Manna, Manata, Manatas

Manna surgawi buat hidup duniawi

Jam menunjukkan pukul 7 pagi di suatu hari. Semua karyawan PT Aditya Aryaprawira, sudah berkumpul untuk mengadakan rapat dengar pendapat mengenai pencetusan simbol atas motto Manna, Manata, Manatas yang ditetapkan oleh Dewan Direksi,
Tiga kata ini diambil dari tiga bahasa, yaitu Hibrani, Yunani dan Kroasia tetapi tiga kata ini selalu melekat di hati setiap jiwa-jiwa yang berjuang mendapatkan kebenaran. Tiga kata ini diadopsi oleh perusahan logistik PT. Aditya Aryaprawira sebagai salah satu motivasi untuk berjuang.
Manna adalah berkat atau karunia yang diterima para pengungsi di padang gurun langsung dari surga dalam bentuk bunga-bunga es yang rasanya seperti Roti Cane atau martabak. Rasanya manis dan segar seperti Ice Cream. Manna menjadi simbol berkat bagi umat manusia. Selain itu kita bisa bernafas saja sudah merupakan Manna Surgawi,
sehingga kita perlu mensyukuri setiap pemberian Tuhan dan mau menikmatinya dan berbagi.
Manata adalah arti sebuah tanggung jawab. Saya rasa diadop dalam bahasa Indonesia menjadi menata, mengatur, memanage, dan menyusun dengan teratur. Demikianlah berkat yang kita terima haruslah kita atur. Talenta yang kita miliki juga harus diatur dengan baik, bukan disembunyikan di bawah bantal tapi harus dimanfaatkan.
Manatas, arti harafiah adalah tanggung jawab. Saya boleh memetik bahasa Indonesia menetas. Telur yang keluar dari seekor ayam betina tidak langsung ditinggal tetapi harus dierami selama beberapa minggu sampai menetas. Demikian juga setiap berkat yang kita terima kita manfaatkan sampai tuntas dengan penuh tanggung jawab sampai Tuhan berseru “selesailah sudah”.
Saya sungguh bersyukur bisa terlibat langsung dalam pengelolaan SDM di perusahaan kami. Walau ada yang mengatakan HRD singkatan dari Happy, Relax dan Daydreaming, tapi saya melihat bahwa HRD adalah awal dari segala awal hidupnya sebuah perusahaan, sehingga Direktur HRD memiliki tanggung jawab terbesar dalam perusahaan.
Ada kisah di tahun 1990. Di saat perusahaan dalam keadaan peak sekali terjadi pertengkaran bahkan perkelahian antara direktur utama dengan direktur HRD. Padahal kedua orang direktur ini adalah pemegang tampuk pimpinan. Saya sebagai CEO dan Chairman benar-benar shock karena keduanya adalah sahabat, kolega, dan teman kerja. Sungguh sulit mengambil sebuah keputusan. Namun akhirnya bisa terjadi rekonsiliasi dan mereka kembali bekerja seperti semula.
Di dalam rumah tangga, suami dan Istri adalah direktur utama dan direktur HRD. Sedangkan anak-anak adalah karyawan. Kita bisa bayangkan direktur utama dan direktur HRD berkelahi, apa kata karyawan! Simbol motto Manna, Manata, Manatas bisa menjadi salah satu untuk meretas segala ganjelan dan dapat menyambung tali silaturahmi, karena keluarga penting sekali. Keluarga adalah berkat, usaha dan tanggung jawab.
Doaku buat semua keluarga yang sedang mengalami masalah. Ingatlah berkat Tuhan harus dipertanggung jawabkan. Nilainya lebih tinggi dari sebuah pertengkaran sedalam dan sebesar apapun.

11 responses to this post.

  1. Saya sepakat dengan pernyataan bahwa HRD adalah awal dari segala awal hidupnya sebuah perusahaan. Kalau boleh saya modifikasi pernyataan ini sebagai berikut : Perencanaan bisnis adalah perencanaan SDM.

    Reply

  2. Manna, Manata dan Manatas merupakan 3 kata yang asing buat saya. Namun setelah saya membaca artikelnya saya baru mengerti arti dari ketiga kata tersebut. Memang didalam setiap pergumulan entah itu keluarga, pekerjaan maupun organisasi, kita harus mempunyai dan menyadari ketiga sifat itu yaitu terdiri dari berkat, usaha dan tanggung jawab. Apabila kita menerapkan ketiga nilai tersebut maka keluarga dan pekerjaan yang kita miliki akan berhasil karena Tuhan turut serta dalam pekerjaan kita.

    Reply

  3. Posted by Dyah Indah Pratiwi on December 17, 2012 at 5:23 am

    Manna, Manata dan Manatas . Saya pernah mendengar kata itu tapi saya baru tau kalau itu berasal dari Hibrani, Yunani, Kroasia beserta asli nya . Berarti Manna Manata dan manatas adalah bertanggung jawab . Dengan kata lain setiap kita melakukan apa pun kita harus berani bertanggung jawab🙂

    Reply

  4. Posted by steffanus sasteradinata on December 18, 2012 at 4:44 pm

    bertanggung jawab sangat pernting di kehidupan kita, dengan bertanggung jawab kita pasti hidup dengan baik..

    Reply

  5. merupakan 3 kata yang asing buat saya. Namun setelah saya membaca artikelnya saya baru mengerti arti dari ketiga kata tersebut. Memang didalam setiap pergumulan entah itu keluarga, pekerjaan maupun organisasi, kita harus mempunyai dan menyadari ketiga sifat itu yaitu terdiri dari berkat, usaha dan tanggung jawab.

    Reply

  6. Manna, Manata dan Manatas merupakan kata2 yg baru saya perna dengar namun setelah saya membaca artikel ini saya baru mengerti artinya yaitu berkat,usaha dan tanggung jawab , kita hrus menerapkan ketiga ini untuk kehupan kita karena dengan menerapkan ketiaga ini kita akan merasakan kebahagian yg timbul dari diri sendiri

    Reply

  7. Posted by stefano agung allorante on June 15, 2013 at 12:47 pm

    Saya setuju dengan pernyataan artikel ini kutipannya bahwa HRD adalah awal dari segala awal hidup sebuah perusahaan.
    dan perencanaan SDM adalah landasan sebuah perbisnisan.

    Reply

  8. Posted by Maorel on June 15, 2013 at 2:53 pm

    Manna, mannata, manatas kata-kata yang asing dan jarang di dengar, namun ketika membaca artikel ini saya mengerti bahwa itu mengartikan tentang usaha dan tanggung jawab. Emang seperti itulah kita seharusnya beruaaha semaksimal mungkin serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar maka kita pasti akan memperoleh berkat yang melimpah dari Tuhan

    Reply

  9. Manna , mannata, manatas … kata-kata ini masih asing di telinga.. namun dgn membaca artikel ini.. 3 kata ini dapat menjadi pedoman dalam kehidupan kita

    Reply

  10. mana manata dan manatas mengingatkan saya bahwa dalam setiap usaha yang kita lakukan diperlukan tanggung jawab dengan melakukan segala sesuatu menurut caraNya berkatnya akan dilimpahkan pada kita

    Reply

  11. Posted by Imam Ferdiyansyah on March 26, 2014 at 4:33 pm

    Dengan adanya motto yang dibuat oleh perusahaan, itu akan menjadi sebuah pedoman/patokan bagi seluruh orang yang terlibat di dalam perusahaan. Di sini selalu mencetuskan bahwa tanggung jawab lah yang harus dipunyai oleh semua orang sehingga apapun akan lebih mudah jika tanggung jawab itu milik kita. Terlebih lagi jika ada masalah yang ada di dalam maupun di luar itu akan menjadi tanggung jawab semua orang yang terlibat. Jadi semua orang akan menjadi saling membantu menyelesaikan masalah.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: