Keluarga

Keluarga berasal dari kata : “kulawarga”, yang berarti “anggota” lingkungan yang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.

family smilingKeluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu yang memiliki hubungan antar individu dan terdapat ikatan, kewajiban, dan tanggung jawab di antara individu tersebut. Menunggu adalah suatu pekerjaan yang cukup menjemukan, namun kadang menunggu memberikan kebahagiaan. Demikian kami sekeluarga sedang menunggu kelahiran cucu kami yang ke-5 di Rumah Sakit Family Jakarta. Dengan perasaan was-was juga kami berkumpul semua satu dalam doa menanti saat-saat kedatangan anggota baru keluarga kami melalui proses operasi sesar.
Akhirnya datang juga seorang putra, lahir dalam keadaan sehat walafiat, dan penuh semangat. Ia tertawa manis sekali dan wajahnya bagus sekali. Kami semua memuji nama Tuhan, bersuka cita dan bersyukur karena Tuhan begitu baik sekali kepada KELUARGA kami semua.
Dalam sebuah topik pembicaraan dalam seminar yang diselenggarakan oleh majalah keluarga “Femina”, dengan pembicara tokoh-tokoh wanita. Ada Ibu Menteri dan pemerhati Lingkungan hidup, yang hadir di Hotel Kempinski. Hadirin sebagian besar ibu-ibu. Tema yang dibicarakan adalah peran wanita dalam keluarga. Saya mendapat pesan singkat Ibu Erna Witoelar bahwa di bagian penutup diperlukan pandangan seorang peninjau dari pihak bapak-bapak yang bicara atau paling tidak bertanya masalah keluarga. Akhirnya saya hadir dalam sesi kedua sudah mendekati coffee break.
Topik sangat menarik sekali berbicara tentang keluarga yang dipandang dari sisi wanita. Mulai dari mendidik anak sekolah, mengawalnya, mengajarinya, membimbingnya, mengantar dan menjemputnya sekolah. Wanita juga memasak untuk mempersiapkan makanan buat suami dan anak-anak, membersihkan rumah dan mengatur jadwal rumah tangga sampai ke urusan kamar.
Hadirin tidak terlalu penuh tetapi cukup serius mengikuti acara. Tiba-tiba saya sudah disodori kertas 3 atau 4 lembar suruh baca nanti habis coffee break. Saya disuruh membawakan sedikit pandangan sebagai juru bicara ibu-ibu ini. Ternyata tulisan ini bagus sekali, hampir semua naskah ditulis dalam pandangan positif, tanpa memandang sisi negatif sama sekali dari pihak bapak-bapak.
Ada 3 (tiga) hal pokok seorang ayah membawa keluarganya melintasi samudra yang penuh gelombang :
Pertama, adalah menjadi panduan keluarga. Seorang ayah memiliki kewajiban mencari uang untuk menafkahi keluarga, tetapi caranya memberi nafkah keluarga harus memberikan suka cita besar bagi keluarga itu sendiri, bagaimana membagi secara baik, membuat kehidupan yang serasi dan sepadan, serta mengajak istri bersama-sama mengelola keuangan keluarga,
Kedua, membawa damai walaupun tidak selalu berada di rumah atau kebersamaan. Ini merupakan bagian yang cukup sulit juga. Bagaimana caranya tidak selalu berada di rumah tetapi istri dan anak selalu merasa bahwa ayah mereka selalu berada dekat dengan mereka. Ketiga, hubungan keluarga dalam spiritual dan religious. Relasi ini merupakan fondasi kekuatan berdirinya sebuah keluarga.
Salam dan doa.

79 responses to this post.

  1. Posted by Aulia Fianda on June 15, 2013 at 9:20 pm

    Fondasi pembentukan pribadi seorang anak diawali dari bagaimana cara keluarganya memperlakukannya. Karena dari keluarganya lah ia mendapatkan pendidikan paling mendasar dari segi non akademis. Secara tidak sadar, hal ini merupakan hal yang paling utama yang dapat membedakan sifat dan sikap setiap orang di lingkungan masyarakat. Contohnya, kita dapat dengan awam membedakan sikap seorang preman yang tidak mendapat edukasi seperti yang didapat oleh keluarga keraton.

    Reply

  2. Posted by ananda_1601268872 on June 16, 2013 at 3:32 am

    Keuarga adalah hal paling terpenting, bagi saya. Karna keluarga org yg paling utama dn paling tahu karakter seseorng. Keluarga jg mengajarkan hal yg baik dn membatu memperbaiki hal yg tidak baik. Keluarga selalu ada untuk mensupport keluarga yg lainnya, saling membantu, susah senang, bahagia maupun duka keluarga slalu ada untuk keluarganya.

    Reply

  3. Keluarga, dalam pengertian sempit terdiri dari ayah, ibu, dan anak. peranan ayah dan ibu didalam keluarga memang cukup penting bagi kehidupan anak-anaknya. ayah mencari nafkah dan ibu membenahi anak-anaknya agar menjadi lebih baik kedepannya. alangkah baiknya kita mengartikan keluarga lebih dari itu dengan pengertian yang lebih luas bahwa kita semua ini adalah satu dan kita semua adalah keluarga.

    Reply

  4. Posted by elfizia carina on June 16, 2013 at 3:43 pm

    Elfizia Carina – 1501158773
    Keluarga adalah anugrah dari Tuhan yang terdiri dari ayah ibu dan anak. Peranan ayah dan ibu sangat mempengaruhi anak. Jadi bentuklah keluarga yang harmonis dan menjadi contoh yang baik.

    Reply

  5. Keluarga merupakan tonggak utama dalam meletakkan norma pada si anak. Dalam hal ini keluarga berperan besar dalam segala aspek untuk menunjukkan jadi apakah diri kita kelak kedepannya. Keluarga yang baik atau bagus tentu akan menghasilkan jiwa” muda yang bagus pula

    Reply

  6. Posted by Felix Yogama / 04 PIF / 1501154384 on June 17, 2013 at 9:53 am

    Keluarga adalah orang terdekat dan terpenting dalam hidup kita. disaat semua orang menolak dan tidak mendukung kita,pasti keluarga menerima kita dan mensupport kita walau ada perbedaan pendapat. oleh karena itu kita harus menjaga keluarga kita agar tetap intim dan hangat

    Reply

  7. Posted by muhammad ardiansyah on June 17, 2013 at 10:30 am

    remaja jaman sekarang banyak yang tidak merasakan kasih sayang, karena orang tua mereka bercerai. jadi sebagai keluarga yang baik walaupun sudah bercerai harus memberikan kasih sayang kepada anak mereka.

    Reply

  8. Posted by sandra on June 17, 2013 at 4:02 pm

    Mendengar kata keluarga tiba – tiba langsung ingat rumah, mungkin kebanyakan perantau seperti saya merasakan hal yang sama. Keluarga bagi saya adalah sesuatu yang paling berharga yang saya punya di dunia ini selain Tuhan. Kelurga adalah emas, berlian dan apapun itu yang bernilai tinggi. Sayapun tidak bisa menjadi saya saat ini tanpa dorongan dan motivasi dari kelurga saya tercinta nan jauh disana.

    Reply

  9. Posted by Ervina on June 17, 2013 at 4:19 pm

    Keluarga merupakan hal yang terpenting dan juga tempat pengembangan karakter.
    Didalam keluarga ini orang tua sangatlah penting. Dimana kalo kita bertemu dengan suatu masalah maka yang bisa melindungi kita hanyalah kedua orang tua kita. Jika didalam sebuah keluarga berkurangnya salah satu orang dari keluarga tersebut contohnya seorang ibu, maka anak tersebut menjadi merasa kurang kasih sayang seorang ibu sehingga membuatnya menjadi berbeda dengan yang dulu.

    Reply

  10. Posted by chandra Mustadiansyah-1501184222-04phj on June 17, 2013 at 4:24 pm

    setiap anggota keluarga memiliki perannya masing masing di dalam keluarga tersebut. peranan ayah seperti yang tertulis pada artikel ini sangatlah benar. peranan ayah yang di kombinasikan dengan peran ibu akan menciptakan anak2 yang tumbuh menjadi postiif dan harmonis dalam keluarga🙂

    Reply

  11. Posted by angelaflorensia on June 17, 2013 at 4:56 pm

    keluarga merupakan awal seseorang memulai belajar bersosialisasi. dengan keluarga kita, kita dapat belajar bagaimana untuk memulai keluar dengan orang lain. keluarga merupakan segalanya. tanpa keluarga kita dapat hancur merasa sedih, sendiri. orang yang hartanya berlimpah sekalipun tidak dapat menggantikan arti sebuah keluarga. keluarga merupakan sumber kebahagiaan bagi kita

    Reply

  12. Posted by Tumpal Immanuel ( 04 PIF ) on June 17, 2013 at 7:02 pm

    Dalam keluarga yang pastinya terdiri dari ayah dan ibu. Kedua pihak sama-sama memiliki peran sosial yang penting dalam membangun keluarga. JIka ayah dan ibu tidak bekerja sama mungkin keluarga sedikit kacau. Kerjasama sangat di perlukan antara ayah dan ibu. Juga dalam berketurunan, memeliharan dan merawat keluarga membutuhkan peran ayah dan ibu.

    Reply

  13. Posted by BRYAN PATTY on June 19, 2013 at 1:50 am

    Keluarga adalah kumpulan orang-orang yang sangat berarti untuk hidup saya. Keluarga bukan berarti hanya mama, papa, adik, kakak. Tetapi teman-teman bisa saya jadikan sebagai keluarga, Di mana saya mendapatkan perhatian, kasih sayang, dan kehangatan dalam berelasi.

    Reply

  14. Posted by depri christian on June 19, 2013 at 2:18 pm

    keluarga mempunyai peranan penting dalam langkah hidup kita,tanpa keluarga yaitu orangtua kita kita tidak dapat dpt lahir ke bumi ini jadi berbaktilah kpd keluarga terutama ayah dan ibu yg melahirkan kita

    Reply

  15. Posted by andre 04PHJ on June 20, 2013 at 8:57 am

    keluarga merupakan lingkungan yang terkecil untuk berinteraksi. Dengan adanya keluarga, kita dapat berlatih untuk bersikap baik untuk sesama. Didikan dari ayah dan ibu yang baik dalam keluarga pun sangat membantu dalam membentuk karakter pribadi yang baik

    Reply

  16. Posted by Andi Muhammad Fauzi/ 02PNM/ 1601266702 on June 20, 2013 at 11:06 am

    Keluarga merupakan hal yg paling utama dalam hidup. Tempat pengembangan diri paling awal dalam diri seseorang dimulai dari sebuah keluarga. Orang tua disini biasanya merupakan contoh atau kiblat seorang anak untuk masa depannya. Maka itu orang tua, terutama ayah dan ibu untuk lebih memperhatikan perkembangan anak-anaknya.

    Reply

  17. keluaarga sangat berpengaruh dalam perkembangan diri kita..
    keluarga memiliki peran yang sangat penting untuk kita.
    keluarga merupakan pelindung untuk kita.

    Reply

  18. Keluarga adalah tempat di mana kita bisa meminta bantuan bila terjadi masalah di luar. Tetapi sayangnya banyak keluarga yang tidak seperti keluarga, seperti kdrt dalam keluarga, maka itu setiap orang dalam keluarga seharusnya bisa bertanggung jawab,maka dengan itu tercipta keluarga yang harmonis.

    Reply

  19. Posted by cottonbutton on June 21, 2013 at 3:39 pm

    Harta yg paling berharga adalah keluarga. Dari kecil kita tumbuh bersama keluarga. Jika kita dalam kesusahan, keluarga selalu ada untuk kita

    Reply

  20. Posted by Reynold Lukman on June 21, 2013 at 4:34 pm

    keluarga itu artinya adalah seseorg yg memiliki hub darah dengan kita. itu disebut sbg anggota keluarga. namun ada pula seseorg yg tidak memiliki hub darah namun kita menganggapnya sebagai keluarga krn sudah sangat dekat, seperti keluarga.

    Thanks

    Reply

  21. betapa pentingnya keluarga buat seseorang. dimana ketika orang lain tidak dapat menerima kita, tetapi hanya keluarga kita yang dapat mengerti dan menerima kita apa adanya. ketika terjadi sesuatu kepada kita, hanya keluarga lah yang pertama yang akan peduli dan membantu kita. jangan pernah meninggalkan keluarga kita.

    Reply

  22. Posted by Luna Claria Febri on December 5, 2013 at 1:28 pm

    Keluarga bagi saya adalah segala-galanya. I cant live without them, they basically y everything. Walaupun kita kadang-kadang bertengkar, namun pada akhirnya kita baikan dan melupakan hal tersebut. Because blood is thicker than water.

    Reply

  23. keluarga bagi saya adalah sesuatu pemberian yang sangat luar biasa yang bisa saya terima dan saya sangta bersyukur ats mereka yang tekah diberikan kepada saya bahkan saat dimana saya sangat sedang jatuh ada keluarga yang selalu siap untuk mengagkat saya kembali

    Reply

  24. Keluarga adalah mereka yang terikat dalam hubungan darah. Keluarga adalah sebuah harta pemberian Tuhan yang tidak ternilai. Di keluarga lah kita lahir, tumbuh, belajar dan berkembang. Tak ada yang lebih peduli terhadap kita kecuali Tuhan dan Keluarga.

    Reply

  25. Posted by Defreia/1701357771/01PNO on December 5, 2013 at 3:35 pm

    Keluarga, organisasi sosial terkecil dalam masyarakat. Yang adalah tempat yang pengaruhnya sangat besar dalam perkenalan dan pembangunan karakter, komunikasi, norma, nilai, kebiasaan, dan lain-lain, tempat dimana seseorang mendapatkan perhatian dan kasih sayang tanpa batas

    Reply

  26. “blood is thicker than water” keluarga adalah dimana kita berkembang, mendapat dan mengasih kasih sayang kita, dimana kita bisa menjadi diri sendiri dan melindungi kita

    Reply

  27. seperti yang pernah kita dengar bahwa manusia adalah mahkluk sosial, yang artinya setiap orang tidak dapat hidup sendiri dan membutukan orang lain. karena itu lah kita membutuhkan yang namanya keluarga.

    Reply

  28. kelompok yang paling kecil dimasyarakat adalah keluarga, tapi aneh nya sering sekali keluarga menjadi akar masalah yang paling besar pengaruhnya dalam kehidupan seseorang.. banyak faktor yang dapat mempengaruhinya, biasanya karena kurang nya komunikasi, ke egoisan dan lain sebagainya

    Reply

  29. Posted by 04PKF_HardianIkhsan on March 26, 2014 at 4:28 pm

    keluarga adalah hal terpenting dalam kehidupan seseorang, melebihi sahabat dan rekan kerja. keluarga adalah tempat kita untuk berlindung, dimana terletaknya keterbukaan dan kenyamanan. ikatan batin yang dimiliki keluarga lebih kuat dari apapun, ketika kita berada dalam tekanan ujian kita selalu dapat mengandalkan keluarga untuk bersandar. saya pribadi sangat mencintai keluarga saya melebihi apapun itu.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: