Pola Makan

Sore ini saya menghadiri Misa Syukur memperingati Ulang Tahun ke-70 Ibu Caroline Nayoan. Misa dipimpin oleh Romo James, MSC. Dalam khotbahnya, beliau mengingatkan bahwa kalau ingin umur panjang dan sehat maka pola makan harus dijaga, karena banyak racun yang kita makan setiap harinya.
Di Jakarta, tumbuh seperti jamur perusahaan yang menjual suplemen kesehatan, dietry, sampai anti aging bahkan perawatan tubuh secara khusus. Buat kita orang awam, sering terkecoh oleh iklan, rayuan dan promosi yang begitu gencar menawarkan khasiat obat, suplemen food, yang bisa membuat kita sehat, segar dan awet muda, tapi akhirnya malah yang diperoleh sebaliknya, addict, kerusakan hati, gagal ginjal dan serangan lambung. Oleh karena itu kita perlu memikir 10x bahkan lebih sebelum mengambil keputusan menggunakan suplemen untuk kesehatan, dietry dan anti aging.
Padahal hidup sehat tidak selalu tergantung hanya pada makanan saja, tapi juga firman yang tumbuh dalam hati kita. Tips hidup sehat pernah diberikan seorang pakar kakanan adalah sebagai berikut :

• Sebelum makan jangan lupa berdoa agar makanan yang disantap berguna bagi kesehatan jasmani dan rohani kita.
• Saat makan jangan lupa berdoa agar kita makan secukupnya, karena banyak orang yang masih lapar/tidak bisa makan.
• Saat sudah agak kenyang kita berdoa kalau makanan yang kita makan juga mengajak kita bersekutu dengan orang lain jadi perlu kita sharing agar tidak makan berlebihan.
• Begitu selesai makan kita berdoa lagi mengucap syukur karena kelaparan telah kita lalui.
• Saat ada makanan lagi di tawarkan ke kita, mari kita ber-doa lagi, agar makanan tambahan ini lebih baik untuk orang lain.

Katanya, berdoa tiada henti saat makan membuat makanan menjadi sehat berlipat ganda, jadi tidak perlu suplemen sama sekali, saat itu hadir beberapa pastor juga, katanya tips ini tidak berlaku di Manado…..:ahahaha (karena ada paniki, tinoranca, rica-rica, woku, brenebon, bubur manado, masih ada kue lapis, panada dll).
Tapi sangat benar kalau kita menjaga POLA MAKAN, mulai saat usia 30-an, mendekati 40-an sudah harus mengatur. POLA GISI dan saat usia 50-an kita sudah harus atur POLA DIET, dan saat diatas usia 60-an kita sudah atur POLA OBAT, dan usia di atas 70-80-90 boleh makan apa saja, asal jangan banyak-banyak yaaaaa.
Syukur kepada Tuhan karena saat ini kita diberikan kesehatan, karena nilai nya sangat mahal, jadi perlu dijaga dirawat dan dikelola secara baik, isilah dengan suka cita karena hilanglah semua sakit penyakit jika hidupmu penuh damai sejahtera.

2 responses to this post.

  1. saya setuju dengan artikel ini, pola makan yang benar dan sehat mempengaruhi kehidupan setiap manusia

    Reply

  2. Posted by Anindea A. on March 24, 2014 at 12:33 pm

    saya setuju dengan artikel ini bahwa kita harus bisa mengatur pola makan kita sehari-hari sebelum kita yang akan diatur oleh pola makan itu sendiri.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: