Pembukuan

Sebuah pekerjaan besar bisa gagal hanya karena salah pembukuannya.

wpid-pembukuan0612Semua perencanaan sudah dibuat bagus sekali, mulai dari feasibilty study, planning dan organizingnya semua sempurnalah sudah, tetapi cash flow menjadi kendala, karena laporan pembukuan tidak benar. Sebuah perusahaan berada dalam kondisi lampu merah apabila direktur keuangannya tidak benar. Yang lebih parah lagi kalau manajemennya tidak care atau tidak ada perhatian terhadap masalah keuangan. Muara dari semua usaha akan keluar dari sumber keuangan. Jadi, kalau sumbernya tidak ditata secara baik maka hasilnya semua akan tidak baik.
Kejatuhan perusahaan Lehman Brothers Holdings. Inc. di Amerika beberapa tahun lalu bukan karena masalah operasionalnya, karena semua operasinya sudah ditangani oleh para pakar usaha terutama juga bidang investment, properti dan keuangan. Laporan keuangan di tahun 2007 menyebutkan suatu keuntungan yang signifikan bahkan CEOnya Mr. Richard S. Fuld Jr. mengatakan bahwa mereka bisa membeli dunia.
Tetapi apa yang terjadi setahun kemudian tepatnyaa 20 September 2008, Lehman Brothers Holdinginc. dinyatakan bankcrupt, dan mereka runtuh bak bangunan roboh dan meninggalkan korban cukup besar sekali.
Mengapa pembukuan demikian penting dalam perusahaan, saya mengibaratkannya sebagai parameter, indikator atau dimobil di dashboard kita bisa melihat berapa banyak saldo bensin kita, jadi kalau mau jalan jauh sudah diprediksi sampai dimana, atau dimana akan refueling sampai ketempat tujuan.
Bagaimana dengan kehidupan kita sehari-hari pembukuan apa yang kita buat, tentu bukan keuangan yang saya maksud, tetapi pembukuan tentang kehidupan kita, apa yang telah kita buat dan apa yang akan kita buat, berbahagialah kita semua karena kalau kita terlalu banyak hutang “dosa” kini tiba saatnya masa adven kita bisa melunasinya dengan minta ampun dan mengaku dosa. Lunaslah sudah dan kita membuat pembukuan baru lagi di tahun 2013.

62 thoughts on “Pembukuan

  1. cremonaliadylova

    Setiap manusia tidak ada yang sempurna, pernah bersalah dan dan benar. Tetapi jika ada terjadi kesalahan dari diri sendiri maupun dari luar. Kita harus memperbaikinya. Dengan cara memperbaiki hidup kita akan terasa lebih baik. Kini tiba saatnya kita memperbaiki kesalahan kita dan tidak diulangi lagi.

    Reply
  2. Steward

    Pembukuan tidak hanya ada dalam keuangan saja, melainkan kehidupan kita dan kesehari-harian kita juga bisa dibuat pembukuan. Seperti artikel ini yang mengatakan kita bisa mengingat apa saja perbuatan yang kita lakukan. Jika kita memiliki banyak hutang (dosa) untungnya kita bisa mengaku dosa pada masa adven. Inilah keuntungan dikehidupan nyata, sedangkan jika hutang di bagian keuangan tidak bisa hilang begitu saja melainkan harus di lunasi. Oleh karena itu kita harus bersyukur kepada Tuhan karena kita bisa secara bebas menghapus dosa kita.

    Reply
  3. Michelle Elizabeth Jocom

    Pembukuan itu memang sangat penting. Jika suatu perusahaan yang besar mempunyai laporan keuangan yang salah, perusahaan itu tentu akan rugi. Karena perusahaan itu tidak tau jika terjadi kerugian besar-besaran. Maka dari itu marilah kita belajar untuk membuat pembukuan dari sekarang.

    Reply
  4. hendry8940

    Dalam hidup ini, kita harus menata “pembukuan” kehidupan kita dengan jujur dan benar. Dalam pembukuan, banyak sekali kasus perekayasaan.. seperti merubah net income lebih kecil agar mendapat pajak yang sedikit. Kita tidak boleh seperti itu. Marilah kita jujur dalam hidup ini, dalam pembukuan dan dalam kehidupan kita.

    Reply
  5. Darwin Wijaya

    kita mempunyai pembukuan dalam kehidupan kita sendiri, seperti apa yang kita seharusnya lakukan dan kita tidak lakukan. dalam pembukuan itu kita sudah menyiapkan semuanya dengan baik, tapi terkadang kita menjalani kehidupan tidak sesuai dengan pembukuan yang telah kita persiapkan. maka ada kalanya kita harus merevisi ataupun memperbaiki pembukuan kita agar pembukuan hidup kita tidak menjadi berantakan dan kita dapat menjalani kehidupan sesuai dengan pembukuan secara benar.

    Reply
  6. dewina sari

    pembukuan itu sangat penting dalam perusahaan.. apabila kita salah sedikit saja akibat nya akan fatal.. sama seperti kehidupan kita.. apabila didalam kehidupan kita melakukan kesalahan sedikit saja.. dosa kita akan banyak dan lebih bagus lagi apabila kita mengakui dosa dan mulai memperbaiki dosa” kita dengan kebaikan..

    Reply
  7. esternovalindame

    pembukuan adalah sebuah pecatatan atau perencanaan dimana semua yanga akan kita lakukan kita catat terlebih dahulu didaam sebuah buku. tertulis rapih dengan rencan yang mantap. Jika kita tidak ada pembukuan maka apa yang kita rencanakn akan berantakan atau tidak terarah.

    Reply
  8. daniel

    Pembukuan dibuat untuk mengingatkan kembali apa saja yg terjadi selama jangka waktu ttu. Karna manusia tidk bisa mrngingat semua kejadian dalam jangka waktu lama. Manusia sering lupa. Oleh sebab itu diperlukan pembukuan.

    Reply
  9. aryaniyunitaarifin

    ketika kita mendengar kata pembukuan, pasti hal yang teelintas dalam hidup kita adalah pembukuan tentang keuangan. tapi pembukuan dalam artikel ini bebrbeda, pembukuan disini memberitahukan kita tentang pembukuan, pembukuan tentang dosa kita selama kita hidup. bukan laporan keuangan yang kita bukukan, namun dosa yang selama inui kita lakukanlah yang harus kita bukukan agar kita tau perbuatan apa saja yang sudah kita lakukan, dosa apa saja yang sudah kita perbuat selama ini. dengan kita tahu dosa apa yang siudah kitra perbuat dan juga kita mau mengakuinya dan kita meminta maaf atas segala dosa kita kepada Tuhan, niscaya Tuhan akan mengampuni dosa kita, karena Tuhan selalu memaafkan orang yang mau mengakui perbuatannya.

    Reply
  10. Budi Tan Wijaya

    bicara mengenai pembukuan,,disini menjelaskan dan memberikan arahan dimana yang berperan di dalam pembukuan itu harus bisa mengendalikan pembukuan dengan sangat baik.
    fatalnya apabila tidak terkendali secara baik akan mengalami penurunan(bangkrut)
    apabila terjdi hal sperti itu pasti diujungnya kita akan mengalami hutang(dosa)
    bgtu juga dalam kehidupan kita sehari-hari jangan sampai kita melakukan hal seperti itu karna tuhan tidak akan menyukai hal seperti itu .

    Reply
  11. lina

    bukan hanya kegiatan perekonomian yang membutuhkan pembukuan,di dalam kehidupan kita sehari-hari kita juga perlu pembukuan sebagai alat bagi kita untuk mengevaluasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi

    Reply
  12. Erni Diana

    Manusia adalah makhluk biasa, tidak ada yang sempurna. setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Sangat baik jika seseorang mempunyai pembukuan dalam hidupnya, kita jadi dapat mengetahui seberapa banyak kesalahan dan kebaikan yang telah kita perbuat setiap harinya. Beruntung dengan adanya masa adven, kita diberi kesempatan oleh Tuhan untuk mengaku dosa dan melunasi semua utang-utang kita kepada Tuhan.

    Reply
  13. vicky chandra

    Manusia adalah makhluk yang tidak sempurna, setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan yang di sengaja, maupun tidak di sengaja, maka sebagai manusia kita harus bersyukur atas apa yang telah di berikan oleh Tuhan, setiap masalah yang datang kita tidak boleh menganggap masalah itu sebagai beban dalam hidup kita, tapi kita harus menganggap masalah itu sebagai pelajaran dalam hidup kita untuk menjadi lebih dewasa.

    Reply
  14. debihendrikaM

    initinya adalah bagaimana kita dapat merencakan kehidupan kita kedepannya. agar kita tidak akan mengalami sebuah “keruntuh bak bangunan roboh dan meninggalkan korban cukup besar sekali”.

    Reply
  15. evielsianah

    pembukuan dalam kehidupan kita sangat penting sekali apabila pembukuan tersebut tidak jalan.tidak jalan dikarenakan kita kurang introspeksi diri, dengan kuarang bis mengendalikan diri kita maka akan menjadi hal yang sangat bermasalah. manusia tidak lepas dari kesalahan. tetapi manusia tetap saja diperlukan sikap yang positif. secara fisik sudah bagus tetapi jiwa di dalam diri kita tidak positif itulah yang akan membuat pembukuan dalam kehidupan kita akan menjadi apa yang di rasakan pada artikel ini mengalami kebangkrutan dalam suatu usaha.

    Reply
  16. liayanti

    pembukuan menurut saya adalah hal yang sangat penting misalnya dalam perusahaan dibutuhkan laporan keuangan maka hal tersebut dapat dibukukan.dan menurut saya pembukuan sangat penting dalam hidup kita.

    Reply
  17. olyvia Angdreas

    seperti hal nya sebuah perusahaan dalam kehidupan kita juga memerlukan pembukuan.
    pembukuan adalah sebuah pecatatan atau perencanaan dimana semua yang kita lakukan kita didalam sebuah buku yang tertulis rapih. Jika kita tidak ada pembukuan maka apa yang kita rencana hidup akan berantakan atau tidak terarah seperti dalam perusahaan yang tidak memiliki laporan pembukuan.
    kacau bukan?

    Reply
  18. meriana

    Sesekali manusia dapat melakukan kesalahan, di dunia ini pasti tidak ada yang melakukan sesuatu secara benar. Karna kesalahan atau kegagalan merupakan kunci keberhasilan kita akan menuju kesuksesaan .

    Reply
  19. Eka Prillia

    pembukuan bukan hanya dalam bentuk tulisan yang di tuangkan dalam buku, namun pembukuan itu juga dapat di samakan sebagai pengalaman yang telah kita alami selama ini, dari pembukuan itu kita dapat membaca jalannya suatu kegiatan dan dapat mengambil solusi dari pengalaman-pengalaman dalam pembukuan itu.

    Reply
  20. cynthia aileen

    Pembukuan itu mencatat segala peristiwa yang berpengaruh untuk sebuah perusahaan. Ternyata kehidupan pun perlu adanya pembukuan. Pembukuan hidup mencatat peristiwa yang terjadi di hidup kita, perjalanan hidup, suka duka, kebaikan, keburukan, dll. Pembukuan itu digunakan untuk mengkoreksi diri kita sehingga membuat kita kembali melihat ke belakang, dosa yang kita perbuat, kesalahan, dll. Melihat ke belakang berguna memahami siapa diri kita.

    Reply
  21. Verdy Saputra

    Sebuah pelajaran yang berharga, dari sebuah kesalahan tersebut dapat dipelajari maknanya bahwa kita harus hati-hati dalam bertindak, dan selalu waspada apa yang akan diperbuat,
    dan sebentar lagi kita akan membuka buku baru ditahun 2013, semoga kita semua dapat mengisinya dengan lebih baik lagi bahkan sempurna.

    Imanuel

    Reply
  22. anthoni9un

    ya pembukuan tentang kehidupan kita merupakan sesuatu hal yang penting agar hidup kita menjadi telatur dan rapi sehingga hidup kita bisa damai sejahtera dan menjadi hidup yang menyenangkan.

    Reply
  23. Edwin Stanly

    Pembukuan biasanya dilakukan oleh seorang ahli pembukuan. seperti pada tanggal 20 september 2008 , Lehman Brothers holding dinyatakan dan mereka runtuh bak bangunan roboh dan meninggalkan korban cukup besar sekali. kehidupan sehari hari pembukuan apa yang kita buat tetapi pembukuan tentang kehidupan kita, apa yg kita buat dan apa yg akan kita buat. contoh : berhentilah membeli barang barang yg tdk diperlukan , jika perlu hindarilah pergi ke mall . sebab mall adlh smber hutang pribadi kita

    Reply
  24. erika sufito

    pembukuan bukan hanya penting pada keuangan dalam bidang usaha tetapi juga dalam kehidupan kita sangat penting juga , dengan membuat pembukuan dalam kehidupan sehari-hari kita dapat mengontrol dan mengorganisasikan kehidipan kita agar tetap terjaga n dan teratur dengan baik .

    Reply
  25. Desy Dahlia

    Dalam suatu perusahaan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian yang sudah diatur dengan baik, jika tanpa pembukuan yang benar maka semua itu tidak akan berjalan dengan lancar. begitu juga dengan kehidupan manusia, kita harus memiliki suatu pembukuan kehidupan yang menghitung segala perilaku baik dan buruk kita agar kita dapat meminta ampun atas segala dosa dan dapat memperbaiki kesalahan yang telah kita perbuat.

    Reply
  26. Elia Cristin

    Dalam artikel tersebut dikatakan bahwa kita harus mempunyai pembukuan untuk diri kita sendiri di dalam kehidupan sehari-hari yaitu pembukuan antara kita dengan Tuhan yaitu tentang sikap-sikap kita di tahun 2012 marilah kita membuat pembukuan yang baru di awal tahun 2013 dan meminta ampun kepada Tuhan atas segala dosa yang kita buat pada tahun 2012 ini

    Reply
  27. erwin wiryanto

    pembukuan adalah suatu yang sangat penting bagi perusahaan, tanpa pembukuan sebuah perusahaan tidak dapat mengetahui dengan jelas apakah itu rugi atau untung, dibutuhkan sebuah ketelitian untuk membuat pembukuan supaya kita tidak salah dalam mencatat. ketelitian adalah kunci utama dalam membuat pembukuan

    Reply
  28. Aan kurniawan

    pembukuan sangat penting,gunanya adalah buat menjadi pegangan dan tolak ukur..seperti ketika mau pergi jalan-jalan,kita pya uang,tapi belum tentu cukup,makanya butuh pembukuan buat mengatur antara biaya masuk dan keluar

    Reply
  29. michelle

    BIasanya bila orang mengatakan pembukuan maka orang akan mendefinisikan dengan pembukuan keuangan. Namun kali ini membahsam masalh pembukuan tentang kumpulan dosa-dosa dalm diri kita selama ini. Dengan adanya pembukuan akan segala dosa-dosa kita maka kita dapat menigingat hal-hal apa yang telah kita lakukan dan memperbaikinya.

    Reply
  30. charakitti

    Dalam hidup ini, kita harus menatain kehidupan denngan “pembukuan” yaitu kehidupan kita dengan jujur dan benar. banyak sekali kasus perekayasaan, kejadian-kedian yang buruk. seperti merubah net income lebih kecil agar mendapat pajak yang sedikit. Kita tidak boleh seperti itu. Marilah kita jujur dalam hidup ini, dalam pembukuan dan dalam kehidupan kita.

    Reply
  31. hendiasim

    Bila kehidupan kita dibuat dalam suatu pembukuan,maka akan banyak poin penting yang mestinya kita dapatkan.Terutama ketika kita menghitung berkat Tuhan dalam hidup kita,pasti kita akan tercengang akan karyaNya karena kasih Tuhan tak pernah berkesudahan baik ketika kita sedang sukacita maupun ketika gelombang badai hidup menimpa.

    Reply
  32. Dewi Jayanti

    Pembukuan mungkin sering kita dengar dan lebih mengarah ke bisnis karena setiap suatu perusahaan sangat membutuhkan pembukuan, pembukuan ini bertujuan untuk memcatat, menghitung, memperlancar keuangan pada suatu perusahaan sehingga perusahaan tidak akan bankrut. Dalam hal ini, pembukuan bisa juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari. apa yang kita laksanakan atau apa yang akan kita laksanakan. Sama hal nya dengan perusahaan, Jika kita dapat melakukan pembukuan tersebut dengan baik maka kita bisa lebih baik , lebih mudah menjalankan kehidupan sehari hari.

    Reply
  33. cathchand

    pembukuan merupakan pencatatan transaksi keuangan. orang yang mengerjakan pembukuan disebut akuntan.
    pembukuan merupakan tulang rusuk dalam sebuah perusahaan karena dari pembukuan lah perusahaan dalam mengetahui berapa pengeluaran dan pemasukan yang didapat.

    Reply
  34. chelmizjel

    orang yang membuat pembukuan keuangan dalam suatu perusahaan, seperti layaknya dokter. bisa membuat perusahaan tersebut sembuh, kritis, ataupun langsung meninggal. haha

    Reply
  35. julyandri

    Pembukuan tidak hanya digunakan untuk keuangan saja tetapi pembukuan juga diperlukan di dalam kehidupan kita sehari-hari.Pembukuan yang baik akan membuat perusahaan tersebut menjadi baik begitupun juga dengan manusia.Untuk membuat pembukuan yang baik dalam kehidupan kita,marilah kita menanamkan sikap kejujuran

    Reply
  36. Weny Kurnia Dewi

    semua berawal dari sebuah managemen.. management yang benar dalam membuat pembukuan sangat penting, karena dengan adanya menegemen dalam pembukuan menentukan jatuh bangunnya perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. begitu pula dengan kehidupan manusia. kita sbg manusia harus pintar mengatur jadwal kegitan yang harus kita lakukan agar hidup lebih teratur.

    Reply
  37. willy chrisanto

    pembukuan kita kerjain dengan teliti dan bener, seandainya jika kerjain dengan buru-buru maka di saat total keuangannya tidak balance maka kita akan bingung dan akan memboros banyak waktu kita untuk mencari kesalahan kita di mana. jadi kita harus belajar menjadi seorang yang telita dan sabar dalam mengerjakan sesuatu kerjaan.

    Reply
  38. Eli Riani

    Pembukuan adalah catatan keluar masuknya keuangan, dengan adanya pembukuan kita dapat mengatur dan mengetahui kondisi keuangan yang terjadi.
    Banyak orang yang menganggap remeh atau sepele dalam hal pembukuan ( dianggap tidak penting ), padahal dengan adanya pembukuan kita dapat mengontrol/mengendalikan keuangan kita.
    Pembukuan tidak hanya untuk mengatur keuangan saja, tetapi juga bisa dalam kehidupan kita, dengan adanya pembukuan di dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat untuk mengatur kedisplinan dalam diri kita tanpa kita sadari.

    Reply
  39. dessy nineces

    pembukuan adalah pekerjaan yang harus dikerjakan dengan teliti dan penuh kesabaran , begitu juga dengan hidup kita , kita harus teliti dalam hidup ini dan harus bersabar dalam menjalani hidup

    Reply
  40. agnesvinansia23

    pembukuan dapat membuat kita akan ingat tentang segala hal yang kita kerjakan … apabila juga pembukuan kita yang membuat sendiri maka kita akan tetap mengetahui pembukuan yang kita buat itu .. dengan catatan pembukuan tersebut milik sendiri dan bukan punya orang lain ..

    Reply
  41. Dessy Kristanti

    pembukuan adalah pencatatan transaksi keuangan yang sangat penting untuk mengetahui posisi keuangan suatu perusahaa, berfungsi untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan lain dan untuk mengajukan pinjaman bila diperlukan.

    Reply
  42. Aan kurniawan

    malalui pembukuan,seorang akan tau kondisi suatu perusahaan itu..makanya pembukuan sangat dibutuhkan,karena dengan adanya pembukuan orang akan lebih cepat tau kondisi perusahaan,sehingga bisa lebih cepat melakukan langkah 1-2 lebih cepat ke depan

    Reply
  43. lisda

    orang yang pandai menghitung, menulis dan menganalisis pembukuan biasa nya harus balance juga dalam pembukuan kehidupan nya sehari hari. benar salah yg tanpa atau tidak sengaja hendaknya dapat diperhitungkan

    Reply
  44. brian sisyadi

    pembukan sangatlah penting untuk perusahaan karena dengan pembukuan kita dapat mengetahui profit kita yang sesugguhnya oleh karena itu kita tidak boleh melakukan kesalahan yang fatal, karena akan menyebabkan asimetric information yang sangat mempengaruhi perusahaan/ bidang yang bersangkutan

    Reply
  45. Lianeu Suci Francizca

    pembukuan sangatlah penting bagi kehidupan manusia. kita dapat mengetahui apa yang sudah terjadi sejauh ini. Berapa banyak dosa dan berapa banyak perbuatan baik yang sudah kita lakukan harus kita catat agar di tahun yang akan datang kita dapat mengurangi dosa kita dan menambah perbuatan baik kita

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s