Tukang Pos

Surat yang sudah kuterima, itu berkat tukang pos (MLK)

Ada cerita tentang sepasang kekasih yang begitu rajin saling menulis surat? Bertahun-tahun pacaran lewat surat. Akhirnya sang gadis memutuskan kawin dengan tukang pos, karena mengikuti pepatah Jawa “Trisno Jalaran Kulino”. Cinta itu tumbuh karena sering ketemu. Ada pula sebuah film legendaris, The Postman, diperankan oleh Kevin Costner yang mengisahkan hal lain bahwa tukang post itu merupakan pahlawan. Suatu negara bisa merdeka karena tukang post. Saya teringat saya akan surat-surat RA Kartini, yang dikirim ke seorang sahabatnya di Belanda. Surat-surat itu dikumpulkan dan lalu dibukukan dengan judul “Habis Gelap terbitlah Terang”!
Surat-surat Bung Karno menjadi semangat revolusi dan akhirnya membuat Indonesia merdeka. Kita bisa membaca surat-suratnya dalam buku “Di Bawah Bendera Revolusi”!
Kekuatan surat bisa kita nikmati sampai hari ini, yaitu Surat-surat para rasul seperti Paulus, Yohanes, dan Petrus. Saat ini aneka surat gembala dari para Paus dan para uskup, yang memberikan kedamaian kepada kita. Paulus, misalnya, bukanlah penulis yang baik, tetapi Roh Kudus mendampinginya. Paulus pernah mengungkapkan bahwa saya tidak bisa menulis, tapi oleh karena Kristus dan Roh kudus maka saya menulis.
Kini, tukang post sudah hampir kehilangan pekerjaan karena adanya surel/email, BBM, YM dsb. Tapi, bagaimana pun juga menurut saya tukang post masih tetap pahlawan.
Kartu natal, kartu lebaran dan kartu ulang tahun memang sudah sirna, tetapi semoga kita masih menyimpan surat cinta yang pernah kita tulis 20 atau 30 tahun lalu. Kalau dibacakan ulang dihadapan anak dan cucu pasti suka cita besar menaungi kita semua.
Surat adalah ungkapan rasa, kemauan, keinginan, permohonan, dan kebahagiaan. Saya pernah mendapat kiriman/posting dengan judul Surat Bapa dari Surga. Isinya indah sekali. Saya beberapa kali mau menulis surat kepada Tuhan sebagai ungkapan doa, tapi selalu gagal. Saya berpikir mungkin karena belum merasa pantas, atau karena kata-katanya kurang bagus. Semoga suatu saat bisa kutemukan surat yang baik kepada Tuhan.
Saya rasa kita memang perlu sering menulis surat, terutama surat dalam hati. Kita ukir diatas kertas batin yang putih. Kita kirimkan kepada siapa saja dalam kata-kata cinta, misalnya, buat orang tua kita terutama yang sudah tiada, kekasih kita, suami istri kita, dan anak cucu kita. Kita tulis doa-doa kita dan kita kirim melalui tukang post. Tukang post yang paling hebat dalam diri kita adalah senyuman. Temanku seorang wanita pernah marah kepadaku karena aku suruh kirim surat pakai senyum. Dia bilang memang aku bunga maksudnya say it with flower, tetapi ketika ketemu dengan kekasihnya ternyata dia dapat hadiah kalung. Terus dia tanya kok kamu bisa tahu aku kepingin kalung. Kata kekasihnya, senyumanmu yang bicara! Sejak saat itu dia tidak marah lagi sama aku.
Kini aku mencoba selalu mengirim surat cintaku kepada semua sahabat melalui senyuman. Walaupun sekarang Anda sedang susah atau sedih, tapi percayalah surat-suratmu pasti terkirim dengan segera kalau dihantar oleh senyuman yang tulus dan bersahabat. Jangan sampai senyummu terpaksa karena tulisanmu akan telat dipahami orang lain.
Tuhan memberkati kita semua dengan Kasih karunia-Nya, agar surat-surat kita bisa didelivered oleh senyuman sebagai tanda cinta.

Tulisan ini kutulis saat perjalanan pulang dari pulau Nusa Kambangan menuju Pangandaran. Jalannya macet karena ada tabrakan. Hatiku sedih sekali melihatnya.

45 responses to this post.

  1. Posted by lianeu suci francizca on November 29, 2012 at 3:27 am

    saya setuju tukang pos memang orang palin berjasa karena mereka kita dapat mengetahui kabar , sandainya saja ada tukang pos yang bisa menyampaikan doa saya kepada tuhan ,

    Reply

  2. sebelum adanya teknologi maju seperti sekarang ini, dengan adanya tukang post bisa mempermudah tiap orang untuk mengirim surat ke teman, saudara, dsb melalui pak post. yah tapi seperti yang kita lihat sekarang pengiriman sesuatu melalui tukang post sekarang ini menjadi kurang diminati masyarakat, karena masyarakat lebih menyukai sesuatu yang instant dengan menggunakan teknologi sekarang ini.

    sejujurnya saya lebih menyukai menerima ucapan natal melalui kartu ucapan natal yang dikirim via post, karena ucapan melalui kartu natal menurut saya berkesan classic tapi saya menyukainya.

    dari yang saya tangkap tentang artikel ini, tukang post bisa dikatakan sebagai penghubung dari yang menyampaikan kepada yang disampaikan. begitu juga dengan diri kita, kita seharusnya bisa menyampaikan sesuatu kepada orang yang seharusnya menerima sampaikan kita, memang itu sulit tapi itulah pekerjaan tukang post yang harus berjalan jauh untuk menyampaikan sebuah surat kepada si penerima surat tersebut.

    Reply

  3. dijaman yang moderan ini sudah jarang sekali menggunakan surat. Padahal dengan mengirim surat lebih bermakna artinya. Memang sihh mengirim surat membutuhkan waktu yang lama. Makannya sekarang munculnya teknologi-teknologi yang canggih sehingga kita mudah untuk berkomunikasi jarak jauh.

    Reply

  4. saya stuju dengan artikel ini karena di jaman midern ini sudah jarang sekali orang mengiri surat melalui tuang pos. karena di jaman sekarang semua nya sudah serba internet. mengirim surat juga bisa d lalkukan melalui email. skrg kita juga bisa berkomunikasi dengan memnggunakan barang yang serba modern. tidak seperti dulu

    Reply

  5. Dengan membaca artikel ini, saya menjadi lebih mengerti manfaat dan pentingnya sebuah surat. Jika tidak ada surat, maka mungkin saja para tukang pos akan kehilangan pekerjaan mereka yang mengantar surat sehari-harinya. Tetapi di era modern ini, karena adanya perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin canggih, mayoritas orang-orang mengirim surat melalui email, BBM, YM maupun media komunikasi lainnya, maka orang-orang pun meninggalkan tradisi lama yang mengirim surat melalui kantor pos.

    Reply

  6. Posted by linda on December 5, 2012 at 4:25 pm

    Mungkin saat ini tukang pos sudah tidak lagi banyak karena kecanggihan teknologi dalam berkomunikasi tapi harus kita sadari sebelum di temukan nya alat-alat canggih seperti email,BBM,sms, atau lain nya dahulu kita mengandal surat sebagai alat komunikasi antara kita dengan orang yang kita tuju namun saling berjauhan dan yang mengirim adalah tukang pos. Oleh karena itu, sesungguhnya tukang pos termasuk pahlawan kita yang membantu kita dalam berkomunikasi dengan orang lain. Tukang pos memang dianggap pekerjaan yang rendah atau tidak di anggap penting oleh sebagian orang tapi sesungguh nya jasa tukang pos memberikan dampak yang besar dan luar biasa. Dalam diri kita saat berkomunikasi secara langsung kadang kita sulit untuk mengungkapkan nya tapi dalam kita juga terdapat media pengantar atau tukang pos yang bisa menyampaikan maksud kita pada orang lain secara tidak langsung yaitu dengan ekspresi wajah kita. Jika kita tersenyum maka tanda di mana kita menyetujui atau menyukai nya tapi jika memberikan ekspresi wajah muram itu menandakan kita menolak nya dan orang yang melihat nya pasti bisa mengerti dan tahu apa yang di maksud oleh kita.

    Reply

  7. Tukang pos atau yang sering kita sapa dengan sebutan Pak Pos merupakan jasa pengiriman surat. Surat yang kita kirim untuk teman atau keluarga di lokasi yang jauh dari rumah kita, bisa sampai ke tujuan berkat ada nya Pak Pos. Sehingga hubungan jauh dapat kita rasakan dekat.
    Tetapi di jaman modern ini, jasa Pak Pos sudah tidak terlalu penting. Saat di mana alat komunikasi sudah semakin canggih, (email, YM, FB, twitter, BBM, dll).

    Tetapi tukang pos yang paling dekat dalam diri kita adalah senyuman. Senyuman sebagai media penghantar maksud dan tujuan yang mungkin tidak dapat kita utarakan lewat percakapan.

    Reply

  8. Tukang pos. Dulu saya sering sekali ke kantor pos. Hanya menemani mama saya untuk menemani surat sih.. hehe.
    Di zaman maju seperti sekarang, saya yakin pasti banyak tukang pos yang dipecat karena menurunnya jumlah surat atau pos yang harus mereka antar. Bagaimana tidak? Dengan kemajuan teknologi, orang zaman sekarang dengan mudah sms-an, telephon-an dan lain sebagainya. Tapi postman, jasamu tak akan pernah dilupakan. Hahahah

    Reply

  9. saya sangat setuju dengan artikel ini, Tukang pos memang orang yang paling berjasa karena mereka kita dapat mengetahui kabar, karena mereka kiriman-kiriman dari saudara. teman, maupun siapapun akan sampai di tangan kita.
    Pekerjaan ini memang terlihat sepele namun mereka sangat berjasa bagi kehidupan kita🙂

    Reply

  10. di zaman sekarang ini orang yang menulis surat memang jarang sekali kita lihat, berbeda dengan zaman dulu, hal ini dikarenakan teknologi di zaman sekarang sudah berkembang sehingga kita dapat berkomunikasi dengan orang yang kita sayangi walaupun dipisahkan oleh jarak yang jauh. Ada email, BBM, YM, FB, Twiter, dsb yang lebih murah, mudah dan pesan yang ingin disampaikan cepat sampai, sehingga jasa tukang pos akan tergantikan. Saya setuju dengan anda kalau kita tulis doa-doa kita dan kita kirim melalui tukang pos. Tukang pos yang paling hebat dalam diri kita adalah senyuman tulus dan bersahabat maka percayalah surat-surat kita pasti terkirim dengan segera.

    Reply

  11. jika mendengar kata tukang pos pastinya kita ingat dengan gaya hidup kita yang dulu,,
    pada dasarnya jaman skrang ini sudah semakin modern ,,
    karna banyak sekali teknologi canggih yang sudah tidak perlu dengan melakukan tulisan dalam bentuk kertas ,,walaupun bgtu kita harus menghargai jasa tukang pos yang sudah membantu kita .

    Reply

  12. tukang pos itu sangat berjasa, jadi jangan menyepelekan yaaa😀

    Reply

  13. Pekerjaan sebagai tukang pos pada zaman sekarang semakin sedikit.Dengan kemajuan elektronik,orang lebih memilih menggunakan handphone untuk menyampaikan pesan kepada orang lain karena lebih menghemat waktu.Meskipun tukang pos sudah hampir punah,marilah kita melestarikan pekerjaan tersebut agar tidak punah dengan pergi ke kantor pos sebulan sekali dan sebagainya

    Reply

  14. tukang pos adalah pekerjaan yang sangat berjasa bagi kita, karena dia membantu kita dalam pengiriman barang atau apapun yang bisa dikirim, walau jaraknya jauh yang kita bnerikan namun mereka tetap mengirimkannya sampai tempat tujuan . jadi jangan pernah remehkan pekerjaan tukang pos.

    Reply

  15. masalah merupakan suatu peristiwa yang pasti kita jalani dalam hidup, jangan pernah mengeluh atas masalah yang kita terima, karena siapa tau itu adalah masalah yang kita buat sendiri. selesaika masalah sebelum masalah tersebuat semakin banyak dan berkembang. dan mintalah petunjuk kepada Tuhan dalam menyelesaikan setiap masalah yang kau dapati.

    Reply

  16. Zaman dahulu belum ada namanya teknologi sehingga mengirim surat melalui tukang pos. Tukang pos adalah orang yang mengantarkan surat kepada Anda agar Anda dapat mengetahui urusan yang terjadi. Tanpa tukang pos Anda tidk dapat mengirimkan surat

    Reply

  17. Hampir jarang dilihat sekarang tukang pos berkeliling untuk mengantarkan surat kepada penerimanya. jangan menyepelekan tukang pos, karna jasanya surat yang ditujukan kepada kita bisa sampai dan bisa kita terima.
    karna globalisasi serta perkembangan jaman yang semakin pesat ini tukang pos semakin tersingkirkan dengan adanya alat komunikasi yang lebih praktis seperti handphone dll.

    Reply

  18. seiring dengan berkembangnya jaman yang semakin modern. yang semua di kerjakan dengan barang2 elektronik,,surat hyg dari jaman dulu sring di pergunakan kini telah punah dan bahkan jarang sekali di gunakan.orang2 lebih memilih yg praktis dan instant2 sajatidak repot2 pergi ke sana sini.

    Reply

  19. Posted by steffanus sasteradinata on December 18, 2012 at 4:50 pm

    tukang pos layaknya seorang guru, ada jasa-jasa yg mereka lakukan yang tak mampu dinilai dengan uang, meski secara tidak langsung kita membayarnya..

    dan sampai kapanpun jasa tukang pos tidak akan tergantikan oleh perkembangan jaman

    Reply

  20. pekerjaan seperti tukang pos sering dilihat sebelah mata oleh sebagian orang , menurut saya tukang pos merupakan salah-satu pekerjaan yang penting , karena tukang pos tugasnya yaitu menjaga, membawa surat-surat kiriman sampai ketujuan , dan tukang pos mimiliki tanggung jawab yang penting .

    Reply

  21. Tukang pos adalah orang yang berjasa dalam meneruskan surat yang ditulis oleh seseorang kepada orang lain. oleh karena itu sebaiknya kita menghargai tukang pos dan tidak boleh merendahkan pekerjaan tukang pos. sebab tanpa tukang pos takkan ada surat dari seseorang untuk kita.

    Reply

  22. Posted by sylvia on December 20, 2012 at 2:54 am

    menurut saya tukang pos adalah pahlawan karena mereka telah berjasa mengantarkan surat-surat sampai ketempat tujuan. saya merasa iba karena di jaman sekarang ini surat-surat sudah jarang di antarkan oleh tukang pos sehingga mereka harus mencari pekerjaan lain dan dengan kemajuan teknologi surat-surat lebih gampang di kirim dan dalam beberapa detik sudah sampai di penerima.

    Reply

  23. Jasa tukang pos haruslah kita banggakan, karena dialah kita bisa berinteraksi satu sama lain dengan surat. Kartu ucapan itu akan lebih indah jika kita mengirimkannya langsung, karna lebih bermakna dibandingkan dengan copy paste dari HP atau lainnya. Tapi yang perlu kita inget bahwa tukang pos itu merupakan pahlawan bagi kita dulu sekarang dan selamanya🙂

    Reply

  24. menurut saya tukang pos adalah super hero di jaman duluh karena dia harus mengirim surat sampai ke tempat tujuan dengan aman dan dia juga hrus menjaga keamanan surat. dan kini sudah terlupakan karena adanya perkembangan teknologi jaman sekarang .

    Reply

  25. tukang pos memang sangat berjasa..
    hujan, panas juga mereka masih mengirimkan surat kita. Jasa mereka memang sangat besar karena mereka membantu kita menyampaikan informasi penting yang ingin kita sampaikan kepada orang lain dengan secepatnya. tukang pos juga membuat orang-orang tetap berhubungan dengan satu sama lainnya dan komunikasinya tidak terputus karena tukang pos selalu menghubungkan dan mengkomunikasikan mereka melalui surat yang mereka antar.

    Reply

  26. memang hidup ini penuh dengan beban yang harus kita selesaikan dan semua itu membuat kita menjadi stress dan sungguh emosi terhadap apapun yang ada di sekitar kita. tetapi mari kita coba lewati dengan senyuman indah yang membuat kita terasa lebih nyaman untuk menjalani semua itu dan dengan senyuman lah kita dapat lebih mengungkapkan ekspresi kita dan lebih mudah untuk dipahami oleh orang-orang dan lingkungan sekitarnya.

    Reply

  27. tukang pos adalah jasa yang paling berharga karena dibalik itu semua mereka mengirimkan surat-surat kepada alamat yang tertuju meskipun panas / hujan yang mereka lalui

    Reply

  28. saya selalu tersanjung dengan apa yang dikerjakan orang sebagai pelayan jasa,apalagi tukang pos,1.dia kerja tulus mengunakan tenaga,2.bukan kita yang mengaji dia tapi perusahaanya..
    berat sebenarnya harus bekerja tanpa imbalan dari penerima jasa sendiri tak layaknya ibarat polisi

    Reply

  29. Jasa tukang pos ini tidak terhitung ..
    bayangkan ketika dulu belum ada telepon , tidak ada sms atau bahkan email ..
    mereka mengirimkan surat dari 1 daerah ke daerah lain yang tidak terhitung jaraknya
    tanpa kenal lelah dan mengeluh ,
    bayangkan apabila ketika indonesia dulu perang melawan jepang dan belanda , tanpa adanya surat ?
    indonesia tidak akan dapat membuat strategi , membuat kelompok untuk merdeka ..
    jadi menurut saya jasa tukang pos ini patut kita banggakan🙂

    Reply

  30. saya sangat setuju dengan artikel diatas karena orang pengantar surat itu sangatlah berjasa karena dia membawakan barang yang kita harapkan dan kita harus berterima kasih bahwa ada pengatar surat.

    Reply

  31. seriat ekerjaan memiliki keunikanya sendiri. seperti tukang pos yang mengirimkan pesan samapi ke tujuanya yang sangat berjasa pada jaman dahulu sebelum digeser oleh kecanggihan teknologi sekarang ini, yang tidak perlu menggunakan jasa pos lagi. tapi mengirim surat lewat memiliki keunukanya tersendiri seperti cerita diatas.

    Reply

  32. Posted by Melisa / 02PNM / 1601232166 on June 16, 2013 at 1:49 pm

    Profesi pengantar surat atau lebih dikenal dengan tukang pos bukan sesuatu yang populer lagi, dulu mereka sangat ditunggu. Sekarang jaman telah berubah, arus teknologi komunikasi menjadikan dunia semakin dekat. Ingin kabar tentang keluarga, tinggal tekan nomor, lalu tersambung dengan suara orang yang ingin kita ajak bicara. Mau kirim uang, tinggal lewat ATM, lima menit sampai di tempat tujuan. Sehingga berjalannya waktu, profesi mereka menjadi semakin terpinggirkan.

    Reply

  33. profesi ini sekarang mulai tergeser dgn kemajuan teknologi surat menyurat seperti email dll..
    sangat disayangkan…

    Reply

  34. Posted by yugi p5 ubm on June 21, 2013 at 1:57 pm

    Tukang pos dalam rohani kita adalah iman dn perbuatan , krna pngn iman yg kuat dn prbuatan yg benar sja doa kita dpt smpai dn didngr srta djwb oleh tuhan , smua indah pda wktu nya

    Reply

  35. Saya setuju dengan pendapat bahwa tukang pos adalah pahwalan. Dulu, di era sebelum kemerdekaan kedatangan tukang pos ditunggu-tunggu untuk mendengarkan berita terbaru. Tukang pos di era tersebut membawa kabar yang penting dan surat-surat dari tokoh revolusi kita. Sebelum adanya bbm, email dan lain-lain kehadiran tukang pos berjasa besar. Tetapi sekarang tukang pos tidak dipedulikan lagi dan jarang sekali orang masih memakai jasa mereka. Alasannya macam-macam, ada yang bilang “oh lama pake pos” “males kesananya ah” dsb. Besar jasa tukang pos yang tidak pernah kita pahami

    Reply

  36. Posted by Henricko Randy Setiawan on December 5, 2013 at 6:58 am

    saya setuju dengan artikel diatas, tukang pos merupakan orang yang sangat berjasa saat dulu, tapi saat ini tukang pos sudah semakin sedikit karena adanya perkembangan jaman.

    Reply

  37. Posted by Hendri on December 5, 2013 at 7:15 am

    entah kenapa jika di rumah ada tukang pos datang membawa kiriman, sepertinya hati ini merasa senang. Walaupun salah kirim juga tetap membuat hati saya merasa senang sejenak.🙂

    Reply

  38. tukang pos sangat berjasa bagi negara ini namun sayangnya karena kemajuan teknologi yang semakin canggih pekerjaan sebagai tukang pos semakin tersingkir

    Reply

  39. saya setuju, kita memang harus menulis surat di dalam hati kita kepada Tuhan, karena Tuhan pasti mendengar setiap doa kita

    Reply

  40. Dalam doa yang kita panjatkan kepada Tuhan adalah serupa dengan tukang pos yang dimana kita menyampaikan kabar kita kepada Tuhan maka dari itu perlu lah kita sadar Tuhan akan selalu siap menerima kabar dari kita dan bersedia membalas surat yang kita kirim kepada Tuhan.Terima Kasih

    Reply

  41. Posted by Thalia on January 16, 2014 at 10:18 am

    Saya lebih memilih menerima surat dalam bentuk fsik daripada elektrik karena surat dalam bentuk fisik dapat dikenangan sedangkan kalau hanya melalui bbm, dengan mudahnya ucapan itu bisa di end chat. dan kalau di email, kalau di email bisa ada debu dan sarang laba laba mungkin ucapan itu sudah berdebu dan dipenuhi sarang laba laba. Saya setuju, senyuman itu bisa mengartikan apa yang benar benar kita rasakan. jadi kalau tersenyum pada seseorang tersenyumlah sepenuh hati agar orang itu dapat merasakan senyuman yang dari hati dan membuat orang itu senang🙂

    Reply

  42. Posted by Marcellus Jeffrey on March 24, 2014 at 4:42 pm

    Hal-hal jadul seperti surat sangat dirindukan pada jaman sekarang, sekarang surat hanya dipakai saat seseorang ingin menyatakan perasaannya, memberi selamat. Dan rasanya sangat indah membaca surat fisik tersebut, rasanya orang tersebut menulisnya dengan penuh perasaan. Bandingan dengan jaman sekarang yang penuh dengan teknologi, hal tersebut bukan hal yang asing karena sangat mudah dijangkau.
    Perasaannya biasa saja karna itu seperti hal konstan yang kita lakukan setiap hari setiap jam setiap menit.
    Saat menunggu surat akan ada perasaan deg-degan kapan surat ini sampai dan apa isinya.
    Hidup dijaman orang tua kita menurut saya jauh lebih indah daripada masa sekarang.

    Reply

  43. Posted by Julio (04PKF) on March 26, 2014 at 1:33 pm

    Tukang pos adalah pahlawan bagi orang rumah karena tukang poslah yang mengirim surat baik dari sanak saudara, surat penting, dll. Surat adalah ungkapan rasa, kemauan, keinginan, permohonan, dan kebahagiaan. Tukang pos mengirim surat baik dalam cuaca buruk ataupun kemacetan agar surat dapat sampai ke tujuan. Hargai perjuangan tukang pos dengan senyum agar dia semangat dalam mengirim surat.

    Reply

  44. Posted by Katrine on March 26, 2014 at 2:14 pm

    Tukang post memang sangat berjasa, apalagi sebelum jaman modern seperti ini. orang ingin berpacaran hanya lewat surat, kalau bukan tukang pos yang mengirim maka tidak akan sampai surat-surat penting tersebut. Jaman sekarang pun tukang pos masih berjasa, tukang post yang mengirimkan tagihan listrik kita, tagihan air kita, jadi kita tidak usah repot-repot keluar rumah maka surat itu pun sudah di antar kerumah kita.

    Reply

  45. Posted by maria_04PJT on March 27, 2014 at 1:55 pm

    saya setuju dengan artikel ini karena di jaman modern ini sudah jarang sekali orang mengirim surat melalui tukang pos. karena di jaman sekarang semua nya sudah serba internet,orang-orang lebih mengirim pesannya lewat bbm,line, whatsapp ,dll dan juga bisa di lakuan melalui email. profesi tukang post ini sekarang mulai tergeser dgn kemajuan teknologi surat menyurat seperti email

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: