Setia

Terima kasih Tuhan atas kasih setia-Mu

Setia dalam segala hal memberikan kekuatan teutama pengharapan akan sesuatu yang dapat memberikan kebaikan bagi kita. Jikalau kita setia pada hal yang kecil, maka kita akan diperkenankan memiliki tugas yang lebih besar. Hari ini Gereja Katolik memperingati Santa Perawan Maria dipersembahkan kepada Allah.
Bunda Maria adalah sosok pribadi yang setia dalam melakukan kehendak Allah. Bahkan di saat tersulit sekalipun, ia tetap setia. Seperti Bunda Maria yang setia sampai akhir, saya pun mau belajar untuk terus setia dan saya percaya apa yang saya lakukan dengan setia itu tidak akan sia-sia.
Sepulang dari perjalanan jauh keliling mengunjungi klien di luar negeri, saya ingin istirahat sejenak baru mau kerja lagi. Tetapi belum istirahat dimulai, saya sudah disodori beberapa pekerjaan, tapi saya tolak. Saya delegasikan kepada beberapa direksi dan pejabat, tetapi pekerjaan mengalir terus seakan air yang tidak bisa dibendung. Di saat bingung mengatur antara istirahat dan kerja, saya disodori lagi pekerjaan melayani di gereja dengan berbagai kegiatan yang cukup berat. Sebenarnya saya mau bilang tidak, karena tangan saya cuma dua, tetapi saya tidak kuasa dan tidak mampu menolaknya. Lalu, apakah saya harus mengorbankan satu dan mengerjakan yang lain? Apakah ini simbol kesetiaan saya? Karena saya harus setia pada komitmen saya, akhirnya istirahat atau cuti saya terpaksa batalkan.
Kesetiaan tidak akan terlepas dari beberapa hal, antara lain :
pengorbanan, pengampunan dan persembahan. Sepertinya setia sering diartikan lain, yakni segalanya. Padahal yang diharapkan setia itu lebih dari loyal atau memihak sebuah kepentingan. Maksudnya apabila kita setia terhadap pasangan hidup kita, maka kita dituntut bukan hanya tanggung jawab, tetapi kesetiaan terhadap apa yang membuat kita hidup lebih hidup.
Jadi, apabila kita setia sampai mati terhadap pasangan kita, tetapi pasangan kita tidak berbahagia atau masih penuh dengan penderitaan, maka kata setia akan sia-sia. Jadi, kalau kita berani mengatakan setia terhadap pasangan kita dan untuk menyempurnakan janji kita di hadapan gereja, umat dan Tuhan sendiri, maka kita perlu berkorban, memberi kedamaian dan suka cita sehingga karya keselamatan itulah yang menjadi kesetiaan kita.
Sama halnya dengan setia terhadap pekerjaan kita sebagai bagian terkecil dari kehidupan kita. Di dalam pekerjaan kita harus menghasilkan damai, suka cita dan sumber kegembiraan bagi diri kita juga bagi keluarga dan sahabat.
Setia menjadi sumber kebahagiaan bukan sumber kesusahan, kesedihan atau perpecahan. Demikian Tuhan lebih dahulu setia mencintai kita melalui nafas kita, melalui kenikmatan jiwa raga, makanan dan minuman serta kebutuhan kita. Lalu, apa yang kita balas?

85 responses to this post.

  1. Kesetiaan tidak dapat diukur. Setia memberikan kekuatan teutama pengharapan. Tuhan selalu setia bagi anak-anak Nya tetapi kesetiaan Nya diuji kepada anak-anak Nya dalam menghadapi kehidupan. Cobalah setia taat pada perintah Nya dan cobalah setia pada orang yang Anda kasihi, Setiap kehidupan manusia dituntut untuk setia kepada sesama, diri sendiri dan terakhir kepada Tuhan.

    Reply

  2. Sikap setia harus kita miliki, karena dengan setia lah kita akan menemukan cinta sejati, banyak orang setia yang akan mendapatkan bahagia dengan cepat apabila orang itu setia, biasanya yang tidak setia ia akan menderita selamanya…..

    Reply

  3. Posted by Dewi Jayanti on December 12, 2012 at 8:58 am

    kesetiaan adalah satu cara untuk menguatkan 1 pasangan. kesetiaan ini akan bertahan lama jika seseorang tersebut mempunyai keyakinan kuat terhadap dirinya sendiri. kesetiaan ini juga sama halnya dengan kesetiaan kepada TUHAN. Memperkuat iman dengan setia kepadanya, terkadang masih banyak orang yang gampang dihasut, sehingga mudah berpindah keyakinan.

    Reply

  4. setiap manusia pasti memiliki sikap setia, org yang tidak setia karena penerapannya sudah pasti di pengaruh oleh orang yg ketiga, karena pemikirannya pasti begini, contoh : dia kan di luar negeri, aku setia atau ga dia kan gak tahu, jadi kenapa saya harus setia. jadi sikap setia harus selalu di jaga jangan berpikir sebagai kasus contoh yang di atas.

    Reply

  5. setia adalah akar dari segalanya. seseorang yang tidak memiliki kesetian dalam dirinya maka orang tersebut merupakan orang yang tidak dapat dipercaya. kita pun sebagai manusia dalam mengerjakan sesuatu harus setia, bisa kita bayangkan jika kita setia dalam melakukan sesuatu terutama dalam bekerja.. pekerjaan yang dilakukan tidak akan maksimal.

    Reply

  6. setia adalah komitment terhadap pasangan, setia bisa dibilang hal yang wajib dilakukan. setia terhadap pasangan adalah hal yang indah

    Reply

  7. Posted by patricia tangkumahat on December 14, 2012 at 8:00 am

    menurut saya, setia adalah salah satu yang sulit di pertahankan.
    tapi kalau kita mempunyai prinsip dalam hidup yakin dan percaya saja kita pasti bisa setia, seperti Tuhan yang selalu setia kepada kita🙂

    Reply

  8. setia merupakan salah-satu sikap yang patut kita ambil sebagai teladan dalam hidup kita , baik setia terhadap pasangan kita , kepada teman , dan terutama kepada TUHAN karena setia yang sebenarnya , tulus dan untuk selamanya hanya TUHAN yang memilikinya dengan sempurna.

    Reply

  9. Posted by Eliriani on December 15, 2012 at 10:48 am

    zaman sekarang kesetiaan yang kita rasakan sangat sedikit. meski kita mencoba setia kepada teman, keluarga, pasangan, Tuhan. tetapi apakah mereka setia kepada kita. saya merasakan kesetian yang sangat nyata dalam kehidupan saya adalah satu pribadi yang amat sempurna yaitu Tuhan, meski terkadang kita tidak setia kepada Tuhan tetapi Tuhan selalu setia kepada umatNya. kesetian Tuhan adalah salah satu sikap yang patut kita teladani dalam hidup kita, dan kita jalani dalam kehidupan kita.

    Reply

  10. Posted by steffanus sasteradinata on December 15, 2012 at 5:31 pm

    kesetiaan adalah segalanya untuk mencapai sebuah impian, baik impian kita kepada pasangan maupun impian kita terhadapat cita-cita kita.. karena ketika sesuatu datang untuk merusak impian kita, hanya kesetiaan kita kepada sebuah impian yang dapat mempertahankannya

    Reply

  11. Posted by Dyah Indah Pratiwi on December 16, 2012 at 1:32 pm

    kalau kita setia sama seseorang pasti orang itu juga akan setia .
    kalau kita setia sama tuhan kita maka tuhan kita selalu ada di sisi kita untuk selalu membantu kita .

    Reply

  12. setia memang bukan hal yang mudah di terapkan oleh setiap manusia. setia itu adalah bagaimana kita bertahan pada sesuatu yang sudah kita pegang atau kita miliki. pada umumnya manusia hanya setia pada pasangannya. tetapi, yang sebenarnya setia itu harus kita terapkan pada Tuhan kita juga.🙂

    Reply

  13. Setia adalah 1 hal yang sangat langka , krn jarang org setia dalam 1 hal contoh pekerjaan . terkadang cinta pun begitu .

    Reply

  14. Posted by putri indrayana on December 18, 2012 at 4:02 am

    setia adalah bagaimana memperjuangkan dan bertahan ..

    banyak orang yang mampu memperjuangan saat ingin mendapatkan namun tidak mampu mempertahankan kesetiaan,

    begitu juga hal yang dengan kesetiaan terhadap Allah ,
    kita berlomba-lomba belajar untuk menerima sakramen ..
    namun ketika kita sudah menerima sakramen tersebut .. belum tentu kita mampu mempertahankan kesetiaan doa & pengabdian kita terhadap Allah

    Reply

  15. setia merupakan bentuk nilai yang semestinya harus imiliki oleh setiap orang. yang paling umum dan mudah di lakukan adalah misalnya setia denan pasanga kita. bila itu sudah bisa kita jalankan dengan tulus..maka setia untuk hal hal lainnya pun akan mudah di jalani karna sudah terbiasa

    Reply

  16. Kesetiaan Bapak sedang diuji saat harus memilih antara bekerja atau beristirahat, tapi pada akhirnya Bapak memilih untuk bekerja bagi Tuhan. Keputusan yang sangat bijak, Bapak mau keluar dari zona nyaman Bapak dan melakukan tugas pelayanan. Kesetiaan sejati seseorang diuji saat ia dihadapkan pada pilihan antara membuat dirinya sendiri nyaman atau membuat orang di sekitarnya merasa senang. Jika kita memilih pilihan kedua mungkin akan terasa kurang mengenakkan dibandingkan dengan pilihan pertama, tapi jika kita melakukan pilihan kedua dengan penuh sukacita maka akan mendatangkan kebaikan juga bagi kita.

    Reply

  17. saya setuju dengan artikel di atas kalau kesetiaan tidak akan terlepas dari beberapa hal seperti pengorbanan, pengampunan dan persembahan. kita bisa membalas kesetiaan Tuhan yang telah mencintai kita dengan menjadi pelayan Tuhan yang setia di gereja dan hamba Tuhan yang setia.

    Reply

  18. kesetiaan itu memang tidak mudah untuk dilakukan dalam diri kita, tapi kita bisa lakukan kesetiaan itu dengan adanya Tuhan dalam diri kita dan kitapun tetep setia pada Tuhan terlebih dahulu baru kita akan bisa setia kepada hal-hal yang lain.

    Reply

  19. Posted by hedwig gerardine calvin on December 19, 2012 at 3:50 pm

    Setia adalah suatu perbuatan atau perasaan yang dilakukan atau dikendalikan oleh pikiran emosional seseorang dengan melihat dan merasakan suatu kejadian yang berhubungan dengan kehidupan pribadi maupun kelompok.

    Reply

  20. kesetiaan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakuka. kesetiaan membutuhkan pengorbanan dalam berbagai hal. mungkin mudah untuk berkorban. Namun, apakah pengorbanan yang dilakukan itu tulus?. segala hal yang ingin dicapai, membutuhkan kesetiaan untuk mencapainya. kesetiaan terhadap pekerjaan, keluarga, teman, sahabat, dll.

    Reply

  21. Setia dalam segala hal memberikan kekuatan teutama pengharapan akan sesuatu yang dapat memberikan kebaikan bagi kita. Jikalau kita setia pada hal yang kecil, maka kita akan diperkenankan memiliki tugas yang lebih besar. jadi Tuhan yang sudah mencintai kita dengan menjadi pelayan tuhan yang setia dan hamba tuhan yang setia.

    Reply

  22. Setia adalah satu kata yang simple jika diucapkan tapi sangat sulit untuk dilakukan dalam kehidupan ini.Terkadang ketika kita sedang dalam posisi kaya banyak orang yang mendekat kepada kita, coba saat kita sedang terpuruk dan miskin, pasti semua orang menjauhi bahkan seolah-olah tidak pernah mengenal kita.Dalam hal ini kesetiaan sangat diuji, memang banyak orang yang akan menjauh karena tidak adanya kesetiaan, tetapi bagi saya kesetiaan itu sangat penting dan nomor satu dalam sebuah hubungan karena dengan kita setia itu akan memberikan rasa tenang, nyaman dan damai bagi orang lain karena kita akan selalu menemani orang tersebut dalam suka dan duka.

    Reply

  23. Setia didasari dari ketulusan hati untuk menggapai sesuatu dan untuk memperjuangkan sesuatu.

    Reply

  24. setia adalah sesuatu yg sangat sulit di pertahan kan
    karena kesetian pada manusia sering sekali tergoya dari napsu – napsu atau pun keinginan

    Reply

  25. kesetiaan terjadi bila kedua orang(pasangan) tersebut sama-sama saling menjalani dan melengkapinya

    Reply

  26. Setia sangat di butuhkan dalam kehidupan sehari-hari
    setia terhadap Tuhan atau tidak pernah melupakan Tuhan🙂
    setia terhadap guru , teman , sahabat , keluarga , dan pasangan hidup kita
    dengan adanya kesetiaan maka akan timbul keharmonisan dalam kehidupan kita sehari – hari🙂

    Reply

  27. Posted by dwiandra annas putra on May 26, 2013 at 4:14 pm

    kesetiaan adalah segalanya untuk mencapai sebuah impian, baik impian kita kepada pasangan maupun impian kita terhadapat cita-cita kita.. karena ketika sesuatu datang untuk merusak impian kita, hanya kesetiaan kita kepada sebuah impian yang dapat mempertahankannya

    Reply

  28. Saya sangat setuju dengan artikel diatasmengenai kesetiaan mempunyai makna yang luas, artikel ini telah membuka pikiran saya tentang kesetiaan. setia tidak hanya kepada manusia, pasangan, orang tua, melainkan kepada diri kita sendiri dan kepada Tuhan. kita setia kepada diri kita sendiri dengan berkomitmen ats kerjaan kita, dan atas kemuliaan hidup kita.

    Reply

  29. kesetiaan tidak hanya setia terhadap pasangan, tetapi setia pada komitmen yang telah kita ambil. kesetiaan memerlukan pengorbanan, sangat membuka pikiran saya akan arti kesetiaan.

    Reply

  30. kita harus selalu berterima kasih kepada tuhan atas apa yang telah di berikannya kepada kita,tanpa tuhan kita tidak mungkin menjadi siapa2

    Reply

  31. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 12:06 pm

    kesetiaan merupakan hal yang sangat mulia. Kesetiaan memang membutuhkan pengorbanan , seperti tentara yang meninggalkan familinya untuk membela negara. Akan tetapi , jiwa kesetiaan ini jika bisa dilihat secara sisi positif akan berdampak baik dalam hidup

    Reply

  32. Kesetiaan adalah sebuah hal yang mahal saat ini, seharusnya manusia terus menjaga kesetiaannya terhadap apapun, terutama terhadap Tuhan. Kita harusnya bisa setia seperti Tuhan setia kepada kita. Setia itu sangat sulit, namun dengan kerja keras dan komitmen, kita pasti bisa setia.

    Reply

  33. Setialah kepada-nya, dengan begitu kita akan memperoleh kebahagiaan. Setia merupakan hal yang positif.

    Reply

  34. Kesetiaan akan selalu membawa hal baik. Kesetiaan merupakan sumber dari sukacita. Saya sangat setuju dengan ulasan di artikel ini. Tuhan saja setia kepada kita, kita juga harus setia kepada Tuhan seumur hidup kita dan tidak lupa juga setia kepada sesama.

    Reply

  35. Posted by rizaldyfaroqi on March 27, 2014 at 2:05 pm

    setia itu tidak dapat diukur. Tuhan selalu setia bagi pengikutNya tetapi kesetiaan tersebut diuji kepada pengikutNya. Cobalah untuk setia dan taat pada perintahNya dan cobalah untuk setia kepada orang yang kita sayangi

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: