Inovasi

Inovasi sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi, sehingga bisa terbuka peluang buat kita untuk terus berkembang.

innovationKata inovasi dapat diartikan sebagai “proses” dan/atau “hasil” pengembangan dan/atau pemanfaatan/ mobilisasi pengetahuan, ketrampilan, termasuk ketrampilan teknologis dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial). Inovasi sebagai suatu “obyek” juga memiliki arti sebagai suatu produk atau praktik baru yang tersedia bagi aplikasi. Umumnya dalam suatu konteks komersial.
Biasanya beragam tingkat kebaruannya dapat dibedakan, bergantung pada konteksnya. Suatu inovasi dapat bersifat baru bagi suatu perusahaan (atau “agen/aktor”), baru bagi pasar, atau negara atau daerah, atau baru secara global. Sementara itu, inovasi sebagai suatu “aktivitas” merupakan proses penciptaan inovasi, seringkali diidentifkasi dengan komersialisasi suatu invensi. Istilah inovasi memang sering didefinisikan secara berbeda, walaupun pada umumnya memiliki pemaknaan serupa, Inovasi, dalam ilmu lingusitik adalah fenomena munculnya kata-kata baru dan bukan kata-kata warisan.
Sedangkan kata inovatif berasal dari kata bahasa inggis “innovate” , yang berarti memperkenalkan sesuatu yang baru sedangkan innovative berarti bersifat memperbarui. Kemudian kata “innovate” dan “innovative” yang merupakan bahasa Indonesia dengan mengalami perubahan penulisan manjadi “inovatif” yang berarti bersifat memperkenalkan suatu yang baru. Sedangkan orang yang melakukan pembaharuan disebut “innovator”.

Ciri-ciri Innovator :
1. Giat belajar dan bekerja
2. Selalu berorientasi ke depan
3. Kaya ide-ide yang cemerlang
4. Berpikir rasional dan berprasangka baik
5. Menghargai waktu dan menggunakannya dengan sebaik-baiknya
6. Suka melakukan eksperimen-eksperimen dan penelitian yang menghasilkan sesuatu yang baru dan berguna

Menurut pendapat saya inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi. Inovasi juga merupakan pengembangan dan suatu implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang di mana dalam jangka waktu tertentu melakukan transaksi-transaksi dengan orang lain dalam suatu tatanan organisasi.
Penjelasan singkat di atas ingin diangkat untuk memberikan sedikit pandangan bagi kehidupan kita bahwa INOVASI sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi, sehingga bisa terbuka peluang buat kita untuk terus berkembang. Tuhan memberkati dan melindungi kita.

11 responses to this post.

  1. menurut saya, bukan hanya di dalam organisasi inovasi sangat diperlukan, melainkan di setiap kehidupan manusia sangat diperlukan inovasi, inovasi diperlukan untuk mengejar tujuan kita.

    Reply

  2. Posted by Reynold Lukman on March 8, 2013 at 12:30 pm

    dengan adanya inovasi maka akan terbuka peluang kita untuk menjadi orang yang sukses karena inovasi merupakan hal baru yang belum ada. dan sesuatu yang baru dan berguna itu harganya akan tinggi. maka berpikir inofatiflah.

    Thanks
    Reynold

    Reply

  3. Pengambilan keputusan dalam suatu organisasi sangat penting karena menyangkut masa depan organisasi, apakah keputusan itu membawa keberhasilan ataukah kegagalan dikarenakan kesalahan dalam mengambil keputusan.
    Dalam kaitannya dengan inovasi, metode ataupun cara yang dilakukan tidaklah sama dengan langkah-langkah pengambilan keputusan biasa dimana resiko sudah diketahui, maka perbedaannya disini adalah bahwa pengambilan keputusan inovasi itu dimulai dengan adanya serba tak tentu (uncertainty).
    Dalam organisasi, hal-hal atau faktor yang merangsang adanya inovasi ialah terjadinya performance gaps (kesenjangan penampilan) yaitu kondisi dimana adanya perbedaan antara apa yang ditampilkan dengan apa yang seharusnya dilakukan ketika keputusan diambil. Dalam hal ini bisa saja berbentuk macam-macam masalah organisasi.
    Nah, ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kesenjangan penampilan ini, yaitu :
    · Apabila penentuan kriteria keberhasilan suatu program organisasi tidak tepat. Misalnya persyaratan yang terlalu tinggi dan tidak berimbang dengan kinerja dan SDM.
    · Apabila suatu organisasi ingin meningkatkan kualitasnya. Misal ketika suatu organisasi yang tengah berjalan dengan mantap, tidak ada masalah yang berarti. Namun sangb pemimpin ingin sekali mengingkatkan kualitas dengan menambahkan syarat-syarat baru dan semacamnya yang menyebabkan apa yang diharapkan oleh pemimpin tidak sama dengan apa yang dilakukan para anggotanya.

    Apabila terjadi perubahan intern organisasi :
    -Adanya pemimpin atau pejabat baru yang membawa aturan dan harapan baru.
    -Perubahan teknologi.

    Apabila terjadi perubahan di luar organisasi (faktor lingkungan).
    -Permintaan kebutuhan atau layanan adri masyarakat berubah.
    -Terjadinya perubahan karena teknologi varu yang digunakan secara luas.
    -Terjadi perubahan organisasi sebagai dampak dari kerja sama dengan pihak luar.

    Reply

  4. perusahaan yang sudah lama berdiri dan sudah lumayan berkarir pastinya harus mengeluarkan inovasi yang baru karena orang yang menjadi pelanggan perusahaan pastinya sudah bosan dengan apa yang telah tersedia dalam perusahaan tersebut
    karena bukan hanya perusahaan tersebut saja yang menyediakan produk tersebut banyak perusahaan yang menyediakan produk yang sama, maka dari itu perusahaan harus menggunakan inovasi yang baru agar perusahaan tersebut berjalan dengan baik dan tidak banyak pelanggan yang bosan.

    Reply

  5. Mulailah menjadi motivator diri sendiri. Siapa diri kita itu berasal dari bagaimana tingkah laku kita. Berikan inovasi yang cerdas dan bermanfaat pada diri sendiri sehingga diri kita akan memotivasi orang lain. Sesungguhnya menjadi motivator tak harus berbicara bijak dan merangkai kata2 yang indah. Tetapi dengan orang lain menirukan tingkah laku kita atau gaya hidup kita, misalnya cara berpakaian kita yang baik, sadar tidak sadar mereka telah termotivasi oleh kita. Terimakasih.

    Reply

  6. Posted by Herlina_1501177822_04PHJ on June 15, 2013 at 12:03 pm

    Jika perusahaan tidak ingin bangkrut, perusahaan tersebut harus selalu mengikuti inovasi.. Apabila mereka ketinggalan inovasi, maka akan ditinggal oleh pelanggan maupun konsumen..

    Reply

  7. Posted by Andi Muhammad Fauzi/ 02PNM/ 1601266702 on June 20, 2013 at 3:19 pm

    Inovasi sangat dibutuhkan untuk masa kini dan diharapkan datang dari generasi generasi muda. Inovasi merupakan hal yang penting dan mengasah kreatifitas anak muda. Hal ini mengharuskan inovasi lebih mudah dan dapat berguna dengan baik dikalangan masyarakat.

    Reply

  8. Saya rasa inovasi yang disampaikan sudah sangat tepat dimana dalam berinovasi kita harus terus belajar sesuatu yang baru dan terus mengembangkan diri kita ke depan atau kearah yang lebih baik.

    01PA2-Ivan Hermawan

    Reply

  9. inovasi “siapa yang dapat terus berinovasi maka dialah yang akan berada di puncak kesuksesan”

    Reply

  10. 1701293351_Andre Jonathan : menurut saya, inovasi adalah suatu ide baru dan ide yang kita buat itu harus unik dan berbeda dengan pikiran orang lain. maksudnya adalah kita berani beda dalam melakukan suatu hal dengan inovasi baru yang kita buat. inovasi jelas masih sangat dibutuhkan sekarang ini karena orang akan merasa tertarik ketika melihat suatu hal yang baru yang tidak pernah orang lain temukan dan lakukan. itulah inovasi menurut pandangan saya.

    Reply

  11. Posted by 04PKF_HardianIkhsan on March 26, 2014 at 4:05 pm

    inovasi merupakan salah satu kunci menuju kesuksesan, dimana inovasi membuat kita berada selangkah didepan para pesaing. inovasi mempunyai alur jalan yang searah dengan kreativitas.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: