Masalah

Tidak ada satu masalah pun yang tidak ada jalan keluarnya, Anda sendiri kuncinya.

Sebuah buku karangan Fengky, judulnya Masalah adalah Berkat, mengulas banyak hal tentang masalah sebagai suatu kesempatan yang sungguh indah jika dipandang dari kaca mata iman kita. Masalah! Ada yang menyebut takdir. Ada yang menyebutnya nasib. Bahkan ada yang menyebutnya berkat, tetapi yang terang masalah adalah karunia, dimana melalui proses alami, masalah bisa merobah hidup seseorang.
Pada tahun 1984 saya masih kuliah, saya bertemu dengan Ir. Ciputra. Kami berdiskusi tentang masalah. Apakah itu tantangan atau peluang. Beliau mengatakan bahwa masalah adalah proses untuk merubah suatu tantangan menjadi peluang, kelak beliau menulisnya dalam bukunya.
Saya melihat ada benang merah antara masalah, kesulitan, kesuksesan sampai kedamaian. Saya sepaham dengan sahabat Bob Sadino. Beliau mengatakan kalau ingin damai harus masalah ada. Dengan teori Dinamic Equilibrium seakan beras baik harus ditapis. Di sini saya rasa kuncinya bahwa memang hubungan langsung antara masalah dan keberhasilan. Adapula yang bilang problems making money. Demikian istilah konsultan, katanya Kongkonane wong kesulitan (Suruhan orang bermasalah).
Buat saya masalah itu memang karunia Tuhan. Suatu pemberian begitu besar tetapi kita sering lupa. Coba kita lihat dari sebab akibatnya mengapa masalah itu terjadi dan saya memberi batasan beberapa dimensi :
1. Dimensi tanggung jawab. Kita tidak boleh lari dari masalah, melainkan kita harus mencari jalan keluarnya.
2. Dimensi waktu. Masalah memiliki rentang waktu yang harus bisa dibaca. Siapa bisa membaca waktu dia menang.
3. Dimensi perubahan. Di sini terlihat perlu adanya pergerakan. Otomatis memerlukan inersia. Momentum Pengambilan keputusan sangat besar artinya, misalnya keputusan merantau, TKW, dll. Kemauan dan kerja keras adalah tuntutannya. Di sini anak kunci sudah diberikan untuk membuka pintu.
4. Dimensi doa dan pengharapan. Ini menjadi kekuatan mental spiritual untuk mengatasi masalah dan tentu saja kepasrahan kembali ke tangan Tuhan menjadi terang buat kita.

Semoga Tuhan melindungi, mendampingi dan memberkati semua masalah yang kita alami dan merubahnya menjadi karunia bagi kehidupan kita.

71 responses to this post.

  1. Posted by yugi p5 ubm on June 21, 2013 at 2:02 pm

    Prcyalah Tuhan tdk memberikan cobaan melebihi kemampuan kita , jdi tetap berjuang , krna dblik mslh yg dbrikan Tuhan sllu ad rncna yg indh , gbu bro n sis , alwaysss belive him

    Reply

  2. Posted by Hendri on December 5, 2013 at 7:25 am

    Masalah merupakan sebuah ujian untuk mengukur kemampuan kita, karena jikalau hidup tidak ada masalah rasanya kita tidak akan tau kemampuan yang kita miliki.

    Reply

  3. Posted by daniel dwidjayanto on December 5, 2013 at 9:53 am

    Setiap orang pasti pernah menghadapi masalah, ada masalah yang kecil dan ada juga masalah yang besar. Masalah berguna bagi kita untuk melatih tanggung jawab serta kepemimpinan kita serta berlatih untuk mengeluarkan pendapat untuk memecahkan suatu masalah tersebut, sehingga kita lebih baik melihat juga sisi positifnya juga bukan hanya sisi negatifnya

    Reply

  4. 4 dimensi yang dijelaskan dalam artikel ini yang selalu saya usahakan untuk menerapkannya dalam hidup saya dimna saat suatu masalah datang say harus ber tanggung jawab dalam menghadainya dan saya selalu memegang prinsip semua akan berlalu sejaln dengan waktu dan yang terpenting adalah tetap percaya padanya

    Reply

  5. Sebuah masalah pasti mempunyai jalan keluarnya, ada orang berkata “Tuhan tidak akan memberikan cobaan jika kita tidak sanggup menerimanya” . Nah berarti semua masalah yang Tuhan berikan masih dapat kita tangani, hanya bagaimana kita menyikapinya dan jangan lupa selalu percaya kepada Tuhan.

    Reply

  6. Posted by Christine Myrafirmin on December 5, 2013 at 2:55 pm

    Masalah pasti ada dalam setiap kehidupan manusia,ingatlah Tuhan tidak pernah memberikan masalah yang melewati batas kemampuan kita mengatasinya, Tuhan selalu menuntun dan bersama kita

    Reply

  7. Posted by Defreia on December 5, 2013 at 4:01 pm

    Ya, Tuhan tidak akan memberi seseorang masalah/cobaan melebihi dari kemampuannya dalam menyelesaikan masalah dan menemukan jalan keluarnya. Jadi masalah adalah bagian dari hidup kita, seperti gangguan atua tantangan namun bukan halangan dalam mengarungi hidup ini

    Reply

  8. Setiap manusia pasti pernah memiliki Masalah.. Tuhan tidak memberikan manusia masalah melebihi kekuatannya, Jadi setiap masalah yang kita hadapi pasti ada jalan keluar nya.. Masalah kita dapat diselesaikan dengan akal sehat dan kepala yang dingin.. Tak lupa setiap menyelesaikan masalah harus diiringi dengan Doa Kepada Tuhan YME.. Amin

    Reply

  9. Posted by Thalia on January 16, 2014 at 10:11 am

    Masalah adalah sama seperti 2 sisi mata uang. Bisa menjadi berkat dan bisa menjadi musibah. Tergantung bagaimana sikap anda menyikapi, Tapi saya selalu percaya setiap kali diberi cobaan berarti saya sedang diuji oleh Tuhan apakah saya pantas naik tingkat atau tidak, Saran saya bagi yang sedang ada cobaan, keep optimist!!

    Reply

  10. Posted by 04PHO_assarina on March 22, 2014 at 6:24 pm

    Saya percaya bahwa disetiap masalah yang ada, pasti selalu ada solusiya. Meski pada kenyataanya, solusi tidak didapat semudah itu. Diperlukan usaha untuk menyelesaikanya. Namun, dibalik permasalahan yang pasti selalu ada hikmah yang dapat diambil dan menjadikanya pengalaman hidup yang menuntun kita menuju kedewasaan.

    Reply

  11. Posted by Alfred Handoko on March 24, 2014 at 3:09 pm

    saya kembali diingatkan ketika melihat k-4 dimensi di artikel ini bahwa di setiap masa di kehidupan kita baik itu ketika kita menghadapi masalah, ketika kita sedang senang dan lainnya, kita harus selalu bedoa sebagai pendukung moral dan mental kita, sebagai pembimbing pola pikir kita, serta tingkah laku kita agar tetap berada di jalur yang benar, jalur yang dikehendaki oleh TUhan. Jalur yang bukan menurut manusia baik, namun jalur yang baik untuk semua manusia,

    Reply

  12. masalah adalah pembelajaran untuk menajalani hidup lebih baik. karena dengan masalah manusia dapat berlatih untuk menghadapi hidup yang lebih sulit di depannya. contohnya anak sd sedang ulangan harian, dari ulangan harian ini adalah persiapan untuk ujian seperti ulangan umum (1601233080)

    Reply

  13. Hidup tidak akan bermakna dan berarti tanpa tantangan. Tantangan tersebut berupa masalah-masalah sehari-hari yang dihadapi oleh kita sendiri.
    Dimensi tanggung jawab,dimensi waktu,dimensi perubahan , dimensi doa dan pengharapan merupakan 4 dimensi menghadapi dan menyelesaikan masalah.
    Masalah di kehidupan kita merupakan pelajaran dan hikmah hidup yang dapat kita ambil dan belajar untuk menjadi orang yang lebih baik dan benar.

    Namun bukan berarti, kita harus mencari masalah untuk menjadi orang lebih baik dan benar maupun belajar lebih baik.Ketika kita mendapat masalah, Tuhan selalu berasa di sisi kita dan kita tidak boleh lupa berdoa dan berkomunikasi dengan Dia,
    Ketahuilah bahwa Tuhan tidak akan pernah memberi tantangan yang melebihi dari kemampuan kita, Kita harus berusaha keras untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan berani.

    Reply

  14. Posted by Julio (04PKF) on March 26, 2014 at 1:38 pm

    Dalam kehidupan manusia pasti ada masalah baik masalah kecil maupun besar. Kita diberi masalah agar kita dapat menerima semua kenyataan yang terjadi di kehidupan ini. Cobaan yang diberi haruslah dilewati dengan sabar dan dilewati dengan penuh makna agar kedepannya kita bisa menangani masalah tidak langsung down tetapi dilalui dengan lapang dada.

    Reply

  15. Posted by Haryanto on March 26, 2014 at 3:08 pm

    Bagi saya pun masalah adalah suatu beban. Tapi masalah merupakan suatu warna untuk melengkapi warna pelangi yang indah. Semua masalah ada jalan keluarnya, dan itu tergantung bagaimana kita menyikapinya. Terima kasih

    Reply

  16. Semua masalah itu memiliki jalan keluar,tuhan memberikan manusia masalah hanya untuk menguji sejauh mana kemampuan manusia itu menanggapi dan mengatasi masalah itu.
    Hidup tanpa masalah itu kurang sedap dan tidak memiliki arti ibarakan masakan tanpa menggunakan bumbu.
    saya setuju dengan pendapat penulis artikel ini bahwa masalah itu berkah tuhan.karena dengan diberikannya masalah pleh tuhan,saya dapat belajar dan mengetahaui apa saja kekurangan saya.

    Reply

  17. Posted by Angela Audrey on March 26, 2014 at 3:49 pm

    When you focus on problems you’ll have more problems. When you focus on possibilities you will have opportunities.

    Reply

  18. Posted by Agung Nugroho on March 27, 2014 at 1:09 pm

    pasti setiap masalah mempunyai jalan keluar karena Tuhan menjajikan kepada umatnya tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan umatnya. jadi tinggal kita sendiri bagaimana cara menanggapi masalah tersebut

    Reply

  19. Posted by amelia chatrin on March 27, 2014 at 1:35 pm

    siapa sih yang tidak pernah didatangi masalah,masalah selalu menghampiri,hanya bagaimana cara kita mengatasinya,jalan keluar selalu ada,hanya waktu,kesabaran kepasrahan yang bisa menjawan semua itu,berusaha keluar dan mencari jalan keluar,dan berusa mencari Tuhan dan meminta bantuan Tuhan,
    masalah sendiri dapat membawa berkah,karunia bisa juga mebawa musibah bagi kita namun semua itu ada hikmah yang diberikan Tuhan pada akhirnya,Ini hidup ,hidup tetap dan terus berjalan,masalah menghadang kita hanya diperlu memiliki kesabaran dan kepasrahan kepada Tuhan

    Reply

  20. Posted by Windiana on March 27, 2014 at 2:34 pm

    Setiap manusia pasti memiliki masalah, tapi tergantung bagaimana manusia bisa menghadapinya atau tidak. Seperti dimensi yang disebut di atas, kita perlu menerapkan keempat dimensi tersebut agar masalah tidak menjadi beban untuk kita. Tapi bagaimana kita belajar untutk survive dari masalah tersebut.

    Reply

  21. Posted by Windiana on March 27, 2014 at 2:37 pm

    Setiap manusia pasti memiliki masalah, tapi tergantung dari manusia itu sendiri bisa menghadapinya atau tidak dan bagaimana manusia menyikapi masalah tersebut. Seperti dimensi yang disebut di atas, kita perlu menerapkan keempat dimensi tersebut agar masalah tidak menjadi beban untuk kita. Tapi bagaimana kita belajar untuk survive dari masalah tersebut.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: