Helm

Melindungi nyawa Anda, menyelamatkan banyak orang

helmetBeberapa tahun lalu, saat berada di Kota Surabaya, seorang sahabat saya ingin memperlihatkan pabriknya, di seputaran daerah Kenjeran, daerahku semasa kecil, tapi tempat tepatnya saya sudah lupa. Tetapi yang selalu membuatku teringat adalah kata-kata yang tertulis di pintu masuk. Selain ada kata Safety First, ada palang hijau (simbol keamanan kerja) tapi ada tulisan tidak terlalu menarik tapi cukup bisa dibaca “Melindungi nyawa Anda, menyelamatkan banyak orang”
Memang memakai helm tidak 100 persen menjamin keselamatan pengemudi sepeda motor, tapi paling tidak sudah mengingatkan kita pemakai jalan untuk lebih berhati-hati dalam berkendaraan di jalan raya.
Suatu kisah tragis terjadi dua bulan lalu. Sepasang suami istri “Benny dan istri” naik motor gede menuju Bali. Sayangnya terjadi musibah kecelakaan dan dua-duanya meninggal dunia. Mereka meninggalkan 2 anak. Seorang usia 4 tahun dan satu lagi 2 tahun. Saat kecelakaan ini, anak yang kecil pas berulang tahun. Mengenang kejadian di atas saya teringat tulisan di pabrik helm itu. Memang benar menggunakan helm menolong diri sendiri juga menyelamatkan keluarga agar tidak berduka cita. Kebetulan yang meninggal masih keluarga dekat menantu saya, tetapi saya ikut merasakan duka berkepanjangan dari keluarga ini.
Dalam kehidupan sehari-hari kita memerlukan helm bukan saja kepala kita juga kesehatan kita. Salah satunya adalah menjaga kebersihan rumah, badan dan juga lingkungan. Kebersihan dari sampah, juga menjaga tersebarnya sakit penyakit, makan yang sehat dan teratur, terutama bagi yang punya anak-anak masih kecil. Kita perlu pikir panjang kalau mau melakukan olah raga berbahaya dan kegiatan-kegiatan yang beresiko. Sejauh semua bisa diatasi, sampai terjun payung, memanjat tebing pun tidak ada masalah.
Selain mengadakan preventif kesehatan badan juga kesehatan jiwa dan kerohanian kita. Ada kisah seorang sahabat dekat juga kakak perempuannya usia 78 tahun dan anak gadisnya harus berbulan-bulan mengunci pintu. Akhirnya minggu lalu pintunya didobrak dan dipaksa dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Prapen Surabaya.
Saya sendiri bukan ahli jiwa tetapi menurut hemat saya menjaga kesehatan badan jauh lebih mudah dari kesehatan jiwa dan kerohanian, tetapi kita sering anggap remeh dan lupa bahwa kecelakaan bisa juga terjadi dalam jiwa dan kerohanian. Ini jauh lebih parah sakit dan menyakitkan karena hitungan detik saja habislah semuanya.
Lalu apa perlindungan kita? Memang kita berpasrah kepada Tuhan sama halnya di atas motor di jalan raya harus pakai helm. Dalam perjalanan jiwa juga memerlukan perlindungan mutlak, hati-hati, berdoa, mengucap syukur, persahabatan, makanan rohani yang sehat, semua demi menjaga kesehatan Roh dan Jiwa kita.
Semoga kita semua bisa menjaga kesehatan dan keselamatan baik jiwa maupun raga dan dalam pertolongan Tuhan.

14 responses to this post.

  1. Menurut Komentar Saya(Haryanto 11120229 2MAK2)

    Helm sangat banget untuk pengendara motor,selain fungsinya aman untuk kepala,helm berguna untuk membantu kepala menutupi panasnya terik matahari dan menghindari dari jatuh yang terbentur sangat kuat sehingga helm melindungin kepala.
    Terkadang tidak memakai helm ,bisa saja kena tilang oleh polisi,sekarang sudah tidak boleh lagi memakai helm yang setengah,seperti helm kuli bangunan,sekarang harus memakai helm full face dan helm hiu.’

    Reply

  2. Terkadang kerap kali manusia menganggap memakai helm atau tidak adalah tidak masalah tetapi pemikiran itu harus nya diubah karena walaupun tidak 100% Menjamin keselamatan tetapi mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas.

    Reply

  3. Posted by Andi Muhammad Fauzi/ 02PNM/ 1601266702 on June 20, 2013 at 3:29 pm

    Hal kecil seperti helm juga sering menjadi kesalahan seseorang. Seperti melupakan hadirnya helm untuk melindungi kepala dan wajah. Kebanyakan dari mereka beralasan karena jaraknya dekat dari rumah atau hanya sebentar dan alasan lain sebagainya. Padahal helm wajjib dipakai kendaraan bermotor tidak mengenal alasan.

    Reply

  4. Posted by Zunvindri on December 5, 2013 at 10:47 am

    Terkadang banyak orang meremehkan kesehatan yang mereka miliki. Namun, pada saat sakit itu tiba, mereka akan menyesal dan baru menyadari bahwa betapa berharganya kesehatan itu.

    Reply

  5. Helm adalah barang yang sangat bermanfaat tapi sering disepelekan. fungsi helm untuk melindungi kepala dan wajah. Padahal helm wajib digunakan,tetapi karena sering disepelekan sehingga dapat membahayakan pengendara motor itu sendiri.

    Reply

  6. Barang kecil seperti helm ini , sangat menolong orang banyak , khususnya pengendara sepeda motor yang ada di ibukota yang padat seperti ini , helm juga merupakan barang penolong ketika pengdendara motor terjatuh , helm dapat melindungi kepala nya , jika tidak memakai nya , ya itu merupakan resiko yang harus di terima oleh sang pengendara motor

    Joel Timothy / 01PA2 / 1701290141

    Reply

  7. Helm merupakan salah satu hal yang penting bagi pengendara sepeda motor,meskipun jarak yang akan ditempuh tidak jauh tetap harus memakai helm karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di luar sana,akan tetapi memakai hem saja tidaklah cukup,kita juga harus hati2 dalam berkendara dan mematuhi rambu lalu lintas agar terhindar dari marabahaya

    Reply

  8. helem merupakan alat pelindung kepala yang sangan penting bagi pengendara sepeda motor, karena dengan memakai helem kita bisa menjadi lebih aman ketika mengendarai sepeda motor

    Reply

  9. Helm merupakan hal utama dan mutlak yang harus digunakan oleh pengendara motor di ibukota DKI Jakarta.. Mengapa? Karena menggunakan helm dapat melindungi kita dari ganasnya jalanan ibukota yang ‘super’.. Apabila kita berkendara, sama saja kita mempertaruhkan nyawa kita.. Menurut saya, lebih bahaya (beresiko) berkendara di jalan ibukota daripada balapan di sentul.. Oleh karenanya, sebagai pengaman organ vital, Helm sangat dibutuhkan untung melindungi kita dari hal – hal yang tidak diinginkan..

    Reply

  10. Posted by Dennie on March 24, 2014 at 1:23 pm

    Helm di mata penduduk Indonesia sendiri adalah keharusan, saya teringat kata-kata yang di sampaiikan oleh guru sma saya “Pakai lah helm untuk keselamatan bukan untuk menghindari polisi(Tilang)”, kata-kata itu selalu saya ingat sampai saat ini. Keamanan dalam berkendara motor adalah helm, mobil adalah sabuk pengaman, bagaimana dengan hati dan pikiran?, dengan berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan kita dapat membuat diri kita aman dan nyaman😀

    Reply

  11. Posted by Andhika on March 26, 2014 at 1:24 pm

    Helm merupakan alat keamanan untuk pengendara. sering kali hal penting ini dianggap remeh oleh pengendara motor. Padahal ini merupakan sebuah usaha kita untuk menjaga kita tetap aman selama berkendara

    Reply

  12. Posted by dwi wahyu jatmiko on March 26, 2014 at 1:49 pm

    helm adalah alat keselamatan yang harus dan wajib kita gunakan saat berkendara, karna helm meminimkan luka bila terjadi kecelakaa, dan harus di perhatikan jangan menyepelekan suatu hal apapun

    Reply

  13. Posted by 04PKF_HardianIkhsan on March 26, 2014 at 4:24 pm

    masyarakat di indonesia pada umumnya masih meremehkan kegunaan memakai helm saat mengendarai motor. dengan alasan ribet, merusak dandanan, tujuan perjalanan dekat, dan lainnya mereka rela menyerahkan nyawanya yang berharga di jalanan. merasa selalu akan selamat sampai tujuan, padahal tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi nanti. mungkin kita sudah mengendarai kendaraan dengan benar, tetapi belum tentu orang lain juga kan?

    Reply

  14. Posted by Rendy on March 27, 2014 at 3:33 pm

    Helm merupakan alat keamanan yang sangat penting bila mengendarai motor karena beberapa kasus kecelakaan terjadi sangat fatal dan menyebabkan kematian bila kepala terbentur oleh benda keras. Helm sendiri harus lah memakai standar SNI dimana helm itu sudah diuji dan melindungi kepala

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: