Fatamorgana

Terkadang muncul perasaan jemu, jenuh, hitam, pudar jauh dari kebahagiaan yang bisa membuat seseorang atau aku sendiri dapat tersenyum manis, membayangkan mimpi indah, tapi semua itu terlintas hanya pada baying-bayang Fatamorgana pikiran ini (STA)

Sepenggal puisi indah di atas menginspirasi saya menulis sesuatu yang berguna buat kita sikapi dalam kehidupan sehari-hari.
Fatamorgana adalah fenomena alam akibat sebuah permukaan datar yang panas dan jatuhnya sinar dengan sudut pandang kecil, yang menghasilkan macam-macam ilusi, seperti air dan benda-benda sesuai pikiran kita.
Fatamorgana merupakan gejala optis, jadi hanya bisa dilihat dengan mata, tidak bisa melalui panca indra lainnya. Kadang kala menimbulkan dampak psikologis, terutama akibat keinginan berlebihan. Fatamorgana bisa juga terjadi karena turun drastisnya tekanan darah seseorang, maka gejala ini bisa terjadi. Istilah lainnya penglihatan. Berbeda dengan mimpi, karena penglihatan ini terjadi saat kita sadar bahkan saat kita sedang berkomunikasi.
Pada suatu sesi rapat kerja di sebuah organisasi (saya hadir sebagai undangan), pimpinan rapat menggebu-gebu menjelaskan tentang program kerja, tetapi lama-kelamaan sepertinya dia sedang berdialog dan matanya menatap ke atas serasa kosong. Saya duduk paling depan. Saya mau interupsi kurang etis rasanya. Sedangkan hadirin lainnya semua asyik menikmati paparannya, tapi buat saya bisa melihat ada sesuatu yang aneh. Saya bisa melihat bayangan aneh di sekitar presenter tersebut. Karena tidak tahan akhirnya saya berdiri sekaligus bertanya. Saya mendekatinya dengan sentuh bahunya. Saat itu juga dia seperti pingsan. Tim medis segera datang memeriksa. Ternyata tekanan darahnya 60-100 dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Celakanya, sekarang saya jadi pusat perhatian karena dianggap sebagai paranormal. Sesungguhnya kejadian ini bisa dijelaskan karena masalah fisik saja. Bisa saja beliau ini kurang tidur dan terlalalu berapi-api dalam menyiapkan materi sehingga harus kolaps karena fisik tidak mendukung.
Suatu keinginan hati terlalu berlebihan memang bisa menimbulkan fatamorgana hidup. Bahkan ia bisa dibawa sampai dalam mimpi. Seperti halnya jatuh cinta kata sahabat saya. Jika hal ini terjadi, perlu kita lebih waspada karena fenomena alam ini bisa membuat kita salah arah. Pengaruh utama adalah dalam pengambilan keputusan abstrak, kesedihan berlebihan, ketakutan berlebihan, dan stress berkelanjutan. Emosi dan marah yang berlebihan dikhawatirkan bisa terjadi jalan pintas membahayakan diri sendiri.
Tuhan memberikan kita suatu kemampuan yang luar biasa, terutama penguasaan diri sekaligus mengatasi setiap masalah yang dihadapinya. Namun, kemampuan ini tidak disadari. Kita lebih suka mencari alternatif lain atau nasehat-nasehat, tetapi lupa bahwa ada Tuhan yang begitu setia mendampingi kita. Termasuk Ia memberikan kita fatamorgana hidup. Bukan untuk menyulitkan kita, tetapi justru menjadi bagian dari penyelamatan hidup.
Semoga kita bisa melihat setiap sisi positif fenomena alam, baik yang terjadi di alam maupun yang terjadi dalam diri kita. Semuanya bisa kita jadikan sumber suka cita dan pemicu kepada kehidupan lebih baik.

47 responses to this post.

  1. kekhawatiran yang berlebihan juga bisa menyebabkan fatamorgana yang membahayakan diri sendiri. sebagai contoh baru-baru ini teman saya baru putus cinta dengan pacarnya, ia merasa tidak akan bisa hidup tanpa adanya kekasih hatinya itu. ia khawatir sampai tidak bisa tidur dan malas makan. ia terus membayangkan kesedihan dan kesepian yang akan ia hadapi. sampai akhirnya badannya kurus dan ia sekarang terkena penyakit typus karena kekhawatirannya itu. ia tidak ingat bahwa ia masih punya teman-temannya yang selalu mendukungnya. seharusnya ia bisa mengendalikan diri dan kekhawatirannya. dan ia juga seharusnya berdoa minta Tuhan untuk bisa melewati masalah ini. Tuhan tidak tuli untuk mendengar setiap doa kita. Jadi, seperti ayat dalam kitab suci “carilah maka kamu akan mendapat, mintalah maka akan diberikan kepadamu, ketukalah maka pintu akan dibukakan bagimu”

    Reply

  2. Fatamorgana
    Fatamorgana adalah bayangan kita ketika kita terlalu mengharapkan sesuatu hal.
    contoh nya ketika di padang pasir saat seorang manusia sangat haus ia menbayangkan melihat sungai yang indah padahal itu hanya gurun kosong.

    Fatamorgana bisa membuat manusia celaka, karena saat kita membayangkan sesuatu yang tidak nyata namun kita menganggap itu adalah hal nyata hanya akan membuat kita menjadi Gila. biasanya Fatamorgana terjadi ketika manusia sudah putus asa, ia menjadi lupa akan Tuhan padahal seharus nya ia mengingt bahwa Tuhan tidak akan pernah memberikan cobaan kepada umat nya di luar batas umat nya tersebut. Itu berarti Tuhan masih percaya kita dapat melewati masalah itu, bila kita yakin pada hal tersebut kita tidak akan menciptakan Fatamorgana terhadap diri kita.

    Reply

  3. Posted by mariani purnama on November 25, 2012 at 8:17 am

    selama ini saya memeahami fatamorgana sebagai fenomena alam yang bisa terjadi di sekitar kutub. setelah membaca artikel ini saya baru memahami bahwa gangguan emosi yang berlebihan juga dapat menyebabkan ilusi mata yg disebut sebagai fatamorgana juga. terima kasih informasinya.

    Reply

  4. bekerja keras itu penting, terkadang kita terlalu melihat dan mementingkan prestasi tanpa lupa batas dan limit diri kita. Sesuatu yang sangat berlebihan selalu tidak baik. Tuhan juga terkadang menguji kita namun tidak pernah lebih dari kemampuan kita. Dia tahu apa semua kekurangan dan kelebihan kita karena kita ciptaan nya. Tapi juga manusia slalu cepat mengeluh saat baru sedikit dalam penderitaan sesungguhnya ada harta tak ternilai di ujung jalan

    Reply

  5. menurut saya pemimpin rapat tersebut terlalu d forsir sehingga ia pingsan saat melalukan presentasi di depan karyawan nya. ia semestinya tidak seperti itu. musti ada yang membantunya..

    Reply

  6. setelah saya membaca artikel ini saya menjadi sadar suka salah mengartikan. berpikir positif itu lebih baik dan menjadi lebih bermanfaat terhadap psikologis. bisa menjadi happy, tidak terlalu berlebihan dalam emosional maupun ketakutan berbeda dengan pikiran negatif yang mempunyai dampak yang sangat besar bisa pada diri sendiri dan juga orang lain. dalam diri kita yang lebih bahaya adalah sebuah pikiran dan hati, dengan pikiran kita sudah mengaktifkan hal yang negatif maka akan terotomatis hati pun menjadi negatif. lebih baik harus memperbanyak belajar kesabaran dan tidak terlalu berpikir yang aneh pikirkan hal yang baik saja.

    Reply

  7. Dari artikel di atas dapat saya simpulkan fatomorgana adalah hasrat atau keinginan yang hanya berupa ilusi dan banyangan. Suatu keinginan hati terlalu berlebihan memang bisa menimbulkan fatamorgana hidup. menurut saya fatamorgana hidup itu dapat menjadi motivasi kita untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan asalkan keinginan hati yang berlebihan tersebut dapat dikendalikan lalu diubah menjadi motivasi yang kuat untuk menggapainya. Cerita pengalaman yang menurut saya sangat menarik. Saya sangat setuju bila dikatakan keinginan hati seseorang yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan fatamorgana didalam dirinya. Walaupun saya sendiri belum pernah melihat seseorang yang mengalami fatamorgana/ merasakan fatamorgana itu sendiri. tetapi saya yakin jika fatamorgana itu ada dan diciptakan Tuhan untuk dijadikan sebuah pengalaman hidup bagi umatnya. Seperti yang anda tulis, Semoga kita bisa melihat setiap sisi positif dari fenomena alam tsb, baik yang terjadi di alam maupun yang terjadi dalam diri kita. Semuanya bisa kita jadikan sumber suka cita dan pemicu kepada kehidupan kita untuk menjadi lebih baik lagi.

    Reply

  8. Posted by linda on November 30, 2012 at 8:41 am

    dari artikel di atas, saya merasa bahwa inilah saat nya kita berpikir untuk bisa lebih menguasai diri kita agar kita lebih mengerti dalam menjalani kehidupan kita . Salah satu penguasaan diri yang harus kita lakukan adalah selalu berpikir positif , karena jika kita selalu berpikir secara positif maka kita menetukan langkah hidup yang baik benar sehingga kita bisa menguasai diri kita untuk tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif.

    Reply

  9. menurut saya jika keinginan hati kita berlebihan akan menimbulkan fatamorgana hidup yang bisa di bawa dalam mimpi selain itu juga kalau kita mempunyai kekhawatiran yang berlebihan bisa menyebabkan fatamorgana yang dapat membahayakan diri kita sendiri.

    Reply

  10. Keinginan berlebihan, kesedihan berlebihan, ketakutan berlebihan, stress berkelanjutan. Semua hal yang berlebihan pasti akan menimbulkan suatu masalah. Karena hal itu, kadang sering muncul fatamorgana aneh – aneh yang tidak sesuai dengan logis. Hal ini dapat berdampak negative didepannya, kita bisa mendapat gangguan psikologis. Tetapi, tidak selalu fatamorgana berdampak negative, lihat dari sisi positifnya. Ilusi dapat membuat kita menjadi terpacu untuk meraih impian kita ( jangan berlebihan ) dengan bantuan Tuhan disisi kita. Kadang kita terlalu terobsesi atau memikirkan keinginan, kekhawatiran kita sehingga lupa dengan Tuhan. Tuhan akan menyertai setiap pekerjaan yang kita lakukan, jadi jangan khawatir berlebihan

    Reply

  11. Saya sangat setuju dengan faramorgana dalam kehidupan paling nyata adalah CINTA saat kita jatuh cinta semua terlihat seperti apa yang kita inginkan. Bagaimana kita terbuai oleh seseorang yang mungkin apa yang dia perlihatkan adalah kepalsuan tetepi kita yang sudah terjebak di dalam fatamorgana tersebut akan berpikiran apa yang di lakukan itu adalah sikap asli yang di tujukan orang tersebut. Maka ketika fatamorgana datang dan menyelimuti kita, kita butuh seseorang untuk menyadarkannya itu lah guna Tuhan, dia selalu ada dan tau benar atau salah.

    Reply

  12. saya baru tahu kalau fatamorgana bisa diartikan keinginan yang hanya berupa ilusi dan banyangan. Suatu keinginan hati terlalu berlebihan memang bisa menimbulkan fatamorgana hidup dan jika keinginannya tidak bisa tercapai dia lupa pada tuhan.
    arti fatamorgana yang saya tahu adalah Fatamorgana merupakan sebuah fenomena di mana optik yang biasanya terjadi di tanah lapang yang luas seperti padang pasir atau padang es. Seringkali di gurun pasir, fatamorgana menyerupai danau atau air atau kota. Ini sebenarnya adalah pantulan daripada langit yang dipantulkan udara panas. Udara panas ini berfungsi sebagai cermin.

    Reply

  13. Walaupun kita tidak digurun , kita juga akan mengalami fatamorgana , itu disebabkan oleh tingkat emosi kita yang sedang tidak stabil , seperti kekhawatiran yang tinggi.

    Reply

  14. sesuatu hal yang berlebihan selalu berakibat buruk bagi diri kita. bergadang demi menyelesaikan pekerjaan,stress dapat menurunkan stamina tubuh kita untuk beraktifitas sehari-hari kadangkala kita perlu bersantai untuk menenangkan diri dan pikiran kita.kalau kita memaksakan diri demi hal yang kita kejar tersebut malahan suatu ilusi yang kita rasakan serta dapat dapat merusak diri kita sendiri

    Reply

  15. Setelah membaca artikel ini, saya baru menyadari bahwa ternyata selama ini saya salah mengartikan makna dari fatamorgana. Menurut saya fatamorgana tidak selalu memberikan dampak negatif bagi kita, tetapi dengan adanya fatamorgana dapat membuat kita memiliki semangat untuk terus mengejar meraih mimpi-mimpi kita selama ini yang disertai oleh Tuhan yang selalu ada disisi kita untuk menyadarkan kita agar kita tidak melangkah ke arah yang negatif.

    Reply

  16. Fatamorgana bisa diartikan sebagai ilusi atau bayangan dari keinginan kita semata, terkadang bayangan apa yang kita ingini suka berlebih bahkan membahayakan diri, seperti kekuasaan, keserakahan, dan sebagainya.namun fatamorgana juga memiliki arti positif dimana kita bisa memiliki semangat untuk kedepannya karena kita mengingininya
    percayalah terhadap keyakinan diri sendiri, trust it, do it, it will better
    God Bless Us🙂

    Reply

  17. Fatamorgana itu merupakan ilusi diri akibat tekanan dalam diri sehingga merasakan kenikmatan akibat dari fatamorgana dan akhirnya tidak dapat kembali ke dalam kehidupan kita yang sekarang. Jika kita terlalu banyak berilusi tidak baik bagi kesehatan karena jika ilusi yang kita ciptakan tersebut tidak dapat terwujud maka biasanya orang akan berputus asa dan merasa bahwa dirinya tidak berguna dalam hidup.

    Reply

  18. fatamorgana adalah hasrat atau keinginan yang hanya berupa ilusi dan banyangan.
    setiap manusia pasti dapat membayangkan tujuan kedepan dari kehidupannya, namun bayangan tersebut tidak akan tercapai jika individu-individu itu sendiri tidak berusaha untuk mencapai fatamorgananya sendiri.

    Reply

  19. sesuatu yang tuhan berikan kepada kita harus lah kita syukuri .seperti hal nya fatamorgana tersebut .kita harus melihat sesuatu dari segi positif dan berpikir dewasa.kita tidak boleh terlalu berlebihan menanggapi sesuatu ,karna sesuatu yang berlebihan itu tidak baik . Cukup dengan pikiran yang positif dan apa adanya .

    Reply

  20. apa pun yang terjadi , kita harus tetap syukuri maupun itu dapat membuat kita jenuh , bosan , dll . tetapi dibalik semua itu ada kelebihan dan kekurangan yang diberikan oleh Tuhan , tetap harus kita terima dengan penuh sukacita .

    Reply

  21. apa pun yang terjadi , kita harus tetap syukuri maupun itu dapat membuat kita jenuh , bosan , dll . tetapi dibalik semua itu ada kelebihan dan kekurangan yang diberikan oleh Tuhan , tetap harus kita terima dengan penuh sukacita , diambil dari nilai positifnya saja …

    Reply

  22. fatamorgana biasa terjadi di tempat yang panas, fatamorgana sering kali menipu para pengelana yang berada di padang pasir yang tidak ada air, disaat fisik kita memerlukan air maka udara dan cuaca yang sangat panas bisa menipu pikiran dan penglihatan para pengelana yang memberikan penglihatan terhadap air yang sebenarnya tidak nyata.
    kita dapat belajar dari situasi itu, kalau cuaca panas melambangkan kondisi, dan para pengelana yang kehausan akan berusaha mendapatkan air dan melupakan kalau keadaan fisiknya butuh istirahat. ada kalanya kita di tekan oleh beberapa tugas2 deadline, tapi kita juga harus menjaga kondisi fisik dan kerohanian kita sehingga pikiran dan penglihatan kita tidak berfokus hanya ke deadline saja. karena tanpa kondisi fisik yang prima maka deadline tidak akan mudah untuk dikerjakan.

    Reply

  23. Fatamorgana mungkin bisa dibilang halusinasi karena menginginkan sesuatu yang sangat-sangat berlebihan tetapi dapat menimbulkan efek yang sangat fatal jika sampai menyentuh psikis manusia.

    Dalam bekerja tentu bukan pikiran saja yang dibutuhkan tetapi juga kondisi fisik yang sehat juga begitu penting dalam pekerjaan,
    dalam menyediakan atau mempersiapkan segala sesuatu jangan terlalu berlebihan sehingga menimbulkan penurunan kesehatan fisik, yang nantinya malah menjadi penghambat,
    jika sesuatu yang ditargetkan sudah tercapai, kita bisa mengatakan itu cukup, kalau kondisi sudah tidak memungkinkan untuk melanjutkan,

    lain kata jika sesuatu yang ditargetkan sudah terlampaui tetapi kondisi masih memungkinkan untuk ditingkatkan lagi, kenapa tidak untuk ditingkatkan lagi?

    hati, fisik, pikiran, tubuh, masing-masing mempunyai batas kekuatanya, meskipun berbeda-beda tetapi kita harus tetap menyeimbangkan agar mendapatkan kinerja yang sempurna, jika salah satunya tidak bekerja dengan baik, itu akan mempengaruhi hasil yang akan didapat.

    Fatamorgana fenomena alam, jangan terlalu terpengaruh dalam halusinasi tersebut tetapi jadilah lebih kuat daripada halusinasi itu.

    Reply

  24. Fatamorgana adalah Fenomena alam akibat sebuah permukaan datar yang panas dan jatuhnya sinar dengan sudut pandang kecil yang menghasilkan benda-benda sesuai dengan pemikiran kita. Fatamorgana sering terjadi kepada manusia apabila dia putus asa dan tidak punya harapan, maka dia akan menjauh dari Tuhan. Maka itu kita harus lebih mengingat Tuhan karna tuhan tidak pernah mau melihat anak-anaknya yang mengalami itu.

    Reply

  25. Menurut penelitian setiap orang mempunyai energi cadangan (aku lupa nama energi itu) dalam tubuh. Energi cadangan itu bisa terpakai jika kita di hipnotis atau jika kita memikirkan sesuatu yang sangat penting yang harus kita kerjakan atau jika kita sangat ingin melakukan sesuatu yang berlebihan. Tanpa sadar kita memakai energi cadangan yang ada dalam tubuh kita. Dalam artikel ini, saya kagum dengan orang yang bisa melihat sesuatu yang berbeda dari yang dilihat orang lain😀

    Reply

  26. saya setuju..menurut saya memang sebuah masalah atau bencana memang berat..tetapi alangkah baiknya kita selalu melihat sisi positif dalam setiap masalah

    Reply

  27. Posted by hendry8940 on December 7, 2012 at 1:15 pm

    Fatamorgana merupakan fenomena alam yang membuat manusia melihat apa yang dia inginkan. Kita tidak boleh terbuai dengan fatamorgana, karena hal itu tidak nyata. Hendaknya kita meminta arahan dari Tuhan supaya kita dapat hidup dengan damai dan nyata, bukan dalam kepalsuan seperti fatamorgana

    Reply

  28. Fatamorgana merupakan halusinasi yang terjadi hanya pada mata juga pikiran kita. Sesuatu yang kita lihat / kita tangkap dengan mata akan segera mempengaruhi pikiran kita juga. Halusinasi itu bisa terjadi karena sudut pantul matahari yang hanya bisa dilihat sedikit dari sudut pandang mata. Selain itu mungkin karena pikiran manusia sudah tidak konsentrasi dengan hal-hal sekeliling dia dan menyebabkan matanya menangkap sesuatu diluar kenyataan. Biasanya hal ini karena manusia sedang kekurangan energi atau kesadarannya menurun. Halusinasi sebenarnya baik, jika kita sedang jenuh dan berhalusinasi tentang kenangan-kenangan yang indah. Namun terkadang kita sering berhalusinasi disaat-saat yang tidak tepat, seperti sedang sedih atau terlalu lelah. Kemudian halusinasi itu membawa pikiran kita perbuatan-perbuatan yang negatif seperti ingin bunuh diri. Alangkah baiknya jika kita berhalusinasi mengenai hal-hal positif, seperti andaikan kita mendapatkan juara di kelas, mungkin ini akan membuat kita ingin memujudkan impian / gambaran yang tidak terkonstruksi itu. Tetapi terlalu banyak berhalusinasi tanpa tindakan yang positif maupun nyata, sama saja dengan orang-orang malas yang tidak memiliki pekerjaan.

    Reply

  29. selama ini saya hanya menganggap fatamorgana hanya terjadi di padang pasir atau pun dikutub utara tapi,dari artikel ini saya belajar bahwa manusia juga bisa mengalami fatamorgana yang pada saat kita berhalusinasi ingin sesuatu yang mungkin itu bukan hal yang nyata tapi,halusinasi tersebut harus hal yang positif dan pada saat situasi dan kondisi yang tepat karena jika hal yg negatif akan membuat sikap kita menjadi tidak baik.

    Reply

  30. fatamorgana adalah bayangan atau penglihatan seseorang pada saat ia membutuhkan sesuatu yang ia inginkan.

    Reply

  31. fatamorgana atau hayalan itu terjadi ketika otak memikirkan atau memproyeksikan sesuatu,sehingga membentuk suatu gambaran yang seolah-olah nyata,namun sebenarnya hanya bayangan semu

    Reply

  32. Fatamorgana seperti ilusi sesaat dimana seseorang mempunyai khayalan untuk ke depan, Tetapi jika tidak digunakan sebaik-baiknya akan menimbulkan bahaya.
    Pengaruh utama adalah dalam pengambilan keputusan abstrak, kesedihan berlebihan, ketakutan berlebihan, dan stress berkelanjutan. Emosi dan marah yang berlebihan dikhawatirkan bisa terjadi jalan pintas membahayakan diri sendiri. Dan sekarang berpikir positif dalam menghadapi dunia Fatamorgana. Tuhan selalu menuntut jalan seseorang.

    Reply

  33. fatamorgana adalah sebuah ilusi yang kita alami, dimana ketika melihat sesuatu maka kita akan membayangka sesuatu juga, cth ketika kita melihat padang pasir maka kita akan melihat pasir di sekeliling kita, jangan terpengaruh oleh ilusi kita sendiri.

    Reply

  34. Fatamorgana adalah sebuah ilusi yang seringkali kita alami,dimana yang timbul dalam pikiran kita adalah sesuatu yang berlawanan dari apa yang ada.Wajar saja kalau kita berfatamorgana,tetapi ada baiknya kita menyerahkan semuanya kepada Tuhan apapun yang terjadi pada kita,yang kita inginkan,maupun yang akan terjadi pada kita.

    Reply

  35. Posted by Dewi Jayanti on December 13, 2012 at 5:46 pm

    Fatamorgana adalah suatu hal yang anda lihat namun pada kenyataannya itu tidak ada. Fatamorgana mengelabui seseorang, karena seseorang itu mengalami suatu tekan yang luar biasa sehingga bisa membuatnya menghayal” sesuatu yang di inginkan. Untuk itu ketahanan tubuh sangat dibutuhkan untuk diri kita🙂

    Reply

  36. fatamorganan adalah imaginasi kita terhadap sesuatu yang sangat kuat sehingga kita merasa hal yang kita bayangkan terjadi, contoh saat kita berada di gurun, digurun sangat panas. kita merasa melihat danau ditengah – tengah gurun tersebut padahal tidak ada

    Reply

  37. fatamorgana adalah bayangan atau hayalan yang muncul mengenai hal yang kita inginkan. Tuhan memberikan kita fatamorgana hidup Bukan untuk menyulitkan kita, tetapi justru menjadi bagian dari penyelamatan hidup.

    Reply

  38. fatamorgana adalah satu ilusinasi kita yang terjadi karena keinginan hati atau pemikiran yang berlebihan yang dapat memunculkan suatu kejadian abstrak yang terkadang tidak terpikir oleh kita dan tidak kita sadari .

    Reply

  39. Jika hal ini terjadi, perlu kita lebih waspada karena fenomena alam ini bisa membuat kita salah arah. Pengaruh utama adalah dalam pengambilan keputusan abstrak, kesedihan berlebihan, ketakutan berlebihan, dan stress berkelanjutan. Emosi dan marah yang berlebihan dikhawatirkan bisa terjadi jalan pintas membahayakan diri sendiri.

    Reply

  40. Posted by putri indrayana on December 18, 2012 at 5:31 am

    fatamorgana merupakan sebuah ilusi yang disebabkan karena keinginan ..

    terkadang memang kita selalu memikirkan apa yang kita inginkan , bukan berusaha untuk mewujudkan apa yang kita inginkan.

    segala rasa kebahagiaan maupun kesedihan yg berlebihan tidak baik , kita harus mampu menguasai diri
    dan tidak boleh lupa untuk meminta pertolongan Tuhan

    Reply

  41. Fatamorgana dapat menjadi sangat indah apabila kita dapat mengendalikannya, namun kalau kita tidak bisa mengendalikannya bisa-bisa malah kita yang dikendalikan oleh fatamorgana tersebut. Tuhan menganugerahkan pikiran untuk manusia , sehingga manusia dapat memikirikan hal-hal yang dapat membahagiakan dirinya. Tapi tidak jarang manusia yang hanya tenggelam dalam ilusinya saja, sehingga ia tidak merealisasikan hal-hal tersebut dalam hidupnya. Dan pada akhirnya manusia menjadi takut untuk menjalani hidup karena dunia ilusinya dianggap lebih menyenangkan. Sungguh tragis karena ada beberapa orang yang menjadi gila karena hal ini.

    Reply

  42. Posted by Eliriani on December 19, 2012 at 6:51 am

    Fatamorgana adalah bayangan kita ketika kita terlalu mengharapkan sesuatu hal yang diinginkan. terkadang kita pernah memikirkan sesuatu apa yang kita inginkan.tetapi kita hanya berdiam tidak berusaha untuk mendapatkannya.

    Reply

  43. Istilah lainnya penglihatan. Berbeda dengan mimpi, karena penglihatan ini terjadi saat kita sadar bahkan saat kita sedang berkomunikasi.

    Reply

  44. pemimpin rapat terlalu berlebihan

    Reply

  45. Posted by hedwig gerardine calvin on December 19, 2012 at 3:50 pm

    Fatamorgana merupakan sebuah fenomena di mana optik yang biasanya terjadi di tanah lapang yang luas seperti padang pasir atau padang es.

    Fatamoragana

    Seringkali di gurun pasir, fatamorgana menyerupai danau atau air atau kota. Ini sebenarnya adalah pantulan daripada langit yang dipantulkan udara panas. Udara panas ini berfungsi sebagai cermin.

    Kata fatamorgana diambil dari bahasa Italia. Ini pada mulanya adalah nama saudari Raja Arthur, Faye le Morgana, seorang peri yang bisa berubah-ubah rupa.

    Reply

  46. Fatamorgana adalah fenomena alam akibat sebuah permukaan datar yang panas dan jatuhnya sinar dengan sudut pandang kecil, yang menghasilkan macam-macam ilusi, seperti air dan benda-benda sesuai pikiran kita.

    Reply

  47. Posted by dwiandra annas putra on May 26, 2013 at 4:13 pm

    menurut saya jika keinginan hati kita berlebihan akan menimbulkan fatamorgana hidup yang bisa di bawa dalam mimpi selain itu juga kalau kita mempunyai kekhawatiran yang berlebihan bisa menyebabkan fatamorgana yang dapat membahayakan diri kita sendiri

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: