ABRAKADABRA

Kata ini berasal dari bahasa Aram “Ahbra Kedahbra”, yang berarti “terjadilah seperti apa yang aku inginkan.”

Abrakadabra menurut Encyclopædia Britannica 1911 digunakan pada abad ke-2 masehi tertulis pada buku De Medicina Praecepta oleh Serenus Sammonicus seorang tabib kaisar Romawi Caracalla. Dia menyarankan bahwa penderita penyakit diminta untuk memakai jimat bertuliskan :

A – B – R – A – C – A – D – A – B – R – A

Ia menjelaskan bahwa dengan menggunakan jimat ini penyakit dapat disembuhkan. Kepercayaan ini berlangsung terus pada kekuasaan Kaisar Romawi, termasuk Kaisar Geta dan Kaisar Alexander Severus. Semua pengikut ajaran medis Serenus Sammonicus cenderung menggunakan mantra dan jimat ini.
Pada mulanya kata ini digunakan sebagai formula ajaib oleh Gnostik dari Sekte Basilides dalam memohon bantuan roh leluhur mereka dalam menyembuhkan penyakit dan menghindari kemalangan. Tulisan ini ditulis pada batu Abraxas yang dipakai sebagai jimat.
Saya rasa dari anak-anak penggemar komik, film sampai orang besar mengenal kata ini di samping Sim Sala Bim yang memiliki arti hampir sama.
Dalam kehidupan, kita semua hampir mengucapkan Abrakadabra, supaya semua keinginan kita terpenuhi sekarang juga!
Apapun juga kalau kita lihat dari sisi positif adalah baik adanya, tetapi kalau kata “Jadilah kehendaku” menjadi “Jadilah Kehendak-MU” Abrakadabra, maka anda sudah diberkati.

Suatu hari saya berkunjung ke Rumah Sakit Pondok Indah untuk mengunjungi sahabat karib saya. Dalam perjalanan saya berdoa, alangkah indahnya kalau Tuhan bisa menyembuhkan sahabat saya, Jefrey Dompas, terus-menerus sepanjang jalan, tapi ampun jalan macetnya luar biasa. Padahal saya sudah buat janji dengan Romo Andang SJ untuk buat Misa kecil di sana, tapi apa pasal tetap saja kami tidak bisa melintas jalanan yang macet. Sahabat yang mendampingi saya berseru Abrakadabra, ya ampun kita sampai juga, ternyata saya tertidur sepanjang perjalanan dan sampai juga, tapi Misa sudah selesai. Saya tersenyum saja tapi kami lanjut dengan doa bersama. Kita semua ingin Abrakadabra, tetapi Tuhan berkehendak lain. Permintaan kita tetap dilantunkan. Apapun terjadi Tuhan lebih senang kita minta sesuai kehendak kita walaupun apa yang kita minta Tuhan sudah mengetahui-NYA.
Mengatakan terjadilah sesuai kehendak kita bukanlah hal yang jelek karena dasar pemikiran itu lebih penting. Jika kita bekeinginan baik dan mulia, sering kali kita takut menghadapi sesuatu persoalan atau masalah. Katakanlah
“saya tidak takut karena Tuhan ada disampingku, besertaku selamanya”. Ini adalah sebuah keinginan kita yang ditaruh diatas kepasrahan dan kekuatan Tuhan. Firman-Mu adalah pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku!
Abrakadabra, jadikanlah semua sahabatku bahagia, walau dalam suka maupun duka!
Tuhan memberkati selalu. Salam dan doa.

24 responses to this post.

  1. Posted by Maorel on May 24, 2013 at 5:59 am

    Pembelajaran dari artikel ini bahwa sebaik atau sebesar apapun keinginan kita, jauh lebih baik keinginan dan kehendak Tuhan. Amin

    Reply

  2. Posted by kevin suhari on May 24, 2013 at 8:42 am

    Terkadang permintaan kita dengan apa yang direncanakan Tuhan mungkin berbeda.Belajarlah menerima apa adanya.Dengan begitu apa yang diberikan Tuhan akan selalu kita syukuri.Bermanfaat sekali

    Reply

  3. Posted by leonardy on May 24, 2013 at 11:18 am

    bacaan ini mengjarkan agar kita percaya pada diri kita dan kata-kata yang memotivasi kita

    Reply

  4. abracadabra seperti yang di bilang di atas adalah terjadilah apa yang di inginkanNYA. kita tidak bisa mengubah hal tersebut tapi kita bisa melakukan sesuatu untuk membuatnya jadi lebih baik dengan doa dan keyakinan maka seua akan berjalan menjadi lebih baik.

    Reply

  5. Posted by Johanes on May 24, 2013 at 2:16 pm

    bacaan ini mengajarkan agar kita percaya pada diri kita dan kata-kata yang memotivasi kita

    Reply

  6. Posted by mariantochandra@gmail.com on May 25, 2013 at 7:04 am

    hidup itu sudah ditentukan oleh Tuhan dalam segala hal, maka dalm hidup tidak dapat seperti dalam pertunjukan sulap…

    Reply

  7. Seandainya ABRAKADABRA dapat benar-benar mengabulkan apa yang kita inginkan, hidup ini akan lebih baik, namun kita ada Tuhan yang selalu memberikan apa yang kita butuhkan bukan inginkan.

    Reply

  8. keinginan yang tidak mungkin terwujud akan menjadi kanyataan apabila kita meminta dikabulkannya kepada tuhan

    Reply

  9. Saya percaya, bahwa sebenarnya kehendak Tuhan adalah yg paling sesuai untuk kita walaupun mungkin saja kehendak tersebut tidak sesuai atau bertolak belakang dengan kehendak kita. Saya percaya selama kita yakin dan percaya, kata2 seperti abrakadabra dan sim sala bim tidak diperlukan untuk mendapatkan yg kita mau.

    Reply

  10. banyak setiap manusia yang putus asa akibat yang diinginkan mereka belom di kabulkan Tuhan atau manusia takut menghadapi sesuatu persoalan, seharusnya kita harus yakin, terus berusaha dan juga jangan lupa berdoa supaya mendapatkan hal yang terbaik bagi-Nya

    Reply

  11. Namun faktanya sekarang Abrakadabra bukanlah sebagai pedoman kita , karena itu hanyalah mitos dan tidak terbukti kebeneranya ,
    seperti yang bapak katakan
    ”Apapun terjadi Tuhan lebih senang kita minta sesuai kehendak kita walaupun apa yang kita minta Tuhan sudah mengetahui-NYA.”

    Reply

  12. Posted by Alfaty Rachmania on May 26, 2013 at 4:54 am

    Mengatakan terjadilah sesuai kehendak kita bukanlah hal yang jelek karena dasar pemikiran itu lebih penting. Jika kita bekeinginan baik dan mulia, sering kali kita takut menghadapi sesuatu persoalan atau masalah. Katakanlah

    Reply

  13. cerita yang lumayan seru , “abracadabra” cukup sebagai istilah yang menjadi jimat kata orang-orang dulu. tetap percaya kepada tuhan agar selalu mendapat lindungan dariNYA.

    Reply

  14. Posted by Lilyana on June 15, 2013 at 8:13 am

    kata yang kita ucapkan itu adalah motivasi buat kita. Mengatakan hal yang jelek akan membuat kita tidak semangat. Jika kita bekeinginan baik dan mulia, sering kali kita takut menghadapi sesuatu persoalan atau masalah.

    Reply

  15. Posted by Melisa Patricia on June 15, 2013 at 8:14 am

    bacaan ini mengajarkan agar kita untuk mengeluarkan kata-kata yang memotivasi kita.”saya tidak takut karena Tuhan ada disampingku, besertaku selamanya”. Ini adalah sebuah keinginan kita yang ditaruh diatas kepasrahan dan kekuatan Tuhan.

    Reply

  16. Wah, sungguh artikel yang menarik. Saya jadi mengetahui bahwa abracadabra berasal dari bahasa Aram “Ahbra Kedahbra”, yang berarti “terjadilah seperti apa yang aku inginkan. Nice!

    Reply

  17. banyak cara untuk memotivasi hidup dengan menggunakan moto tertentu. setiap orang pasti memiliki cara masing masing untuk membangun rasa semangat dan kepercayaan diri mereka. tapi hal tersebut harus diiringi dengan usaha yang teguh agar menjadi kenyataan.

    Reply

  18. Posted by Alvia Oktaviani on June 16, 2013 at 8:49 am

    hal yang perlu di pelajari dari artikel ini adalah bahwa segala sesuatu tidak ada yang instan dan bahwa semua yang kita inginkan tidak dapat terpenuhi secara instan juga. kenyataan bahwa Tuhan selalu memberikan yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan. Tuhan maha luar biasa, ketika kita meminta sesuatu, Dia memberikan kita ha yang lebih baik daripada yang kita minta.

    Reply

  19. abrakadabra kata yang sangat tidak asing lagi di telinga kita-kita. dari kecil sampai sekarang saya masih sering mendengar kata tersebut. suatu kata keajaiban untuk seseorang melakukan atraksi. tetapi memang hidup ini tidak akan seperti kata abrakadabra yang bisa terjadi kapan saja. tanpa usaha walaupun anda sekeras atau setiap hari berdoa dan mengucap abrakadabra sedikitpun harapan mu tak akan pernah terkabulkan.

    Reply

  20. Kita semua ingin sesutau terjadi dengan instan, tetapi satu hal yang perlu kita ketahui. Tidak ada dalam dunia ini hal hal yang menakjubkan terjadi dengan instan. Seperti C.Ronaldo dia berkerja keras menempa dirinya sangat keras untuk menjadi pemain terbaik dunia. sama halnya dengan topik yang kita bahas di atas

    Reply

  21. Posted by chandra Mustadiansyah-1501184222-04phj on June 17, 2013 at 4:48 pm

    memang manusia selalu merencanakan, dan Tuhan yang memberikan jalan. namun setiap usaha harus lah di iringi dengan doa. maka apa yang kita inginkan dapatlah kita capai🙂

    Reply

  22. Posted by andre 04PHJ on June 20, 2013 at 9:31 am

    terkadang apa yang diinginkan manusia memang tidak selalu terpenuhi. Kita tidak boleh mengeluh karena Tuhan memiliki rencana yang lain. kita harus yakin bahwa rencana itu lebih indah

    Reply

  23. Posted by Zunvindri on December 5, 2013 at 11:36 am

    Menurut saya, memang lebih baik mengucapkan “Jadilah Kehendak-Mu” dibandingkan “Jadilah kehendakku” karena apa yang kita inginkan belum tentu itu baik untuk diri kita. Hanyalah Tuhan yang tau apa yang baik untuk kita. Jadi, biarkan Tuhan yang berencana bagi diri kita. Yakinlah bahwa apapun rencana Tuhan bagi diri kita, itu yang terindah dan terbaik. Tuhan memberkati.

    Reply

  24. manusia boleh berencana tapi Tuhan juga yang menentukan. Tuhan tentunya akan memberikan kita apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan. percayalah bahwa segala sesuatunya itu baik bagi kita. terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: