Pupuk

“One friend without hope is too much”

Pengapalan pupuk sudah selesai tapi kapal kami tidak bisa berangkat karena cuaca buruk. Sedangkan musim tanam sudah dekat. Kalau tidak ada pupuk maka harapan kecil tanaman padi dan lainnya akan bisa ditanam. Tingkat ketergantungan tanaman terhadap pupuk sangat tinggi sekali. Walaupun bisa ditanam tapi hasilnya sangat mengecewakan.
Di kampung saya pupuk berarti juga “Harapan”. Jadi kalau kita memberi pupuk artinya kita memberikan harapan. Ada sebutan bahwa anak kecil harus dipupuk. Artinya diberi harapan agar kelak dia menjadi anak yang berguna.
Desa Banyumas di bawah koordinasi Kepala Desa H. Amin memiliki lahan bisa tanam seluas hanpir 25,000 HA. Tahun lalu saat musin taman tiba mereka mengalami keterlambatan supply pupuk. Akhirnya hasil panen drop 35 persen ditambah serbuan hama dan curah hujan tinggi. Pupuk bukan saja menjadi andalan petani, tetapi membantu kapasitas produksi sangat menolong.
Di Cina pada saat musim tanam, maka semua pupuk dikumpul. Lalu, sebelum dibagikan, maka orang sekampung berkumpul dan bernyanyi bersama dan diiring berpantun. Semua isi pantun adalah DOA agar nanti panennya menghasilkan makanan untuk dijual dan dimakan sendiri.
Dalam Mazmur 1 : 1-3 dikatakan hidupnya seperti pohon yang TUMBUH di tepi sungai dan berbuah banyak saat musimnya tiba dan apa saja yang di perbuat BERHASIL (mohon dibaca sendiri).
Pupuk rohani juga dibutuhkan dalam kehidupan kita. Ketergantungan pada pupuk rohani akan memberikan hasil buah-buah kebaikan yang bisa berlipat-lipat ganda. Pupuk-pupuk rohani bisa diperoleh secara cuma-cuma karena Cinta Kasih Allah begitu murah hati.
Semoga Tuhan memberkati kita semua dengan memberikan Pupuk Pengharapan agar kita semua bisa menghasilkan buah berlipat banyaknya, tapi yang lebih penting Apa saja yang diperbuatnya Berhasil !!!!

8 responses to this post.

  1. menurut saya manusia juga membutuhkan semacam “pupuk” untuk dirinya sendiri seperti motivasi, dukungan dll. agar kita bisa tumbuh lebih baik

    Reply

  2. Posted by Dewi Jayanti on December 14, 2012 at 7:55 am

    Anggap lah pupuk itu menjadi pedoman kita untuk menyempurnakan kehidupan kita dimasa depan. Berikan diri anda pupuk yang banyak, persiapkan lah dengan mencari banyak ilmu, pengalaman, dsb untuk menjadikan bertumbuh dengan baik. seperti tanaman jika diberikan pupuk yang secara rutin dengan takaran yang benar, makan tanaman itu akan sehat dan bertumbuh dengan baik.

    Reply

  3. pupuk yang berkualitas menghasilkan tanaman yang kokoh, kuat, indah. begitu pula dengan kehidupan kita, dengan menanamkan pupuk rohani maka akan menghasilkan pribadi yang rohani juga.

    Reply

  4. Pupuk memberikan dampak baik bagi semua hal agar bertumbuh dengan cepat serta memuaskan. Sehingga, banyak orang yang mengandalkan pupuk supaya apa yang diharapkan bertumbuh, seperti petani. Kita juga memerlukan pupuk itu dalam hidup kita seperti, pupuk pengaharapan, pupuk kebaikan, dll. Itu dapat membawa hal positif bagi iman dan hidup kita dengan bertumbuh terus dan terus ke arah yang lebih baik.

    Reply

  5. suatu pohon akan cepat bertumbuh, berkembang dan menghasilkan buah yang baik bila diberi pupuk secara teratur. begitu pun kita, bila kita sering diberi pupuk baik itu secara rohani maupun jasmani maka kita akan menjadi manusia yang berkualitas.

    Reply

  6. “Pupuk” itu merupakan hal penting di kehidupan kita. Misalnya, di kala kita mau menyerah, sedih , dan sudah tidak tau lagi apa yang harus di lakukan, teman, keluarga, sahabat, itu bisa menjadi “pupuk” bagi saya untuk dapat kembali bangkit, dan berusaha untuk menyelesaikan masalah yang tengah saya hadapi.

    Reply

  7. pupuk rohani seperti motivasi, semangat, cinta kasih dibutuhkan untuk menumbuhkan pohon dalam diri, mengohkokan akar rohani, dan menumbuhkan daun-daun rasa syukur.

    Reply

  8. Posted by Raymond Bintang on June 17, 2013 at 2:53 pm

    pupuk itu dalam segala hal baik tetapi bagaimana kita meresapinya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: