Pembukuan

Sebuah pekerjaan besar bisa gagal hanya karena salah pembukuannya.

wpid-pembukuan0612Semua perencanaan sudah dibuat bagus sekali, mulai dari feasibilty study, planning dan organizingnya semua sempurnalah sudah, tetapi cash flow menjadi kendala, karena laporan pembukuan tidak benar. Sebuah perusahaan berada dalam kondisi lampu merah apabila direktur keuangannya tidak benar. Yang lebih parah lagi kalau manajemennya tidak care atau tidak ada perhatian terhadap masalah keuangan. Muara dari semua usaha akan keluar dari sumber keuangan. Jadi, kalau sumbernya tidak ditata secara baik maka hasilnya semua akan tidak baik.
Kejatuhan perusahaan Lehman Brothers Holdings. Inc. di Amerika beberapa tahun lalu bukan karena masalah operasionalnya, karena semua operasinya sudah ditangani oleh para pakar usaha terutama juga bidang investment, properti dan keuangan. Laporan keuangan di tahun 2007 menyebutkan suatu keuntungan yang signifikan bahkan CEOnya Mr. Richard S. Fuld Jr. mengatakan bahwa mereka bisa membeli dunia.
Tetapi apa yang terjadi setahun kemudian tepatnyaa 20 September 2008, Lehman Brothers Holdinginc. dinyatakan bankcrupt, dan mereka runtuh bak bangunan roboh dan meninggalkan korban cukup besar sekali.
Mengapa pembukuan demikian penting dalam perusahaan, saya mengibaratkannya sebagai parameter, indikator atau dimobil di dashboard kita bisa melihat berapa banyak saldo bensin kita, jadi kalau mau jalan jauh sudah diprediksi sampai dimana, atau dimana akan refueling sampai ketempat tujuan.
Bagaimana dengan kehidupan kita sehari-hari pembukuan apa yang kita buat, tentu bukan keuangan yang saya maksud, tetapi pembukuan tentang kehidupan kita, apa yang telah kita buat dan apa yang akan kita buat, berbahagialah kita semua karena kalau kita terlalu banyak hutang “dosa” kini tiba saatnya masa adven kita bisa melunasinya dengan minta ampun dan mengaku dosa. Lunaslah sudah dan kita membuat pembukuan baru lagi di tahun 2013.

62 responses to this post.

  1. pembukuan sangat penting bagi keuangan perusahaan, karena sangat mempengaruhi transaksi keuangan perusahaan, dengan adanya pembukuan perusahaan dapat mengetahui keadaan keuangan perusahaan tersebut

    Reply

  2. pembukuan merupakan hal yang penting .. tidak hanya untuk sebuah perusahaan tetapi juga penting bagi kehidupan sehari-hari kita baik di rumah, pribadi, masyarakat ataupun di tempat lainnya .. dimana pembukuan merupakan tatanan atau rancangan rencana yang berkaitan secara langsung dengan posisi keuangan kita .. sehingga sangat perlu kita perhatikan baik-baik agar tidak mengalami kesalahan fatal yang mungkin saja dapat merugikan kita ..

    Reply

  3. pembukuan itu memang biasa kita dengar dengan istilah akuntansi dan biasanya kita dengar pembukuan itu dengan uang. tapi tidak semua pembukuan itu kita ibartkan dengan uang seharusnya kita dapat mengatur pembukuan dalam kehidupan kita sehari-hari. apakah kita sudah bisa mengatur perbuatan dosa yang kita lakukan pada Tuhan? lakukanlah pembukuan perbuatan kita itu pada Tuhan agar kita bisa mengurangi semua perbuatan yang kita lakukan yang tidak baik.

    Reply

  4. saya sangat suka dengan artikel ini , ada baiknya kita membuat pembukuan dosa kita sendiri , bukan hanya Tuhan pencipta kita yang membuat pembukuan untuk dosa kita . kita harus menyadari dan membuat pembukuan yang baru di tahun yang akan datang

    Reply

  5. saya setuju dengan artikel di atas seperti akuntansi jika dari awal kita sudah salah menjurnal pasti kebelakangnya kita juga akan salah,pembukuan sangatlah penting untung memperhitungkan segala sesuatu dana yang masuk maupun keluar. Tuhan juga telah memuniskan pembukuan bagi masing2 kita tergantung kita menjalaninya benar atau tidak.

    Reply

  6. pembukuan hal harus kita lakukan dalam kehidupan kita, untuk mengatur keuangan yang ada dalam kehidupan kita dengan kita terus berdoa kepada-Nya agar kita terus selalu bersama Tuhan dalam hal apapun itu. dengan itu pembukuan dalam kehidupan kita itu pasti akan lancar.

    Reply

  7. Posted by hedwig gerardine calvin on December 19, 2012 at 3:09 pm

    Pembukuan adalah pencatatan transaksi keuangan. Transaksi meliputi penjualan, pembelian, pendapatan, dan pengeluaran oleh perseorangan maupun organisasi. Pembukuan biasanya dilakukan oleh seorang ahli pembukuan. Pembukuan berbeda dengan akuntansi. Proses akuntansi biasanya dilakukan oleh seorang akuntan. Akuntan membuat laporan dari transaksi keuangan tercatat yang ditulis oleh ahli pembukuan. Terdapat beberapa metode umum pembukuan, semisal sistem pembukuan masukan-tunggal dan pembukuan berpasangan, kedua-dua sistem ini dapat dilihat sebagai pembukuan “nyata”. Setiap proses yang melibatkan pencatatan transaksi keuangan adalah proses pembukuan

    Reply

  8. yups, saya setuju bahwa pembukuan itu sgt penting dan harus dilakukan dengan teliti. dgn adanya pembukuan yg baik, suatua perusahaan / usaha akan berjalan dgn lancar dan didlm kehidupan kita sehari-hari sebaiknya kita pun harus menggunakan pembukuan. karena untuk mengatur pengeluaran dan pendapatan yang seimbang.

    Reply

  9. Pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan Barang atau Jasa, yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi pada setiap Tahun Pajak berakhir. Jadi pembukuan itu harus di cek secara berkala. Karena pembukuan itu penting

    Reply

  10. Posted by Herlina_1501177822_04PHJ on June 15, 2013 at 11:19 am

    Dengan adanya pembukuan. kita dapat mengetahui pengeluaran dan pemasukkan arus kas perusahaan atau usaha kita maka dari itu, pembukuan sangan penting untuk orang yang berbisnis..

    Reply

  11. Mengingatkan saya kembali ke jaman SMA, ketika akutansi menjadi momok yang menyeramkan. Kita harus benar-benar menghitung segala sesuatu dengan baik dalam pembukuan. dan jika salah, maka kita harus mengulang dari awal kembali. Ini juga memberikan pelajaran bahwa kita harus melakukan persiapan dalam kehidupan kita dengan berdoa dan berusaha.

    Reply

  12. Tanpa adanya pembukuan, kita akan kewalahan dalam menentukan langkah selanjutnya yang akan kita ambil. Selain sebagai penentu tindakan/langkah, pembukuan juga sangat penting supaya kita dapat melihat kembali, menemukan hal-hal yang masih kurang, serta menjadikannya sebagai pertimbangan di masa depan.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: