Istirahat

Tubuh manusia telah diatur sedemikian rupa dimana setiap organnya memiliki waktu untuk istirahat dan pemulihan.

Woman SleepingBayangkan dalam satu hari jantung kita berdetak lebih dari 100.000 kali. Darah kita mengalir melalui 17 juta arteri, urat darah dan pembuluh-pembuluh halus. Kita berbicara lebih dari 4.000 kata per hari. Kita bernafas sebanyak 20.000 kali. Kita menggunakan dan menggerakkan otot besar 750 kali. Kita mengoperasikan 14 milyard sel otak non stop. Oleh karena itu, manusia perlu istirahat sejenak memberikan kesempatan semua bagian tubuh kita memulihkan tenaganya kembali.
Salah satu hormon yang penting lainnya adolah kortisol, di mana waktu produksi tertingginya adalah dari waktu tengah malam hingga di waktu pagi (pagi-pagi sekali). Kortisol memainkan peranan yang besar dalam membantu kita menghadapi stress/tekanan yang kita hadapi setiap hari, mengurangi rasa penat dan peradangan. Bila manusia tidur terlambat, mereka membatasi kemampuan tubuh untuk menangani segala kegiatan dan mengurangi tenaga dan vitalitas pada keesokan harinya.
Istirahat rasanya mutlak harus kita lakukan, termasuk rutinitas tidur yang berkualitas supaya mendapatkan kembali energi yang dibutuhkan bagian tubuh kita.
Demikian juga dalam kehidupan rohani kita, karena diliputi dengan demikian rumitnya seharian maka kita perlu untuk sedikit rehat. Saya sendiri membiasakan diri dengan meditasi ringan, berdoa dan kadangkala memberikan nasihat buat anak-anak. Selain itu, saya menulis dan membaca adalah bagian dari istirahat rohani, terutama bacaan-bacaan yang sejuk dan damai. Saya pun memberikan perhatian sejenak kepada orang di dekat kita, paling tidak senyuman. Ada satu hal yang menarik dari istirahat rohani, yakni dilakukan melalui musik atau bunyi-bunyian (agama tertentu) nyanyian, juga wangi-wangian dupa, kemenyan dan parfume.
Masing masing orang berbeda pandangan dalam hal istirahat rohani. Istirahat rohani berbeda dengan jasmani, tetapi kelelahan rohani dapat menyebabkan jasmani dan roh kita ikut lelah dan tentu saja menyebabkan kehidupan kita menjadi lebih sulit.
Semoga kita semua bisa menikmati berkat Tuhan dalam istirahat, baik jasmani maupun rohani.

7 responses to this post.

  1. Menurut Komentar Saya (Haryanto 11120229 2MAK2)

    Istirahat itu sangat baik untuk menstabilkan stamina yang kegiatan kita dalam sehari-hari melakukan pekerjaan yang sangat berat,jika kita kurang istirahat maka tubuh dan metabolisme dapat down dan kita bisa sakit.
    maka kita butuh waktu istirahat minimal tidur 8jam sehari.

    Reply

  2. Tubuh manusia bukanlah mesin dan robot yang bisa bekerja non-stop tanpa istirahat. Tuhan memberikan 24 jam dalam satu hari. Dan setengah diantaranya adalah waktu kita untuk beristirahat. Istirahat khususnya tidur adalah cara paling tepat untuk melupakan sejenak segala macam beban pikiran yang ada.

    Reply

  3. Posted by stefano agung on May 25, 2013 at 9:06 am

    istirahat adalah hal yang wajib kita lakukan, kita tidak boleh memforsir tubuh kita.oleh karna itu kita harus berisitirahat yang cukup.agar kita dapat melakukan aktivitas kembali di esok hari.

    Reply

  4. Istirahat sangatlah penting bagi kita, manusia.. Tubuh dan jiwa kita dapat merasakan lelah sehingga perlu diistirahatkan.. Menurut saya, ‘Istirahat’ dalam segi rohani adalah kembali merefleksikan diri kepada Tuhan serta lebih mendekatkan diri lagi dengan Sang Pencipta..

    Reply

  5. Istirahay merupakan hal yang wajib untuk dilakukan , kita tidak boleh memaksakan kerja tubuh kita serta otak kita , karena jika dipaksakan yang ada kita akan sakit dan tidak dapat mengerjakan tugas tugas lainnya

    Joel Timothy / 01PA2 / 1701290141

    Reply

  6. Istirahat merupakan sebuah kewajiban tiap orang untuk menjaga tubuh kita tetap prima. Manusia adalah mahkluk hidup yang butuh istirahat bukan sebuah robot yang harus bekerja tanpa henti.

    Reply

  7. istirahat memamng salah satu yang mengagumkan. istirahat yang cukup itu idealnya tidur selama 8 jam, supaya tubuh dapat kembali segar.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: