Panic Disorder

Suatu Syndrome ketakutan yang dialami, serangan panic sisorder sangat berbahaya (Adh)

panic24 tahun lalu saya mengalami suatu serangan penyakit yang aneh, yaitu Panic Disorder Syndrome cukup parah. Ia juga menyerang pendengaran dan keseimbangan, selain mengakibatkaan vertigo berat juga shocking, yang bisa muntah-muntah seperti gegar otak.
Saya sedang berada di sebuah food court di bilangan Grogol bersama istri saya yang mau menghibur dan ajak saya makan malam. Dalam suasana yang ramai sekali dan tiba-tiba hal itu terjadi. Dalam hitungan detik saya menjadi seperti seorang gila. Seperti mimpi buruk, hanya saja saya dalam keadaan bangun dan sadar. Semua menjadi gelap dan keringat bercucuran keluar tubuh saya, tangan saya, dan bahkan rambut saya menjadi basah kuyup. Punggung dan kaki saya sangat lemah dan saya merasa seperti tidak mampu bergerak. Lalu saya duduk jongkok, kemudian istri saya mengangkat saya untuk berdiri.
Seakan-akan saya telah diambil alih oleh kekuatan yang lebih besar. Saya merasa semua orang melihat saya, tapi hanya wajah-wajah mereka saja. Semua bercampur aduk menjadi satu. Jantung saya mulai berdetak keras. Badan serasa diguncang-guncang seperti orang naik mobil lewat jalan berlobang-lobang. Di kepala dan di telinga seperti penuh dengan suara-suara yang mengganggu sekali. Saya pikir jantung saya akan berhenti. Saya melihat sinar hitam dan kuning. Saya bisa mendengar suara-suara tetapi seperti dari kejuhan. Saya tak dapat berpikir jernih apapun juga, kecuali apa yang saya rasakan dan bagaimana saya harus keluar atau saya akan mati. Saya harus keluar dan mendapatkan udara segar. Kejadian ini bagi saya seperti berlangsung sesaat. Saya sangat lelah ketika istri saya mengajak pulang dan saya menangis dan menangis dalam hati. Mengapa ini bisa terjadi dan baru keesokan harinya saya merasa normal kembali.
Berat badan saya turun drastis lebih 20 kg. Saya sudah ke dokter tapi tidah bisa menemukan apa sakitnya. Bapak Stefanus Gunadi juga membantu dengan mendatangkan pendoa Bapak Benyamin Ratu. Lalu, beberapa lingkungan membuat Doa Rosario berantai. Doa-doa juga dipanjatkan oleh para pastor dan suster yang berdatangan ke rumah. Saya tidak tahu bagaimana mengakhiri sakit saya ini. Melalui perawatan intensif dokter, sampai setahun lamanya, berkat Tuhan melindungi, maka saya sembuh total tetapi mengalami kelumpuhan pendengaran alias budeg.
Ketakutan memberikan banyak kerugian dalam kehidupan kita. Walau sebenarnya ketakutan itu sendiri adalah bagian dari mental spiritual, sehingga kita harusnya bisa mengatasinya dengan baik. Bagian yang paling berbahaya adalah PANIK. Bagaimana kita bisa berpikir jernih untuk mencari jalan keluar kalau kita panik? Dalam hal ini kita memang perlu ketenangan dengan dukungan doa dan bantuan spiritual yang tinggi.
Mudah-mudahan kita bisa hidup dalam ketenangan. Semoga Tuhan memberikan kita kekuatan. Semoga Tuhan menjauhkan kita dari ketakutan berlebihan apalagi keadaan panik dalam keluarga kita. Terima kasih Tuhan telah menyembuhkan saya sekaligus membawa saya ke air yang tenang. Tuhan memberkati.

34 responses to this post.

  1. Saya baru mengetahui adanya sindrom panic disorder ini dan apalagi ini adalah suatu penyakit yang berbahaya. terima kasih atas infonya dan syukur kepada Tuhan yang telah menyelamatkan anda.🙂

    Reply

  2. Posted by Justman Tan - 1601266186 on May 21, 2013 at 1:49 pm

    Faktor psikologis, peristiwa kehidupan menegangkan, hidup transisi, lingkungan, dan berpikir dengan cara yang terlalu berlebihan, reaksi tubuh relatif normal juga diyakini berperan dalam timbulnya gangguan panik. Seringkali serangan pertama dipicu oleh penyakit fisik, stres utama, atau obat tertentu. Orang memikul tanggung jawab yang besar lah yang paling mudah menderita Panic Disorder ini.
    Panic Disorder juga dapat terjadi apabila seseorang menyalahkan gunakan zat seperti merokok dan alkohol. Penggunaan obat penenang juga menjadu faktor utamanya.

    Reply

  3. Sedikit sharing dari saya. Setiap orang tentunya pernah mengalami sebuah ketakutan, entah itu ketakutan dalam hal pendidikan, rumah tangga atau pun yang lain. Namun proses tersebut juga sangat kita butuhkan terutama untuk menjadi pembelajaran baru, agar kelak kita dapat mengatasinya apabila terjadi kembali. Seperti yang dikatakan diatas, ketakutan sendiri merupakan bagian dari mental spiritual kita. Ketakutan dalam diri kita harus dapat diatasi dengan baik sehingga dapat menekan kepanikan dengan munculnya pola pikir yang rasional. Untuk menekan kepanikan dalam ketakutan yaitu kita harus berusaha tenang untuk mendapatkan jalan keluar secepatnya atas ketakutan kita. Sekian yang saya sharingkan.

    Reply

  4. panik merupakan kebiasaan yang berbahaya karena panik kita tidak dapat berfikir bersih seperti kita sedang tenang,oleh karena itu kita harus menghilangkan kebiasaan panik mulai dari sekarang agar kelak kita selamat

    Reply

  5. Posted by kevin suhari on May 24, 2013 at 8:37 am

    Kekuatan doa yang mampu memulihkan,luar biasa sekali kekuatan doa tersebut.Ketika tidak ada jalan lain,dengan dukungan oleh Tuhan,Dia membukakan jalan yang baru.Bermanfaat sekali.

    Reply

  6. Posted by leonardy on May 24, 2013 at 10:58 am

    didalam segala hal kita harus tetap tenang,jangan panik
    karena akan mencelakan kita senditri

    Reply

  7. menurut gw panic yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang menjadi takut akan sesuatu seperti halnya mati atau meninggal dunia. seharusnya kita melakukan sesuatu tidak perlu terburu buru atau panic lakukan secara perlahan tetapi pasti

    Reply

  8. Posted by Johanes on May 24, 2013 at 1:43 pm

    Jangan panik dalam mengambil suatu keputusan, karena jika panik tindakan yang kita ambil belum tentu benar.

    Reply

  9. penyakit panik ini kita harus mencegahnya, karena penyakit ini juga menyerang dalam penyakit lain, tentu yang muncul dari sifat kita yang ada dalam lingkungan kita, penyakit ini mempunyai ketakutan yang berlebih, Tuhan telah memberikan ketakutan agar kita berani yang dapat merugikan orang banyak,
    maka dari itu kita harus hidup sehat, dan menjaga jasmani dan rohani yang kita miliki.

    Reply

  10. sering kali kita mendengar bahwa orang gagal, orang kesal karena kepanikan yang dialaminya. sehingga secara sederhana kita mampu menyimpukan bahwa panik akan membawa banyak keburukan. Namun sebelum kita menyadarinya, ternyata dari jaman dahulu telah ada cara untuk mengatasi kepanikan tersebut. mereka mendapatkannya karena mereka menyadari ada Sosok yang mengatur dirinya. sehingga sebagai penemu tersebut mngajurkan kepada orang lain untuk meminta kemudahan dalam mengatasi suatu masalah dan meminta agar diberikan ketenangan agar tidak panik dalam mengatasinya.

    Reply

  11. Tenang dan selalu meingat tuhan merupakan senjata dalam menghadapi kepanikan

    Reply

  12. Posted by mariantochandra@gmail.com on May 25, 2013 at 6:44 am

    dalam hidup ini dibutuhkan ketenangan agar dalam hidup ini kita dapat menjalankannya dengan baik dan dapat mengarahkan kita ke tujuan hidup yang benar….

    Reply

  13. Posted by Dimas Abdul Aziz on May 25, 2013 at 10:28 am

    saya merasa bersyukur tidak mendapat penyakit aneh ini

    Reply

  14. Saya pernah mengalami panik, dan ketika itu, kita tidak dapat berpikir jernih, dan tidak dapat melakukan sesuatu sesuai rencana.

    Reply

  15. Apakah penyebab utama Panic disorder? apakah orang2 yg terkena panic disorder sedang mengalami masalah pikiran atau mental?

    Reply

  16. Posted by Alfaty Rachmania on May 25, 2013 at 1:39 pm

    segala sesuatu harus di hadapi degan tenang dan tidak panik

    Reply

  17. cerita bapak inspratif banget, saya baru menyadari salah satu dampak yang begitu besar apabila kalau kita terlalu panik atau kurang memiliki spiritual yang tinggi, tapi saya yakin dengan adanya salah satu matkul CB spiritual bisa meningkatnya kemampuan spiritual saya sehingga saya tidak mengalami hal seperti tersebut…

    Reply

  18. Saya menjadi terharu terhadap postingan Bapak , banyak yang dapat dipelajari darui spirit bapak saat ini pantang menyerah dan lain-lain , mudah-mudahan saya bisa belajar spirit yang optimal dalam diri saya , semoga bapak dapat menjalankan aktivitas bapak sehari-hari

    Reply

  19. Ya benar… hal-hal seperti ini memang adalah yang harus menerima pertolongan Tuhan dan banyak berdoa..
    kepanikan kerap kali menimpa manusia, tetapi kita harus berusaha untuk tidak panik…
    cara berjaga-jaga yang efektif adalah dengan beroda…
    Doa saja yang mendekatkan kita kepada Allah…Allah yang sanggup menjauhkan kita dari hal-hal yang brbahaya..

    Amin🙂

    Reply

  20. segala cobaan dalam hidup ada hikmahnya, itulah yang harus diperhatikan. dalam kehidupan ini adalah kesehatan yang paling mahal harganya, karena itulah yang membatu kita menghadapi kehidupan duniawi ini.

    Reply

  21. Semua orang wajar mengalami ketakutan atau panik dalam hidup nya. Itu adalah proses atau perasaan emosi yang pasti dimilki setiap manusia. Kita harus percaya kepada tuhan dia pasti akan ada untuk membantu menyelesaikan masalah kita, dan tuhan tidak akan tidur.

    Reply

  22. Posted by Melisa Patricia 1501178346 04PHJ on June 15, 2013 at 9:41 am

    kepanikan merupakan suatu perasaan yang dialami seseorang apabila dia merasa ketakutan didalam hidupnya. hal tersebut merupakan hal yang wajar terjadi.namun janganlah khawatir terhadap hal yang kita takutkan karena Tuhan pasti akan menyelesaikan perkara kita.

    Reply

  23. Posted by Lilyana 1501178056 04PHJ on June 15, 2013 at 9:42 am

    orang sering kesal karena kepanikan yang dialaminya. sehingga kita mampu menyimpukan bahwa panik akan membawa banyak keburukan. Namun sebelum kita menyadarinya, ternyata dari jaman dahulu telah ada cara untuk mengatasi kepanikan tersebut.

    Reply

  24. Rasa panik dan ketakutan adalah perasaan yang pastinya pernah di alami seseorang. Perasaan tersebut seringkali membuat kita takut melakukan banyak hal karena kita meraskan panik dan ketakutan. Sehingga rasa panik dan ketakutan tidak memberikan keuntungan sama sekali kepada kita, hanya membuat kita rugi, maka dari itu kita harus bisa mengelola ras takut dan panik itu jangan sampai kita hidup di penuhi dengan rasa takut dan panik yang akhirnya merungikan diri kita sendiri.

    Reply

  25. Posted by arbart candra on June 15, 2013 at 11:20 am

    kutipan ini sangat menarik ,Ketakutan memberikan banyak kerugian dalam kehidupan kita. Walau sebenarnya ketakutan itu sendiri adalah bagian dari mental spiritual, sehingga kita harusnya bisa mengatasinya dengan baik. Bagian yang paling berbahaya adalah PANIK. Bagaimana kita bisa berpikir jernih untuk mencari jalan keluar kalau kita panik? Dalam hal ini kita memang perlu ketenangan dengan dukungan doa dan bantuan spiritual yang tinggi.

    Reply

  26. Posted by wilda 1501170993 04PHJ on June 15, 2013 at 1:14 pm

    Panik sebenarnya adalah kondisi alami pada setiap orang. Panik dalam kadar ringan yang datang hanya sesekali, adalah hal biasa. Tapi, jika cemas atau panik datang berulang dalam kadar tinggi, sehingga aktivitas kerja menjadi terganggu, sebaiknya harus waspada. Seseorang mengalami kepanikan karena dirinya mempersepsikan sesuatu secara berlebihan. Persepsi berlebihan itu bisa muncul akibat trauma kegagalan di masa lalu.

    Reply

  27. Lumayan banyak orang mengalami penyakit ini. yang merasa takut ketika seseorang berada dikeramaian dan banyak kebisingan yang terjadi. rasa panic tersebut akan muncul dan menyebabkan seseorang menjadi stress dan akhirnya lumpuh.

    Reply

  28. Ketakutan memberikan banyak kerugian dalam kehidupan kita. Walau sebenarnya ketakutan itu sendiri adalah bagian dari mental spiritual, sehingga kita harusnya bisa mengatasinya dengan baik. Bagian yang paling berbahaya adalah Panik

    Reply

  29. Posted by chandra Mustadiansyah-1501184222-04phj on June 17, 2013 at 4:35 pm

    kepanikan seharusnya dapat di cegah. berfikir tenang dan positif sebelum menjalankan sesuatu yang dapat membuat kita panik tersebut. dan selalu mengingat Tuhan YME agar membantu kita menjalankan sesuatu sehingga panik akan hilang🙂

    Reply

  30. Panic disorder bisa terjadi pada siapapun juga, terutama menjelang ujian, maka itu kita berusaha tetap tenang serta berdoa kepada Tuhan.

    Reply

  31. Posted by Luna Claria Febri on December 5, 2013 at 2:34 pm

    Panic disorder dapat timbul akibat kita terlalu memikirkan suatu masalah atau overthinking. Cobalah untuk istirahat sebentar dari masalah-masalah kita, alihkan pikiran anda dari masalah tsb Berdoalah minta pertolongan Tuhan agar kita dapat menangani masalah kita.

    Reply

  32. panic disorder, bisa juga dikatakan anxiety, dapat terjadi karena sesorang mengalami stres atau banyak pikiran yang terus menerus membuatnya cemas, maka kita harus segera berdoa dan mengatasinya

    Reply

  33. Posted by Twinna on March 26, 2014 at 3:10 pm

    Wah.. saya baru tahu ada penyakit itu. Menyeramkan sekali, penyebab nya apa? karena tidak mampu mengatasi ketakutan dan panik? sampai turun 20 kg, seperti direngut tubuh bapak.. Semoga syndrome ini tidak akan terjadi lagi kepada bapak yha.. Amiiien. Saya dulu juga tidak mampu mengatasi hal-hal seperti itu.. sampai suatu saat beberapa teman saya menegor untuk lebih santai dalam menghadapi suatu kejadian. Omongan itu menyakitkan, namun membawa saya menjadi jauuuh lebih tenang dan santai seperti hari ini.

    Reply

  34. Omong kosong.semua yg komen berarti tdk ngerti apa itu panik.ketahuilah bahwa orang yg sdg terkena serangan panik sangat bertolak belakang dgn keadaan kita sekarang.bagi para pembaca mungkin akan bisa menerima nasehat nasehat di atas tapi bagi mereka itu semua ibarat mata pisau yg tumpul.malah sampai ada yg komen untuk tenang dan jangan suka panik.seakan akan bahwa panik itu bisa di kendalikan.untuk para penderita serangan panik saya tidak akan komen banyak,hanya satu yaitu di saat dalan keadaan tenang dan tdk ada serangan berusahalah utk berkomunikasi pada org terdekat anda tentang segala unek unek di hati.dan jgn sampai memendamnya.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: