PESAN BAPA SUCI BENEDIKTUS XVI PADA PEMBUKAAN KEJUARAAN SEPAK BOLA EROPA 2012

Yang Mulia
Mgr Józef Michalik
Ketua Konferensi Waligereja Polandia
Warsawa

Dalam waktu dekat akan dimulai Kejuaraan Sepak Bola Eropa, yang akan berlangsung di Polandia dan Ukraina. Peristiwa olah raga ini tidak hanya diperuntukkan bagi para organisator, para atlit dan para penggemar, tetapi – atas cara yang berbeda dan dalam pelbagai bidang kehidupan – bagi seluruh masyarakat. Juga Gereja tidak tinggal diam dengan adanya peristiwa seperti itu, khususnya menyangkut kebutuhan-kebutuhan rohani dari mereka yang berpartisipasi di dalamnya. Dengan rasa syukur saya menerima informasi-informasi tentang program-program-program katekese, liturgi dan doa.

Pendahulu saya yang terkasih, Beato Yohanes Paulus II, berkata: “Potensi-potensi fenomena olah raga menjadi alat penuh makna bagi perkembangan integral dari pribadi manusia dan faktor yang sangat bermanfaat untuk membangun suatu masyarakat yang lebih manusiawi. Rasa persaudaraan, kebesaran hati, kejujuran dan hormat terhadap tubuh yang muncul dari olah raga turut memberi kontribusi bagi pembangunan suatu masyarakat sipil, di mana persahabatan menggantikan pertentangan, perjumpaan lebih dikedepankan daripada konflik dan perlawanan yang pahit digantikan oleh kompetisi yang sehat. Dimengerti atas cara demikian, olah raga bukanlah tujuan tetapi sarana serta dapat menjadi alat budaya dan rekreasi, yang memotivasi semua orang untuk mengupayakan yang terbaik di lapangan dan menolak apa pun yang dapat membahayakaan atau merugikan dirinya sendiri atau orang-orang lain.” Olah raga beregu seperti sepak bola merupakan suatu sekolah penting untuk mendidik rasa hormat dan penghargaan terhadap yang lain, termasuk hormat terhadap lawan main, untuk menumbuhkan semangat pengorbanan pribadi demi kebaikan seluruh regu dan untuk memperbaiki relasi-relasi dalam regu, atau dengan kata lain untuk mengatasi individualisme dan egoisme, yang sering kali mencirikhaskan hubungan-hubungan antar manusia, agar diciptakan ruang bagi persaudaraan dan cinta. Hanya hal seperti inilah yang membuka kemungkinan, di segala tingkatan, untuk mempromosikan kebaikan umum yang otentik.

Dengan pikiran-pikiran yang singkat ini saya mendorong mereka semua yang terlibat dalam acara ini untuk bekerja dengan sepenuh hati, agar kiranya peristiwa ini dihayati sebagai ungkapan paling luhur dari kebajikan-kebajikan dan tindakan-tindakan manusia, dalam semangat perdamaian dan sukacita yang sejati. Dalam doa saya mempercayakan kepada Allah para Gembala, sukarelawan/wati, para pemain, para penggemar dan semua yang terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan kejuaraan ini. Kepada anda semua saya memberikan Berkat saya.

Vatikan, 6 Juni 2012
Paus Benediktus XVI.
(terjemahan oleh J. Mangkey MSC, dari teks bahasa Italia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: