Senyuman

Ada ungkapan indah sekali. “Senyuman adalah sebuah lekukan kecil yang dapat menyelesaikan masalah besar”

Salam bahagia buat semua sahabat,
Tulisan tentang senyum sudah beberapa kali saya buat namun karena teman-teman saya menanyakan beberapa hal penting dalam korelasinya dengan sebuah senyum biarlah hari ini senyuman akan menghiasi ikatan persahabatan kita. Karena senyuman itu penuh arti dan penuh rahasia. Bahkan tidak bisa dibayar sekalipun dipaksakan.
Sehabis acara pertemuan sebuah pelelangan di Christi Singapore, John Lang (seorang CEO cukup terkenal) berkata bahwa pelelangan lukisan yang belum terkalahkan di dunia karena mahalnya itu adalah lukisan tentang ekspresi “smile” atau “senyuman”. Mana ada sebuah senyuman abadi yang kemana-mana dikawal dengan 7 pesawat tempur dan 2 kapal selam? Dialah “Monalisa”. Senyuman rahasia dalam karya Leonardo da Vinci memang luar biasa. Senyuman itu mahal sekali dan hampir tidak bisa terbeli.
Memang benar senyuman itu bisa mahal sekali contohnya untuk orang yang lagi ngambek jangan harap bisa senyum. Dibayar berapapun sulit untuk senyum. Tetapi senyuman bisa murah sekali buat orang yang menebar pesona, senang hati atau sedang bersuka cita. Bagaimana dengan anda sekarang apakah bisa senyum?
Berbeda halnya dengan tertawa yang bisa ditebak maknanya. Kalau senyum sangat sulit karena beribu makna di dalamnya. Saya tidak berbicara dari sisi negatif misalnya : senyum sinis, menghina atau mencibir. Saya hanya memandang dari segi positif saja.
Alan suatu hari ditanya Maria pacarnya, seorang gadis cantik dalam suatu santap malam di bilangan Grogol.
“Jawablah jujur, apakah ada wanita lain yang ada di hatimu selain aku?””Tidak ada”, jawab Alan
“Kamu bohong”, kata Maria sambil marah-marah.

Beberapa bulan kemudian Alan ditanya lagi dengan pertanyaan yang sama
“Adasih, tapi itu sudah berlalu”, Jawab Alan
“Kamu bohong”, jawab Maria sambil marah-marah.

Beberapa bulan kemudian Alan dan Maria makan malam di Grogol Foodcourt (yang belum pernah boleh coba yaaa di Jalan Susilo Raya). Suasana cukup hiruk-pikuk karena ada live music dan di sana pertanyaan yang sama diucapkan Maria dengan suara keras!!! Jantung Alan berdetak keras. Jangan-jangan ketahuan lagi nee. Karena bingung Alan hanya tersenyum. Pertanyaan diulang lagi oleh Maria dengan cukup keras : “Apakah kamu punya wanita lain selain aku?”
Alan kebingungan dan tidak menjawab. Ia menarik wajah Maria sedekat-sekatnya dan Alan hanya senyum saja karena dalam kebingungan dan serba salah mau jawab apa.
Anehnya suasana berbalik. Maria menarik tangan Alan dan ikut tersenyum dan berkata dengan mesra “Aku percaya”!! Alan pun tetap senyum tapi @q*#*@#??#*@
Apa bedanya antara Manusia dengan hewan. Salah satunya adalah hewan tidak bisa senyum (kalo monyet meringis kalee). Memang benar senyuman adalah karunia yang diberikan Tuhan kepada kita Manusia. Indah sekali karena senyum memberikan nilai sangat positif buat jiwa raga kita. Senyum adalah olah raga kecil yang membuat simulasi besar sehingga jiwa dan raga kita tampil berbeda. Rasakan sendiri setelah anda membaca tulisan ini. Jangan kelewatan bisa dibawa ke samping Gereja Kristoforus, RSJ.
Semoga kerelaan kita memberi senyum kepada saudara-saudara kita, suami, istri, anak, cucu dan orang tua, bisa memberikan makna suka cita yang berdampak kepada kesehatan dan kebahagiaan sampai kepada kesuksesan. Damai sejahtera menyambut sang surya bersinar.

15 responses to this post.

  1. rupanya selain bentuk keramahan seseorang senyuman juga dapat menenangkan pikiran dan suasana.

    Reply

  2. Banyak senyum = Banyak pahala. Meskipun kita sedang bersedih, lebih baik kita senyum. Tersenyumlah pada orang-orang yang kita sayangi dan jangan lupa juga tersenyum pada orang-orang yang kita benci. Karena senyum dapat membuat kita menjadi pribadi yang menyenangkan.

    Reply

  3. Ada ungkapan indah sekali. “Senyuman adalah sebuah lekukan kecil yang dapat menyelesaikan masalah besar”. kenpa sayang copas kata” ini. kata” tersebut sanagt bagus. senyum juga bisa memuat hati kita tenang.
    tetapi di balik senyuman pasti ada kesedihan. jika orang tersebut senyu, belum tentu orang tersebut sedang gembira.

    Reply

  4. senyum itu juga bisa menjadi cara penyelesaian masalah yang sangat bagus, karena Senyuman adalah sebuah lekukan kecil yang dapat menyelesaikan masalah besar. senyuman kadang-kadang juga bisa menular ke teman-teman yang di sekitar kita. jadi senyum lah maka org-org yang ada di sekitar anda juga akan ikut senyum.

    Reply

  5. Melalui senyuman kita dapat ikhlas menerima masalah yang datang kepada kita. Dengan senyuman kita menenangkan jiwa dan pikiran untuk sesaat dan kemudian percaya bahwa setiap masalah memiliki solusinya. Senyuman dapat merubah pandangan orang lain terhadap kita. Kita dapat menghibur diri dengan senyuman ketika memiliki masalah,yang mana senyum merupakan bentuk lain dari ekspresi manusia. Diantara ekspresi-ekspresi lain, pilihlah untuk tersenyum, karena senyum memiliki banyak manfaat.

    Reply

  6. kata smile yang membuat suasana yang menegangkan menjadi tenang. itulah hebatnya dari suatu senyuman karunia Tuhan yang membuat kita memiliki hubungan dngan semua orang menjadi lebih dekat. semua manusia diciptakan oleh Tuhan dengan sama yang berbeda hanyalah prinsip tetapi Tuhan memberikan senyuman agar kita menjadi saling menghargai satu dengan yang lain. itulah hidup yang indah apabila dirasakan dengan hal yang positif.

    Reply

  7. hanya dengan senyuman itu dapat mengartikan suasana hati kita saat itu. senyuman juga memberikan nilai positif buat jiwa raga kita.

    Reply

  8. Posted by patricia tangkumahat on December 15, 2012 at 1:42 pm

    ada yang mengatakan klo kita memberi senyuman berikanlah hanya kepada orang yang kita kenal saja,
    tapi menurut saya, berikanlah senyuman itu pada semua orang yang kita jumpai tiap hari🙂

    Reply

  9. tidak ada salah nya kita senyum kepada siapa saja kepada yang lebih tua ataupun muda karna senyum itu sebuah sapaan meskipun tak mengucapkan kata2, banyak yang bilang senyum itu sebagian dari ibadah.🙂

    Reply

  10. Senyum memiliki banyak makna dan bisa membuat hati seseorang menjadi tenang. Tidak selamanya senyum itu berarti bahagia. Terkadang, ada orang yang menyembunyikan kesedihannya dibalik senyuman. Karena itu dilakukannya untuk membuat orang disampingnya merasa senang bukan sedih. Sehingga, betapa arti senyum itu bermakna. Itu hanya sebuah lekukan kecil dari wajah manusia, tapi dengan sedikit senyum itu disumbingkan, hati seseorang akan damai.

    Reply

  11. Posted by martinus on May 21, 2013 at 8:10 pm

    Senyuman memang sesuatu tindakan atau expresi yang sepele tapi mempunya dampak yang begitu besar. Senyuman dapat di ibarat kan seperti hal kita memberi penyemangat buat orang yang kita temui dengan senyuman kehidupan dan pergaulan kita akan terasa begitu indah.

    Reply

  12. Senyum adalah hal kecil yang bisa menimbulkan efek luar biasa. Senyum bukan sekadar menggerakkan otot-otot muka, tetapi lebih kepada pergerakan suasana hati. Gerakan yang tidak membutuhkan biaya besar, tidak membutuhkan energi berlimpah, meluncur dari bibir untuk selanjutnya masuk ke relung kalbu yang sangat dalam.

    Reply

  13. Posted by Melisa / 02PNM / 1601232166 on June 15, 2013 at 6:52 am

    Senyum adalah hidayah dari Tuhan untuk semua hamba yang memancar seperti pijaran sinar alamiah yang memancar dari wajah-wajah makhluk ciptaan Tuhan. Hidup ini akan akan lebih indah apabila kita mampu mengaplikasikan senyuman tersebut kedalam hiasan kehidupan sehari-hari. Seperti air telaga bening yang tertimpa sinar Surya, begitulah ketulusan hati dan jiwa seseorang akan terpancar dari senyum yang ditunjukkan apabila dilakukannya dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

    Reply

  14. banyak dampak positif dari sebuah senyuman seperti merasa lebih baik, merasa bahagia, merasa senang, dan banyak lagi yang ditimbulkan karena ekspresi hebat ini. jadi kenapa tidak untuk menghiasi kanvas harimu dengan senyuman😀

    Reply

  15. Posted by Jimmy on March 26, 2014 at 3:04 pm

    Saya setuju dengan pendapat penulis, bahwa senyuman memberikan manfaat bukan hanya pada diri kita sendiri, tapi juga memberikan manfaat untuk orang lain. Contoh sederhana yang saya alami adalah: dengan memberikan senyuman pada rekan/teman baru, mereka akan bersikap lebih ramah dan tidak segan untuk mendekati kita. Sehingga kita dapat memperoleh teman baru. Senyuman merupakan suatu bahasa tubuh universal yang dapat dimengerti oleh banyak orang di dunia sebagai pertanda kasih, bahagia, dan sikap ramah.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: