Mandi (Manjur)

Kalau dalam bahasa Jawa mandi artinya manjur.

00014131Waktu menghadiri misa 25 tahun imamat Romo Yohanes Subagyo, Vikjen KAJ, saya sempat bertemu dengan Ibu Martha Tilaar dan Bapak Alex. Sahabat lama ini kalau ketemu kita suka bercanda, tertawa dan penuh suka cita dan sapaannya katanya senang ketemu sama saya karena doanya mandi (maksudnya manjur). Dekat beliau ini asyik karena bisa dapat voucher spa gratis.
Saya paling suka mandi (mandi beneran) minimal sehari 2 kali. Kadang-kadang lebih karena kalau sehabis mandi badan kita segar, pikiran tenang dan bawaannya damai selalu. Apa lagi saya pakai sabun sereh made in Jogja atau Bali. Memang wanginya buat beberapa orang kurang enak, tapi saya suka sekali dan anti nyamuk. Tentu saja mandi juga bisa membangkitkan semangat di pagi hari sekaligus mendorong kita untuk lebih banyak berbuat.
Saya membiasakan diri berdoa pagi begitu buka mata bangun tidur tetapi biasanya setelah mandi selalu saya berdoa lagi buat anak-anak saya, khususnya Dirga dan Intan, cucu Freyja dan Iris dan baby baru yang akan lahir minggu ini (B3) karena berada di Melbourne Australia. Sebab saya yakin bahwa hanya Tuhan saja yang bisa melindungi dan menjaga mereka. Juga buat anak Aditya dan Senly, cucu Elle dan Raphael dan anak saya yang kecil Pandu. Saya juga tidak lupa berdoa buat istri dan saya sendiri. Saya juga berdoa buat para sahabat dan anak-anak di kantor.
Sering kita melihat iklan di koran atau ujud terima kasih di gereja karena terkabulnya doa 3 salam Maria atau keluarga mengucap syukur karena doa dikabulkan. Tetapi dalam hati saya berpikir bagaimana kalau doa kita tidak dikabulkan. Apakah doa syukur terima kasih tetap ada.
Belum pernah kita bersyukur dan berterima kasih saat kita “gagal” tapi kalau kita tulis atau ujud doa, terima kasih atas kegagalan doa 3x Salam Maria, wah bisa-bisa kita dianggap ngledeg atau menghina ibu Maria.
Tetapi tidak ada salahnya kita bersyukur karena kegagalan dan berterima kasih karena gagal. Itu artinya kita diberi pelajaran yang lebih baik untuk lebih baik.
Saya pernah memberikan gambaran tentang kegagalan di sebuah sekolah bisnis di Jakarta. Kalau kita mau jadi enterpreneur, jiwa kita 80 persen harus siap gagal, tetapi beda dengan menjadi karyawan biasa, kita tidak ada resiko kegagalan. Sekalipun ada, tetapi itu kecil sekali.
Kita kembali ke kata mandi (manjur) memang saya rasa ada korelasinya dengan mandi (bath). Kalau doa kita manjur memang kita harus mandi dulu. Contohnya kalau mau masuk gereja kita harus mandi air suci. Untuk saudara kita Muslim harus wudhu dulu (boleh pakai debu kalau tidak ada air). Kalau saudara kita di Budha pakai ditiup atau pakai dupa. Semuanya memberikan makna agar kita mandi dan bersih dulu sebelum berdoa agar doa kita mandi.
Tetapi kata mandi ini biasanya ada hubungannya dengan magis atau dukun (dukune mandi rek, kata arek suroboyo), atau puja-pujaan dan ritual-ritual, menyembah berhala, tetapi saya mengambil nilai positifnya saja. Oleh karena itu, tingkat pelayanan Gereja harus bisa ditingkatkan (jangan kalah dengan Gunung Kawi). Demikian juga umat ke gereja jangan kalah kolektenya dengan kolektenya di Gunung Kawi.
Sungguh bersuka cita kita semua bisa menikmati Cinta Tuhan dan mau bersyukur karena kebaikannya, baik sukses atau gagal kita tetap bersyukur. Semoga Tuhan melindungi semua sahabatku.
“Berterima kasih karena gagal, itu artinya kita diberi pelajaran yang lebih baik untuk lebih baik”

2 responses to this post.

  1. Mandi , merupakan hal yang dilakukan oleh seorang normal , bukan orang abnormal , karena mandi merupakan pekerjaan yang dapat membuat badan terasa segar dan membuat badan sehat tanpa ada penyakit kulit yang menjalar di seluruh badan kita . Mandi biasa di lakukan 3 kali sehari apa bisa pada siang hari kita sudah merasa lengket karena kringat

    Joel Timothy / 01PA2 / 1701290141

    Reply

  2. Posted by santoso on March 26, 2014 at 2:19 pm

    saya bersukur karna masih bisa mandi 2 kali sehari dengan air bersih, karna ketika saya melihat saudara2 kita yg kekurangan air bersih untuk mandi bahkan untuk di minum saya merasa sangat iba.

    04PKF_santoso

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: