Nostalgia

Mengingat dan mengenang masa lalu dan bernostalgia bisa membuat badan lebih sehat lahir dan batin.

NostalgiaSeorang Ustadz terkenal di Surabaya Buya Hamka (Haji Abdul Malik Karim Amirrullah) juga merupakan sahabat saya di SMP. Sebenarnya kami ada bertiga, tapi sayangnya sahabat satunya Muhtadi meninggal dunia sepuluh tahun lalu. Kami bertiga ke mana selalu bersama. Selama tiga tahun bersama menjalankan pembelajaran si SMP negeri IX – Putro Agung Surabaya. Salah satu hobby saya adalah makan, jadi hampir seluruh guru-guru dan teman-teman ikut eforia dalam hal kuliner. Pernah terkisah suatu hari seluruh pasar Pacar Keling Surabaya (seperti sekarang food court dulu sangat tradisional tahun 1969-1972) kami datangi untuk makan bareng lebih dari 100 orang. Pak Lurah mengerahkan Satpol karena takut kerusuhan, tapi para penjual bersuka cita bersama kami anak-anak dan juga guru-guru sampai ada yang tidak mau terima bayaran. Saya berjumpa kembali dengan Hamka setelah cukup lama tak bersua. Kami banyak berdiskusi juga tentang kehidupan keluarga kami masing-masing dan tentu saja bernostalgia tentang kenangan masa SMP. Bisa bayangkan dari satu angkatan saya ada 6 kelas, yang orang cina cuma saya sendiri. Artinya saya sama dengan barang antik ya!
Hal yang sama terjadi dua minggu lalu. Seorang sahabat saya semasa SD, Musianto putrinya menikah di Cempaka Putih pas Xing Cia, tapi saya tetap hadir. Lantaran sedang bujangan lokal, kami sempat foto bersama. Saya lihat banyak pejabat negara yang hadir karena beliau pejabat di pertamina. Dua minggu sebelumnya undangan perkawinan diantar sendiri oleh beliau. Kami pun bercerita, senda gurau dan bernostalgia. Di Sekolah Dasar Negeri Kalianyar II Surabaya (Jalan Kusuma Bangsa dekat THR dan Taman Remaja Surabaya) saya juga bertiga. Tiga serangkai, saya, Musianto dan Kartoko. Sayang Kartoko meninggal di usia yang muda juga.
Kami bertiga selalu bareng kemana-mana. Ibu Musianto punya warung makan sehingga saya tidak pernah kelaparan. Sedangkan Kartoko ayahnya kepala Polisi Lalu Lintas. Saya punya SIM A di usia 11 tahun. Lucu ya? Cuma kasih foto terus jadi karena tanggal lahir diganti dan usianya dirubah.
Kenangan semasa SD, saya penjual roti. Satu sekolah tiap hari harus makan roti yang saya jual, karena promosi saya hukumnya wajib. Apa lagi gadis-gadis kecil, yang sekarang sudah nenek-nenek semua sengaja beli. Walau saya tahu kadang rotinya tidak dimakan atau dibuang. Tujuannya cuma mau menyenangkan hati saya.
Seorang putri Musianto jadi dokter gigi dan praktek di Denpasar melalui putrinya saya sering berkomunikasi sama beliau lewat facebook.
Ada kisah suatu hari kami bertiga ke foto studio lalu foto bertiga. Setelah hasilnya jadi toko minta fotonya dirobek-robek menurut beliau nanti ada yang mati duluan. Saat itu saya yang masih mungil manut wae. Pastilah salah satu dari kami akan meninggal dan ternyata Kartoko pergi duluan karena sakit Kanker.
Semua dari kita pasti punya nostalgia atau kenangan masa lalu baik manis maupun pahit. Kenangan sepahit apapun pasti manis jika diingat dan dikenang dalam cinta. Seperti pepatah mengatakan bahwa
“Nostalgia is like grammar, always in present tense but past is perfect”
17 Maret 2013 mendatang, 48 tahun lalu Gereja Santo Kristoforus diresmikan berdirinya. Sebagai nostalgia para pendirinya adalah pastor-pastor, yang sebagian masih pastor Belanda. Nanti kelak bisa baca buku Gereja di Akar Rumput (kalau Tuhan mengijinkan terbit). Sayang sekali, beberapa minggu lalu Gereja Santo Kristoforus, yang mungkin satu-satunya gereja yang tenggelam hampir sampai pantai imamnya karena banjir besar di Jakarta. Umat hanya menatap sedih dan tak berdaya. Semoga nostalgia membangkitkan semangat membangun cinta dan kehidupan menjadi lebih baik. Semoga juga semua sahabat tetap menyimpan kenangan dan menjadi nostalgia indah, karena itu sangat menyehatkan bukan saja lahir tapi juga batin. Tuhan memberkati kita semua.

26 responses to this post.

  1. gereja santo kristoforus di pluit ya letaknya ko adharta?
    soalnya saya juga kena banjir tapi tidak benar” parah di daerah saya..:D

    Reply

  2. nostalgia adalah hal yang menarik untuk dilakukan, kadang kala ada saatnya kita untuk mingingat ingat masa lalu, bercanda dan tertawa bareng teman teman waktu kecil. mengingat ingat masa dulu bisa sebagai sarana untuk menghilangkan stress.

    Reply

  3. selamat malam,
    menarik sekali kisah nostalgia dan bahagia yang disharekan dalam artikel ini.
    saya tahu setiap manusia punya kenangan dan nostalgia masa lalu masing-masing baik itu senang maupun sedih. itu akan tetap jadi cerita yang mengesankan bagi kita.
    saat ini saya sudah bekerja dan smeua teman-teman juga. pada suatu kali kami berkumpul untuk reuni dan kami sangat gembira saat bertemu karena sambil menceritakan masa-masa dan pengalaman yang seru disekolah kami juga punya beragam cerita saat ini kami bekerja.
    indahnya nostalgia bersama teman-tema membuat hati gembira kembali, berbagi pengalaman membuat sukacita yang baik bagi kesehatan kita.
    mungkin dimasa depan lagi saya akan punya banyak kisah untuk diceritakan bersama teman-teman saya, saat masa nostalgia itu datang dan kami bertemu kembali.
    membayangkan saja sudah bahagia dan membuat hati sukacita.

    Reply

  4. Posted by meyliani on March 13, 2013 at 3:43 am

    kenangan adalah sesuatu yang indah dan yang paling berharga dari semua harta yang ada….kenangan tidak bisa dibeli…dan nostalgia adalah sesuatu yang membuat kita bahagia kalau mengingat dan menceritakan kembali kenangan masa lalu kita..

    Reply

  5. Nostalgia sesuatu yang indah untuk kita kenang sampai sekarang, namun dalam kenangan pasti adanya sesuatu hal yang buruk maupun yang baik yang harus kita kenang. Nostalgia yang baik boleh kita simpan tetapi kenangan yang buruk sebaiknya kita harus buang jauh-jauh karena dapat berdampak pada kehidupan kita sekarang, semua kenangan yang buruk tidak perlu dilupakan tetapi simpan dan jangan diingat kembali.

    Reply

  6. Kenangan, ada yang perlu diingat dan ada yang tidak perlu diingat. Kenangan tetaplah kenangan, tidak akan bisa kembali ke waktu lampau. indahnya bernostalgia adallah kita bisa bercerita banyak hal tentang masa lampau di masa kini. membuat kita kadang suka tertawa sendiri saat membayangkannya atau saat lagi berkumpul. Semua cerita di masa lampau akan menjadi sebuah kenangan🙂

    Reply

  7. Nostalgia sering saya alami . tergantung sih nostalagia kenangan baik dan buruk , karena kalau yang bvuruk bisa membuat mood kita menjadi buruk dan sedih . lebih baik kita menostalgia yang indah” aja , Agar lebih banyak tersenyum dna membuat mood kita tetap baik dan yang pastinya semangat🙂

    Reply

  8. Ketika kita bertemu dengan teman semasa sekolah, memang yang enaknya adalah bernostalgia. Ketika kita memikirkan jaman sekolah dan menceritakannya kembali dengan teman kita, pasti rasanya seru dan ujung-ujungnya serasa kangen akan masa sekolah itu dan ingin kembali di masa itu. kalau bernostalgia secara pribadi, saya juga lebih suka yang kenangannya indah, biar dikenang terus. yang jelek ambil hikmahnya dan jangan selalu diingat. bikin sedih.

    Reply

  9. Nostalgia membuat kita tidak lupa akan masa lalu yang sebenarnya dari sanalah kita berasal. Bernostalgia akan hal2 yang baik itu akan menjadi hal yang menyenangkan bahkan rasanya ingin kembali ke masa itu. Tetapi hati2, jangan terlalu sering bernostalgia akan hal2 yang buruk, dampaknya ada 2 kemungkinan, dijadikan pembelajaran atau bahkan menjadikan diri kita terpuruk. Alangkah baiknya nostalgia kepada hal2 yang buruk hanya dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan pembelajaran agar kejadian buruk tersebut tak terulang untuk kedua kalinya. Terimakasih.

    Reply

  10. lucu ya jika meninggat kejadian masa lampau baik pahit atau manis itu semua meninggalkan kesan mendalam.

    Reply

  11. nostalgia itu kadang ada hal yang buruk dan baik, yang buruk sebaiknya dilupakan dan dijadikan perlajar, yang baik berguna untuk bimbingan kedepannya

    Reply

  12. Posted by Melisa / 02PNM / 1601232166 on June 13, 2013 at 3:52 pm

    Nostalgia bisa diartikan sebagai kenangan manis pada masa lalu. Tetapi sesungguhnya salah satu ciri orang yang tidak berbahagia adalah orang yang suka bernostalgia. Kenangan manis itu hanya ada dimasa lalu dan kita harus terus melihat ke masa depan yang lebih indah, karena masa lalu tidak mungkin terulang dimasa yang akan datang.

    Reply

  13. Posted by ANDRI / 02PNM / 1601232576 on June 14, 2013 at 3:33 pm

    nostalgia bisa mengingatkan kita kembali dengan hal hal yang dulu pernah kita lakukan baik itu buruk maupun baik, hal itu sangat penting bagi kita sehingga kita bisa berubah dimasa depannya untuk menjadi yang lebih baik dan lebih baik lagi dari sebelumnya

    Reply

  14. Posted by Justman Tan - 1601266186 on June 16, 2013 at 11:26 am

    Justman / 02PNT / 1601266186

    Nostalgia memang meruapakan hal yang sangat indah. Kita menjadi bisa mengenang hal-hal indah yang terjadi pada saat masa lampau. Seperti misalnya pada saat jaman sekolah, tentu itu merupakan hal yang indah untuk dikenang. Seperti hal yang dikatakan Bapak Jusuf Kalla, bahwa nostagia lah merupakan hal romantis yang dilakukan dengan istrinya.

    Reply

  15. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 1:56 pm

    sebenarnya quote yang benar itu “Nostalgia is like a grammar lesson: you find the present tense, but the past perfect!” hehe , quote tersebut sangatlah pas menggambarkan arti dari nostalgia tersebut. Akan tetapi , kita tidak boleh terperangkap dalam masa lalu , kita harus selalu tatap masa kini.

    “Yesterday is history. Tomorrow is a mystery. Today is a gift. That’s why it is called present”

    Reply

  16. Posted by Andi Muhammad Fauzi/ 02PNM/ 1601266702 on June 20, 2013 at 3:23 pm

    Orang tua saya sering menceritakan hal-hal yang mereka alami selama mereka kecil dulu. banyak hal-hal menarik yang mereka ceritakan, kadang berdasarkan foto tua yang masih mereka simpan. nostalgia membuat seseorang meningkatkan memori terhadap suatu keadaan yang telah terjadi sebelumnya. menarik sekali nostalgia ini, karena sifatnya yg mengenang masa lalu yg indah dan menarik terkadang lucu.

    Reply

  17. Posted by daniel dwidjayanto on December 5, 2013 at 7:09 am

    Saya juga suka mengalami nostalgia,dan teringat kembali tentang hal – hal buruk dan menyenangkan yang pernah saya alami. Terkadang saya suka tertawa sendiri ketika mengingat hal – hal konyol yang saya lakukan bersama teman – teman saya dan hal – hal yang memalukan lainnya yang pernah saya alami sewaktu masih bersekolah

    Reply

  18. Posted by Henricko Randy Setiawan on December 5, 2013 at 7:28 am

    Nostalgia memang adalah hal yang “enak” untuk dibahas. tetapi terlalus ering bernostalgia juga tidak baik. Semakin sering kita bernostalgia, maka kita akan semakin sering untuk melihat “ke belakang”. Hal ini akan membuat kita kurang aware akan masa depan kita, jadi tidak baik jika kita bernostalgia terlalu sering.

    Reply

  19. Posted by Olivia Rusli on December 5, 2013 at 1:36 pm

    banyak orang bilang kalau terus menerus mengingat masa lalu itu tidak baik karena hidup harus menatap kedepan. tapi tidak ada salahnya kalau sesekali kita bernostalgia membuka memori2 lama yang telah berlalu. Nostalgia kadang bisa menjadi penghibur dikala sedih, dengan bernostalgia kita juga bisa belajar dari masa lalu sehingga bisa menata masa depan..

    Reply

  20. Nostalgia membuat kita mengenang kembali masa lalu kita yang menyenangkan yang terkadang membangkitkan semangat kita untuk menjalani hidup seperti masa-masa indah sebelumnya.

    Reply

  21. nostalgia salah satu saat yang bahagia bagi orang orang tua. karena mereka mengingat kembali masa kecil mereka saat sedih susah senang. karena dalam kehidupan kita tidak selalu berjalan mulus pengalaman itu menjadi sesuatu yang menjadi kenangan yang tak terlupakan. pada saat mereka mengulang kembali hal terebut mereka merasa senang karena mereka dapat mengetahui bertapa manisnya hidup mereka😀

    Reply

  22. Nostalgia baik untuk dilakukan.
    Kita dapat meresapi kembali makna-makna dari pengalaman hidup yang sudah lalu,
    asalkan pengalaman-pengalaman tersebut tidak mempengaruhi kondisi emosi kita.
    Banyak mereka yang nostalgia, berujung pada perasaan murung karena teringat mantan pacar, atau mungkin teringat hal tidak mengenakkan lainnya.
    Nostalgia dilakukan untuk menilai kembali, bukan merasakan kembali.

    Reply

  23. 1701293351_Andre Jonathan : nostalgia merupakan kenangan masa lalu yang pernah kita alami. jelas, suatu nostalgia memberikan dan membangkitkan semangat baru bagi kita. jika kita ingat perjuangan dan cerita masa lalu kita pasti akan teringat dan terbayang kembali pengalaman hidup kita di masa lalu. justru masa lalu membuat kita kangen ingin kembali (masa lalu yang menyenangkan). yesterday is history…..

    Reply

  24. 1701342220 anggraini 01pmo
    Nostalgia dapat membuat kita terbuai kemasa lalu yang telah kita lewati apakah itu baik atau buruk. Namun semuanya memiliki kisah dan hikmah masing-masing. Nostalgia juga dapat membangkitkan keinginan untuk bertemu atau berkumpul kembali dengan orang orang terdahulu yang sempat berada didalam hidup kita

    Reply

  25. nostalgia hal yang menakjubkan dalam hidup kita, jika anda bernostalgia seorang diri kalian hanya merasakan kesedihan walaupun itu hal yang menyenangkan. tapi jika anda bernostalgia bersama kerabat anda,kalian pasti akan tertawa terbahak-bahak ketika mengingat kejadian tersebut.

    Reply

  26. Posted by Zunvindri on January 16, 2014 at 2:32 pm

    Indah maupun buruk kenangan yang kita miliki di masa lalu, tetap akan terasa indah saat kita mengingat dan mengenang masa lalu tersebut (bernostalgia).

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: