Adven

Semakin penting sesuatu yang kita nantikan, semakin gelisah hati ini.

advent-wreathDalam perjalanan pulang dari Melbourne ke Jakarta bulan Maret lalu, kami naik pesawat Garuda. Dalam perjalanan saya bercerita dengan Cabin Superintendant, seorang Pramugari yang cantik. Kami ada masalah dengan terlambatnya penerbangan ini. Semua system airport Melbourne shutdown sehingga pesawat baru terbang 45 menit melewati jadwal. Setelah mendengar cerita saya lalu dia menyampaikan kepada Pilot lalu kami bertiga berbincang-bincang, sementara Blackberry saya dan internet hidup online terus dengan Cengkareng Airport.
Akhirnya Pilot setuju menaikan speed dari kecepatan 0.7 M menjadi 1 Match, artinya kita bisa mengejar keterlambatan 45 menit tadi. Jadwal mendarat di Jakarta 16.30 kalau delay bisa 17.30, sedangkan saya harus connecting flight jam 18.30 WIB. Syukur dan puji Tuhan akhirnya kita mendarat tepat jam 16.00 sungguh luar biasa. Selama masa perjalanan hati saya gundah gulana dan gelisah sekali karena belum menikmati tidur sejak kemarin berurusan dengan penerbangan. Kerja sama dan bantuan Garuda sungguh berarti bagi kami, ucapan terima kasih khusus buat Garuda dan Bapak Emir sebagai Dirut yang membantu langsung pergerakan penerbangan.
Masa menunggu memang membosankan, jenuh dan sedikit tegang. Saya rasa ini kondisi normal. Semakin penting sesuatu yang kita nantikan, semakin tegang rasa hati ini.
H-19, kita menantikan kelahiran Orang yang paling kita cintai. Bagaimana kita menyiapkan diri. Saya sendiri menyempatkan diri ikut Persekutuan Doa dan Pendalaman Alkitab di kantor, walau belum sempat mengikuti novena, tapi terus terang mengharap agar jiwa dan raga saya sudah siap mengharapkan kedatangan Natal, sebab bagi saya Natal merupakan masa yang paling dinantikan selama tahun ini. Selama masa Adven, kami isi dengan beberapa kegiatan. Masih sekitar penulisan ATT dan kegiatan Pemberkataan Pernikahan Masal (22 pasang) nanti pada tanggal 12 bulan 12 tahun 2012 jam 12 di Stasi Polikarpus bersama Wanita Katolik Ranting Santa Clara dan Lions Club Jakarta Mitra Mandala.
Masa penantian Natal merupakan suasana yang sangat indah. Di sisi lain kita disibukkan dengan pekerjaan akhir tahun yang harus diakhiri bersamaan dengan agenda tutup tahun. Saya sungguh percaya bahwa Tuhan memancarkan Cinta begitu indahnya buat kita. Dalam masa Adven ini saatnya kita memikirkan apa yang akan kita berikan kepada Tuhan tentu teringat ucapan Malaikat Michael, dia yang disebut Malaikat bahagia, karena dia memberikan apa yang Tuhan butuhkan bukan yang Tuhan inginkan. Apa yang Tuhan inginkan adalah kita memberikan hidup kita kepada-NYA, tapi Tuhan membutuhkan kita saling mencintai saling mengasihi dan hidup rukun dan damai. Gloria in excelsis Deo.

45 responses to this post.

  1. Seperti pada artikel ini, masa adven di umpakan sebagai waktu yang harus kita persiapkan untuk menyambut sesuatu yang penting. Kita sebagai manusia harus tau apa yang akan kita berikan kepada Tuhan dalam beberapa hari lagi. Sekaligus pada masa adven ini kita diberikan kesempatan untuk mengakui semua dosa kita kepada Nya. Pasti kita akan merasakan suka cita yang besar dalam menanti kehadiran sang Raja, apakah kita sudah mempersiapkan diri untuk Natal nanti, apa yang akan kita lakukan pada saat Natal nanti. Semua itu harus dipersiapkan dari sekarang. Kecemasan pasti ada dalam diri setiap orang, seperti menunggu sesuatu yang akan datang. Namun kita sudah diberikan tenggang waktu dari jauh hari sebelum mencapai hari itu.

    Reply

  2. Perasaan tegang dalam menantikan sesuatu yang kita nantikan sering kita alami dalam kehidupan ini. Kita sangat cemas dan gelisah dengan sesuatu, kita pasti berpikir yang bukan-bukan. Tapi lebih baik kita coba untuk mengontrol diri dan berdoa untuk sesuatu yang kita nantikan, semoga sesuai rencana-Nya.

    Selamat anda sudah tiba di jakarta😀
    Apakah anda salah satu orang yang akan menikah di tanggal 12-12-12?

    Reply

  3. sayapun juga seperti itu, jika ada suatu acara ataupun kegiatan yang harus saya ikuti dan saya juga terlibat didalamnya, sayapun merasa cemas dengan penantian acara tersebut, tapi jika acara itu sudah terlaksana perasaan cemaspun menjadi berkurang dan serasa merdeka.
    sama seperti halnya jika kita akan di kunjungi oleh tamu yang sangat penting, maka kita akan merasa cemas menantikan tamu yang bekum datang tersebut, dan kita akan melakukan yang terbaik untuk tidak menegcewakan tamu penting tersebut

    Reply

  4. Posted by hendry8940 on December 7, 2012 at 9:10 am

    Dalam menantikan sesuatu, kita manusia memang terkadang suka tidak sabaran, Kita harus lebih sabar dalam menunngu sesuatu walau itu sangat sulit. Tidak ada salahnya kita mengerjakan sesuatu ketika sedang menunggu, agar waktu yang terbuang untuk menunggu tidak sia-sia.

    Reply

  5. waktu kita menantikan sesuatu, pasti kita di hantui oleh rasa cemas, tegang dll..
    tetapi alangkah baik nya apabila waktu kita menantikan sesuatu harus sabar, berdoa ..
    saya juga sangat menantikan natal.. saya setuju dengan apa yang anda ucapkan karena menurut saya yang Tuhan inginkan hanyalah umatNya hiduup damai dan juga ikut dalam FirmanNya. GB

    Reply

  6. Posted by Dyah Indah Pratiwi on December 7, 2012 at 2:02 pm

    Adven merupakan masa-masa dimana kita mempersiapkan hari natal . Dalam masa adven banyak berbagai acara seperti pendalaman alkitab, dan doa . Dan juga dalam menyambut hari natal kita harus menyambutnya dengan hati yang damai, gembira dan juga suci . Maka di masa adven ini kita di haruskan untuk mengakui segala dosa-dosa kita yang telah kita perbuat selama ini .
    Gob bless you ^_^

    Reply

  7. Menantikan suatu hal yg penting dlm hidup memang terkadang membuat kita gelisah dan tidak sabaran. Yg terpenting saat masa penatian adalah mempersiapkan diri.

    Reply

  8. masa adven adalah masa dimana kita diberi waktu untuk menyiapkan sesuatu hal yang penting.sesuatu hal terpenting saat ini adalah NATAL, kita harus mempersiapkan natal dari sekarang. natal adalah waktu dimana kita bersukacita dalam menyambut lahirnya sang Raja, Tuhan Yesus Kristus. banyak hal yang selalu kita siapkan dalam menyambut natal, seperti, baju baru, pohon natal, dan makanan, namun terkadang kita lupa untuk mempersiapkan diri kita sendiri, kita lupa untuk meminta maaf dan mengucap syukur kepada Tuhan atas dosa dan nikmta yang telah Tuihan berikan kepada kita. maka jangan hanya siapkan duniawi saja untuk natal tapi siapkan lah hati dan juga pribadi kita untuk natal.

    Reply

  9. adven merupakan sesuatu hal yang sangat terpenting bagi mereka ,,dimana mereka harus menyambutnya dengan sangat baik,
    dalam menyambutnya terkadang ada juga yang menganggap hal itu gampang akan di lakukan malah dalam keadaan hal trsebut malah sebaliknya,, singkatnya jangan menganggap sesuatu dengan sepele.

    Reply

  10. dalam hidup ini kita pernah merasakan masa-masa penantian,kita harus bersiap-siap akan datangnya hal yang kita nanti-nantikan tersebut.pada saat ini kita menanti-nantikan hari natal yang akan datang tak lama lagi.kita perlu menyiapkan diri dalam rangka kelahiran sang Juru Selamat kita

    Reply

  11. Dalam menantikan sesuatu hal yang terpenting dalam hidup kita, kita harus sabar akan hal yang kita nantikan , yang harus kita siapkan adalah, cara kita menerima kedatangan sesuatu yang kita nantikan dengan baik, dan mempersiapkan diri kita untuk menantikan sesuatu yang kita nantikan.

    Reply

  12. menanti sesuatu pasti pernah dirasakan semua orang, bahkan jika penantiannya itu sudah mencapai titik yang paling atas yaitu kejenuhan. di saat itu lah kita dilatih untuk bersabar, bersabar memang susah tapi akan menghasilkan buah yang manis dari kesabaran itu sendiri, sambil kita bersabar kita juga bisa sekalian mengoreksi diri kita.

    Reply

  13. menurut saya pribadi hidup adalah ibadah. apa yang kita lakukan dalam kehidupan kita harus bertujuan beribadah kepda Tuahan, sebab jika kita menyerhkan diri dan hidup di dalam Tuhan makan Tuhan punya rencana indah dalam hidup kita

    Reply

  14. dalam setiap penantian disitu pasti ada ketegangan jiwa yang berlebihan apabila penantian kita terlalu besar. ketegangan membuat dirikita menjadi kurang baik yang mengakibatkan kita menjadi gelisah, tetapi ingat Tuhan selalu berada di samping kita, dalam perayaan natal selalu kita nantikan dengan sukacita dan ucapan bersyukur sangat dirasakan karena penantian yang kita nantikan telah hadir dengan masih menghembuskan nafas dan masih bisa merasakan kenikmatan hidup.

    Reply

  15. dari artikel diatas dikatakan,masa adven adalah masa dimana kita diberi waktu untuk menyiapkan sesuatu hal yang penting. semua kegiatan membutuhkan persiapan agar tujuan suatu kegiatan yang kita jalani berjalan sukses, sesuatu yang tidak di persiapkan pasti tidak akan berjalan lancar pasti ada masalah yang tidak di perkirakan, jika kita bersungguh-sungguh pasti akan mengahasilkan hasil yang memuaskan

    Reply

  16. Menantikan atau menunggu sesuatu yang penting memang akan membuat kita gelisah. Menunggu adalah hal yang paling menjengkelkan. Apalagi masalah itu sangatlah penting. Yang ada di pikiran kita adalah kejadian buruknya. Seperti artikel diatas, yang ada di benak kita pasti akan terlambat sampai di tujuan. Selama perjalanan pun tidak akan tenang, pasti buru – buru ingin sampai. Namun, percaya kan semua pada Tuhan, jika Tuhan berkehendak maka kita akan mendapatkan hasil yang baik

    Reply

  17. Puji Tuhan kalau setiap umat kristiani masih merindukan natal.Tapi,yang terpenting adalah kerinduan tersebut didadasari oleh motivasi yang benar.Karena banyak sekali orang yang telah kehilangan makna natal itu sendiri.Banyak orang telah disibukkan dengan berbagai macam kegiatan pelayanan di gereja,berbagai perayaan,dan lebih parah lagi momen natal dijadikan momen untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.Ada baiknya kalau kita mempersiapkan hati kita dengan baik menjelang natal.Boleh juga kita saling memberi kado kepada satu sama lain.Tetapi yang terpenting adalah kita mempersembahkan yang terbaik dari diri kita kepada Tuhan.

    Reply

  18. Masa adven, suatu event yang akan diikuti dengan berbagai persiapan dan perencanaan yang matang, agar kita dapat memberikan segalanya yang terbaik untuk-Nya yang telah memberikan kita segala sesuatunya yang kita butuhkan dan kita inginkan dengan sempurna.

    Semoga sukses pak 12-12-12 12:00, dan semua acaranya,
    Tuhan Menyertai

    Reply

  19. ya kita harus bersabar dalam menunggu hari yang kita harus bersabar dalam menunggu hari yang kita tunggu karenaselain menunggu kita harus juga mengisi hari itu dengan sesuatu yang bermanfaat.

    Reply

  20. adven merupakan salah satu penantian dan persiapan kita terhadap hal penting sebelum hal tersebut terjadi , supaya hal yang akan kita hadapi dapat kita lakukan dengan baik

    Reply

  21. Posted by Elia Cristin on December 10, 2012 at 4:14 am

    Masa adven adalah masa penantian akan hadirnya perayaan natal atau kelahiran juruselamat Yesus Kristus, saya menyadari dalam masa penantian menuju natal adalah masa yang penuh dengan kegelisahan dan ketegangan karena masa tersebut adalah masa yang penting buat kita.. semakin pentingnya masa yang kita nantikan maka semakin hati kita akan terasa tegang, gelisah serta akan mengalami kejenuhan. maka belajarlah untuk menantikan sesuatu dengan hati yang sabar.

    Reply

  22. Nama Adven diambil dari kata Latin Adventus yang artinya adalah Kedatangan. maka masa adven adalah masa untuk menunggu kedatangan Tuhan Yesus. masa adven berlangsung selama 4minggu dan ditandai dengan penyalaan lilin disetiap minggunya.
    korona adven ( lingkaran adven ) ialah bentuk sebuah lingkaran yang diuntai dengan daun-daun pinus atau cemara dan diatasnya dipasang empat lilin (tiga lilin berwarna ungu dan satu lilin berwarna merah); selain itu juga masih diberi asesoris lain seperti pita berwarna ungu dan merah.
    -Korona Adven berbentuk suatu lingkaran. Lingkaran adalah suatu bentuk tanpa awal dan akhir. Lingkaran ini melambangkan Tuhan yang abadi, tanpa awal dan akhir
    -lingkaran Adven terbuat dari tumbuh-tumbuhan segar, sebab Kristus datang guna memberi kita hidup baru melalui sengsara, wafat dan kebangkitan-Nya
    – Lilin sebagai simbol terang. Terang itu sendiri melambangkan Kristus, yang datang ke dalam dunia untuk menghalau kuasa gelap kejahatan dan menunjukkan kepada kita jalan kebenaran

    Reply

  23. Masa Adven adalah masa dimana kita menyiapkan diri untuk menyambut pesta Natal dan memperingati kelahiran dan kedatangan Yesus Kiristus sang juru selamat kita. Natal adalah hari istimewa yang pastinya sangat ditunggu-tunggu dan dinantikan oleh setiap orang khususnya yang beragama katolik maupun kristen. Hari-hari yang dinanti-nantikan pasti akan memberikan rasa tegang dan rasa tidak sabar menunggu hari itu tiba, tetapi kita tetap harus menunggu dengan sabar hingga hari natal itu tiba.
    Begitu pula dengan hal-hal lainnya, kita harus sabar menunggu untuk menantikan sesuatu yang kita idam-idamkan.

    Reply

  24. Masa Adven berasal dari bahasa latin : adventus. Arti hurufiahnya : kedatangan. Gereja mengartikannya sebagai persiapan atau penantian kedatangan Yesus Kristus,Putra Allah . Hari Raya Natal atau perayaan Yesus Kristus melalui kelahiran nya di Betlehem, maka ada 4 minggu adven. Saban Minggu adven itu penyalaan lilin: satu lilin di minggu adven pertama, dua lilin di minggu adven kedua , tiga lilin diminggu adven ketiga dan seterusnya. Menurut Tradisi greja tiga lilin adven itu berwarna ungu atau violet menyimbolkan pertobatan,pengharapan dan penantian. Makna adven hilang karena perayaan-perayaan natal justru berlangsung saat gereja seharusnya masih menanti nanti atau mempersiapkan hati menyambut kelahiran juruslamatnya.

    Reply

  25. kita sering menantikan sesuatu yang tak pasti, padahal kita sudah tau kalau kita tidak akan bisa mendapatkan nya tapi entah mengapa kita masih sering sangat berharap, kita harus bersabar apabila kita menginginkan sesuatu.

    Reply

  26. adven adalah masa-menjelang mau dekatnya hari natal,dari pada di tunggu tanpa ada kegiatan,mendingan di isi dengan kegiatan-kegiatan yg berguna sehingga bisa menambah kekuatan spiritual kita,seperti membantu orang lain,berdoa dan lain-lain

    Reply

  27. masa adven merupakan saat-saat dimana kita menyiapkan diri kita untuk menyambut natal. Menyambut kelahiran yesus kristus. Memang bagi umat kristiani natal sangat ditunggu-tunggu. berkumpul bersama keluarga.

    Reply

  28. Masa adven dimana kita menyiapkan hal yang penting dengan penuh perencenaan. Jika tidak melalui perencanaan hal yang penting akan gagal.Jangan mengharapkan yang mustahil jika tidak disusun perencanaan tersebut.

    Reply

  29. Posted by Dewi Jayanti on December 11, 2012 at 3:53 pm

    Terkadang untuk mendapatkan sesuatu harus dengan perjuangan. pada saat kita memperjuangkan sesuatu, pasti kita akan merasakan hal cemas, gelisah, takut, tegang dll. hal itu wajar kita rasakan, namun selain kita memperjuangkan kita juga harus berdoa agar apa yang kita inginkan dapat tercapai. Apa yang akan kita laksanakan nanti tergantung pada apa yang kita lakukan sekarang, namun jika sudah besok pikirkan lah hari itu dan hari nanti yang akan kita lakukan🙂

    Reply

  30. Posted by Patricia tangkumahat on December 12, 2012 at 8:10 am

    masa adven, adalah masa di mana kita menantikan kedatangan Tuhan yesus dalam pesta natal, dan masa adven adalah masa di mana kita mempersiapkan hati kita untuk menyambut kedatangan Tuhan yesus..
    kita harus menjalani masa adven ini dengan sebaik-baiknya,
    banyaklah berbuat yang baik di masa adven ini

    Reply

  31. masa adven merupakan masa yang suci dimana kita semua menanti lahirnya raja ke dalam dunia.. jadi rasa tegang dalam menanti saat saat itu sangatlah wajar dirasakan

    Reply

  32. saya setuju artikel yang di atas “Semakin penting sesuatu yang kita nantikan, semakin gelisah hati ini.” kita sering menantikan sesuatu yang tidak bisa kita dapatkan seperti cinta, walaupun kita tahu kita dan dia sudah tidak mungkin, tapi kita selalu menunggu sampai bisa menerima cinta kita (ini cuma contoh). =D

    Reply

  33. “Semakin penting sesuatu yang kita nantikan, semakin gelisah hati ini.” itulah yang setiap hari di alami dan itu membuat kita akan harapan yang selalu dinantikan dengan usaha agar tidak tersia-siakan , walaupun terkadang dengan adanya kita banyak berharap itu akan menyakitgi kita sendiri jika apa yang kita harapkan tidak kunjung datang ..

    Reply

  34. Masa adven adalah masa dimana kita diberi waktu untuk menyiapkan sesuatu hal yang penting.
    semua kegiatan akan membutuhkan persiapan agar tujuan yang kita harapkan berjalan sukses,

    Reply

  35. Saya setuju dengan artikel ini, menurutku masa adven sangatlah penting karena itu masa dimana kita diberi waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu dan kita tidak lupa dengan Tuhan, akhlak dan bersyukur kepada-Nya.

    Reply

  36. Masa adven adalah masa-masa yang paling indah dimana kita merenungkan kembali kehidupan yang telah dilalui selama setahun terakhir, baik suka ataupun duka yang telah dilalui kita harus tetap bersyukur atas penyertaan-Nya. Sehingga, ketika hari yang paling dinanti-nantikan oleh seluruh umat Kristiani di seluruh dunia itu tiba, kita dapat memaknainya dengan penuh ucapan syukur atas segala berkat dan kebaikan yang datang daripada-Nya dan tekad untuk menjadi pribadi yang hidup dengan memuliakan nama-Nya.

    Reply

  37. Posted by sylvia on December 18, 2012 at 12:38 am

    mempersiapkan diri untuk menantikan sesuatu sangat dibutuhkan karena untuk mendapatkan hasil yang baik.dan memang benar semakin penting sesuatu yang kita nantikan, semakin gelisah hati ini.Maka dari itu berdoalah kepada Tuhan agar hati bisa tenang.

    Reply

  38. adven bisa diakan dalam masa tertentu . boleh tidak boleh ada disetiap masing2 orang .

    Reply

  39. harap harap cemas menantikan sesuatu hal yang baru kita temiu sering kali menjadi kita jadi takut. takut untuk tidak sempurna di hadapan dengan hal baru tersebut atau hal lainnya. maka dari itu hendaknya kita selalu berdoa dan selalu dalam bimbingan-Nya untuk dapat tenang dan tegar dalam menghadapi segala hal apapun itu

    Reply

  40. adven adalah suatu masa penantian panjang, adven adalah masa dimana kita mengharap sesuatu yang penting, mempersiapkan diri untuk sesuatu yang baik untuk kita, janganlah terlalu gelisah tetapi teguhkan semangat dan imanmu karena sesungguhnya iman disertai pengharapan adalah penyembuahan sejati yang terbalut dalam kekuatan Tuhan

    Reply

  41. masa adven adalah masa menantikan. saat kita menantikan sesuatu ada baiknya jika kita melakukan perencanaan apa yang akan kita lakukan jika yang kita nantikan sudah datang. kita harus mempersiapkan diri kita untuk menjadi seorang yang baik untuk apa yang kita tunggu itu

    Reply

  42. saya setuju dengan artikel di atas ketika kita sangat menanti-nantikan sesuatu maka semangkin dekat dengan hari yang kita nanti2kan maka kita semakin gelisah, tetapi saya belajar untuk menyerahkan kekuatiran dan kegelisahan saya kepada Tuhan percaya atau tidak jika sudah berdoa hati ini pun tenang tidak ada kegelisahan.

    Reply

  43. Posted by hedwig gerardine calvin on December 19, 2012 at 3:19 pm

    Kata ‘adven’ berasal dari kata Latin ‘adventus’ yang berarti kedatangan. Maka ‘masa adven’ berarti masa untuk menunggu kedatangan Tuhan Yesus. Masa adven berlangsung selama 4 minggu, yakni dari Minggu Adven I sampai dengan Minggu Adven IV.

    Reply

  44. Minggu kemarin, saya baru merayakan hari adven, dan itu sungguh mengharukan serta membahagiakan. saya ingat dengan sebuah kelahiran Yesus dimana itu adalah hari yang mengharukan karena akhirnya oenyelamat dunia turun dari surga.🙂 seharusnya kita merayakan masa adven ini dengan baik, dan terus berdoa akan kebaikan dunia serta terus mengingat perjuangan Yesus kepada kita.🙂

    Reply

  45. menunggu sesuatu hal yang sangat penting memang dapat membuat kita menjadi gelisah. Semakin kita tunggu, semakin ingin cepat-cepat mendapatkan hasilnya. Namun sewaktu kita menunggu, kegelisahan akan membuat kita untuk berpikir hal-hal yang tidak penting. Yang paling penting adalah tetap tenang, mengontrol diri, dan berharap untuk yang terbaik !

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: