahir di keluarga yang sangat memahami saya, memahami dan mempelajari cara bertindak untuk kedamaian dan ketentraman hidup. Entah harus bagaimana cara mengungkapkan kasih yang saya rasakan untuk mereka, saya hanya dapat melakukan yang terbaik untuk kehidupan demi keluarga yang sangat berharga ini.

    Reply
  17. fanyfsl

    Benar sekali untuk membangun sebuah keluarga yang harmonis, setiap anggota keluarga mempunyai perannya masing2. Saling menghargai dan tenggang rasa satu sama lain tanpa menunjukan sikap egois dan merasa dirinya “lebih” dari yang lain. Seperti seorang suami yang merasa lebih berkuasa daripada istrinya didalam keluarga, padahal sebenarnya mereka mempunyai tugas masing2 yang sama2 berat. Terimakasih.

    Reply
  18. Maorel

    Tuhan memang baik telah memberikan masing-masing dari kita Keluarga yang selalu ada saat dibutuhkan.

    Reply
  19. Nicholas Zhou

    keluarga ada suatu kelompok yang sangat special yang telah diberikan oleh Tuhan dan kita harus menghargainya, Walaupun dalam keluarga ada kalanya terjadi ribut namun keributan tersebut dalam diselesaikan dengan cinta, walaupun terkadang menuggu anggota keluarga satu sama lain itu tidak menyenangkan tapi tekradang menunggu ada sisi positifnya dan akan membawakan kebahagiaan seperti yang dikutip dalam artikel ini.
    Keluarga itu dapat membawakan kedamaian pada manusia karena dalam keluarga adanya cinta kasih yang luar biasa dan mengajarkan kebenaran pada kita kita semua.
    Ayah yang mencarikan nafkah keluarga dan ibu yang mengajari tanggung jawab pada anak anak dan mengajarkan kebaikan.
    dengan keluarga yang didasarkan oleh spiritual dan religius akan terbentuknya keluarga yang mempunya keharmonisan.

    Reply
  20. kevin suhari

    Tuhan telah memberikan kita segalanya.Keluarga yang selalu memelihara kita sejak kecil hingga dewasa.Kita harus tetap menjaga kebersamaan keluarga.Bermanfaat sekali

    Reply
  21. Romario Gautanto

    menurut saya keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. karena ketergantungan tersebut maka ada hubungan timbal balik antar anggota keluarga yang harus saling mengsupport sehingga keluarga tersebut menjadi lebih harmonis.

    Reply
  22. warsewo-prigo

    Bagi saya pribadai keluarga adalah bagian terpenting dalam kehidupan yang saya miliki. tempat dimana saya berasal dan ingin menghabiskan masa hidup saya. hanya ingin berterimah kasih pada kedua orangtua saya yang telah mebangun sebuah keluarga yang indah dan bahagia.

    Reply
  23. antoni

    dalam keluarga, tetaplah satu keluarga yang menjadi tulang punggung keluarga agar dalam keluarga itu, dapat membangun keluarga, sang ayah sebagai kepala dan tulang punggung keluarga harus banting tulang agar dapat menghidupkan dan menyenangkan keluarga,
    jadi kita juga harus bersyukur agar kita deiberikan keluarga yang sederhana dan harmonis,

    Reply
  24. Johanes

    baccan ini mengajarkan kita,agar kita saling menghormati, membantu, menyayangi anggota dalam keluarga kita. tanpa keluarga tentunya akan sulit bagi kita dalam menjalani hidup.

    Reply
  25. Setiady

    jadi baik istri maupun suami mempunyai peran masing masing yang harus dijalani untuk membangun sebuah keluarga yang harmonis dan saling melengkapi satu sama lain

    Reply
  26. Hanfei Hermawan

    suatu keluarga yang bahagia dapat terjadi jika setiap anggota keluarga terutama orangtua dapat menjalankan perannya dengan baik , dimana akan mempengaruhi anak”nya ketika mereka dewasa nanti dan akan memberikan pengajaran yg sama ke anak mereka nantinya .

    Reply
  27. mariantochandra@gmail.com

    sebuah keluarga dapat bahagia bila di dalam keluarga tersebut adanya komunikasi, hubungan, dan saling memahami satu sama lain antar anggota keluarga….

    Reply
  28. Alfaty Rachmania

    Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu yang memiliki hubungan antar individu dan terdapat ikatan, kewajiban, dan tanggung jawab di antara individu tersebut

    Reply
  29. ajie

    di dalam keluarga terdapat seorang suami yang bertindak sebagai kepala keluarga,seorang suami memiliki kewajiban untuk menghidupi istri dan anaknya dan sebuah keluarga yang baik adalah keluarga yang memiliki komunikasi atau sifat saling terbuka satu sama lain dan memiliki tingkat religius yang baik 🙂

    Reply
  30. dinandaharin

    setuju ! Karena Keluarga merupakan unit terkecil yang menyusun bangunan sebuah negara. Ibarat sebuah cermin, keluarga dapat menjadi miniatur untuk melihat baik-buruk, kokoh-rapuh, serta maju-mundurnya setiap negara di mana unit-unit keluarga itu berada. Keluarga juga merupakan titik tolak, yang menjadi landasan pacu bagi setiap anggotanya untuk menjadi sebagai apa yang dicita-citakan.

    Sudah menjadi rahasia umum, bahwa orang-orang besar dan berpengaruh lahir dari rahim keluarga-keluarga harmonis. Sementara orang-orang kerdil dan inferior, kebanyakan berasal dari keluarga sarat konflik, kering dari nilai ketuhanan dan kasih sayang.

    Reply
  31. fadhlir319

    keluarga adalah hal utama dalam kehidupan di dunia ini, ketika bayi baruu lahir hal utama yg dia liat adalah keluarganya, jika bayi bisa berkata waktu lahir dengan senangnya dia akan berkata “inikah keluargaku” hal yg paling dibanggakan seorang anak adalah keluarganya, karna kita orang indonesia telah didik akan mencintai keluarga adalah hal utama. keluarga adalah bagian awal kita mengenal dunia. dari keluraga kita belajar hal yg baik dan tidak, kelakuan kita diluar, lingkungan keluarga tidak lepas akan ajaran dari dalam keluarga, jadi kita harus mengajari sesuatu yg baik. akan dalam keluarga orang yang sukses tidak lepas dari keluarga yg selalu mendukungnya.banyak orang yg hidupnya berantakan akibat hubungan keluarga yg tidak harmonis, hubungan antara ayah dan ibunya ataupun keluarga dan anaknya, keluarga itu dapat membantu kita kapanpun dimananpun.

    Reply
  32. rheallia19

    Seperti apakah keluarga yg baik? Keluarga yg ‘broken’ dapat menyebabkan mental yg ‘broken’ juga bagi anggota keluarga. Lalu, cara apakah yg gbaik untuk mengatasinya?

    Reply
  33. DIAN INTAN KARTIKA SARI 1601252981

    Saya sangat terinspirasi dengan artikel keluarga ini…
    Ayah dan Ibu dalam keluarga memiliki peranan yang berbeda, namun mereka adalah satu-kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan dari satu-kesatuan merekalah mencerminkan anak mereka..
    Ibu memiliki peran yang harus mengatur semua urusan “rumah” hingga mendidik anak kerap lebih sering dilakukan ibu, lantaran ayah bekerja..
    Ayah memiliki peranan menjadi imam bagi keluarganya…
    saya paling setuju dengan point ketiga..dimana dasar kekuatan keluarga tergantung pada spiritualitas.
    Sebuah keluarga yang menjunjung tinggi Tuhan dan mengakui Tuhan adalah yang hadir dalam keluarga mereka, niscaya sisi-sisi lain yang menjadi komponen keluarga pun pasti sesuai dengan keadaan atau kondisi spiritualitas sebuah keluarga…

    Reply
  34. Melisa / 02PNM / 1601232166

    Arti keluarga bagi saya yaitu suatu hal yang terpenting dan segalanya dibandingkan dengan hal lainnya. Keluarga yang mengajarkan saya bagaimana menjalani dan membuat hidup ini bermakna, terutama kepada kedua orang tua saya. Keutuhan keluarga dapat dijaga dan dibina dengan hubungan yang baik, saling berinteraksi antar anggota keluarga yang satu dengan anggota keluarga yang lainnya.

    Reply
  35. Alvia Oktaviani

    Alvia Oktaviani 1601272586

    peran seorang Ayah adalah peran yang juga mulia. seorang Ayah menjadi pemimpin keluarga dan wajib menuntun keluarganya kepada jalan yang lurus dan benar. tanpa sosok Ayah sebuah keluarga akan merasakan kekurangan yang begitu kentara. karna seorang Ayah adalah panutan keluarga.

    Reply
  36. Melisa Patricia 1501178346 04PHJ

    Menurut saya keluarga merupakan hal yang utama dalam pembentukan pribadi atau karakter seseorang. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa orang-orang besar dan berpengaruh lahir dari keluarga-keluarga harmonis. tanpa keluarga tentunya akan sulit bagi kita dalam menjalani hidup.

    Reply
  37. Lilyana 1501178056 04PHJ

    Keluarga mengajarkan saya bagaimana menjalani dan membuat hidup ini bermakna, terutama kepada kedua orang tua saya. keluarga adalah segalanya tanpa keluarga kita tidak ada apa-apanya dikarenakan keluarga merupakan segalanya. jadi kita harus bersyukur agar kita deiberikan keluarga yang sederhana dan harmonis,

    Reply
  38. Ikke Winarya

    Keluarga adalah tempat pertama dimana setiap orang bersosialisasi, berkomunikasi. Terutama orangtua, merekalah yang mengajarkan segalanya pertama kali sebelum kita semua bersosialisasi dengan orang lain(teman,guru,dll). Dari sanalah kita semua berkembang, bagaimana cara berkomunikasi dsb terhadap orang lain. Oleh karena itulah bersyukurlah, berbahagialah dan jangan lah berbuat tidak baik kepada orangtua. Saya pun sangat amat bersyukur memiliki sebuah keluarga yang sederhana dan harmonis, dan itu semua membuat saya senang dan nyaman dalam keluarga.

    Reply
  39. Nabila Hanindya

    Keluarga merupakan aspek terpenting dalam pembentukan pribadi seseorang. Jika seorang anak tumbuh di keluarga yang harmonis, dimana orang tuanya memberikan kasih sayang dan memberikan pengajaran yang baik kepada si anak maka dia akan tumbuh menjadi pribadi yang di bangakan. Tanpa adanya keluarga maka hidup menjadi lebih susah karena keluarga lah yang selau membantu kita jika kita dalam masalah, mereka ada untuk kita.

    Reply
  40. arbart candra

    hubungan keluarga dalam spiritual dan religious. Relasi ini merupakan fondasi kekuatan berdirinya sebuah keluarga.dalam kutipan ini cukup menarik yang membahas tentang keluarga,dimana sebuah keluarga berperan sangat penting dalam kehidupan seseorang,menurut saya keluarga sangat mempengaruhi seseorang dalam menentukan jati diri kita.

    Reply
  41. Citra Angelita (04PDU)

    Tanpa adanya kehadiran ayah dan ibu, tidak aja juga kehadiran kita ini sebagai manusia dibumi ini. Menurut saya, tidak ada kata yang pantas utk mengartikan keluarga, karena keluarga lah memang yang paling terpenting dalam hidup ini. Ketika bayi dilahirkan, menjadi balita dan seterusnya, hal hal pertama pasti diajarkan oleh keluarga, dari cara berbicara, bagaimana cara memegang sendok dan sebagainya, keluargalah yang pertama kali mengajarkan bagaimana kehidupan. Karena itulah, keluarga mempunyai peran penting dalam kehidupan, tanpa keluarga kita bukanlah apa apa.

    Reply
  42. wilda 1501170993 04PHJ

    keluarga adalah hal yg utama dalam hal membentuk karakter seseorang. keluarga adalah orang yang pertama kali kita temui ketika kita lahir. dari keluargalah kita bisa berinteraksi dengan orang lain seperti sahabat, guru dan lain-lain.

    Reply
  43. Pinashti Sakanti

    Pepatah Tiongkok lama mengatakan keluarga adalah mutiara. Begitu berharganya nilai sebuah keluarga sehingga dia disamakan dengan mutiara. Karena dari sebuah keluargalah kita lahir, tumbuh dan dewasa. Seringkali kita dengan alasan kerja atau alasan lainnya mengabaikan keluarga kita, padahal kebahagiaan sejati bukan hanya diukur dari materi namun dari kehangatan sejati yang kita peroleh dari saling berbagi dalam kebersamaan sebuah keluarga.

    Reply
  44. masytha

    tak ada yang lebih mengerti kita dibandingkan keluarga.
    keluarga adalah benteng pertahan yang paling kuat yang pernah ada.
    keluarga adalah yang utama dari yang utama, sesibuk apapun kita dengan kegiatan apapun ingatlah keluarga selalu memberi dukungan dan mencintai kita dengan tulus

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s