Orang Tua

Yayasan Dharma Wulan, Wulan itu yang anggotanya terdiri dari Warga Usia Lanjut. Luar biasa kakek dan nenek yang mengurus Yayasan ini. Coba saja anda ke Sentul Selatan masuk di Gedung Dharma Wulan. Di sana anda tentu akan terheran-heran, karena anak muda pasti tidak seseru ini situasinya kalo pada ngumpul bareng. Salah satu syarat menjadi anggota Wulan adalah usia melebihi 50 tahun. Saya sendiri sudah 3 tahun menjadi anggota Wulan.
Terlepas dari kegiatan Opa-Oma dalam mengisi hari tuanya dengan kegiatan, kita bisa melihat bahwa suka atau tidak suka suatu saat kita akan menjadi orang tua seperti Opa-Oma ini.
Berbicara tentang Orang Tua, maka kita bisa juga berbicara beberapa hal mulai dengan pengertian memang orang sudah tua, atau orang tua kita (ayah, ibu, kakek, nenek) atau orang yang dituakan. Tetapi jika menyandang gelar orang tua (seperti group Orang Tua ) maka kita akan teringat beberapa nasehat :

1. Barang siapa tidak menghiraukan orang tua, maka dia akan punah.
2. Kalau sudah tua maka pinggang kita diikat lalu dibawa kemana-mana.

Poin pertama pandangan itu diberikan kepada orang muda agar merawat orang tua. Sedangkan yang kedua agar orang yang sudah tua agar tau diri, bahwa kemana-mana kita seperti bayi nurut wae jadi jangan menyusahkan anak dan cucu.
Romi, sebut saja seorang pengusaha baru dengan istrinya Juli. Mereka baru saja bertengkar besar. Permasalahannya mertua Juli, yang sudah jadi Opa dan Oma akan pindah masuk tinggal bersama mereka. Juli keberatan karena dulu sehabis kawin mereka tinggal bersama lebih 10 tahun dengan Papa Mama Romi di RMI (Rumah Mertua Indah). Tiada hari tanpa pertengkaran. Semua yang dilakukan Juli salah. Kini, setelah 10 tahun trauma ini akan berulang. Apa lagi usia mereka sudah 70-an tahun. Juli berpikir mereka tentu lebih bawel lagi .
Romi bersikeras karena adik-adiknya juga tidak mau merawat orang tuanya karena bawel. Pilihan rumah jompo bisa saja, tapi hati kecil Romi tidak sampai hati.
Sungguh dilema. Pertengkaran terus terjadi antara Romi dan Juli kendati akhirnya di putuskan Opa dan Oma masuk rumah mereka. Namun sungguh aneh. Kehidupan yang dibayangkan Juli bertolak belakang. Kini, hidup di rumah Romi dan Juli berubah total, baik suasana, kebersihan, hubungan antara opa-oma dan cucu cucu. Semua penuh suka cita. Setahun lewat bisnis Romi meroket sehingga mereka mengambil keputusan membeli rumah lebih besar di Puri Indah. Dari rumah 100 meter sekarang menempati rumah 800 meter persegi. Mobil pun sudah ganti mobil mewah.
Romi sangat aktif membantu gereja. Juli dan orang tuanya dari keluarga muslim. Bulan puasa opa-oma tetap puasa bahkan kadang-kadang Romi juga puasa katanya biar diet.
Sumber suka cita kadang-kadang abu-abu bahkan hitam dan tidak terlihat. Malah kadang-kadang menakutkan. Tapi, salah satu cara untuk menemukan kebahagiaan adalah melalui Orang tua. Kita menghormatinya selama masih hidup. Kita menjaganya saat tua. Kita mengenangnya saaat sudah tiada.
Saudara kita yang di Muslim sangat percaya bahwa kalau tidak menghormati orang tua maka puasanya saat itu juga batal.
Kalau di Cina, yang disebut kekasih (Ai Ren) bukan pacar, melainkan papa mama atau orang tua, jangan keliru.
Salam suka cita. Doaku buat orang tua semuanya. Kiranya suka cita besar mengisi hari hari tua.

7 responses to this post.

  1. Orang tua adalah orang yang melahirkan(ibu) dan merawat kita dengan penuh kasih sayang. Tanpa mereka mungkin kita tidak ada didunia ini.
    Orang tua juga yang merawat, mendidik, dan membimbing kita ke arah yang benar.
    Saat mereka sudah tua, hendaklah kita menjaga dan membalas budi pengorbanan mereka selama ini. Terimalah kekurangan dan kelebihan orang tua kita. Sejelek-jeleknya orang tua kita, mereka tetaplah orang tua kita.
    Kasih anak kepada orang tua, belum tentu sebesar kasih orang tua kepada anak. Karena kasih orang tua kepada anak sepanjang masa.

    Reply

  2. orang tua bagi saya sangat berharga, mereka mengajarkan bagaimana arti sebuah kasih sayang, cinta, kehidupan. mengajarkan disiplin untuk menjalani kehidupan, mengajarkan untuk tidak pantang menyerah, memberikan pendidikan yang layak untuk anak – anak nya, banting tulang dengan keringan yang bercucuran hanya untuk melihat anaknya bahagia dan mencoba memberikan fasilitas yang layak. namun terkadang seorang anak tidak bersyukur dengan pemberian orang tuanya karna meminta lebih.
    sebelum penyesalan terjadi sayangilah orang tua kita melebihi kita menyayangi diri kita sendiri karna mereka kita hidup dan untuk dia kita hidup, berikan yang terbaik untuk orang tua kita, buat mereka bangga telah melahirkan kita.

    Reply

  3. Posted by Melisa / 02PNM / 1601232166 on June 15, 2013 at 9:13 am

    Orang tua adalah segala-galanya bagi saya, yang saya inginkan didunia ini hanya membahagiakan mereka. Mungkin pada saat ini status saya adalah seorang mahasiswi, pada saat ini cara saya membahagiakan orang tua saya hanya dengan belajar yang rajin agar bisa mendapatkan nilai yang bagus dan membuat orang tua saya bangga dan bahagia. Orang tua jugalah yang telah memberikan arti kehidupan bagi kita. Jika kekasihmu mengatakan bahwa cinta sejati ada dalam dirinya untukmu, maka ia sudah melakukan kebohongan besar, karena yang ada hanya nafsu belaka. Kasih sayang orang tua terhadap anaknya, itulah makna cinta sejati sebenar-benarnya.

    Reply

  4. orang tua adalah segala-galanya bagi saya. saya sekarang tinggal dijakarta sendiri, dan saya baru merasakan sepinya hidup saya tanpa orangtua saya, mereka sangat berharga bagi saya, mereka adalah bagian dari saya yang sangat indah dan saya bersyukur mempunyai kedua orang tua yang baik.

    Reply

  5. Posted by Raymond Bintang on June 17, 2013 at 3:01 pm

    orang tua harus kita hormati dengan apapun juga

    Reply

  6. hormati lah orang yang lebih tua dari kita, karena dia lebih banyak pengalaman dari pada kita

    Reply

  7. dalam agama ada himbauan bahwa ridha tuhan adalah ridha orang tua, maka jika orang tua kita tidak merestui kita maka tuhan pun begitu. orang tua adalah manusia yg paling berjasa, jasa nya tak bisa terhitung maka sudah wajib bagi kita sebagai anak menghormati dan menyayangi orang tua

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: