Kecewa

Sepanjang hidup penuh syukur, kekecewaan hanya cubitan saja.

Sungguh bersyukur buat kita semua yang memiliki kasih, karena kita dibebaskan dari rasa kecewa. Apalagi soal melayani kita perlu diperkuat dengan iman dan pengharapan, karena setiap kali usaha melayani maka hasilnya pasti kekecewaan. Saya juga berulang kali mengalami hal yang sama. Penolakan dan pencercaan bahkan cacian tentu membuat suatu rasa kecewa, tapi kalau kita mundur atau meninggalkan pelayanan tersebut, maka seluruh laskar setan akan bersuka cita dan bertepuk tangan karena bisa mengalahkan kekuatan manusia terhadap surgawi. Dan kita harus terus mendoakan setiap orang yang mengecewakan kita, karena sebenarnya dia tidak tahu apa yang diperbuatnya.
Susan meneteskan airmata setiap hari. Ia menerima pukulan, tamparan dan kekerasan suami (KDRT), tapi sama sekali tidak berdaya. Robert suaminya sangat kasar dan pencemburu. Tiada hari tanpa marah. Pasangan suami istri tanpa anak ini seperti neraka dunia. Mereka sudah tidak lagi melihat warna apalagi cahaya. Terang dunia cinta sudah sirna, yang tinggal hanyalah kekecewaan.
Masing-masing kecewa terhadap pasangannya karena tidak sesuai dengan harapan mereka. Sumber petaka paling besar yang dihadapi manusia adalah tidak dapat menerima kenyataan. Apalagi bersyukur terhadap apa yang telah kita terima.
Kasus Susan dan Robert, banyak kita jumpai, juga di dalam paroki atau lingkungan kita. Kita yang menyaksikannya hanya bisa berpangku tangan dan acuh saja. Akhirnya perceraian saja jalan keluarnya, tetapi apakah ini sesuai dengan ajaran Gereja. Padahal apa yang sudah dipersatukan Tuhan janganlah diceraikan manusia. Itu berarti keyakinan itu tinggal simbol saja.
Materialisme adalah bagian yang tidak bisa dilepas dari kekecewaan. Semakin dekat kita dengan masalah materialisme semakin besar kemungkinan kita akan mengalami kekecewaan. Dalam hal kita menerima upah, misalnya, kita bandingkan dengan yang di atas kita lalu timbul rasa tidak adil. Padahal berjuta manusia lain masih sulit mencari kerja sampai susah makan. Kerajaan Surga, ibarat ladang yang sedang dikerjakan, pekerjanya sudah disiapkan tapi banyak yang mundur karena kecewa.
Beberapa bulan yang lalu saya menerima BBM dari Bapak Uskup KAJ yang isinya : “Maafkan saya, karena banyak mengecewakan kamu, semoga saja semuanya menjadi baik”. Saya membaca pesan ini berulang kali. Hampir tidak bisa dipercaya, tapi kerendahan hati Yang Mulia Mgr. Soeharyo menjadi pelajaran berharga, karena saya juga sering mengecewakan orang lain, tapi saya tidak pernah mohon maaf!
Mari kita semua belajar bahwa setiap kekecewaan yang kita alami, jangan sampai melemahkan kita, tetapi justru menjadikan kita lebih kuat. Jika kita merasa mengecewakan orang lain, beranilah kita menyatakan maaf dan mendukungnya dalam doa. Sungguh kebahagiaan besar bagi siapa yang menjadikan kekecewaan berubah. Tinggallah suka cita karena kekecewaan sebenarnya adalah berkat besar buat kita.

73 thoughts on “Kecewa

  1. Lianeu Scui Francizca

    kekecewaan kadang juga menjadi penghalang buat saya. Tuhan mempercayakan saya menjadi seorang ketua pemuda di gereja saya. tapi karna saya masih dianggap anak kecil oleh beberapa pengurus gereja, kadang saya sering dipandang sebelah mata. semua ide yang sudah saya buat dengan teman-teman pemuda yang lain, ditolak begitu saja. bahkan saya sering diprotes karena sesuatu yang tidak saya lakukan. saya sering kecewa dan kadang berpikir untuk mundur. tapi saat saya menenangkan diri saya berpikir, tidak semua orang diberi kepercayaan untuk menjadi ketua. apakah saya selemah itu? kekecewaan yang saya hadapi mungkin tidak seberat yang Tuhan hadapi saat Ia menjadi manusia. penolakan yang Ia terima jauh lebih dahsyat dibanding yang saya terima. sehingga saya memberi motivasi pada diri saya sendiri. saya ingin membuktikan kepada mereka bahwa saya pantas menjadi seorang ketua. itu pengalaman saya tentang kekecewaan yang menjadikan kekuatan dalam pelayanan saya

    Reply
  2. olyvia Angdreas

    Saya sering merasa kecewa dengan hidup ini.
    Terkadang saya ingin menyalahkan Tuhan atas apa yang terjadi dalam hidup saya.
    Ketika saya di berikan harapan namun ternyata yang memberikan harapan itulah yang menjatuhkan saya. Ia hanya memberi harapan kosong tanpa memikirkan perasaan orang lain.
    Kecewa, itulah yang saya rasakan saat itu. saat saya merasa dunia tidak memperlakukan saya secara adil saya mulai menyalahkan, menyalahkan orang-orang dalam hidup saya, menyalahkan Tuhan juga.
    Akan tetapi setelah saya merenungi apa yang saya alami saya sadar ini adalah proses hidup. Tuhan mengajarkan saya agar menjadi dewasa melalui masalah-masalah yang ia berikan.

    Sekarang saya mengucapkan terima kasih kepada Tuhan karena masalah yang ia berikan kepada saya membuka mata hati saya tentang dunia ini, membuat saya auh lebih dewasa dari pada dulu, membuat saya sadar siapa yang harus saya percayai siapa yang harus saya hindari.
    Thanks you GOD πŸ™‚

    Reply
  3. officialmevina

    menurut saya rasa kecewa itu sangat manusia, di dunia tidak ada seluput pun manusia yg tidak pernah merasakan kekecewaan, dari hal kecil sampai yg besar pastinya. Namun sebaiknya rasa kecewa ini tidak terlalu terlarut – larut dalam diri kita karena dapat berakibat negatif. Rasa kecewa dapat berubah menjadi marah dan dendam. Biarlah semua nya termakan oleh waktu dan belajar bertumbuh bersama. yang dikecewakan dan terkecewakan lebih baik saling dimaafkan dan bermaafan. Karena dengan begitu keadaan akan menjadi damai dan menjadi lebih baik

    Reply
  4. mei lina

    Kecewa kadang membuat orang berubah. Ada yang kecewa terhadap orang lain sehingga menjadi dendam. Kita harus berusaha sebaik mungkin agar kita tidak membuat kecewa orang lain. Kalau orang lain membuat kita kecewa tetap lah bersabar dan berfikir positif. Curahkan segala kekecewaan dalam doa. Percayalah dibalik kekecewaan terdapat suatu arti.

    Reply
  5. richardagustian

    manurut saya rasa kecewa memang sering di alami setiap orang. tetapi org tersebut yang sering membuat kita kecewa ia tidak sadar apa yang d perbuat kepada kita.
    rasa klecewa tersbut sering membuat kita marah, membenci, tidak mau berbiaca kepada org tersebut. mungkin dengan cara tersebut orang itu bisa sadar apa yang wd perbuat nya kepada kita.
    tetapi kita juga harus bisa memaafkan perbuatan orang tersebut karena tuhan tidak suka melihat umat nya membenci satu sama lain. sebab tuhan ingin kita menyayangi semua orang yang ada di dunia ini. walau berbeda ras agma kita harus saling meghormati

    Reply
  6. Novi Andryani

    Tidak ada manusia yang tidak pernah kecewa didalam hidup ini.
    Saya pun pernah dikecewakan, tetapi jangan terlalu diambil hati. Anggap saja kekecewaan itu hanya sebagai angin lalu.
    Tatap masa depan, jangan selalu memikirkan masa lalu.
    Belajarlah untuk memaafkan orang yang sudah mengecewakan kita πŸ˜€

    Reply
  7. Desmonda lienardi

    kita pasti pernah kecewa dengan hidup ini karena tidak sesuai dengan harapan kita. setiap orang pasti pernah kecewa bahkan saya sendiri pernah kecewa dan bertanya kenapa hidup ini tidak pernah adil. rasa kecewa membuat seseorang marah, emosi bahkan bikin kita kesal. tetapi saya mengerti setiap orang pasti kecewa dan didalam kekecewaan itu kita harus belajar untuk tidak saling menyalahkan dan melainkan kita harus terus berpikir positif dalam segala hal.

    Reply
  8. Desy Dahlia

    Setiap manusia pasti pernah merasakan kecewa terhadap suatu hal. Seharusnya kekecewaan tersebut bisa menjadi kekuatan bagi kita untuk berperilaku lebih tegas dan kuat untuk tidak dikecewakan lagi. Orang yang sering kecewa,biasanya tidak belajar dari kesalahan atau kekecewaan yang terjadi sehingga tetap mengulangi cara memutuskan yang salah, dan mudah mempercayai orang sehingga kekecewaan itu muncul kembali. kita harus belajar dari kekecewaan kecil yang pernah terjadi agar kita tidak merasakan pedihnya kekecewaan yang lebih besar.

    Reply
  9. susanti_9411

    setiap manusia pasti pernah kecewa tetapi mereka juga memiliki cara masing-masing untuk mengatasi rasa kekecewaan yang mereka alami,bagi kita yang dapat bersyukur atas apa yang Tuhan berikan kekecewaan bahkan tidak akan bisa menyentuh hidup kita, rasa kecewa yang timbul itu karena kita tidak bisa bersyukur atas apa yang tuhan berikan kepada kita.

    Reply
  10. Felisia

    Didalam hidup ini, kekecewaan pasti pernah dialami oleh semua orang. Entah karena hal apapun, kekecewaan pasti membuat kita terpuruk dalam kesedihan. Hal itu yang membuat kita terkadang menyalahkan Tuhan atas apa yang terjadi. Padahal, pernahkah kita bersyukur atas semua yang Tuhan beri sampai saat ini? Kita hanya diberikan kekecewaan kecil saja akibat kelalaian kita, tapi kita tidak mau disalahkan sehingga menyalahkan orang lain. Selain itu, saat kita mengecewakan orang lain, apakah kita mau mengingat kesalahan kita? Kadang, kita menoleh ke fakta lain. Memang sulit menghadapi kenyataan yang tidak kita harapkan. Namun, kekecewaan yang datang itu malah menyadarkan kita akan kesalahan yang telah kita perbuat dan kita harus tahu apa yang harus kita lakukan untuk menebusnya. Itulah yang menjadi harapan terbesar kita untuk menjalani hidup dengan baik.

    Reply
  11. Dewi Susanti

    Memang sering kali kita sebagai manusia tidak dapat mencapai sesuatu yang kita sangat inginkan. Akibatnya, kita menjadi kecewa, frustasi, stres, tidak percaya diri, bahkan kita bisa tumbuh menjadi pribadi yang pesimis dalam menjalani kehidupan. saya setuju dengan bersyukur terhadap apapun yang telah kita miliki maka kekecewaan itu tidak akan timbul. selain menerapkan sikap selalu bersyukur, kita juga harus memiliki nilai kasih, dengan adanya nilai kasih maka kita dapat memaafkan setiap orang yang bersalah kepada kita, tidak akan ada kekecewaan yang timbul karena kita telah memaafkan, rasa sayang kita terhadap orang tersebut yang mampu memaafkan kesalahan orang tersebut. Dan juga dengan lebih mendekatkan diri kita kepada Tuhan kita akan lebih berpikir positif, sehingga kita akan terhindar dari perasaan kecewa yang melanda pribadi kita.

    Reply
  12. Lia Damita Sari

    KECEWA dalam arti yang sederhana dapat diartikan sebagai apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan yang terjadi, jadi ada dua kata kunci yang bertolakan yaitu keinginan/harapan yang berseberangan dengan kenyataan/kejadian.
    cukup sederhana tapi akibat atau dampak dari kalimat/kata KECEWA ini sangat bervariasi bila dia datang dan singgah di hati manusia, mulai dari tingkatan ringan sampai tingkatan yg paling berat yaitu kematian. saya pun pernah merasakan kekecewaan, saya berpikir kenapa hidup ini tidak adil dan saya mengeluh pada tuhan, tapi saya mengerti arti dari kekecewaan yg saya alami, belajar untuk tidak saling menyalahkan dan mungkin tuhan merencanakan ini semua bukan untuk membuat kita kecewa, kita harus terus berpikir positif dalam segala hal.

    Reply
  13. evielsianah

    dalam kehidupan tanpa adanya suka maupun duka maka tidak akan berkesan. kekcewaan dalam diri setiap manusia pasti ada, karna setiap manusia tak lekang dari sebuah kesalahan. kekecewaan timbul karena tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan terkadang kita pun sulit menerimanya. tetapi di balik itu semua pasti Tuhan akan merencanakan sesuatu yang lebih indah. tetap selalu bersyukur dengan apapun yang terjadi dan tetap mempunyai jiwa yang selalu bersukacita. hal itu yang akan membuat hidup kita lebih bahagia.

    Reply
  14. liayanti

    menurut saya kekecewaan berawal dari kegagalan yang di alami kita sendiri.kekecewaan setiap diri manusia pasti ada.setelah kecewa maka akan timbul frustasi,dan tidak percaya diri.

    Reply
  15. linda

    semua manusia di dunia ini pasti pernah mengalami kekecewaan selama hidup nya entah karena pengharapan atau memang karena ulah orang lain. Rasa kecewa merupakan rasa yang cukup menyakitkan bahkan banyak orang yang ingin bunuh diri karena kecewa dan putus asa. Oleh karena itu, setiap apa yang kita perbuat dalam hidup kita harus selalu berharap pada Tuhan dan selalu berdoa kepada Tuhan, agar Tuhan yang memimpin kita dalam berbuat sesuatu sehingga tidak mengecewakan orang lain dan diri kita sendiri. Jika kita harus merasakan kecewa maka putus asa bukan lah solusi yang terbaik tapi mari kita berpikir lebih positif dan kita harus kuat dalam menerima kekecewaan itu dan menjadi orang yang kuat dan tegar.

    Reply
  16. Jeffry Hanafi

    Kecewa sering kali kita rasakan, dan kecewa itulah adalah sifat negatif manusia yang sering keluar karena adanya sesuatu yang tidak berjalan sesuai harapan dia. Sikap manusia yang selalu ingin lebih dan lebih sehingga menimbulkan kekecewaan dalam dirinya. Sering kali kita membuat orang kecewa akan sikap kita atau kita dikecewakan oleh orang lain, yang sehingga bisa menimbulkan dendam kepada satu sama lain. Jika kita mengecewakan orang lain minta maaf lah kepada dirinya dan ubahlah sikap kita agar dia tidak kecewa dengan kita lagi sehingga terjadi hubungan yang harmonis, begitupun jika kita mengecewakan orang lain belajarlah memaafkan orang lain seperti orang lain yang bisa memaafkan kita karena sikap kita sendiri.

    Reply
  17. cynthia aileen

    Kecewa pasti pernah dialami oleh setiap orang. Kecewa karena kegagalan atau harapan yang tidak pernah terwujud. Hidup itu ibarat sebuah roda berputar, kadang diatas, kadang dibawah. Pada saat dibawah kita harus siap dalam menghadapi masalah yang menimbulkan kekecewaan, jika tidak siap maka kita akan terpuruk dalam kekecewaan itu. Namun, kekecewaan bukanlah akhir dari segalanya, kekecewaan kadang membuat kita tidak berpikir rasional dan menyalahkan Tuhan. Namun, pasti Tuhan mempunyai rencana indah dibalik kekecewaan itu

    Reply
  18. Melyana

    Pengharapan dan kekecewaan adalah satu paket yang tidak dapat di pisahkan. Suatu pengharapan yang besar bisa menjadi kekecewaan yang besar juga apalagi kita menjadikan pengharapan tersebut sebagai pokok dari segala nya. Contohnya pekerjaan yang kita terima dan gaji yang di berikan tidak seseuai dengan apa yang kita harapkan persis seperti bacaan di atas. Bagaimana mungkin ada seseorang yang memulai pekerjaan dengan rasa kecewa kenapa tidak memulai dengan rasa optimis untuk mendapat kedudukan lebih tinggi, saya pikir matrealisme juga berhubungan erat karena pada zaman modern sekarang uang menjadi patokan seseorang untuk terus hidup tapi pada dasarnya tuhan mengajarkan apa yang kau dapat itulah anugerah yang aku berikan padamu

    Reply
  19. Darwin Wijaya

    kecewa bisa dikatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan yang kita inginkan. saya sering kali kecewa dan mengecewakan beberapa teman saya, entah itu hal kecil ataupun hal besar. tapi kita tidak dapat terus hidup dalam belenggu kekecewaan, karena bila kita tidak melepaskan rasa kekecewaan kita maka kekkecewaan kita dapat berubah menjadi sebuah dendam. kita harusnya dapat bersyukur, karena mungkin saja di balik rasa kecewa dan mengecewakan kita dapat belajar untuk terhindar dari rasa kecewa dan bisa membuat orang lain tidak kecewa.

    Reply
  20. vicaris8997

    rasa kekecewaan pasti akan kita alami , akan tetapi , sebaiknya kita hadapi saja dengan sukacita dan pantang menyerah.Hadapilah apa yang ada dimasa depan , jgan hadapi yang ada dimasa lalu.

    Reply
  21. lina

    pada dasarnya selama kita menjalani kehidupan ini sering kali kita mengecewakan seseorang dan merasa dikecewakan,tetapi kita harus dapat bangkit dari rasa kecewa tersebut dan peroleh pengharapan baru akan sesuatu.kadangkala permasalahan hidup ini membuat kita merasa kecewa,seperti bisnis yang kita jalankan tiba-tiba mengalami kemunduran sehingga kita merasa kecewa akan banyak hal,sesungguhnya Tuhan memiliki rancangan yang terbaik bagi kita maka kita harus belajar untuk berbakti dan tidak mengecewakan Ia

    Reply
  22. Erni Diana

    Rasa kecewa merupakan suatu hal yang pastinya pernah dialami oleh setiap manusia. Ketika kita tidak dapat mencapai apa yang kita harapkan, maka rasa kecewa pasti akan timbul dengan sendirinya, tetapi janganlah kita terus berlarut dengan kesedihan akibat rasa kecewa kita. Rasa kecewa dapat membuat kita berpikir jauh kedepan untuk melihat dan mempelajari hal-hal yang membuat kita kecewa, agar kita tidak merasakan kecewa untuk yang kedua atau bahkan yang ketiga kalinya. Jadikanlah rasa kecewa yang pernah kita alami sebagai pengalaman dalam hidup kita agar kita dapat memberikan warna yang berbeda dalam menjalani hidup kita.

    Reply
  23. esternovalin

    kita tidak akan merasakan kecewa jika kita mempunyai kasih, kasih itu sabar jika kita bersabar maka kita tidak akan kecewa terhadap apapun. ada yang bilang, jika kita mengecewakan orang kita harus siap untuk dikecewakan.

    Reply
  24. Raisa Tamara Himawan

    Ketika kita dikecewakan oleh orang lain, sebenarnya kita belum menyadari bahwa orang lain juga pernah merasakan hal yang sama karena diri kita. Kita dikecewakan dan mengecewakan merupakan timbal balik dari apa yang kita alami dan kita lakukan dalam kehidupan sehari – hari. Meminta maaf ketika kita mengecewakan orang lain akan memperbaiki hubungan kita dengan orang tersebut. Menyadari diri mengecewakan orang lain akan membentuk diri yang lebih peka dan berusaha untuk meminimalisir rasa ego yang muncul. Ketika kita dikecewakan oleh orang lain, belajarlah dari orang tersebut mengapa ia memperlakukan kita sedemikian rupa, berkacalah pada diri sendiri lerlebih dahulu.

    Reply
  25. Raisa Tamara Himawan

    Ketika kita dikecewakan oleh orang lain, sebenarnya kita belum menyadari bahwa orang lain juga pernah merasakan hal yang sama karena diri kita. Kita dikecewakan dan mengecewakan merupakan timbal balik dari apa yang kita alami dan kita lakukan dalam kehidupan sehari – hari. Meminta maaf ketika kita mengecewakan orang lain akan memperbaiki hubungan kita dengan orang tersebut. Menyadari diri mengecewakan orang lain akan membentuk diri yang lebih peka dan berusaha untuk meminimalisir rasa ego yang muncul. Ketika kita dikecewakan oleh orang lain, belajarlah dari orang tersebut mengapa ia memperlakukan kita sedemikian rupa, berkacalah pada diri sendiri terlebih dahulu.

    Reply
  26. Renaldi Noerdjaja

    kita sering merasa kecewa, ketika apa yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataannya. tidak jarang kekecewaan yang berlarut-larut membuat orang frustasi dan berakhir dengan maut.
    saya sendiri juga terkadang mengalami kekecewaan, namun banyak hal yang membuat saya berpikir positif kedepannya.
    cara menghindari kekecewaan cukup beragam, dan menurut versi saya adalah cukup menaruh pengharapan kepada Tuhan supaya kita kelak tidak berlarut2 dalam kekecewaan.
    namun ada org berkata, kita tidak akan merasakan hidup jika kita belum pernah dikecewakan. tapi saya kurang sependapat dengan perkataan itu.
    semoga kawan2 disini tidak selalu dikecewakan oleh hal2 negatif ..
    God Bless Us πŸ™‚

    Reply
  27. dessy nineces

    kekecewaan pasti akan datang di setiap hidup manusia,tapi bagaimana kita menyikapi kekecewaan tersebut,apakah kita melihat nya sebagai sesuatu yang merugikan atau menguntungan bgai hidup kita selanjutnya, sebaiknya kitas jagan berharap terlau tinggi terhadap seuatu apapun karna jika kita tidak dapat memilikinya atau mendapatkan nya kita akan kecewa.

    Reply
  28. Eka Prillia

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (2001) kata kecewa memiliki 3 arti. Pertama, kecil hati; tidak puas (karena tidak terkabul keinginannya, harapannya, dsb); tidak senang. Kedua, cacat; cela. Dan ketiga, gagal (tidak berhasil) dalam usahanya, semua orang tentu tidak mengingkan kekecewaan baik untuk dirinya maupun untuk prang di sekitarnya.

    Reply
  29. agnesvinansia23

    Setiap orang pasti merasakan yang namanya kecewa , kecewa itu adalah hal yang biasa dialami oleh orang , atau pun kita sendiri , anggaplah kecewa itu adalah hal biasa , dan harus di perbaiki , harus di usahakan agar diri kita tidak jatuh lagi dalam kekecewaan tersebut , jika sudah terjatuh maka akan sulit untuk menghilangkan rasa kekecewaan tersebut.

    Reply
  30. chara kitti

    saya sering sekali kecewa karena usaha saya yang besar tapi hasilnya kecil. tapi saya berusaha bersyukur karena saya masih dapat nilai biar punkecil. tapi setelah itu saya lebih berusaha lagi

    Reply
  31. willy chrisanto

    di dalam kehidupan orang-orang muda pasti merasa kecewa, seorang filsuf mengatakan bahwa jalan kehidupan kita menjadi warna-warni karena adanya kecewa dan harapan. kecewa akan membuat orang merasa di siksa dan dendam kepada orang, sedangkan adanya harapan akan membuat orang merasa bersemangat dan ada keberanian untuk pergi mencoba untuk mencapai targetnya.

    Reply
  32. meldawati

    Rasa kecewa pasti ada dan setiap manusia pasti merasakan kecewa tetapi dengan bisa merasakan kecewa pada orang lain kita bisa lebih dewasa untuk menghadapinnya. Kita boleh kecewa pada orang yang pernah buat kita kecewa tetapi jangan pernah kecewa sama Tuhan sebab Tuhan tidak pernah membuat kita kecewa malah dia memberikan yang terbaik buat kita.

    Reply
  33. Dyah Indah Pratiwi

    Menurut saya kecewa itu sangat wajar yang sering di alami oleh smua orang . Saya juga sering kecewa terhadap orang lain tetapi di balik kekecewaan itu saya tetap memaafkan dia walaupun dia tidak pernah memohon maaf kepada saya . Apa bila kita sering membuat orang kecewa tapi kita juga harus meminta maaf kepada orang yang sudah kita kecewakan πŸ˜€

    Reply
  34. yohanesxgunawan

    saya setuju..menurut saya kecewa sangatlah wajar bagi manusia..tapi bagaimana cara kita menghadapi kekecewaan tersebut dan cara kita menyelesaikannya adalah penentu dari segalanya

    Reply
  35. hendry8940

    Semua orang pasti pernah kecewa. Kita tidak boleh berlarut-larut dalam kekecewaan. We’ve got to get rid over that.

    Reply
  36. Verdy Saputra

    Kekecewaan itu hanya sebuah cubitan,
    menurut saya, yang untuk mengingatkan kita dan sebagai pelajaran untuk bisa rendah hati, karena pernah mengecewakan orang lain, dan jika kita meminta maaf dengan cara yang benar itu akan menyejukan hati.
    Tetapi kita harus berusaha untuk tidak mengecewakan sesama apa lagi Dia,
    setiap apa yang kita kerjakan, selalu minta Penyertaan-Nya agar semuanya berjalan dengan baik.

    God Bless

    Reply
  37. Steward

    Kekecewaan memang dapat kita temukan sehari-hari. Tapi sadarkah kita bahwa “kecewa” lah yang membuat kita terus mencoba dan menjadi semakin kuat ? Banyak manusia yang tidak melihat kekecewaan sebagi pendorong kita untuk berbuat lebih baik. Mengapa kita mengalami kekecewaan ? Itu karena kita sebenarnya bisa melakukan lebih daripada yang telah kita lakukan. Mungkin Tuhan tau bahwa kita bisa melakukan lebih tetapi kita tidak melakukannya dengan maksimal. Seperti saat kita menyukai seseorang dan pada akhirnya kita mengalami kekecewaan, sebenarnya bukan kita tidak mampu / tidak pantas untuk bersama dia. Namun mungkin usaha kita belum cukup, mungkin belum saatnya, bahkan mungkin dia bukan jodoh kita. Oleh karena itu janganlah putus asa jika mengalami kekecewaan. Kekecewaan hanya merupakan kunci bahwa apakah sudah waktunya atau belum kita mencapai hasil tersebut.

    Reply
  38. vicky chandra

    kekecewaan yang terjadi pada manusia adalah sesuatu yang sementara, karena kekecewaan yang datang justru dapat membantu kita untuk selalu bersikap lapang dada dalam menghadapi suatu kekecewaan atau masalah.

    Reply
  39. Julio Hansen

    Kekecewaan merupakan hal yang tidak pernah luput alam hidup seseorang. Kekecewaan itu sendiri terjadi akibat dari apa yang dilakukan setiap manusia. Jadi tidak sepatutnya kita menyalahkan orang maupun merusak diri kita hanya karena kecewa akan suatu hal, melainkan kita harus bisa bangkit dari rasa kecewa tersebut untuk hidup yang lebih baik lagi.

    Reply
  40. Budi Tan Wijaya

    kecewa pada dasarnya sering sekali kita alami,,
    pada awalnya kekecewaan dapat membuat kita lupa akan sesuatu yang kita perbuat..
    kesimpulanya kekecewaan janganlah kita lakukan dengan merusak diri kita ..
    melainkan kita harus membenah diri kita dengan baik dan lebih optimis lagi.

    Reply
  41. cathchand

    mengapa kita kecewa ? karena kita pernah dikecewakan . BETUL ?
    itulah sebabnya mengapa seseorang sulit untuk percaya kepada orang lain apalagi ia pernah merasa kecewa dan dikecewakan
    namun kita tidak perlu khawatir, kita hanya perlu berharap dan memberikan harapan kita kepada Tuhan. biarlah Tuhan yang membantu kita untuk lepas dari semua rasa kecewa itu

    Reply
  42. aryaniyunitaarifin

    kecewa perasaan yang pasti kita rasakan saat kita sedang marah dan kesal dengan seseorang, rasa kecewa biasanya kita luapkan dengan marah-marah kepada seseorang yang berbuat salah. padahal seharusnya kita tidak boleh meluapkan kekecewaan kita dengan cara marah-marah tapi dengan cara yang baik-baik saja.

    Reply
  43. michelle

    setiap manusia pasti pernah merasakan kecewa. namun sebaiknya bila kita kecewa jagan lah terus berlarut-larut. Sebaiknya kita melanjutkan hidup dan terus mencoba

    Reply
  44. serrasepti

    Setiap orang pernah merasa kecewa, kecewa kepada orang lain atau kecewa kepada diri sendiri. kecewa pada orang lain karna suatu janji yang tidak ia tepati, kecewa terhadap diri sendiri karna tidak bisa mencapai apa yang diingikan. rasa kecewa itu bukan di jadikan sebagai alasan kita untuk mundur tetapi di jadikan sebagai cambuk untuk lebih baik kedepannya.

    Reply
  45. Aan kurniawan

    kekecewaan itu sangat sering terjadi dalam hidup,ketika kita sudah sangat mengharapkan atau menginginkan sesuatu dari seseorang,ternyata yang kita dapat hanyalah janji-janji..

    Reply
  46. cremonaliadylova

    Kecewa pasti ada dalam kehidupan. Kecewa dengan teman, kecewa dengan pasangan maupun kecewa dengan orang tua. Rasa kecewa akan mengakibatkan munculnya konflik, perpecahan, persahabatan hilang. Untuk mengatasi rasa kecewa Anda, apa yang Anda hadapi sekarang jalani dengan penuh syukur. Apa itu kebahagiaan maupun penyesalan. Syukurlah apa yang kita jalani.

    Reply
  47. erwinwiryanto18

    jika kita tidak mendapatkan cinta yang kita inginkan maka kita akan merasakan yang namanya kecewa, kecewa itu adalah perasaan sakit yang luar biasa, ketika keinginan kita tidak terpenuhi. jangan terlalu larut dalam perasaan kecewa karena akan membuat kita bersedih saja, dan menghalang kita untuk maju.

    Reply
  48. Dewi Jayanti

    kecewa timbul saat suatu yang kita harapkan namun tidak sama. kecewa timbul kepada teman, orang tua, dan sebagainya. dari Kecewa terkadang bisa menimbulkan konflik. Kecewa boleh saja, Namun jangan dijadikan alasan. Apapun yang sudah dijalani, Jalani saja. Seperti Air di sungai , Mengalir tanpa tidak kita Ketahui arahnya. Syukuri saja apa yang didapatkan karena itu sudah jalan dari Tuhan untuk kita semua.

    Reply
  49. lisda

    kecewa adalah salah satu bentuk dari masalah juga bagi kita. dan kecewa termasuk bentuk manusiawi kok menurut saya yang asal muasalnya dari perbuatan kita sendiri yang mungkin kurang baik di mata orang lain. yang namanya itu kecewa ada terjadi dua hal. di kecewakan atau mengecewakan. tapi apapun itu bentuknya,,kata maaf dan saling memaafkan mengakui kesalahan yang telah diperbuat adalah kunci untuk menjaga tali silaturahmi dan persaudaraan supaya tetap terjaga. πŸ™‚

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s